top of page

Kapan baiknya ke Dataran Tinggi Patagonia?

Jalan-jalan ke dataran tinggi Patagonia adalah impian bagi banyak traveler. Kamu salah satunya? Baca itinerary Patagonia berikut yang ditulis langsung oleh traveler Indonesia di Amerika Latin!

Pesisir Patagonia (c) Arakita Rimbayana
Pesisir Patagonia (c) Arakita Rimbayana

Daftar Isi

Patagonia adalah kawasan yang terkenal dengan keindahan alamnya yang sebagian besar belum terjamah. Alhasil, pemandangannya begitu alami dan unik, tidak ada bandingannya dengan kawasan lain. Keindahannya mengundang banyak traveler dari seluruh penjuru dunia. Artikel mengenai Patagonia ini membahas tempat-tempat utama di kawasan Patagonia yang bakal membuatmu takjub. Dengan informasi yang tukang ngebolang BuLiBi hadirkan dari pengalaman pribadinya sendiri, kamu bisa susun itinerary yang paling sesuai dengan apa yang kamu mau dapatkan dari petualanganmu di Patagonia!


Perlu kamu tahu: Dataran tinggi Patagonia berada di negara Chili dan Argentina (ini menjawab pertanyaan yang umum dilontarkan traveler Indonesia: Patagonia melewati 2 negara amerika selatan mana?). Untuk paspor Indonesia, saat ini kita hanya bisa masuk tanpa visa ke Chili. Sementara untuk memasuki kawasan Patagonia di bagian Argentina, kamu perlu visa turis.



Torres del Paine

Dikenal juga dengan singkatan TDP, kawasan Torres del Paine menawarkan banyak jalur pendakian dengan pemandangan menakjubkan sepanjang jalan. Taman Nasional di kawasan Chili bagian selatan ini merupakan destinasi favorit di kalangan hiker dan trekker, terutama di bulan Januari dan Februari.


Bulan apa baiknya ke Torres del Paine?

Kamu bisa mendaki TDP kapan saja, tetapi hanya di bulan Oktober sampai April kamu bisa mendaki sendiri tanpa ditemani pemandu. Di bulan-bulan ini, semua fasilitas tersedia dan cuacanya paling bersahabat karena merupakan awal dan penghujung musim panas. Suhu rata-rata di sini sekitar 4 sampai 18 derajat Celsius. Yap, meskipun musim panas tetap saja termasuk dingin (apalagi untuk orang Indonesia). Jadi jangan lupa kemas pakaian musim dingin. Perlu diingat juga, musim panas di dataran tinggi Patagonia terkadang masih dilanda hujan dan angin kencang.


Karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, kamu harus sewa pemandu wisata untuk mendaki Torres del Paine di luar bulan Oktober-April. Dari Juni sampai September, salju turun dan angin bertiup cukup kencang. Tapi kamu tidak masalah dengan malam beku dan kewajiban sewa pemandu, pilih bulan Mei. Meskipun dingin, pemandangan puncak-puncak gunung yang tertutup salju tidak tertandingi!

Torres del Paine (Photo: Bailey Hall on Unsplash)
Torres del Paine (Photo: Bailey Hall on Unsplash)

Puerto Williams

Kawasan yang satu ini merupakan kota paling selatan di Amerika Latin. Semakin ke selatan, cuaca semakin tak terduga dan bisa jadi dingin minta ampun meskipun suhu udaranya tidak banyak berubah sepanjang tahun. Meskipun demikian, ada saja hiker dan trekker yang datang kemari untuk menjelajahi jalur pendakiannya yang begitu menantang - total sepanjang 150 kilometer. Jadi, Puerto Williams bukan untuk mereka yang baru pertama ke Patagonia.


Bulan apa baiknya ke Puerto Williams?

Musim panas di Patagonia adalah pilihan terbaik untuk mengunjungi kawasan ini. Di Puerto Williams, musim panas jatuh di bulan Desember sampai Maret. Tapi kami tidak menyarankan bulan Januari, karena bulan ini merupakan puncak peak season dimana banyak turis berbondong-bondong kemari. Selain itu, Januari cukup sering dilanda hujan meskipun termasuk musim panas.


Di luar bulan Desember-Maret, jalur-jalur pendakian di Puerto Williams tidak bisa diakses. Bulan terbaik untuk menjelajahi jalur-jalur tersebut adalah bulan Februari, saat tingkat kelembaban cukup rendah. Kalau mau mengunjungi di luar bulan-bulan peak season, November merupakan pilihan terbaik.

Kota Kecil di Patagonia (Photo: Alex Wolowiecki on Unsplash)
Kota Kecil di Patagonia (Photo: Alex Wolowiecki on Unsplash)

Carretera Austral

Namanya berarti "Jalan Selatan." Dan memang, kawasan ini terkenal dengan jalan sepanjang 1.240 kilometer yang membentang di sepanjang Patagonia, mulai dari Puerto Montt di utara sampai ke Villa O'Higgins di selatan. Dengan pemandangan Patagonia keren di sekelilingnya, ini nih kawasan paling wah untuk road trip di Chili.


Bulan apa baiknya ke Carretera Austral?

Bulan November sampai April (musim semi di kawasan Patagonia) adalah bulan-bulan terbaik untuk jalan-jalan ke Carretera Austral. Dengan musim panas di penghujung April, cuaca di bulan-bulan ini cukup hangat dan kering, cocok untuk trekking. Bulan dengan tingkat kelembaban paling rendah jatuh di Januari dan Februari. Karena itulah, banyak turis berkunjung ke sini dan semua penyedia jasa tur pun beroperasi penuh. Hotel-hotel pun biasanya penuh, jadi tarifnya cukup tinggi di peak season ini.


Untuk menghindari keramaian, kamu bisa berkunjung di bulan lain, di luar peak season. Tapi kami sarankan untuk tidak memilih bulan Mei dan Oktober karena kondisi alamnya yang tidak bersahabat. Pada bulan Mei dan Oktober, jalanan di Carrera Austral seringkali tertutup salju dan tidak bisa dilewati. Bus umum pun tidak beroperasi. Jadi bulan apa baiknya untuk mengunjungi Patagonia di luar peak season? November (penghujung musim semi) atau Maret dan April (penghujung musim panas).

Carretera Austral (Photo: O'car Johann Campos on Unsplash)
Carretera Austral (Photo: O'car Johann Campos on Unsplash)


Bariloche

Salah satu kawasan Patagonia adalah padang rumput terluas di Amerika Selatan. Tetapi bukan berarti Patagonia hanya terdiri dari padang rumput. Bariloche contohnya, terkenal dengan kawasan ski-nya. Kalau biasanya orang-orang ke dataran tinggi Patagonia di bulan-bulan musim panas, Bariloche ramai dikunjungi saat musim dingin.


Bulan apa baiknya ke Bariloche?

Liburan musim dingin di Bariloche baiknya di antara bulan Juli sampai September. Di bulan-bulan ini, resort ski mulai buka dan beroperasi penuh. Namanya musim dingin, cuaca di bulan-bulan tersebut cukup dingin, sekitar 4 derajat Celsius di siang hari dan bisa lebih dingin saat salju turun (paling deras di bulan Agustus). September adalah bulan dengan curah hujan paling rendah di musim dingin, jadi bulan inilah yang kami rekomendasikan untuk kamu yang mau ski di Patagonia. Selain itu, akhir musim dingin adalah waktu terbaik untuk ski karena lapisan salju yang tebal bikin ski makin asik!


Yang perlu kamu catat, jalanan dan jalur trekking umumnya tertutupi salju di musim dingin. Artinya, aktivitas outdoor seperti hiking dan trekking tidak tersedia di musim dingin. Tapi meskipun demikian, kamu tidak akan kesulitan menjangkau resort dari bandara Bariloche. Taksi, bis, dan rental mobil tersedia sepanjang tahun.


Hiking di Bariloche

Karena jalur trekking tertutup salju di musim dingin, teman BuLiBi tidak bisa hiking di Bariloche di bulan Juli-September. Nah, jadi kapan donk kita bisa hiking di sana? Bulan Desember sampai Maret merupakan pilihan yang tepat. Saat salju mulai mencair, pemandangan Bariloche pun berganti dengan warna musim semi yang segar. Suhu udara mencapai 20 derajat Celsius dan jalur-jalur trekking pun mulai buka, termasuk jalur trekking ke Taman Nasional Nahuel Huapi. Pemandangan di sini tidak ada duanya. Dari sini kamu bisa lihat kota Bariloche dengan danau di belakangnya.

Nahuel Huapi di dekat Bariloche (Photo: Bruno Camargo on Unsplash)
Nahuel Huapi di dekat Bariloche (Photo: Bruno Camargo on Unsplash)

Tebing Tepi Laut Patagonia

Mengarungi lautan Patagonia yang diapit tebing-tebing tinggi menjanjikan pengalaman yang tidak ada duanya. Teman BuLiBi bisa naik kapal yang khusus berlayar di jalur tebing tepi laut Patagonia, atau Patagonian Fjord ini. Karena lokasinya yang cukup terpencil, kamu perlu waktu sekitar empat hari sampai satu minggu untuk berlayar naik kapal. Kamu bisa booking tiket kapal jauh-jauh hari. Kapal-kapal tersebut biasanya memulai pelayarannya dari Punta Arenas ke Puerto Williams., melalui penyedia jasa Yaghan Ferry. Opsi ini juga merupakan opsi termurah.


Bulan apa baiknya ke Tebing Tepi Laut Patagonia?

Berlayar di Patagonia baiknya di akhir musim semi sampai musim panas, saat es sedikit mencair dan jalur pelayaranpun lebih mudah diarungi. Akhir musim semi jatuh di bulan November dan akhir musim panas jatuh di bulan Maret. Jadi, antara bulan November sampai Maret adalah bulan-bulan terbaik mengunjungi kawasan dataran tinggi Patagonia yang satu ini.


Cuaca di musim semi dan musim panas di sini berkisar di antara 20 derajat Celsius. Cukup nyaman untuk berlayar! Peak season tidak jadi masalah karena tiket kapal sudah diatur tempat duduknya. Tolong dicatat ya, kapal-kapal yang tersedia biasanya jenis kapal kargo yang juga mengangkut barang. Jadi jangan harap mendapatkan fasilitas mewah seperti di kapal pesiar.


Dengan Yaghan ferry, kamu akan berlayar mengarungi Glacier Alley, jalur yang diapit glesyer cantik yang perlahan bergerak ke arah lautan. Masuk 30-an jam lepas dari Puerto Montt, kamu bisa lihat pinguin, anjing laut, dan bahkan paus! Kamu juga bisa lihat pinguin di Puñihuil, Chili.

Glesyer di Patagonia (Photo: Hans-Jürgen Weinhardt on Unsplash)
Glesyer di Patagonia (Photo: Hans-Jürgen Weinhardt on Unsplash)


Tierra del Fuego

Arti nama kawasan ini adalah "Bumi Api." Kepulauan di selatan Patagonia ini berada di negara Chili dan Argentina. Di bagian Argentina, Ushuaia adalah kota yang terkenal di sana. Sedangkan di Chili, nuansanya sama seperti Torres del Paine, tetapi lebih terpencil. Meskipun Tierra del Fuego mengalami empat musim dingin, suhu di sini selalu berkisar di antara 0-10 derajat Celsius sepanjang tahun.


Bulan apa baiknya ke Tierra del Fuego?

Cuaca di Tierra del Fuego termasuk kurang bersahabat di musim dingin dan musim panas. Jadi, kamu yang mau menjelajahi kepulauan ini, baiknya menjadwalkan liburan di musim semi dan musim gugur. Selain suhu yang cukup hangat, matahari bersinar paling lama (sekitar 17 jam) di musim-musim tersebut, antara bulan Oktober sampai April.


Bulan-bulan tersebut juga termasuk off season, jadi kamu tidak perlu khawatir tempat-tempat yang mau kamu kunjungi dikerumini turis. Bulan-bulan ini juga bagus untuk melihat kehidupan alam liar di Tierra del Fuego. Kamu bisa lihat guanaco dan rubah Andean.

Guanaco di Patagonia (Photo: Chris Stenger on Unsplash)
Guanaco di Patagonia (Photo: Chris Stenger on Unsplash)

El Chaltén dan El Calafate

Yang tertarik ke Los Glaciares, harus mampir ke dua kawasan ini. El Chaltén Patagonia adalah destinasi musim panas, sedangkan El Calafate merupakan "jembatan" di antara Glesyer El Perito Moreno dan kota musim panas El Chaltén. Ini nih kawasan asik buat hiking. Kamu bisa menjelajahi dataran tinggi Patagonia, tidak jauh dari kota tempat kamu bisa menginap.


Bulan apa baiknya ke El Chaltén dan El Calafate?

Berkunjung ke kota musim panas tentunya paling baik di musim panas yang jatuh di bulan November sampai Maret. Di siang hari, suhu di El Chaltén berkisar di antara 7-19 derajat Celsius. Tapi di malam hari, suhu udara bisa turun sampai 5 derajat Celsius. Jadi jangan lupa kemasi jaket dan pakaian musim dingin lainnya.

El Chaltén (Photo: Juan Pablo Mascanfroni on Unsplash)
El Chaltén (Photo: Juan Pablo Mascanfroni on Unsplash)

Kawasan Dataran Tinggi Patagonia mana yang mau kamu kunjungi?

Yuk bahas di comment section! Silakan share artikel ini di sosial media buat temen-temen dan keluarga kamu yang juga tertarik berkunjung ke dataran tinggi Patagonia.

 

(c) BuLiBi

Lanjut baca:

260 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments