Lihat Pinguin Patagonia di Puñihuil, Chile

Raih kesempatan untuk melihat pinguin Patagonia di habitat aslinya di Puñihuil, Chiloe, Chile! Berikut adalah cerita dan panduan dari tim BuLiBi: Bukan Liburan Biasa langsung di Chile.

Keindahan Patagonia di Chile (c) Arakita Rimbayana

Pinguin adalah salah satu binatang paling cantik di dunia. Biasanya, kita hanya bisa melihat pinguin di kebun binatang. Melihat pinguin dari dekat di habitat alaminya bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Inilah sebabnya para petualang dari seluruh dunia datang ke Puñihuil. Memang butuh sedikit usaha untuk sampai ke sana, tetapi hal tersebut justru membuat kawasan ini tidak ramai turis. Selain itu, keindahan Patagonia yang tidak diragukan lagi seharusnya cukup untuk meyakinkan teman BuLiBI untuk berkunjung. Dalam artikel ini, BuLiBi membagikan semua informasi yang kamu butuhkan untuk mulai merencanakan liburan ke Puñihuil, Chiloe, Chile!

Terbang ke mana?

Gereja dan taman di kawasan Castro, Chile (c) Arakita Rimbayana

Setiap tahun selama musim panas, pinguin bermigrasi ke pulau-pulau kecil di lepas pantai Puñihuil. Kawasan ini, yang telah ditetapkan sebagai taman nasional, terletak di sebelah barat Ancud, di bagian utara Pulau Chiloe. Pulau ini merupakan yang terbesar di bagian selatan Chile, terpisah dari daratan utamanya. Untuk sampai ke sini, teman BuLiBi bisa naik pesawat ke Bandara Mocopulli di Dalcahue, Chiloe. Penerbangan tersedia dari sebagian besar bandara di Chile, termasuk dari Bandara Arturo Merino Benítez di Santiago.


Dari Bandara Mocopulli, dibutuhkan sekitar satu jam untuk sampai ke Ancud, kota yang paling dekat dari Puñihuil. Dan dari Ancud, dibutuhkan sekitar 40 menit untuk sampai ke taman nasional itu sendiri. Tetapi, BuLiBi sarankan untuk menghabiskan malam di Castro dan mengunjungi taman nasional keesokan hari. Lokasinya lebih dekat ke bandara, dan karena ini adalah kota terbesar di seluruh pulau, ada banyak pilihan akomodasi dan tempat makan. Tim BuLiBi menginap di Cabaña nueva con excelente ubicación en Castro yang kami dapat dari Airbnb. Cek tarifnya sekarang. Belum punya akun Airbnb? Daftar dulu di sini untuk bisa dapat penginapan murah ke manapun tujuan liburanmu..

Menuju Puñihuil

Suasana jalan di Chile selata (c) Arakita Rimbayana

Kalau kamu memutuskan untuk bermalam di Castro, pertama-tama kamu harus berkendara menuju Ancud. Cara termudah dan termurah adalah naik bus. BuLiBi naik bus dari pulau lain, Quinchao, dan biayanya 4.000 CLP (sekitar Rp. 70.000). Jadi, ongkos dari Dalcahue sudah tentu lebih murah. Tidak perlu pesan tiket terlebih dahulu. Kamu bisa naik bus mana saja yang memajang papan bertuliskan "Ancud" di bagian depan. Teman BuLiBi bisa menunggu di halte bus atau langsung ke terminal bus di kota. Bayar ongkos ke sang pengemudi sesaat sebelum turun dari bus. Harap diicatat, kebanyakan orang di sini hanya bisa bahasa Spanyol. Kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk mengasah keahlianmu berbahasa Spanyol!


Dari Ancud, hanya ada satu pilihan transportasi ke taman nasional: naik taksi. Opsi ini bisa dibilang yang paling mudah, tetapi kemungkinan kamu harus sedikit tawar-menawar dengan supir taksi. Beruntung kalau teman BuLiBi bisa bahasa Spanyol. Tetapi kalau bahasa Spanyolmu lancar, coba opsi termurah: numpang mobil yang lewat! Di Chile, hal ini sudah tidak asing lagi, terutama di tempat-tempat yang tidak dilewati bus. Kalau kamu tidak mau bayar ongkos taksi dan segan minta tumpangan dari penduduk lokal, kamu bisa coba apa yang BuLiBi lakukan: sewa mobil.

Sewa mobil di Castro, Chiloe, Chile

Sewa mobil dan nyetir sendiri di Chile (c) Arakita Rimbayana

Sama seperti di negara lain, teman BuLiBi harus punya SIM internasional untuk bisa sewa mobil di Chile. Perusahaan yang dikelola keluarga pun mengharuskannya, selain paspor dan alamat penginapan di Chile. Selain itu, kamu juga perlu kartu kredit. Semua tempat sewa mengharuskan pembayaran deposito selain biaya sewa mobil itu sendiri. Dan ini hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit. Di Castro, BuLiBi sewa mobil melalui GO Rent a Car. Biayanya tergantung jenis mobil dan lama sewa. BuLiBi dapat tarif 35.000 CLP (sekitar Rp. 650.000) untuk satu hari. Pemilik rental mobil ini, Jimmy, bisa berbahasa Inggris dan sangat ramah.

Sampai di Taman Nasional Puñihuil

Dek dan perahu tur pinguin Patagonia di Punihuil (c) Arakita Rimbayana

Taman Nasional Puñihuil mudah ditemukan di Google Maps. Cukup ketik "Puñihuil" dari Ancud dan ikuti arahannya. Selain itu, teman BuLiBi juga bisa mengikuti rambu di sepanjang jalan. Kalau kamu naik mobil dari Castro, sebenarnya ada jalan lain untuk sampai ke Puñihuil tanpa harus lewat Ancud. Tapi, sebagian jalan alternatif ini tidak diaspal. Jadi kalau kamu mengendarai mobil kecil, BuLiBi sarankan untuk lewati jalan utama ke Ancud supaya lebih aman dan nyaman. Sesampainya di taman nasional, biasanya ada yang menyambut di pintu masuk. Mereka adalah penyedia tur pinguin Patagonia yang menawarkan paket wisatanya. Jangan takut atau menghindar. Silakan pilih salah satu penyedia tur dan ikuti petunjuk mereka. Dengan cara ini, kamu tidak perlu bayar biaya parkir 500 CLP (sekitar Rp. 10.000) per jam. Ada beberapa penyedia tur di sepanjang pantai. Masing-masing menyediakan kapal yang akan membawa teman BuLiBi mengelilingi pulau-pulau kecil tempat pinguin Patagonia berada. BuLiBi memilih kapal Putemun III. Pertama-tama, daftar di kantor tur dan bayar biaya tur sebesar 7.500 CLP (sekitar Rp. 140.000) per orang. Harap bawa uang tunai karena pembayaran dengan kartu tidak diterima. Kemudian, kamu akan dapat kunci loker untuk menaruh barang-barang dan jaket pelampung. untuk keamanan. Bersama dengan wisatawan lain, kamu akan dipandu untuk naik ke dek berjalan yang akan membawamu ke kapal yang berlabuh di tepi pantai. Dari sana, petualangan pun dimulai!

Pinguin Patagonia di Punihuil, Chile (c) Arakita Rimbayana

Setelah kapal berangkat, hanya butuh sekitar lima menit untuk sampai di pulau tempat pinguin berada. Apa yang membuat Puñihuil begitu istimewa adalah fakta bahwa kamu bisa melihat dua spesies pinguin sekaligus! Kedua spesies ini datang ke Puñihuil untuk berkembang biak. Magellan dan Humboldt, salah satu spesies paling langka dan hampir punah. Kamu bisa melihatnya berkelompok di pulau berbatu. Nahkoda siap mengantarmu sedekat mungkin untuk bisa berfoto. Dan pemandu berbahasa Spanyol siap memberi semua informasi yang teman BuLiBi perlu ketahui tentang pinguin Patagonia di Puñihuil. Selain pinguin, kamu juga bisa melihat beberapa formasi batuan yang menakjubkan di kawasan ini. Batuan dan pulau-pulau kecil ini dulunya menyatu dengan daratan utama. Tetapi gempa bumi Valdivia pada tahun 1960 mengguncang dan merubah bentuk sebagian besar pulau, termasuk Puñihuil.

Ada apa di Puñihuil

Pantai Punihuil yang luas (c) Arakita Rimbayana

Setelah tur selesai , kamu bebas menjelajahi pantai. Kamu bisa main pasir basah, berfoto, atau sekadar menikmati pemandangan yang menakjubkan. Harap dicatat, pantai ini merupakan pantai nelayan, jadi jangan berharap bisa santai seperti di pantai-pantai Bali. Para penyedia tur pun sebagian besar merupakan nelayan lokal. Karena mereka tidak bisa memancing selama musim panas, layanan wisata ini menjadi alternatif dalam mencari nafkah. Tersedia toilet bersih dan pelanggan tur bisa menggunakannya dengan bebas. Ada juga restoran dan beberapa penjual makanan di sekitar. Tetapi sebagian besar, termasuk penyedia tur, tutup setelah jam 5 sore. Beberapa tetap buka sampai jam 8 malam kalau ada reservasi sebelumnya.

Kesempatan sekali seumur hidup melihat langsung pinguin Patagonia

Pinguin Patagonia mengunjungi Puñihuil hanya di musim panas. Jadi, pastikan untuk mengatur jadwal liburan ke Chiloe dengan baik. Jangan hanya datang ke sini untuk melihat pinguin, karena Chiloe, seperti kawasan Patagonia lainnya, menawarkan keindahan alam yang tidak ada duanya. Dari perairan biru kehijauan, danau-danau besar, gunung yang tertutup salju, sampai bukit berbatu, semuanya akan membuat teman BuLiBi takjub!

(c) BuLiBi


Suka artikel ini? Silakan like dan share di sosial media!


Baca juga:

Suasana Karantina Virus Corona Di Santiago, Chile

Tejo di Medellin: Olahraga seru yang melibatkan ledakan!


Artikel terlaris:

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

Apply Visa Colombia: Bukan Liburan Biasa Ke Negara Bebas Visa

  • Facebook

©2019 by Bulibi