Kantongin Tips Hiking Untuk Pemula Berikut, Yuk!

Mau coba hiking tapi bingung mulai dari mana? Ini dia tips hiking untuk pemula!

Tips Hiking untuk Pemula (Photo: Wikipedia - Author: Nentori)

Pernah tidak kamu ingin mencoba kegiatan di alam bebas untuk menikmati udara segar dan pemandangan indah? Teman bulibi bisa lho menikmati semua itu dengan hiking. Kalau masih merasa ragu karena belum pernah hiking, tips hiking untuk pemula berikut dijamin bisa membantu.



Apa arti "Hiking"?

Secara umum, hiking merupakan aktivitas outdoor untuk menikmati suasana alam. Memang umumnya hiking dilakukan di daerah pegunungan, tapi kamu tidak harus mendaki gunung untuk bisa menikmati hiking. Hiking juga bisa dilakukan di taman kota, kebun raya, sekitar danau, atau hutan.


Hiking adalah aktivitas rekreasi sekaligus olahraga. Selain bisa menikmati alam dan pemandangan selama perjalanan, kamu juga akan mendapatkan manfaat baik mental maupun fisik. Hiking bisa mengurangi stres, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta memperkuat otot kaki. Ada berbagai macam jenis hiking, mulai dari yang mudah dan singkat hingga yang menantang dan memerlukan waktu lebih lama. Traveler bisa hiking sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan.


Bagi mereka yang sudah terbiasa hiking, tentu aktivitas ini mudah dilakukan. Namun, sebenarnya hiking bisa dilakukan untuk pemula dengan perencanaan dan persiapan yang cukup. Tentunya, mengetahui tips hiking untuk pemula bisa membantu traveler. Jadi, buat teman bulibi yang ingin hiking pertama kali, jangan khawatir!



Mau Hiking Seperti Apa

Tips hiking untuk pemula yang pertama adalah menentukan mau hiking seperti apa dan bagaimana. Mau pilih hiking yang singkat dan mudah, atau hiking selama beberapa hari dengan rute yang menantang?


Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan seperti lokasi, seberapa jauh jarak yang ingin diambil, waktu yang dibutuhkan, dan tingkat kesulitan. Jika kamu hiking di area pegunungan, pilihlah elevasi yang tidak terlalu tinggi. Atau pilih juga rute yang cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kamu bisa minta rekomendasi mengenai rute hiking dari teman atau komunitas yang ada. Kami menyarankan teman bulibi untuk mencoba hiking singkat selama satu atau dua hari.



Cek Kondisi Setempat

Setelah menentukan pilihan, kamu bisa mencari tahu beberapa informasi seperti cuaca dan kondisi setempat. Perhatikan juga waktu terbaik untuk hiking. Traveler bisa bertanya ke teman atau mencari informasi dari sumber lainnya. Sehingga teman bulibi sudah memiliki gambaran sebelum memulai hiking.


Cari Teman

Walaupun kamu sudah mengetahui tips hiking untuk pemula dan mempersiapkan segala sesuatunya, jangan langsung pergi sendiri yah! Sangat tidak disarankan untuk pergi sendiri saat hiking pertama kali. Ajaklah paling tidak seorang teman yang punya pengalaman hiking. Jika tidak ada teman yang bisa menemani, teman BuLiBi bisa mendaftar ikut open trip atau bergabung bersama komunitas. Dengan siapapun teman bulibi pergi, ikuti jalur yang sudah tersedia agar traveler tidak tersesat.



Persiapan Fisik

Baik yang sudah berpengalaman atau pemula, saat hiking diperlukan tubuh yang fit. Kamu akan menempuh perjalanan cukup lama dengan berbagai macam medan yang mendatar, menanjak, dan menurun. Sehingga, persiapan fisik merupakan tips hiking untuk pemula yang cukup penting. Lakukan olahraga rutin minimal sebulan sebelum hiking. Jogging, bersepeda, dan renang merupakan olahraga yang disarankan.



Siapkan Perlengkapan

Tips hiking untuk pemula berikutnya adalah memilih dan menyiapkan perlengkapan. Buatlah daftar perlengkapan yang diperlukan sesuai dengan tujuan. Ingat yah, bawa perlengkapan seperlunya saja. Jika teman BuLiBi hiking selama beberapa hari dan tidak punya perlengkapan seperti trekking pole, sleeping bag, atau headlamp, traveler bisa meminjam ke teman. Atau bisa sewa dari berbagai rental kegiatan outdoor yang ada. Usahakan untuk membawa seringan mungkin segala perlengkapan yang diperlukan.



Sepatu dan Kaos Kaki

Tempat tujuan, waktu, dan rute hiking menjadi pertimbangan dalam memilih jenis sepatu. Pilihlah sepatu dan kaus kaki yang nyaman dan melindungi kaki selama perjalanan jauh. Usahakan sepatu tidak longgar dan juga tidak sempit. Sepatu yang water-resistant bisa menjadi pilihan jika kamu hiking dalam hujan atau menempuh medan berair.



Tas Ransel

Memilih tas ransel yang tepat menjadi salah satu tips hiking untuk pemula yang perlu diperhatikan. Karena kamu akan berjalan jauh dan membawa beban, kamu membutuhkan ransel yang nyaman di punggung. Pilihlah ransel dengan bantalan punggung yang cukup tebal. Sesuaikan ukuran ransel dengan pilihan rute hiking. Jangan lupakan rain cover untuk pelindung ransel agar barang-barang kamu tetap kering jika terkena air. Ladies, kamu bisa baca tips memilih ransel di artikel ini: Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies.



Perbekalan Makanan & Minuman

Salah satu tips hiking untuk pemula yang tidak boleh dilewatkan adalah perbekalan makanan dan minuman. Bawa secukupnya dan utamakan membawa makanan yang bisa menjadi sumber energy seperti cokelat atau energy bar. Traveler juga bisa membawa makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi untuk menjaga tubuh tetap fit. Hindari dehidrasi dengan minum secara berkala. Jika kamu perlu memasak makanan di perjalanan, bawalah makanan yang ringkas dan mudah diolah.



Obat-obatan/P3K

Disarankan untuk membawa obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi seperti obat sakit kepala, minyak angin, dan perban. Tentu kita tidak menginginkan sakit saat hiking, namun tidak ada salahnya bukan ‘sedia payung sebelum hujan?’



Kenali Kemampuan Diri

Kamu mungkin akan merasa kuat dan bersemangat saat hiking pertama kali. Perlu diingat nih, mulai hikingnya perlahan saja, tidak perlu buru-buru. Ini diperlukan untuk menjaga stamina dan menghemat tenaga sepanjang perjalanan. Berhentilah jika merasa lelah dan jangan malu atau sungkan untuk meminta waktu beristirahat kepada yang lain. Usahakan untuk beristirahat selama 10 menit setiap jam. Dan jika kamu merasa kurang sehat, informasikan kepada rekan seperjalanan.



Etika Selama Hiking

Saat bertemu orang lain selama perjalanan, kamu bisa bertegur sapa dan berinteraksi dengan sopan. Saat hiking dengan rute yang menanjak dan menurun, ada tips hiking untuk pemula yang perlu diketahui. Ada peraturan tidak tertulis di antara para backpacker, hiker, dan pecinta alam saat di alam bebas. Salah satunya adalah memberikan jalan terlebih dahulu kepada orang lain saat mereka menanjak. Walaupun kadang mereka berhenti untuk memberikan jalan lebih dulu sambil beristirahat, usahakan untuk tetap memberikan kesempatan kepada mereka. Jika kamu bertemu dengan rombongan hewan seperti kuda atau keledai, beri jarak saat berpapasan. Dan jangan membuat gerakan yang bisa mengejutkan mereka yah.



Jaga Lingkungan

Ada semacam moto diantara para pecinta alam untuk menjaga lingkungan. “Tinggalkan jejak, bukan sampah”. Bawalah kantong sampah yang bisa diikatkan di ransel dan bawa sampah selama perjalanan. Setelah penuh atau perjalanan berakhir, kamu bisa membuang kantong tersebut di tempat khusus yang tersedia. “Jangan ambil sesuatu, kecuali photo”. Dalam perjalanan di alam bebas, traveler akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Dijamin, kamu pasti ingin mengambil photo sebanyak mungkin. Saat berphoto, jangan sampai mengganggu dan merusak alam yah. Juga utamakan selalu keselamatan diri saat berfoto.


“Jangan bunuh sesuatu, kecuali waktu”. Kamu juga akan menemui berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan selama di perjalanan. Seindah atau seunik apapun tanaman yang ditemui, tolong jangan dipetik! Dan jangan memberi makanan kepada hewan liar atau membunuh hewan selama perjalanan. Ini salah satu tips hiking untuk pemula yang penting agar kelestarian alam tetap terjaga.

Bermalam di Perjalanan

Apabila teman BuLiBi memilih hiking selama beberapa hari dan harus bermalam, ada satu hal yang tidak boleh diabaikan. Jika sudah sampai tujuan, usahakan jangan langsung tidur. Makanlah agar tetap mendapatkan energi. Jika pakaian basah setelah seharian hiking, segera ganti dengan yang kering. Ini untuk menghindari masuk angin yang akan membuat badan tidak fit dan menghambat perjalanan.

Dengan tips hiking untuk pemula yang disebutkan di atas, hiking bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan hiking, kamu bisa menikmati udara segar dan pemandangan indah. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat kesehatan. Diantaranya adalah menurunkan resiko penyakit jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat otot. Tidak hanya manfaat fisik, hiking juga bisa menurunkan stress dan meningkatkan mood.

Hiking terdiri dari berbagai macam tipe, mulai dari yang singkat dalam waktu sehari atau dua hari hingga yang membutuhkan waktu lebih lama. Ada juga hiking dengan rute mudah dengan jalur yang sudah tersedia. Hingga hiking dengan jalur yang tidak biasa dan lebih menantang. Jika kamu ingin mencoba hiking singkat, pilihlah lokasi gunung atau air terjun terdekat dari lokasi kamu berada. Jadi, mau hiking pertama kemana nih, Teman BuLiBi?

(c) BuLiBi - Kontributor: Desi Triaryanawati (IG: travel4soul.id)

Terima kasih sudah membaca! Silakan share artikel ini di sosial media.

Baca juga:

7 Keajaiban Dunia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Liburan ke Patagonia Chili Itu Wajib!

11 Fakta Unik Nepal yang Harus Traveler Tahu


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipshikinguntukpemula #tipshiking #hikinguntukpemula

  • Facebook

©2019 by Bulibi