Liburan ke Patagonia Chili Itu Wajib!

Diperbarui: Jun 2

Patagonia: dari alam bebas sampai gunung salju. Teman BuLiBi yang suka berpetualang dan menjelajahi alam, wajib liburan ke Patagonia Chili!

Secercah keindahan saat liburan ke Patagonia Chili (c) Arakita Rimbayana

Kalau liburan ke Chili jangan lupa ke Patagonia. Kawasan indah penuh pepohonan, pegunungan, dan kekayaan alam lainnya di daerah Amerika Selatan ini wajib untuk kamu kunjungi. Patagonia adalah tempat untuk para petualang. Alam bebas yang terbentang luas dengan berbagai pemandangan indah menunggu teman BuLiBi di wilayah paling selatan Amerika Selatan ini. Laut, hutan, dan pegunungan adalah beberapa objek wisata yang dapat kamu temui.

Liburan ke Patagonia Chili itu wajib buat kamu yang suka hiking, trekking, atau sekadar menikmati pesona alam. Patagonia mencakup dua negara yaitu Argentina dan Chili. Di kawasan Chili, kamu bisa menemukan destinasi alam yang menakjubkan seperti Taman Nasional Torres del Paine, Tierra del Fuego, Cabo de Hornos atau Tanjung Tanduk, dan Isla Magdalena yang dihuni oleh para penguin magellanic. Mari cari tahu lebih tentang Patagonia Chili!

Patagonia Chili itu di mana?

Patagonia adalah sebuah wilayah di ujung paling selatan Amerika Selatan yang menghadap Samudra Pasifik di barat dan Samudra Atlantik di timur. Dengan luas total 1.043.076 km2, Chili hanya memiliki 10% dari total wilayah Patagonia, sedangkan sisanya yang berjumlah 90% dimiliki oleh Argentina.

Untuk mencapai Patagonia Chili kamu bisa menggunakan pesawat dari ibukota negara di Santiago. Tentukan destinasi mana yang ingin dikunjungi karena penerbangannya lebih dari satu. Apabila ingin ke daerah jalan raya Carretera Austral maka kamu harus ke Aeropuerto Internacional El Tepual di Puerto Montt yang akan memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Apabila ingin ke Taman Nasional Torres del Paine maka mulailah dengan terbang ke Punta Arenas atau Puerto Natales kemudian lanjutkan melalui jalur darat dengan mobil rental, bus, atau jemputan dari paket wisata.

Kalau perjalanan jauh terasa cukup berat, baik dalam hal ongkos maupun waktu, teman BuLiBi bisa coba ke Pulau Chiloe. Penerbangan langsung dari Bandara Santiago tersedia. Tim BuLiBi tinggal di Chiloe selama satu bulan. Kalau kamu tertarik, bisa baca itinerary Chiloe lebih lengkap di halaman “Ke mana?” atau tanya langsung di Forum BuLiBi!

Ada apa di Patagonia Chili?

Walaupun wilayah Patagonia bagian Chili lebih kecil, keindahan alamnya tetap bisa memukau siapa saja! Kamu bisa menemukan danau, hutan, gletser, fyord, dan pegunungan yang terbentang luas di bagian selatan kawasan Distrik Danau ini. Karenanya, liburan ke Patagonia Chili itu wajib bagi teman BuLiBu yang suka menjelajahi alam dan berpetualang.

Taman nasional Torres del Paine jadi destinasi favorit bagi traveler lokal maupun mancanegara yang ingin menjelajahi Patagonia Chili. Kawasan ini tentu tidak hanya terbatas pada alam saja, bagian kotanya seperti Punta Arenas juga cukup mempesona dengan restoran, toko-toko, museum, monumen, dan juga keramaian dari para penghuni serta wisatawan.

Jalan raya bernama Carretera Austral juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Patagonia Chili. Kenapa? Karena jalanan ini memiliki pemandangan indah yang bisa dinikmati apabila kamu berkendara melaluinya. Panorama pegunungan, danau, dan langit dapat disaksikan apabila mengunjngi jalan raya dengan luas 1.240 kilometer ini.

Tempat wisata wajib saat liburan ke Patagonia Chili

Kejayaan alam bebas Amerika Selatan memanggil, liburan ke Patagonia Chili itu wajib bagi kamu yang suka berpetualang. Liar dan menantang, butuh keberanian lebih untuk melakukan aktivitas atau menjelajahi kawasan ini.

Hiking dan trekking jadi dua kegiatan favorit di Patagonia Chili. Jalan-jalan, mendaki, dan lihat pemandangan menakjubkan—Taman Nasional Torres del Paine adalah tempat yang tepat untuk itu semua. Selain alam, kamu juga bisa bertemu hewan-hewan yang menghuni kawasan ini seperti guanako, kuda liar, burung condor, hingga puma!

Tim BuLiBi sendiri berhasil melihat penguin-penguin lucu secara langsung di habitat aslinya! Beda lho dengan melihat di kebun binatang. Baca lebih lanjut yuk di Lihat Pinguin Patagonia di Puñihuil, Chile!

Ada dua cara apabila ingin menjelajahi tempat yang wajib dikunjungi ini. Cara pertama adalah ikut tur jenis day trip. Paket wisata ini akan mengantar kamu dari kota terdekat Puerto Natales ke berbagai tempat indah seperti Mirrador Las Torres hanya dalam satu hari.

Paket wisata satu hari ada yang hanya di bus ada juga yang mengkombinasikannya dengan trekking dan hiking. Tinggal pilih saja yang kamu mau. Tapi untuk kamu yang benar-benar ingin berpetualang, cara kedua adalah melakukan hiking penuh ke Taman Nasional Torres del Paine yang bisa memakan waktu empat sampai lima hari.

Liburan ke Patagonia Chili itu wajib siap mental apabila ingin menjelajahi alamnya. Destinasi favorit lain yang bisa kamu kunjungi adalah kumpulan pulau bernama Tierra del Fuego atau Tanah Api. Napak tilas penjelajah Ferdinand Magellan atau peneliti Charles Darwin yang pernah menginjakkan kakinya di kawasan ini.

Semakin ke ujung Tierra del Fuego, teman BuLiBi juga bisa menemukan Cabo de Hornos atau Tanjung Tanduk yang memiliki nama panggilan “ujung dunia”. Gunakan kapal untuk mencapai tempat megah yang menyambut kamu dengan angin kuat, gunung es, dan jurang gelap berwarna hitam.


Kegiatan wisata wajib saat liburan ke Patagonia Chili

Menjelajahi Patagonia Chili juga menyenangkan lewat jalur air. Ikut tur ke berbagai tempat seperti Grey Glacier untuk melihat gletser, Canal del Beagle untuk bertemu satwa seperti singa laut dan beragam burung, atau jelajahi Isla Magdalena dan lihat para penguin magellanic.

Selain wisata alam, saat liburan ke Patagonia Chili itu wajib berkunjung ke kota seperti Punta Arenas untuk melihat tempat-tempat bersejarah hingga keseharian para penduduk. Kota yang jadi tempat bersinggah sebelum ke Torres del Paine atau Isla Magdalena ini memiliki beberapa objek wisata seperti Patung Peringatan Ferdinand Magellan.

Jangan kaget kalau ada antrean panjang di patung peringatan penjelajah asal Portugis itu. Banyak orang yang ingin mengusap jempol kaki salah satu patung berupa orang Indian di monumen Magellan untuk mendapatkan keberuntungan. Bagi yang ingin mendaki berhari-hari, usap jempol kakinya untuk mendapatkan keberuntungan pada perjalanan.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi restoran, kafe, dan pertokoan lokal. Nikmati hidangan Patagonia seperti asado atau barbecue dengan daging seperti sapi atau babi. Selain itu, seafood atau makanan lautnya juga patut dicicipi. Salah satu menu unggulannya adalah chupe de centolla yang berbahan dasar kepiting. Jangan lupa untuk menyantap itu semua sambil ditemani segelas atau bahkan sebotol wine buatan Chili yang telah mendunia. Buat kamu yang tertarik dengan minuman yang satu ini, bisa baca lebih lengkap di Wine Tasting Di Chile? Ini Panduan Lengkapnya.

Tips liburan ke Patagonia Chili

Liburan ke Patagonia Chili itu wajib untuk dinikmati. Apabila tidak ingin hiking atau trekking kamu tetap bisa menikmati kawasan ini dengan cara lain seperti mengikuti tur bus atau kapal. Tidak perlu dipaksakan apabila tidak ingin atau merasa tidak sanggup mendaki.

Untuk teman BuLiBi yang memang siap untuk menaklukkan alam Patagonia Chili, ada baiknya menginap di kawasan ini sekitar satu minggu lebih. Kenapa? Karena untuk mendaki Taman Nasional Torres del Paine melalui rute hiking W-Trek saja dapat menghabiskan waktu empat sampai lima hari. Sisakan juga beberapa hari untuk menjelajahi keindahan alam lainnya.

Apabila berencana untuk hiking atau menjelajahi tempat lain, ada baiknya berkelompok atau mengikuti tur yang lengkap dengan pemandu. Siapkan fisik dan mental sebelum mendaki, gunakan pakaian hangat, dan selalu membawa perlengkapan lengkap apabila berencana untuk kemping di alam bebas.

Cari akomodasi yang sesuai dengan keinginan dan tentunya anggaran. Di kota dekat taman nasional atau destinasi lainnya akan lebih murah tapi kamu harus menggunakan transportasi lagi untuk mencapai destinasi yang diinginkan. Ada juga tempat tinggal yang dekat atau bahkan berada di tempat wisata yang kita inginkan tapi tentunya akan lebih mahal.

Liburan ke Patagonia Chili dijamin tidak akan menyesal!

Apabila ada kesempatan, liburan ke Patagonia Chili itu wajib untuk dilakukan. Bila akhirnya niat telah memutuskan untuk mengunjungi kawasan paling selatan di Amerika Selatan ini, rencanakan perjalanan dengan matang dan siapkan diri untuk sebuah petualangan.

Bayangkan kamu menginjak tanah Amerika, angin menerpa wajah, dan berbagai pemandangan indah ada di depan mata. Napak tilas ke tempat bersejarah, menjelajahi perairan dengan kapal, mendaki, berjalan dengan penguin, pergi dari pulau ke pulau, hingga ke “ujung dunia”. Patagonia Chili memanggil, jadi tunggu apa lagi?

Terima kasih sudah membaca! Saat artikel ini diterbitkan, tim BuLiBi sedang merampungkan panduan horseback riding di Patagonia Chili. Subscribe sekarang agar kamu tidak ketinggalan artikel unik ini!

(c) BuLiBi [Kontribusi: Bramantyo Indirawan]


Baca juga:

Lihat Pinguin Patagonia di Puñihuil, Chile:

Wine Tasting Di Chile? Ini Panduan Lengkapnya


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankepatagoniachili #patagoniachili #patagonia #chile #amerikaselatan


Cari tiket ke Chili:


  • Facebook

©2019 by Bulibi