Tejo di Medellin: Olahraga seru yang melibatkan ledakan!

Main Tejo di Medellin, Kolombia merupakan aktivitas menarik bersama teman-teman dan keluarga. Olahraga nasional ini seru dan… sedikit berbahaya!

BuLiBi main Tejo di Medellin, Kolombia (c) Arakita Rimbayana

Kolombia, khususnya Medellin, populer di kalangan ekspat dan wisatawan di seluruh dunia karena berbagai alasan. Salah satunya adalah sepakbola. Tapi tahukah kamu kalau negara ini menawarkan jenis olahraga lain? Dan kegiatan olahraga ini melibatkan mesiu! Ya, kamu tidak salah baca.


Olahraga ini disebut Tejo dan dimainkan di seluruh negeri. Kalau kamu kebetulan berada di atau akan mengunjungi Medellin, kamu beruntung! Berikut ini panduan lengkap tentang bagaimana dan di mana kamu bisa coba olahraga seru ini. Tanpa basa-basi lagi, inilah panduan eksklusif BuLiBI tentang caramain Tejo di Medellin!


Apa itu Tejo?

Tabla dan target Tejo (c) Arakita Rimbayana

Jangan salah sebut nama Jawa atau pacar Surti ya. Tejo dalam Bahasa Spanyol dibaca “Te-ho”. Untuk main Tejo, kamu perlu:

  • Tejo, kepingan logam atau batu;

  • Mecha, arget berbentuk segitiga yang mengandung bubuk mesiu;

  • Cincin logam tempat target diletakkan;

  • Tabla, kotak kayu berisi tanah liat sebagai tempat target, dengan jarak sekitar 18,5 meter dari pemain.


Asal-usul Tejo sendiri masih menjadi misteri. Tetapi, beberapa orang percaya bahwa Tejo berasal dari 500 tahun yang lalu. Olahraga serupa dimainkan oleh penduduk asli Kolombia kala itu. Tetapi mereka tidak menggunakan lempengan batu, melainkan cakram emas yang disebut zepguagoscua. Dan olahraga itu disebut turmequé (baca: tur-meh-key).


Sejak saat itu, Tejo mulai menarik perhatian banyak penggemar. Olahraga ini merupakan yang paling populer kedua di Kolombia setelah sepakbola. Bahkan ada turnamen internasional Tejo yang melibatkan negara-negara tetangga seperti Venezuela dan Ekuador.


Cara main Tejo di Medellin

Lembarang skor Tejo (c) Arakita Rimbayana

Pertama-tama, kamu perlu dua tim yang masing-masing terdiri dari setidaknya dua orang pemain. Setiap pemain memilih kepingan masing-masing. Biasanya, anak-anak dan perempuan diperbolehkan untuk memilih kepingan yang lebih kecil. Kemudian, setiap pemain bergiliran untuk melempar keping ke arah tabla dan mencoba untuk menyentuh target.


Tujuan utamanya adalah untuk mendaratkan kepingan di dalam cincin logam. Kalau berhasil, kamu akan dapat 6 poin. Kalau kamu berhasil mengenai dan meledakkan salah satu mecha, kamu akan mendapatkan 3 poin. Tetapi, kalau kepinganmu mendarat tepat sasaran dan juga menghasilkan ledakan, poin yang didapat jadi 9! Ini jarang tetapi bukan berarti tidak mungkin! Harap dicatat, kepingan yang memantul tidak dihitung. Setiap keping harus mendarat pas di atas tanah liat.


Sekarang, bagaimana kalau tidak ada kepingan yang tepat sasaran atau membuat ledakan? Wasit akan mengukur kepingan siapa yang paling dekat dengan cincin logam. Kemudian, timnya akan diberi 1 poin. Tim pertama yang mendapat akumulasi 35 poin memenangkan pertandingan!


Yang seru saat main Tejo di Medellin

Mecha yang meledak! (c) Arakita Rimbayana

Meskipun kepingan tepat sasaran memberi lebih banyak poin, banyak pemain yang lebih berharap untuk meledakkan mecha. Suara ledakannya cukup keras, dan dijamin bikin suasana jadi seru! Mungkin perlu waktu cukup lama sampai akhirnya ledakan. Jadi, nikmati sebotol bir dingin sambil menunggu giliran.


