• Facebook

©2019 by Bulibi

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Diperbarui: Feb 13

Ragu mencoba pengalaman bukan liburan biasa karena takut susah cari makanan halal di luar negeri? Ini jawabannya!

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri (c) BuLiBi Bukan Liburan Biasa

Banyak orang Indonesia yang memilih tempat liburan berdasarkan pilihan makanan halal yang ditawarkan. Hasilnya, hanya negara-negara mayoritas Muslim saja yang bisa dikunjungi. Malaysia, misalnya. Sangat disayangkan, karena ada begitu banyak hal baru yang bisa kamu lihat dan kamu alami di negara lain.


Bayangkan betapa banyaknya aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di suatu negara yang jarang dikunjungi orang Muslim. Di Chile misalnya, kamu bisa naik kuda di kawasan pegunungan. Atau mendaki gunung bersalju. Atau naik kereta seluncur yang ditarik kawanan anjing Husky. Seru, kan?! Sayangnya, Chile tidak mengutamakan makanan halal untuk para pengunjungnya. Jadi, gimana donk?


Jangan biarkan kekhawatiran tidak menemukan makanan halal membatasi kamu dan liburan impianmu. Baca terus untuk melihat berbagai cara untuk menikmati liburan di negara non Muslim tanpa harus mengorbankan selera makan. Semua tips di sini berdasarkan pengalaman tim BuLiBi sendiri yang terus menikmati pengalaman bukan liburan biasa dari satu negara ke negara lain.


1. Jadi vegetarian atau vegan selama liburan

Hidangan Vegetarian di Medellin, Colombia (c) Arakita Rimbayana

Kalau takut makanan tertentu mengandung babi dan bahan non-halal lainnya, hindari saja makan protein hewani selama liburan. Tidak seperti di Indonesia yang kebanyakan hidangannya berpusat pada berbagai jenis protein hewani, ada lebih banyak opsi di negara lain. Apalagi dengan makin banyaknya penganut gaya hidup vegetarian dan vegan. Beragam olahan nabati jadi lezat dan sama memuaskannya.


Di Thailand, misalnya, ada mie kare dengan topping jamur dan sayur-mayur. Tapi tidak kalah enak dengan pilihan topping ayam dan babi. Jangan takut soal makanan kamu terkontaminasi dengan babi, karena vegan dan vegetarian cenderung lebih ketat dalam hal ini. Apalagi vegan, telur dan madu pun mereka hindari. Tidak hanya soal konsumsi, tapi juga pemakaian produk-produk tubuh.


Memilih gaya hidup vegetarian atau vegan selama liburan bukan hal yang merepotkan. Ada beragam pilihan restoran yang khusus menyajikan menu vegan. Selain itu, restoran-restoran terkemuka pun umumnya menawarkan menu "vegan options". Coba saja googling "vegan restaurant" di kota yang akan kamu kunjungi untuk liburan. Atau unduh aplikasi HappyCow di ponsel Android kamu.


2. Cari Restoran India

Di Indonesia sendiri ada banyak restoran India atau restoran internasional yang menawarkan menu masakan India. Nah, sama halnya dengan di beberapa negara lain. Orang India banyak yang menganut agama Islam. Selain itu, yang beragama Hindu pun kebanyakan merupakan vegetarian dan vegan, alias bukan pemakan daging termasuk unggas dan ikan. Jadi, tidak heran kalau banyak restoran India yang bersertifikasi halal.


Banyak sekali menu masakan India yang menggugah selera dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Isinya juga ga melulu kare dan masakan pedas. Ada Palak Paneer, contohnya, bayam halus dengan keju lembut. Bisa dimakan dengan roti atau bahkan nasi. Ada juga aneka Bhaji, semacam gorengan bala-bala tapi biasanya terbuat dari tepung kacang chickpea. Pokoknya wenak!


Kalau kamu ada rencana liburan ke Da Nang, Vietnam, tim BuLiBi rekomendasikan Namaste OMAR'S Indian Restaurant yang 100% Halal. Kami bolak-balik makan di sini nih. Suasananya nyaman dan ruangannya ber-AC. Penting nih saat cuaca di luar sedang panas membara.


3. Masak sendiri

Pilihan yang satu ini memang tidak mudah, tapi dijamin paling murah. Selain itu, kamu bisa yakin 100% kalau makanan yang kamu masak itu halal. Tentunya kamu tetap harus menghindai protein hewani. Karena proses pemotongan hewan di luar negeri belum tentu sesuai dengan hukum Islam. Tapi bukan berarti kamu ga bisa makan enak.


Spaghetti Bolognese dengan saus jamur dan taburan keju, misalnya. Meskipun tanpa daging, hidangan yang satu ini jelas menggugah selera. Resep-resep yang biasa kamu masak di rumah, bisa kamu coba selama liburan. Pastikan penginapan kamu menyediakan dapur untuk bisa kamu gunakan selama menginap. Kamu bisa pilih hotel dengan dapur di kamar atau sewa unit studio apartemen via Airbnb.


Nah, sekarang kamu sudah tahu jurus-jurus jitu mengakali makanan halal saat liburan. Libur sebentar dari perdagingan demi pengalaman bukan liburan biasa. Yakin deh, pengorbanan kamu libur makan bakso dan sate akan terbayarkan dengan pengalaman seumur hidup yang tidak tergantikan. Seperti kata Saint Augustine, dunia merupakan sebuah buku. Kalau ga pernah menjelajahi tempat lain, ibaratnya kamu cuma baca satu halaman seumur hidup. Yuk, baca "halaman" selanjutnya!


Baca juga:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

(c) BuLiBi

24 tampilan