Terbaik 13 Hotel Murah di Istanbul Turki

Berbicara soal liburan ke Turki rasanya kurang apabila tidak memasukkan Istanbul ke dalam list. Selain indah, setiap sudut kota juga memberikan daya tarik dan kenyamanan tersendiri bagi traveler. Liburan ke Istanbul pun sekarang juga lebih terjangkau. Berbagai hotel murah di Istanbul Turki sudah dapat dengan mudahnya ditemukan di setiap sudut kota.


Kawasan di Istanbul yang Terbaik Untuk Traveler

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki. Apabila Teman BuLiBi baru pertama kali ke Istanbul, kawasan Fatih dapat menjadi tempat menginap paling strategis. Fatih terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya Sultanahmet, Sirkeci, dan Beyazit. Wilayah Sultanahmet merupakan wilayah paling populer di Fatih bagi kalangan turis. Hal ini dikarenakan banyak tempat wisata dan situs sejarah yang terletak di Sultanahmet. Hagia Sophia, Masjid Sultan Ahmed, dan Menara Topkapi adalah beberapa contoh wisata di wilayah tersebut. Apabila kamu mencari hotel murah di Turki, Fatih punya banyak pilihan penginapan! Hotel murah yang tersedia pun cukup tersebar di berbagai wilayah. Kamu tinggal menyesuaikan itinerary dan suasana sekitar hotel yang kamu lebih suka.


Selain Fatih, Beyoglu dapat menjadi kawasan terbaik lainnya untuk traveler. Kawasan-kawasan yang populer di Beyoglu adalah Galata, Taksim, dan Karakoy. Berbagai penginapan murah di Turki dapat ditemukan di wilayah-wilayah ini. Wilayah Galata cocok untuk kamu yang mencari nightlife di Istanbul. Sedangkan Taksim merupakan wilayah pusat yang strategis kalau kamu berencana bepergian ke berbagai tempat sekitar. Wilayah Karakoy dekat dengan beberapa rumah makan populer di Istanbul, salah satunya Karakoy Gulluoglu. Beberapa tempat wisata juga dapat ditemukan di Beyoglu, seperti Menara Galata dan Jalan Istikal.


Berencana liburan dan mencari penginapan terjangkau di Istanbul Turki? Yuk, simak 13 rekomendasi hotel murah di Istanbul Turki bersama BuLiBi berikut ini!

13. Nika Otel & Cafe

Salah satu hotel murah di Turki yang sangat colorful! Ruangan yang didominasi dengan berbagai warna pastel membuat penginapan ini menjadi lebih cantik. Nika Otel & Café berlokasi di kawasan Sultanahmet yang ramai dan strategis. Tak sulit mencari restoran di sekitar dan juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Sultanahmet.


Memiliki suasana dan fasilitas menarik, biaya menginap di hotel ini cukup terjangkau. Tarif penginapan ini berada di kisaran 300.000 IDR untuk dua orang dan sudah termasuk sarapan. Variasi sarapan yang disediakan pun cukup lengkap dan lezat. Meskipun tidak terlalu besar, kamar hotel sangat nyaman dan bersih. Beberapa kamar pun menyediakan pemandangan Kota Istanbul yang sangat indah.


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Hotel ini berlokasi di belakang Masjid Sultan Ahmed, masjid besar yang menjadi ikon Kota Istanbul.

  • Hotel hanya berjarak 1 kilometer menuju Grand Bazaar Istanbul. Tempat ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan tertua di dunia.

  • Hanya diperlukan 5 menit berjalan kaki untuk mencapai pemberhentian Trem Sultanahmet.

  • Skor: 9,3 dari 256 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

12. Marmara Guesthouse

Penginapan murah di Turki kali ini masih berlokasi di Sultanahmet. Marmara Guesthouse merupakan penginapan nyaman dan dilengkapi berbagai dekorasi yang membuatnya terlihat cantik. Penginapan ini sendiri dikelola oleh sebuah keluarga yang juga mengelola penginapan lain yaitu Saruhan Hotel. Biaya menginap di hotel ini sangat terjangkau! Tarif menginap dimulai dari 260.000 IDR untuk dua orang dan sudah termasuk sarapan. Variasi sarapan yang disediakan pun cukup banyak dan dibuat secara homemade.


Marmara Guesthouse memiliki beberapa tipe kamar berkapasitas mulai dari dua hingga empat tamu. Penginapan ini juga menyediakan fasilitas seperti kopi dan teh secara gratis untuk tamu. Selain itu, fasilitas lain seperti room service dan minibar juga tersedia di Marmara Guesthouse.


Yang menarik dari penginapan murah di Turki ini:

  • Kamu hanya perlu berjalan kaki selama 7 menit untuk mencapai Hagia Sophia dan Masjid Sultan Ahmed!

  • Marmara Guesthouse memiliki teras di rooftop di mana tamu dapat melihat view laut yang indah.

  • Penginapan ini menyediakan jasa laundry dengan harga 3 EUR per kilogram.

  • Skor: 9,2 dari 449 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

11. Basileus Hotel

Basileus Hotel adalah tempat yang cukup populer apabila berbicara soal hotel murah di Istanbul Turki. Lokasi hotel juga cukup strategis dan berada di tengah kota. Teman BuLiBi dapat mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal di Istanbul hanya dengan berjalan kaki. Hagia Sophia dan Masjid Sultan Ahmed, misalnya, dapat dicapai kurang dari 1 kilometer saja. Interior penginapan ini bernuansa klasik yang membuatnya terlihat sangat berkelas.


Hotel bintang 3 ini memiliki tarif mulai dari 275.000 IDR per malam untuk dua orang. Pihak hotel juga menyediakan fasilitas sarapan yang cukup variatif. Fasilitas di hotel ini cukup beragam, beberapa diantaranya seperti laundry dan minibar. Semua staf di penginapan ini juga sangat ramah dan informatif.

Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Hanya diperlukan 3 menit berjalan kaki menuju airport transfer terdekat yaitu Yume.

  • Basileus Hotel menyediakan fasilitas ruang baca untuk sarana rekreasi tamu.

  • Beberapa restoran populer di Istanbul dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari penginapan ini. Salah satunya adalah Istanbul Anatolian Cuisine.

  • Skor: 9,2 dari 908 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

10. Best Town Hotel

Hotel murah di Istanbul Turki kali ini berlokasi di Wilayah Sirkeci. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Taman Gulhane. Dari luar, Best Town Hotel terlihat seperti hotel sederhana pada umumnya. Namun, suasana tempo dulu sangat terasa ketika Teman BuLiBi memasuki hotel ini. Best Town Hotel dapat menjadi pilihan menginap kamu yang mencari penginapan terjangkau namun berkualitas.


Per malam, tarif menginap di hotel ini dimulai dari 292.000 IDR saja untuk dua orang. Tarif tersebut juga sudah termasuk sarapan, loh! Variasi sarapan cukup beragam mulai dari sereal, buah-buahan, hingga beberapa hidangan khas Turki. Beberapa minuman seperti air mineral, kopi, dan teh, juga tersedia di hotel secara gratis. Best Town Hotel pun menempatkan restoran di rooftop dan memberikan view laut yang sangat indah.


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Lokasi Best Town Hotel dengan Istana Topkapi hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

  • Lokasi hotel sangat dekat dengan Stasiun Marmaray Sirkeci! Teman BuLiBi hanya perlu berjalan sejauh 75 meter.

  • Salah satu restoran populer Istanbul, Cigkofteci Ali Usta, hanya berjarak sekitar 250 meter dari hotel.

  • Skor: 8,7 dari 517 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

9. Madame Roza

Melipir sedikit ke Wilayah Beyoglu, terdapat sebuah penginapan murah di Turki yang cukup menarik. Apabila berbicara soal penginapan dengan lokasi paling strategis, BuLiBi akan merekomendasikan Madame Roza. Terlebih jika kamu berniat untuk berburu kuliner di Istanbul. Sekitar 70 meter dari hotel, terdapat sebuah restoran populer yaitu Suat Usta Mersin Tantuni. Hafiz Mustafa, restoran terkenal yang menyajikan Baklava, juga hanya berjarak 600 meter dari hotel. Bahkan, pada lantai dasar hotel pun terdapat kedai kopi bernama Roza Café yang nyaman.


Biaya menginap di hotel ini pun sangat terjangkau. Tarif per malam dimulai dari kisaran 260.000 IDR untuk dua orang. Kondisi kamar pun cukup luas, nyaman, dan juga bersih. Meskipun berada di lokasi pusat, suasana sekitar hotel cukup nyaman dan tidak berisik.


Yang menarik dari penginapan murah di Turki ini:

  • Teman BuLiBi hanya perlu berjalan kaki selama 7 menit untuk mencapai Taksim Metro Station.

  • Jarak hotel menuju Madame Tussauds Istanbul hanya sekitar 250 meter. Kamu cukup berjalan kaki 3 menit saja dari hotel

  • Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan berkendara untuk mencapai Havabus Taksim. Terminal ini sendiri melayani transportasi menuju bandara.

  • Skor: 9,4 dari 229 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

8. Sultanahmet Nu Hotel

Sultanahmet Nu Hotel merupakan salah satu penginapan murah di Turki yang berlokasi di pusat Istanbul! Tak hanya dekat ke berbagai tempat wisata, beberapa restoran pun dapat ditemukan di sekitar hotel. Tarif penginapan ini sangat affordable mengingat lokasinya yang berada di pusat kota. Per malam, tamu hanya dikenakan tarif mulai dari 175.000 IDR untuk dua orang. Fasilitas yang diberikan hotel pun cukup lengkap. Tersedia TV di kamar hotel, kamar mandi dalam, dan juga peralatan mandi.


Suasana hotel sangat nyaman dengan interior modern yang dipenuhi dengan furnitur bernuansa kayu. Selain itu, pada rooftop hotel tersedia restoran kecil. Lewat rooftop ini juga, Teman BuLiBi dapat melihat keindahan Kota Istanbul. View laut pun dapat terlihat dari rooftop hotel, loh!


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Jarak hotel hanya 5 menit berjalan kaki menuju Masjid Sultan Ahmed dan Hagia Sophia.

  • Hanya diperlukan 2 menit berjalan kaki ke Theodosius Cistern.

  • Teman BuLiBi hanya perlu berjalan kaki selama 10 menit menuju Grand Bazaar Istanbul.

  • Skor: 8,9 dari 382 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

7. By Murat Royal Hotel Galata

Salah satu hotel murah di Istanbul Turki yang menjadi rekomendasi BuLiBi. By Murat Royal Hotel Galata adalah hotel budget friendly yang berlokasi di Wilayah Galata, Beyoglu. Seperti namanya, interior hotel ini memberi kesan mewah layaknya berada di wilayah kerajaan. Meskipun begitu, tarif menginap di hotel ini tetap ramah di kantong! Per malam, tarif By Murat Royal Hotel Galata dimulai dari 230.000 IDR untuk dua orang. Tarif yang diberikan sangat sebanding dengan kenyamanan dan kualitas hotel.


Selain tarifnya yang terjangkau, pihak hotel menyediakan fasilitas transportasi menuju bandara untuk tamu. By Murat Royal Hotel Galata menyediakan restoran di rooftop. Lewat rooftop ini, kamu dapat melihat pemandangan Kota Istanbul yang memukau!


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Hanya diperlukan berjalan kaki selama 2 menit untuk mencapai Menara Galata dari hotel ini, loh!

  • Dengan berjalan kaki sejauh 500 meter, teman BuLiBi sudah sampai di Stasiun Metro Sishane.

  • Jarak hotel hanya 10 menit berjalan kaki menuju Karakoy Gulluoglu, restoran baklava yang populer.

  • Skor: 8,6 dari 338 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

6. April Hotel

Hotel murah di Istanbul Turki ini memiliki interior yang sangat cantik! Dari luar, hotel terlihat hanya seperti bangunan sederhana berwarna coklat gelap. Namun, interior yang didominasi warna cerah ini membuat April Hotel terlihat sangat stylish! Penginapan ini sendiri berlokasi di wilayah yang tidak jauh dari Taman Kadirga. Beberapa tempat wisata seperti Masjid Sultan Ahmed dan Hagia Sophia dapat dicapai dengan mudah.


Meskipun memiliki kesan stylish, tarif menginap di hotel ini tetap budget friendly. Per malam, tamu dikenakan tarif mulai dari 225.000 IDR untuk dua orang. Dengan tarif tersebut, Teman BuLiBi juga sudah bisa menikmati fasilitas sarapan yang cukup beragam, loh! Hotel juga menyediakan fasilitas dapur yang dapat digunakan oleh tamu.


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • April Hotel memiliki perapian di ruang tengah yang sangat berguna ketika musim dingin.

  • Hanya diperlukan 6 menit dengan berkendara menuju Grand Bazaar Istanbul dari hotel.

  • Jarak hotel menuju Stasiun Marmaray Yenikapi juga sangat dekat. Teman BuLiBi hanya memerlukan 5 menit dengan berkendara untuk mencapai stasiun ini.

  • Skor: 9,4 dari 171 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

5. Basilissis Hotel

Hotel murah di Istanbul Turki kali ini berada tidak jauh dari Taman Gulhane. Basilissis Hotel merupakan penginapan sederhana dengan sentuhan interior modern yang nyaman. Meskipun berada di lokasi yang cukup ramai, kondisi sekitar hotel tetap kondusif dan tidak berisik. Kamar tidur dan kamar mandi hotel pun sangat bersih dan nyaman digunakan.


Tarif menginap di hotel cukup terjangkau, yaitu sekitar 280.000 IDR untuk dua orang. Pihak hotel juga menyediakan sarapan yang cukup variatif. Salah satu nilai plus seputar Basilissis Hotel ada pada staf hotel. Mereka sangat profesional dan ramah. Para staf hotel bahkan merekomendasikan hal-hal apa saja yang menarik di Kota Istanbul pada traveler.


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Hanya dibutuhkan 5 menit berjalan kaki menuju tempat wisata populer di Istanbul yaitu Hagia Sophia!

  • Teman BuLiBi berencana naik marmaray? Hanya diperlukan 10 menit berjalan kaki menuju Stasiun Marmaray Sirkeci dari hotel!

  • Jarak hotel hanya 200 meter untuk mencapai Stasiun Trem Gulhane.

  • Skor: 9,4 dari 405 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

4. Ottopera Hotel

Salah satu penginapan rekomendasi BuLiBi yang berada di Wilayah Taksim, Beyoglu. Hotel kecil ini dipadu dengan beberapa warna cerah yang membuatnya terlihat colorful. Ottopera Hotel dapat menjadi pilihan hotel murah di Istanbul Turki dengan lokasi terjangkau. Pengunjung dikenakan tarif sekitar 212.000 IDR untuk dua orang. Kalau kamu memilih tarif lengkap dengan sarapan, biaya yang harus kamu keluarkan dimulai dari 252.000 IDR untuk dua orang.


Beberapa kamar berlokasi di lantai paling bawah atau basement. Jadi, Teman BuLiBi jangan salah memilih tipe kamar apabila berencana menginap di sini, ya! Meskipun begitu, kamar hotel tetap memiliki suasana modern dan sangat dijaga kebersihannya. Ottopera Hotel juga memiliki beberapa fasilitas, salah satunya adalah jasa laundry.


Yang menarik dari hotel murah di Turki ini:

  • Hanya dibutuhkan waktu sekitar 6 menit berjalan kaki untuk mencapai Stasiun Metro Taksim dari hotel.

  • Teman BuLiBi dapat mencapai Havabus Taksim kurang dari 5 menit apabila berkendara. Havabus sendiri adalah sarana transportasi menuju bandara.

  • Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit berkendara untuk mencapai berbagai tempat wisata di Beyoglu. Beberapa tempat wisata tersebut diantaranya Menara Galata dan Jalan Istikal.

  • Skor: 8,9 dari 367 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

3. Kadirga Studios

Teman BuLiBi berencana liburan ke Istanbul dalam jumlah banyak? Penginapan murah di Turki ini dapat menjadi pilihan terbaik. Kadirga Studios adalah hotel dengan harga terjangkau yang berlokasi di Beyazit, tidak jauh dari Sultanahmet. Sesuai namanya, hotel ini berlokasi di seberang Taman Kadirga. Memiliki kamar yang luas, Kadirga Studios dapat menampung mulai dari tiga hingga lima kapasitas tamu.


Tarif yang dikenakan hotel ini pun sangat terjangkau. Per malam, Teman BuLiBi hanya perlu membayar mulai dari 224.000 IDR untuk tiga orang. Selain terjangkau, suasana hotel ini juga sangat nyaman. Ruangan hotel didominasi oleh warna monokrom yang terlihat modern. Selain itu, staf hotel juga sangat ramah kepada tamu.


Yang menarik dari penginapan murah di Turki ini:

  • Teman BuLiBi hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit berkendara menuju Stasiun Marmaray Yenikapi.

  • Jarak hotel hanya sekitar 650 meter dari Grand Bazaar Istanbul.

  • Hanya dibutuhkan 5 menit berkendara atau 10 menit jalan kaki menuju Masjid Sultan Ahmed.

  • Teman BuLiBi mencari airport transfer? Hanya diperlukan 5 menit berkendara menuju Yume Airport Transfer.

  • Skor: 9,2 dari 116 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

2. The Pera Hotel

Hotel murah di Turki kali ini adalah The Pera Hotel yang berlokasi di Galata, Beyoglu. Dari luar, bangunan hotel ini terlihat lebih tinggi daripada bangunan-bangunan di sekitarnya. Lokasi hotel pun tidak jauh dari Menara Galata, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke situs tersebut. Selain itu, mudah sekali untuk mencari rumah makan di sekitar hotel ini.


The Pera Hotel memberikan kesan luxurious dan stylish lewat interiornya yang didominasi variasi warna kayu. Meskipun begitu, teman BuLiBi tidak perlu merogoh kocek lebih untuk menginap di sini. Tarif per malam untuk The Pera Hotel dimulai dari 211.000 IDR untuk dua orang. Beberapa kamar di hotel ini memiliki view laut yang indah. Kamar hotel sendiri cukup luas dan juga sangat bersih.


Yang menarik dari hotel murah di Istanbul Turki ini:

  • Teman BuLiBi hanya membutuhkan 4 menit dengan berjalan kaki menuju Stasiun Metro Sishane.

  • Lokasi hotel sangat dekat dengan Istanbul Modern Museum, hanya dibutuhkan 2 menit dengan berjalan kaki.

  • Jarak hotel hanya sekitar 10 menit apabila berjalan kaki menuju Jalan Istikal yang populer.

  • Skor: 8,5 dari 566 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

1. Tulip Guesthouse

Teman BuLiBi mencari penginapan di sekitar Sultanahmet dengan view yang indah? Tulip Guesthouse dapat menjadi pilihan terbaik! Penginapan murah di Turki ini berlokasi di tempat strategis dan nyaman. Bangunan penginapan terlihat cerah dengan sentuhan warna kuning pastel. Dari beberapa kamar, Teman BuLiBi dapat melihat view Laut Marmara yang indah. View ini juga dapat dilihat dari rooftop, loh!


Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 214.000 IDR per malam untuk dua orang. Tarif ini juga sudah termasuk sarapan. Kamar penginapan di Tulip Guesthouse tidak terlalu luas namun bersih dan sangat nyaman. Pelayanan yang diberikan oleh staf penginapan ini juga sangat memuaskan. Staf Tulip Guesthouse sangat welcoming, ramah, dan memberi arahan seputar liburan di Istanbul.


Yang menarik dari hotel murah di Istanbul Turki ini:

  • Teman BuLiBi hanya perlu 10 menit dengan berjalan kaki menuju pemberhentian Trem Sultanahmet.

  • Jarak hotel ke Masjid Sultan Ahmed sangat dekat, hanya sekitar 5 menit dengan berjalan kaki.

  • Pihak hotel menyediakan jasa jemput dari bandara.

  • Skor: 9,1 dari 450 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

Kegiatan Liburan Wajib di Istanbul

Istanbul terkenal dengan bangunan bersejarah dan juga budayanya. Kedua tempat wisata terkenal seperti Hagia Sophia dan Masjid Sultan Ahmed adalah ikon kota ini. Masjid Sultan Ahmed sendiri juga dikenal dengan sebutan Blue Mosque. Kedua tempat ini tidak boleh dilewatkan, apalagi buat kamu yang baru pertama kali ke Istanbul. Lokasinya yang berdekatan semakin memudahkan kamu untuk mengunjungi kedua tempat ini sekaligus.


Bangunan-bangunan bersejarah lain yang tidak kalah menarik diantaranya Istana Topkapi, Basilica Cistern, dan Menara Galata. Selain itu, liburan ke Istanbul juga belum lengkap tanpa berkunjung ke Grand Bazaar Istanbul. Tempat perbelanjaan ini merupakan salah satu pasar terbesar dan tertua di dunia, loh! Lebih dari dari 3.000 toko tersedia di tempat ini.


Selain menikmati banyak tempat wisata indah, kulineran juga merupakan kegiatan liburan wajib di Istanbul! Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan selagi liburan di Istanbul adalah Turkish Baklava, apalagi kalau kamu suka hidangan manis. Makanan khas Turki ini memang sudah dapat dengan mudah kita temukan di mana-mana. Tapi, Turkish Baklava yang langsung kamu nikmati di Istanbul pasti tidak tertandingi rasanya.


Beberapa restoran di Istanbul dengan Turkish Baklava terbaik diantaranya Karakoy-Gulluoglu, Koskeroglu, dan Hafiz Mustafa. Berikut adalah beberapa kegiatan seru yang wajib dilakukan selama liburan ke Istanbul. Jangan lupa juga untuk membaca tips liburan ke Turki terlebih dahulu agar liburanmu semakin menarik!

(c) BuLiBi [Kontibutor: Amanda Trinita]


Baca cerita BuLiBi soal:

Nomaden Series - Semua Tentang Slow Traveling

Makam Kaisar Tu Duc Di Hue, Vietnam

6 Negara Asia Yang Aman Untuk Solo Traveling Setelah Pandemi


Cari hotel di Istanbul lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi