Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies

Siapa Bilang Cewek Ga Cocok "Backpacker"-an? Baca Tips Backpacker ini dulu! BuLiBi tempat tips liburan yang ga biasa.

Tips liburan ala ransel (c) Arakita Rimbayana

Ransel dan carrier segede gunung memang identik dengan traveler cowok. Ukurannya yang besar dan beratnya yang lumayan bikin encok terdengar merepotkan untuk gender manis manja. Tapi jangan mau kalah, girls. Kita juga bisa liburan ala ransel dan tips backpacker ini siap menginspirasi!


Umumnya para wanita memihak pada tim koper ketimbang tim ransel saat bepergian. Wajar, karena seberat apapun koper, hanya perlu ditarik atau didorong. Tapi bagaimana kalau kamu liburan ke pelosok? Dan ternyata permukaan jalannya tidak rata? Atau pas kamu harus angkat koper tersebut sendiri naik tangga? Percaya deh, sengsara, ini dari pengalaman saya pribadi.


Buat liburan yang ga biasa, penggunaan ransel sangat direkomendasikan. Selain bisa muat banyak, ransel sangat praktis dibawa-bawa. Biar liburanmu makin sip, ini tips liburan ala ransel atau backpacker buat kamu:


1. Beli ransel yang ukurannya sesuai dengan postur tubuh.

Ada banyak jenis ransel yang bisa kamu beli. Sesuaikan pilihan kamu dengan tinggi badan dan tujuan liburan. Untuk muatan lebih, pilih ransel yang lebih lebar ke depan ketimbang ke atas, agar lebih sesuai dengan peraturan carry on pesawat (hanya tas ukuran maksimal tinggi 56 cm, lebar 35 cm, dan tebal 22 cm yang diperbolehkan di bawa ke dalam kabin pesawat).

Supaya lebih praktis, pilih ransel yang dilengkapi kantong samping dan depan. Kamu bisa simpan botol minum, payung, dan dokumen-dokumen liburan seperti paspor dengan rapi dan mudah diakses.


NB: Beberapa bandara melarang penumpang membawa cairan dalam botol minum saat security check-in. Kosongkan botol minummu saat melalui proses pemeriksaan ini di bandara.



2. Jangan beli sembarang merek

Beli ransel semacam investasi untuk kenyamanan dan kesehatan. Bayangkan liburan naik gunung bawa ransel murahan. Bahu dan punggung kamu dijamin ga nyaman, bukan cuma encok yang akan kamu hadapi.


Jadi, kalau kamu berencana liburan ala ransel, pilih yang benar-benar berkualitas, bukan asal murah. Mahal ga masalah, asalkan kamu bawa pulang ransel yang talinya tebal dan nyaman, ditambah dengan padding ekstra di bagian punggungnya.


3. Gulung pakaianmu ke dalam ransel

Bedanya dengan koper, kamu tidak bisa melipat rapi pakaian di dalam ransel. Kemungkinan besar, pakaian yang sudah kamu lipat rapi bisa berantakan saat dikeluarkan dari ransel, terutama kalau ranselmu masuk ke bagasi pesawat, bukan kabin. Jadi, akan lebih praktis kalau kamu melipat dua semua pakaianmu, kemudian menggulungnya. Ranselmu jadi lebih padat dan bisa muat lebih banyak!


4. Bawa barang-barang secukupnya

Untuk mengurangi beban di bahu, cukup bawa barang-barang secukupnya, Pakaian tidak usah banyak-banyak, toh kamu bisa memanfaatkan fasilitas laundry di kota tujuan. Banyak kok yang murah. Atau, kamu bisa cuci pakaian sendiri.


Peralatan mandi juga tidak perlu bawa, kecuali sikat gigi dan odol kecil, kalau kamu transit lama di bandara. Semua bisa kamu beli di minimarket kota tujuan. Memang kesannya jadi pengeluaran ekstra, tapi kalau dibandingkan dengan biaya bagasi, ini jauh lebih murah.

Masih belum yakin soal bawa ransel? Baca nih alasan-alasan penting yang harus kamu ketahui ketama tim Bulibi pro ransel:


Alasan kenapa kamu harus pilih ransel ketimbang koper


Lebih aman, bisa dibawa masuk kabin pesawat

Tahu ga kalau mayoritas tiket pesawat sekarang, baik internasional maupun domestik, belum menyertakan biaya bagasi? Dan kamu tahu juga ga kalau maksimal berat barang bawaan yang diperbolehkan di kabin pesawat cuma 7 kg per orang?


Kalau kamu bawa koper, meskipun kecil, minimal sudah 1 kg sendiri. Artinya, barang-barang yang bisa kamu bawa dengan gratis semakin sedikit. Ransel jauh lebih ringan dari koper, jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan batasan 7 kg tersebut.


Cari tiket pesawat murah di sini:





Lebih hemat

Karena bisa dibawa masuk kabin pesawat, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bagasi. Kamu cukup bayar tiket pesawat yang sudah termasuk 7 kg barang bawaan kabin. Biaya ekstra untuk bagasi bisa jauh lebih mahal dari harga tiketnya sendiri loh!


Lebih mudah dibawa

Memang koper sistemnya "tinggal sorong". Tapi kalau kamu mau liburan yang ga biasa, kamu bakal masuk ke pelosok-pelosok daerah non turis. Koper jelas ga praktis untuk alasan ini. Pernah coba angkat koper 20 kg naik tangga?


Nah, sekarang kamu sudah tahu manfaat dan positifnya liburan ala ransel. Teman-teman Bulibi ada rencana liburan kemana nih? Share ide dan cerita yuk di Grup Facebook Teman BuLiBi dan di channel YouTube Bulibi Indonesia!


Terima kasih dan selamat liburan!


Baca juga:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

(c) BuLiBi

56 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi