• Teman BuLiBi

11 Fakta Unik Nepal yang Harus Traveler Tahu

Selain trekking, hiking, dan budaya, ada fakta unik Nepal lainnya yang harus kamu jadikan bekal liburan ke sana.

Fakta unik Nepal (c) Desi Triaryanawati

Apa sih yang terlintas di pikiran traveler saat mendengar kata Nepal? Mungkin sebagian besar kenal atau tahu Nepal sehubungan dengan Gunung Everest. Atau bahkan mungkin ada beberapa teman BuLiBi yang belum pernah mendengar tentang Nepal?

Namaste! Begitulah sapaan yang akan diberikan kepada traveler dimanapun berada saat di Nepal. Traveler akan langsung merasakan keramahan dan kehangatan masyarakat Nepal dalam kata sambutan khas ini. Negara yang masuk di wilayah Asia Selatan ini mungkin bukan merupakan tujuan wisata populer bagi wisatawan Indonesia. Namun Nepal menawarkan berbagai macam hal mulai dari kebudayaan, tempat-tempat bersejarah, taman nasional, dan alam yang sangat menakjubkan.

Nepal merupakan surga dunia dan menjadi rumah bagi sebagian besar pegunungan Himalaya. Banyak para wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke Nepal karena daya tarik Himalaya. Entah itu untuk mendaki puncak-puncak gunung tertinggi di dunia. Atau untuk mencoba berbagai macam jalur trekking yang sangat bervariasi dan cukup nyaman.


Traveler juga bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan melihat kebudayaan yang sangat kental di Nepal. Setiap tahunnya terdapat ratusan ribu wisatawan yang berkunjung ke Nepal. Traveler bisa ikut merasakan denyut kehidupan di ibukota, Kathmandu. Atau berwisata ke taman nasional Chitwan yang masih sangat asli. Sebelum teman BuLiBi memutuskan untuk berkunjung ke Nepal, ada beberapa hal atau fakta unik Nepal yang traveler bisa ketahui.

1. Bendera Negara Yang Unik

Bendera Nepal yang Unik (c) Desi Triaryanawati

Fakta unik Nepal pertama yang adalah bendera negaranya. Nepal merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki bentuk bendera yang unik. Betul, bentuknya triangular, bukan rectangular seperti umumnya, dengan warna dasar merah dan pinggiran berwarna biru.


Bendera ini baru diresmikan sebagai bendera negara di tahun 1962. Dan arti bendera mengalami perubahan simbolis setelah Nepal berganti dari sistem pemerintahan kerajaan menjadi republik parlementer. Kedua bentuk segi tiga pada bendera melambangkan Pegunungan Himalaya. Warna dasar merah pada bendera melambangkan semangat masyarakat Nepal yang pemberani dan warna biru yang melambangkan kedamaian dan harmoni.


2. Gunung Everest

Gunung Everest (c) Desi Triaryanawati

Siapa yang belum pernah mendengar tentang Gunung Everest? Nepal menjadi tempat bagi gunung yang merupakan gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.850m. Gunung Everest termasuk dalam daftar ‘Seven Summits’, puncak-puncak gunung tertinggi di dunia yang terletak di tujuh benua. Sebenarnya, Gunung Everest terletak di perbatasan Nepal dan Tibet (China) sehingga memilki dua nama. Disebut Sagarmatha oleh masyarakat Nepal dan Chomolungma oleh masyarakat Tibet.


Gunung Everest menjadi impian para pendaki dari seluruh dunia untuk menjejakkan kaki di puncak dunia ini. Untuk mencapai puncak Everest, terdapat beberapa jalur pendakian. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah jalur South Ridge melalui Nepal dan jalur North Ride melalui Tibet. Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini adalah sekitar bulan Mei. Setiap tahunnya, terdapat ratusan orang yang berusaha mendaki Gunung Everest, dengan hanya sekitar 30% yang berhasil mencapai puncaknya.


3. Nepal Tidak Punya Laut, lho!

Mungkin teman BuLiBi heran, kenapa Nepal tidak punya laut. Negara kecil ini merupakan salah satu negara di dunia yang dikelilingi oleh daratan. Jadi Nepal tidak punya akses langsung ke lautan. Laut terdekat berada di Bengal, India, yang berjarak sekitar 644km!

Tapi, walaupun Nepal tidak punya akses langsung ke laut, negara ini memiliki sungai-sungai yang sumber airnya langsung dari pegunungan Himalaya. Kalau traveler datang untuk hiking atau trekking di wilayah pegunungan di Nepal, traveler bisa melihat air sungainya yang berwarna bening biru kehijauan. Jadi, jangan beranggapan orang Nepal tidak bisa berenang yah.


4. Peta Berbentuk Persegi Panjang

Fakta unik Nepal lainnya yang traveler perlu tahu adalah peta negaranya. Negara kecil ini diapit oleh dua raksasa dunia, China dan India. Berbatasan dengan Tibet (China) di utara, dan India di selatan, timur, dan barat, menjadikan posisi Nepal sangat unik. Traveler bisa melihat peta negara Nepal yang berbentuk persegi empat dan memanjang dari barat ke timur.


5. 8 Gunung Tertinggi di Dunia Ada di Nepal!

Salah satu fakta unik Nepal lainnya masih berhubungan dengan gunung. Dari 10 daftar gunung tertinggi dunia, ternyata 8 diantaranya berada di Nepal! Selain Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia, ada tujuh gunung lainnya dengan ketinggan di atas 8.000m. Ketujuh gunung lainnya adalah Kanchenjunga (8.586m, peringkat ke-3), Lhotse (8.511m, peringkat ke-4), Makalu (8.462m, peringkat ke-5), Cho Oyu (8.201m, peringkat ke-6), Dhaulagiri (8.167m, peringkat ke-7), Manaslu (8.163m, peringkat ke-8), dan Annapurna (8.091m, peringkat ke-10).

6. Tempat Lahir Sang Buddha

Lumbini adalah sebuah kota di Nepal yang terletak di distrik Kapilavastu. Lumbini dipercaya merupakan sebuah taman tempat kelahiran Sang Buddha. Lumbini ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1997. Dalam area situs Lumbini terdapat sebuah pohon suci Bodhi, vihara Mayadevi (tempat kelahiran Buddha), dan pilar Asoka. Hingga saat ini, Lumbini menjadi tempat ziarah umat Buddha dari berbagai negara.


7. Sang Dewi Hidup, Kumari

Dianggap sebagai living goddess atau dewi hidup, Kumari dipercaya oleh rakyat Nepal sebagai titisan Dewi Taleju. Kepercayaan ini telah dianut oleh umat Hindu dan Buddha selama berabad-abad. Dewi Kumari diangkat sejak usia dini, sekitar 3-5 tahun. Proses pemilihan dilakukan oleh pemuka agama Hindu dengan membaca beberapa pertanda dan kriteria kesempurnaan fisik manusia.


Untuk menjaga kemurniannya, sang dewi hidup tidak boleh menapakkan kaki ke bumi, tidak diperkenankan bicara dengan orang lain, dan bahkan hidup terpisah dari keluarganya. Sang Dewi hanya diijinkan meninggalkan kuil saat ritual dan festival dengan cara ditandu. Jika Dewi Kumari telah mencapai masa pubertas, dia akan digantikan oleh gadis lainnya yang dianggap memenuhi kriteria.


8. Pemegang Sejumlah Rekor di Dunia

Memegang sejumlah rekor dunia menjadi salah satu fakta unik Nepal lainnya. Selain gunung tertinggi di dunia, Nepal juga memiliki rekor untuk Danau Tertinggi di Dunia yang disandang oleh Tilicho Lake. Danau ini berada di ketinggan 4.919m dengan panjang sekitar 4km dan lebar 1km. Tilicho Lake terletak di distrik Manang, Annapurna Region. Rekor lainnya adalah Kali Gandaki, Canyon Terdalam di Dunia dengan kedalaman 2.520m. Kali Gandaki memisahkan dua puncak Himalaya, Dhaulagiri dan Annapurna. Selain itu, Nepal merupakan negara ke-2 di dunia dengan ketinggian di atas rata-rata, 3.265m.


9. Tenzing Hillary Airport, Bandar Udara ‘Paling Ekstrem’ di Dunia

Fakta unik Nepal lainnya adalah Tenzing Hillary Airport. Nama Tenzing Hillary Airport sendiri baru digunakan sejak Januari 2008. Nama ini diberikan untuk menghormati Sir Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay, orang pertama yang mencapai puncak Everest di tahun 1953. Disebut sebagai ‘the world most dangerous airport’, Tenzing Hillary Airport hanya memiliki landasan sepanjang 460m! Bandara ini berbatasan dengan pegunungan di salah satu sisinya dan terdapat turunan tajam di ujung landasan. Ditambah lagi dengan cuaca yang tidak menentu, menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai tempat ini. Bandar udara yang terletak di kota Lukla, Khumbu, dan berada di ketinggian 2.855m ini merupakan titik awal untuk mencapai Everest. Kami pernah merasakan penerbangan selama 20 menit yang paling mendebarkan dalam hidup untuk mencapai bandar udara ini. Baca cerita lengkapnya di sini.


10. Rhododendron, Bunga Nasional Nepal

Disebut juga dengan Lali Guras dalam bahasa Nepal atau Red Rhododendron, yang menjadi kebanggaan masyarakat Nepal. Simbol bunga Rhododendron yang berwarna merah juga dijadikan dasar warna bendera negara Nepal. Rhododendron hanya bisa tumbuh di dataran dengan ketinggian di atas 1.000m dan biasanya mekar sekitar bulan Maret sampai dengan Mei. Jika traveler ingin melihat secara langsung keindahan bunga ini, traveler bisa mencoba trekking di sekitar Poonhill, Langtang, dan Ghandruk.


11. Zona Waktu Berbeda

Zona waktu Nepal (Nepal Standard Time/NPT) memiliki perbedaan waktu +5:45 dari Coordinated Universal Time (UTC). Sedikit berbeda dibandingkan dengan zona waktu negara-negara di dunia dengan perbedaan 60menit, menjadi salah satu fakta unik Nepal yang traveler perlu ketahui. Nepal Standard Time merupakan salah satu dari tiga zona waktu yang memiliki perbedaan waktu 45 menit di dunia.

Meskipun Nepal bukan tujuan wisata favorit masyarakat Indonesia, namun Nepal merupakan tujuan yang diimpikan para pendaki, petualang, dan pecinta kegiatan luar ruang. Nepal memiliki suhu udara rata-rata yang sejuk karena ketinggiannya. Dengan begitu banyak gunung tertinggi di dunia yang termasuk dalam Himalaya, banyak pendaki dan trekkers yang berkunjung ke Nepal setiap tahunnya. Mereka datang untuk mencapai puncak gunung atau trekking untuk melihat Himalaya dari dekat. Bahkan di musim dingin (Desember – Februari), traveler bisa merasakan trek bersalju di salah satu rute trekking yang ada.


Traveler juga bisa pergi bersafari di salah satu taman nasional yang kaya akan beragam macam flora dan fauna. Selain itu, traveler bisa menikmati pemandangan dan kegiatan di sekitar danau-danau yang tersebar di berbagai tempat di Nepal atau mencoba paragliding di Pokhara. Jika traveler penikmat wisata budaya, jangan lewatkan untuk melihat berbagai macam perayaan festival. Karena Nepal memiliki beragam macam kebudayaan, etnis, dan agama.


Apapun yang menjadi minat teman BuLiBi, Nepal bisa dijadikan salah satu tujuan wisata berikutnya. Sehingga traveler bisa melihat dan merasakan langsung beberapa fakta unik Nepal yang hanya bisa ditemui di negara ini. Jadi, fakta unik mana yang ingin teman BuLiBi lihat secara langsung?

(c) BuLiBi - Kontributor: Desi Triaryanawati (IG: travel4soul.id)


Terima kasih sudah membaca! Silakan share artikel ini di sosial media.

Baca juga:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Liburan ke Patagonia Chili Itu Wajib!

Lihat Pinguin Patagonia di Puñihuil, Chile

Cerita Trekking di Nepal oleh Desi Triaryanawati


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #faktauniknepal #faktaunik

  • Facebook

©2019 by Bulibi