Hey! Ini Tips Liburan ke Turki yang Wajib Kamu Tahu

Ada rencana mengunjungi negara Ottoman? Baca dulu tips liburan ke Turki ini!

Bicara soal Turki dan sejarahnya yang luas. Teman BuLiBi mungkin sudah tahu kisah penaklukan Konstaninopel yang dipimpin oleh seorang sultan bernama Muhammad Al-Fatih (Mehmet II) dan Kejayaan kerajaan lain di Ottoman pada zamannya. Soal keindahan tempat-tempat yang sering kita lihat di Sinetron Turki. bangunan-bangunan, masjid-masjid dan laut berpadu dengan sejarah dan keindahan alam. Inilah yang membuat negara Turki begitu menarik. Nah, di sini kamu punya beragam tips liburan ke Turki yang bias membuat pengalamanmu lebih asyik lagi.

Untuk teman BuLiBi yang sudah mulai gerah, sudah mulai resah, dengan pandemi Corona yang sedang terjadi ini. Bisa nih, mulai cari-cari tempat berlibur yang akan segera kamu kunjungi setelah Pandemi ini berakhir. Tidak keluar dari rumah bakalan bikin kita semakin semangat untuk liburan. Penyegaran setelah berjuang dari rumah menghambat penyebaran Virus ini. Salah-satu rekomendasi dari kami untuk teman BuLiBi, adalah tentu saja Negara Turki. Negara yang satu ini, dikenal dengan Masjid Biru, Museum Haghia Sophia atau balon udara di Kapadokia. Tentu saja bukan hanya itu yang bisa dikunjungi dan dilakukan di Turki. Bermain salju di Bursa, mengunjungi situs sejarah Yunani dan Romawi kuno di Izmir, mengunjungi pantai eksotis di Antalya juga bisa masuk bucket list. Turki cocok dikunjungi musim apapun, tapi tergantung kamu mau mengunjungi tempat apa.

1. Kapan beli tiket liburan ke Turki

Untuk harga normal tiket pesawat ke Turki, ada dalam kisaran 8 sampai 12 Juta Rupiah, tergantung maskapai penerbangan yang akan menemani kamu kesana. Perjalanan dari Jakarta menuju Istanbul memakan waktu sekitar 14 jam. Jadi, pilih maskapai yang terbaik untuk kamu ya! Tentunya beli tiket jauh-jauh hari sangat disarankan. Biasanya harganya lebih murah.

Cari tike murah ke Turki:

2. Liburan ke Turki perlu visa?

Sebenaranya, untuk mengurus VISA kepergian ke Turki tidak terlalu sulit. Kamu bisa mengurus VISA sudah sejak dari Indonesia melalui E-VISA. E-VISA bisa diurus disitus resmi pembuatan VISA milik pemerintah disana. Atau, kalau kamu tidak punya waktu luang untuk mengurus Via Online, kamu bisa juga mendapatkan VISA on Arrival (VISA saat kedatangan). Untuk mengurus VISA jenis ini, akan memakan waktu cukup lama saat di bandara, dikarenakan antrian yang biasanya akan sangat panjang. Jadi mau pilih apa? E-VISA? Atau VISA on Arrival?

Visa online: https://www.evisa.gov.tr/en/

3. Penginapan aman, Tidur nyaman

Ini penting untuk kamu yang bakalan berlama-lama di Turki. Untuk hotel, tentu saja bisa dipesan saat masih di Indonesia melalui aplikasi. Atau, bisa juga kamu memesan saat sudah sampai di Turki. Banyak tempat yang bisa kamu jadikan pilihan. Hotel, Motel atau bahkan sewa apartemen. Tarif tergantung kedekatan dengan tempat dan fasilitas penginapan itu sendiri. Hampir semua penginapan di Turki akan memberi sarapan pagi untuk pengunjungnya (Kecuali Apartemen sewaan). Jadi, kamu bisa menghemat uang untuk keperluan kamu yang lain di Turki.

4. Punya Kamus!

Sebagian masyarakat Turki, tidak pandai berbahasa Inggris. Mereka menggunakan bahasa mereka sendiri yaitu, Bahasa Turki. Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan untuk membeli kamus bahasa Turki, atau men-Download aplikasi Google Translate Jaga-jaga jika kamu ditanya atau butuh bertanya kepada penduduk lokal. Dan juga, beberapa toko kecil di Turki yang dijaga oleh orang tua yang akan senang mendengar kamu berbicara Bahasa Turki. Biasanya mereka akan memberikan kamu diskon!

5. Mata uang Lokal

Mata uang Turki adalah, Turkish Lira (TL). 1 Lira bernilai sekitar 4000 dalam rupiah. Sesampainya di Bandara, kamu bisa menukarkan mata uang yang kamu punya atau tarik tunai dİ ATM terdekat. Hampir semua ATM di Turki sudah mempunyai logo Visa dan Mastercard kok. Jadi, teman BuLiBi tidak akan kesulitan mengenai masalah uang. Beberapa tempat wisata memang membolehkan pembayaran dengan mata uang Euro, contohnya seperti untuk naik balon udara di Kapadokia. Akan tetapi, mata uang Lira bisa juga dipakai ditempat yang memakai pembayaran dengan Euro tersebut. Jadi, mempunyai Uang Lira sudah cukup. Oh iya! Liburan ke Turki tidak lengkap rasanya kalau tidak pergi ke Kapadokia ya!

6. Travel Guide

Untuk Travel Guide sendiri, tidak harus gunakan jasa resmi seorang pemandu. Kamu bisa membeli buku atau Download aplikasi Travel Guide tempat tujuan kamu di Turki. Meskipun Transportasi di Turki sangat lengkap, luasnya beberapa kota di Turki bisa membuat beberapa pengunjung bingung dan kesulitan. Travel Guide akan membantu kamu mencari tahu transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju tempat yang kamu tuju. Buku atau aplikasi Travel Guide juga, bisa membantu kamu memilih tempat-tempat untuk dikunjungi. Atau tempat-tempat yang jarang diketahui orang pada umumnya.

Kalau tidak ingin ambil pusing, kamu juga bisa menyewa Private Travel Guide, pendamping yang bisa dicari melalui Social Media dan situs-situs Traveler. Biasanya, harga dipatok 50 Dollar dalam satu hari, tergantung kesepakatan. Kalau kamu memakai jasa Private Travel Guide, akan ada beberapa keuntungan yang kamu punya. Mereka akan mencarikan tempat-tempat sesuai keinginan kamu, dan akan membuat waktu Traveling kamu lebih efektif. Mereka juga bisa menceritakan sejarah dibalik tempat-tempat yang nantinya akan dikunjungi.

7. Persiapkan diri

Ini juga sangat penting. Mengingat, Turki dan Indonesia mempunyai banyak sekali perbedaan. Dari mulai bahasa, budaya, sampai ke makanan. Bahasa Turki memang mempunyai banyak kata serapan dari bahasa Arab. Tetapi Bahasa Arab dan Bahasa Turki sangat berbeda. Mengenai budaya, Turki sangat unik. Paa pria di Turki saling menempelkan dahi dari kanan ke kiri saat mereka saling bertemu. Mereka juga minum teh 5 sampai 10 gelas kecil teh setiap hari. Jadi jangan kaget saat melihatnya.

Bagi kamu yang muslim, jangan khawatir mengenai label makanan yang ada di Turki. Mencari makanan halal di Turki sama mudahnya dengan mencari makanan halal di Indonesia. Lebih dari 85% masyarakat Turki beragama Islam. Namun harus tetap hati-hati saat memilih ya! Beberapa tempat, khusus menyediakan makanan yang pengunjungnya ingin pesan.

Jadi, bagaimana? Sudah siap liburan ke Turki? Sudah siap dengan pengalaman mengasyikkan yang akan kalian dapatkan dinegara dua Benua ini? Semoga tips liburan ke Turki dari kami ini bermanfaat.

(c) BuLiBi - [Kontributor: Bojes]

Baca juga:

Tips Liburan#1: Ke Negara Bebas Visa

Tips Liburan#4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Planning To Go To Grand Bazaar Istanbul? Visit Istanbul Online Market First!


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #turki #liburanketurki #tipsliburanketurki #eropa #asia #istanbul

  • Facebook

©2019 by Bulibi