Baru mendarat langsung dites Bahasa Spanyol!

Diperbarui: Mar 6

Hampir semua orang yang liburan ke Kolombia, bisa Bahasa Spanyol. Dan ga banyak yang bisa Bahasa Inggris. Semua tulisan juga dalam Bahasa Spanyol. Jadi, coba belajar sedikit kalimat yang bakal sering kamu pakai. Nih yang paling mujarab: "Disculpa, no hablo Espanyol." alias "Mon map kaga ngarti!"


Scroll down untuk baca tips liburan ke Kolombia ala Bukan Liburan Biasa!

Beragam etnis dan budaya

Kalau muka kamu seperti saya, yang termasuk netral dan ga terlalu menampilkan ciri khas etnis dan negara tertentu, kemungkinan besar orang-orang di Kolombia akan mengira kamu adalah orang lokal, atau setidaknya dari sekitaran Amerika Latin. Jadi, saat berpapasan di jalan, tanya alamat, pesan makan di restoran, atau bayar belanjaan di kasir, kemungkinan besar kamu akan diajak berbicara bahasa Spanyol.


Wah, bagaimana solusinya?

Ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Satu, cukup bilang kamu tidak bisa berbahasa Spanyol. Dua, coba belajar sedikit bahasa Spanyol.


Solusi yang pertama adalah yang tercepat, tapi karena kebanyakan penduduk lokal Kolombia tidak bisa berbahasa Inggris, alhasil kamu harus mengandalkan bahasa tubuh. Atau kamu juga bisa gunakan Google Translate di smartphone. Meskipun kesannya praktis, ini bukan cara yang tepat untuk berkomunikasi. Apalagi aplikasi ini bergantung pada koneksi internet dan kualitas smartphone-mu. Gunakan saat darurat saja ya!


Secara pribadi, saya sarankan solusi yang kedua. Dibandingkan dengan bahasa Inggris, bahasa Spanyol lebih mudah diucapkan oleh lidah orang Indonesia, apalagi dari kecil kita sudah terekspos telenovela seperti Maria Mercedez. Kamu bisa coba belajar online atau menggunakan aplikasi seperti Duolingo. Gratis, kok!


Meskipun kamu masih belepotan dan butuh waktu lama untuk mengatakan sesuatu, penduduk setempat akan menghargai usahamu mencoba belajar bahasa mereka. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih akrab dan mengenal budaya lokal. Ini baru namanya bukan liburan biasa!


Kata-kata berguna dalam Bahasa Spanyol

- "Ayuda" (baca: ayuda): Tolong

- "Disculpe, no hablo Español" (baca: diskulpe, no ablo espanyol): Maaf, saya tidak bisa bahasa Spanyol

- "¿Donde Está...?" (baca: dondesta): Di mana...?

- "¿Cuánto cuesta...?" (baca: kwanto kwesta): Berapa harga...?

- "Gracias" (baca: graasias): Terima kasih

- "Con gusto" (baca: kon gusto): Dengan senang hati/Sama-sama

- "Mucho gusto" (baca: mucyo gusto): Senang bertemu denganmu


Siap liburan ke Kolombia?

❤✈ Tonton juga video tips liburan ke Kolombia di channel YouTube BuLiBi Indonesia. Kapan kamu traveling? . . . #bukanliburanbiasa #liburan #traveling #travel #piknik #jalanjalan #backpacking #liburanmurah #kartun #cerita #gambar #ceritaliburan #komik #hitamputih #nomaden #travelnomad #remoteworking #indonesia #kolombia #bogota #amerikalatin #spanyol #bahasaspanyol #bahasa #espanol #disculpa

23 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi