Apply Visa Colombia: Bukan Liburan Biasa Ke Negara Bebas Visa

Diperbarui: Apr 3

Ada banyak negara bebas visa yang bisa kita sambangi, salah satunya adalah Colombia. Bagaimana cara masuk ke negara Pablo Escobar ini? Berikut ini panduan BuLiBi apply visa Colombia.

Negara Bebas Visa: Ga perlu apply visa Colombia (c) Arakita Rimbayana

Liburan ga harus melulu ke tempat yang itu-itu aja. Memang semua butuh perizinan masuk dan urusan apply visa bisa jadi kendala, TAPI bukan negara ASEAN saja yang memudahkan kita berkunjung untuk liburan. Di Benua Amerika juga ada banyak negara bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia, lho!


Di artikel ini, BuLiBi bahas soal apply visa Colombia dan cara masuk ke negara ini. Untuk daftar negara bebas visa lainnya, silakan baca Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa.


Tim BuLiBi, bukan liburan biasa, pergi ke Colombia bulan September 2019. Banyak sanak saudara dan teman-teman di Indonesia yang memberi tanggapan negatif karena Colombia terkenal dengan sejarah kriminal dan narkobanya. Yang kebanyakan nonton Narcos pasti tahu betul soal ini. Tapi, itu di zaman Pablo Escobar. Sekarang, negara ini jauh lebih aman, jadi teman BuLiBi tidak perlu khawatir soal keselamatan saat liburan di Colombia. That being said, namanya kota besar pasti ada tindak kriminalitas. Jadi, tetap waspada itu perlu.


Okay, kembali ke soal apply visa Colombia

Colombia merupakan salah satu dari puluhan negara bebas visa. Ya, artinya kamu tidak perlu apply visa untuk liburan ke negara ini. Hebatnya lagi, kamu boleh liburan di negara ini selama 90 hari!


Proses masuknya juga gampang dan sama sekali ga menakutkan. Tim Bukan Liburan Biasa masuk via Bandara Jose Maria Cordova di kota Medellin. Setiap penerbangan internasional mendarat di bandara Bogota, ibukotanya Colombia, begitu juga dengan pesawat yang tim BuLiBi tumpangi dari Singapura. Karena hanya transit sebentar di Bogota dan tidak keluar dari area bandara, kita tidak perlu lewat pengecekan imigrasi. Baru di Medellin lah kita melalui proses ini.

Kesan pertama mendarat di Bogota... DINGIN!

Seperti yang bisa kamu baca di artikel Tips Liburan #1, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan sebelum masuk ke negara orang, meskipun itu negara bebas visa. Berbekal tips ini, tim BuLiBi sudah siap dengan folder dokumen-dokumen di tangan saat mengantri untuk proses pengecekan imigrasi.


Ternyata, petugas imigrasinya tidak meminta kami menunjukan dokumen apa pun. Cukup serahkan paspor. Tempat pengecekan imigrasi di Bandara Jose Maria Cordova sama seperti bandara internasional lain pada umumnya. Ada beberapa kubik kaca di mana para petugas duduk di belakang komputer dan setiap orang yang mau masuk ke Colombia mengantri cantik tunggu giliran dicek petugas (maaf kita tidak punya fotonya, karena salah satu peraturan di bagian imigrasi adalah dilarang main hape). Sambil menunggu paspor dicek, bapak petugas sempat bertanya dalam Bahasa Spanyol. Sayangnya saat itu tim BuLiBi no habla Espanol sama sekali. Jadi kami cuma bisa jawab, "Excuse me?". Untungnya si bapak mengerti dan mengganti pertanyaannya dalam bahasa Inggris.

No hablo Espanyol

Petugas Imigrasi: "Tourism or business?"

BuLiBi: "Tourism."

[Jeda beberapa detik, si bapak menggerakkan jemari di keyboard dan serius melihat data di monitor. Tak lama, paspor tim BuLiBi dicap dan dikembalikan.]

Petugas Imigrasi: "Gracias."

BuLiBi: "Si. Gracias."

Tada! Selesailah proses pengecekan imigrasi masuk ke Colombia. Tidak repot, tidak dipungut biaya. Gampang, kan?


Meskipun paspor Indonesia bisa dibilang "lemah", proses masuk ke negara lain bisa mudah dan tidak merepotkan. Asal kita ikuti aturan dan persiapkan semua informasi yang mungkin dibutuhkan. Apply visa Colombia memang tidak perlu untuk liburan 90 hari, tapi kalau kamu berencana bekerja di negara ini atau tinggal lebih lama dari 90 hari, silakan cek peraturan visa Colombia melalui website resminya.


Ada pertanyaan? Langsung saja kontak BuLiBi, hubungi kami via IG @bu.li.bi atau gabung di Forum BuLiBi! Subscribe untuk jadi yang pertama tahu artikel terbaru BuLiBi.


Baca juga:

Apply Visa Thailand: Bukan Liburan Biasa Ke Negeri Gajah Putih

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies


Artikel paling populer:

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

(c) BuLiBi

1006 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi