Dos and Don’ts: Tips Liburan ke Eropa

Saking banyaknya destinasi di Eropa, jadi bingung! Mulai dengan tips liburan ke Eropa dulu yuk!

Tips Liburan ke Eropa (Photo: Pixabay)

Menapakkan kaki di Benua Eropa pastinya pernah terbesit dan menjadi wish list dalam pikiran setiap orang. Menyaksikan bunga tulip bermekaran di Amsterdam atau melihat Menara Eiffel dengan mata telanjang, dikunjungi beberapa kali pun, pesona Benua Eropa akan selalu sama seperti kunjungan pertama. Menjadi saksi keragaman dan keindahan budaya dan bahasa yang memanjakan mata merupakan sebuah pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan.

Benua Eropa terdiri dari kurang lebih lima puluh negara yang diakui keberadaannya dengan berbagai macam latar belakang bahasa dan budaya. Teman BuLiBi yang hendak berkunjung ke Eropa harus mempersiapkan beberapa hal sebelum hendak melakukan perjalanan atau mencari tahu seputar tips liburan ke Eropa. Perlu adanya persiapan dan hal-hal yang sekiranya dipelajari agar perjalanan ke Eropa dapat menjadi perjalanan yang menyenangkan dan less exhausting, baik itu perjalanan pertama ataupun sudah beberapa kali mengunjungi Benua Eropa. Berikut terdapat beberapa hal yang dapat menjadi tips liburan ke Eropa. Beberapa hal yang akan dibahas adalah itinerary, budget, waktu berkunjung, dan unwritten etiquettes ketika berkunjung ke destinasi wisata atau berinteraksi dengan penduduk lokal.



1. Itinerary: Bagaimana Memilih Negara yang Hendak Dikunjungi

Salah satu daya tarik Benua Eropa adalah terdiri dari banyak negara dan tidak jarang menemukan beberapa negara yang saling berhimpitan satu sama lain. Hal ini membuat Teman BuLiBi dapat mengunjungi banyak negara dalam satu perjalanan. Rasanya jarang menemukan wisatawan berkunjung hanya ke satu negara saja apabila berkunjung ke Benua Eropa, bahkan untuk first timer. Tapi tidak ada salahnya kalau kamu mau fokus ke satu negara saja.


Hal ini kemudian menjadi salah satu tips liburan ke Eropa dimana kita harus menentukan negara mana saja yang ingin kita kunjungi. Beberapa hal selain budget dan waktu perjalanan, yang perlu dipertimbangkan terkait pembuatan itinerary adalah bagaimana memilih negara yang akan dikunjungi. Pemilihan negara pastinya tidak akan lepas dari jarak antar negara, transportasi yang hendak digunakan, pilihan destinasi wisata bahkan kuliner.


Jarak antar negara merupakan suatu komponen penting terkait pembuatan itinerary. Salah satu tips liburan ke Eropa terkait pemilihan negara dapat dilakukan dengan memilih fokus pada salah satu negara bagian, misalnya negara-negara Baltik yang terdapat di Eropa bagian timur, negara-negara Skandinavia yang terdapat di Eropa bagian utara.


Pemilihan negara ini juga sangat bergantung pada durasi trip yang Teman BuLiBi tentukan. Apabila rencana durasi trip adalah dua minggu, mengunjungi empat sampai enam negara sudah dapat terbilang banyak. Namun, hal ini juga tergantung dari banyaknya destinasi tempat yang akan dikunjungi, dimana semakin banyak destinasi berarti durasi berada di negara tersebut lebih lama.

2. Budget

Berbicara seputar pembahasan pertama yaitu itinerary, budget tidak mungkin lepas dari hal tersebut dan saling berpengaruh satu dengan yang lain. Banyak anggapan bahwa Eropa adalah destinasi yang mahal, namun tidak sedikit juga negara-negara Eropa yang tidak terlalu memakan budget.


Salah satu tips liburan ke Eropa lain yang perlu diperhatikan adalah budget, di mana negara yang akan kamu kunjungi berpengaruh pada budget yang kamu keluarkan. Apabila ingin mengunjungi negara-negara Skandinavia, Teman BuLiBi harus merogoh kocek lebih dalam dikarenakan biaya hidup di Utara Eropa tersebut lebih mahal. Apabila tidak ingin terlalu menghabiskan uang, kamu dapat memilih negara-negara di Eropa yang tidak terlalu memakan biaya. Biasanya negara-negara di Benua Eropa yang ramah budget dan tidak kalah cantik adalah negara-negara di Eropa bagian timur atau selatan, seperti Slovenia, Lithuania, atau Romania.


Selain pilihan negara, penginapan dan transportasi juga menjadi tips liburan ke Eropa yang menjadi komponen penting dalam perhitungan budget. Pilihlah penginapan dengan akses terbaik dan perhatikan beberapa kebijakan seperti beberapa diantaranya adalah free cancelation, waktu check out, cleaning service fee, dan sebagainya. Beberapa penginapan di pusat kota memang seringkali merogoh kocek lebih banyak, namun terkadang akses yang dimiliki (transportasi, jarak ke destinasi wisata) sebanding dengan menginap di penginapan yang tidak berada di pusat kota dengan harga lebih murah.

3. Waktu Perjalanan: Mencocokkan Musim dan Low Season

Waktu perjalanan yang dipilih dalam melakukan perjalanan merupakan komponen penting ketika destinasi wisata yang kita impikan hanya bisa diakses pada saat-saat tertentu saja. Hal ini kemudian menjadi tips liburan ke Eropa lain yang perlu diperhatikan: mencari tahu kapan musim-musim tertentu datang. Ketika ingin berkunjung ke Belanda untuk melihat bunga tulip misalnya, dapat memilih waktu perjalanan sekitar Bulan April sampai Mei dikarenakan musim tulip terjadi pada saat bulan-bulan tersebut.


Low season dan peak season juga harus diperhatikan, mengingat adanya pengeluaran biaya yang relatif lebih banyak dan tempat wisata pun akan lebih ramai. Salah satu tips liburan ke Eropa pada saat musim dingin, namun tidak ingin ‘bertemu’ peak season, Teman BuLiBi dapat memilih waktu perjalanan mulai pertengahan Januari sampai akhir Februari. Pemilihan waktu perjalanan ini dikarenakan pada Desember akhir sampai Januari awal akan peak season, dikarenakan libur Natal dan tahun baru.

4. Unwritten Etiquettes: Hal-Hal yang Menjadi Perhatian Penduduk Sekitar

Bepergian ke negara lain pastinya tidak luput dari bagaimana kita mempelajari budaya negara tersebut, termasuk hal apa saja yang dianggap sopan dan tidak sopan, pantas dan tidak pantas, dan sebagainya. Hal ini kemudian menjadi bahasan tips liburan ke Eropa berikutnya: mempelajari unwritten etiquettes. Ketika hendak mengunjungi gereja-gereja di beberapa negara seperti misalnya Italia atau Spanyol, terdapat unwritten etiquettes dimana laki-laki hendaknya menggunakan celana panjang, gunakan sepatu dan jangan menggunakan sandal, perempuan hendaknya menggunakan pakaian yang menutupi bahu dan lutut.


Menggunakan topi atau penutup kepala ketika memasuki ruangan terutama gereja atau institusi publik juga merupakan unwritten etiquettes dimana dianggap kurang sopan untuk beberapa wilayah di Eropa. Memberikan senyum juga tidak terlalu dilakukan orang-orang di Eropa. Mereka hanya tersenyum kepada saudara dan kerabat dekatnya saja. Mempelajari unwritten etiquettes dapat mempermudah kita dalam perjalanan.


Berkaitan dengan unwritten etiquettes, salah satu tips liburan ke Eropa lainnya adalah mengerti bahasa lokal, terutama ketika hendak mengunjungi negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Tak perlu menjadi piawai, Tmean BuLiBi hanya perlu menghafal beberapa kalimat yang mungkin akan sering digunakan ketika perjalanan. Misalnya, seperti bertanya seputar harga, tempat, kata terima kasih, maaf, atau meminta bantuan. Memang sudah banyak penduduk lokal yang bisa berbahasa Inggris, namun menggunakan bahasa lokal akan lebih menunjukan apresiasi.


Nah, itu dia penjabaran seputar tips liburan ke Eropa, di antaranya itinerary, budget, waktu perjalanan, dan unwritten etiquettes. Pilih beberapa negara dengan akses yang mudah dan persiapkan anggaran secara kasar. Sesuaikan waktu perjalanan, terutama karena adanya musim tertentu yang tidak ingin kamu lewati. Lalu, jangan lupa untuk mempelajari unwritten etiquettes karena ada beberapa hal yang mungkin untuk orang Indonesia terlihat tidak apa-apa, namun terkesan tidak pantas bagi penduduk Eropa.


Untuk mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dan tidak terlupakan memang kerap kali membutuhkan beberapa effort di dalamnya, membaca tips liburan ke Eropa salah satunya. Selamat berlibur dan memanjakan mata dengan pesona Benua Eropa yang tidak akan pernah habis!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Amanda Trinita]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca juga:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Hey! Ini Tips Liburan ke Turki yang Wajib Kamu Tahu

Apa Itu Chicharron Kolombia?


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipsliburankeeropa #liburankeeropa #eropa

Cari tiket murah ke Eropa:


  • Facebook

©2019 by Bulibi