Harap dicatat setiap kepingan Tejo cukup berat, jadi kamu perlu memastikan tidak ada orang lain berdiri di sekitar tabla sebelum melempar. Kalau ini kali pertama kamu main Tejo, BuLiBi sarankan untuk menyewa pemandu atau ahli yang bisa membantu dan juga menjadi wasit.


Tempat main Tejo di Medellin

Lempar Tejo (c) Arakita Rimbayana

Ada lapangan Tejo di Estadio Polideportivo Sur, Envigado. Lokasinya sekitar 20 menit dari pusat kota Medellin. Tempat ini tertutup atap, jadi kamu bisa main meskipun hujan. Selain itu, ada 6 tabla yang tersedi. Tempat ini milik penduduk setempat, dan mereka ada di toko di sebelah lapangan. Reservasi tidak diperlukan, tetapi kamu mungkin harus menunggu giliran kalau semua lapangan dipakai.


Berapa biayanya? Kurang dari harga tiket film! Di bulan November 2019, BuLiBi main bersama 6 orang dan kami menghabiskan lebih dari dua jam bermain (sambil terus isi ulang botol bir). Semuanya cuma 26.000 COP per orang. Sekitar Rp. 100.000 saja!


Cara ke Envigado

Metro Medellin, Kolombia (c) Arakita Rimbayana

Cara termudah untuk sampai ke Envigado adalah dengan naik taksi yang akan mengantarmu langsung ke Estadio Polideportivo Sur. Pengemudi akan menurunkan kamu di depan stadion. Kemudian, kamu tinggal masuk gerbang dan jalan terus ke bagian belakang stadion. Terus saja sampai menemukan lapangan sepakbola terbuka. Lapangan Tejo ada tepat di belakangnya.


Tapi namanya bukan liburan biasa, BuLiBi sarankan untuk naik transportasi umum yang sangat nyaman di Medellin. Naik kereta Metro Jalur A menuju La Estrella dan turun di stasiun Itagui. Ada stasiun di Envigado, tetapi Stadion itu sendiri lebih dekat ke stasiun Itagui. Dari sini, cari Estadio Polideportivo Sur di Google Maps dan ikuti arah di sepanjang jalan Carrera 48. Dibutuhkan waktu sekitar 10 menit berjalan kaki untuk sampai ke sana.


Jalur A memiliki pemberhentian terbanyak disbanding jalur Metro Medellin lainnya, jadi mudah diakses dari mana pun kamu berada di Medellin. Tiket metro hanya 2.650 COP (sekitar Rp. 10.000). Dan mudah untuk membelinya di stasiun metro mana pun. Kalau kamu berencana untuk sering menggunakan metro, BuLiBi sarankan untuk membeli Civica, kartu transit untuk mengakses semua stasiun metro di Medellin. Dengan cara ini, kamu menghemat 295 COP (Rp. 1.200) setiap perjalanan. Kartu itu sendiri dijual dengan harga 5.000 COP (Rp. 20.000) dan bisa dibeli di stasiun San Antonio.


Soal Civica ini akan BuLiBi bahas lebih mendalam di artikel selanjutnya. Jadi, jangan lupa subscribe BuLiBi supaya kamu dapat email khusus dari kami saat artikel baru siap untuk dibaca!

Civica Metro Medellin
Harga: 5,000 COP (Rp. 20.000)
Website: Civica Metro Medellin

Nikmati keseruan berbahaya di lingkungan yang aman!

Siapa sangka aktivitas yang melibatkan mesiu bisa jadi kegiatan yang seru dan aman? Semua berkat Tejo di Medellin. Tidak ada kegiatan lain yang seperti ini. Jadi saat kamu liburan di Medellin atau kota mana pun di Kolombia, jangan lupa coba Tejo!


Ada pertanyaan? Langsung kontak BuLiBi atau tanya di IG @bu.li.bi!


Baca artikel lain soal Kolombia:

Apply Visa Colombia: Bukan Liburan Biasa Ke Negara Bebas Visa

Baru mendarat langsung dites Bahasa Spanyol!


(c) BuLiBi

  • Facebook

©2019 by Bulibi