Apa Itu Chicharron Kolombia?

Ada rencana liburan ke Kolombia? Cari tahu dulu soal Chicarron Kolombia di artikel ini!

Chicarron Kolombia sering disajikan dalam Menu del Dia (c) Arakita Rimbayana

Kolombia adalah negara terbesar ke-26 di dunia dan negara ke-empat terbesar di Amerika Selatan (setelah Brasil, Argentina, dan Peru), dengan area lebih dari dua kali Perancis. Di Amerika Latin, negara ini juga negara ketiga untuk jumlah populasi terbanyak setelah Brasil dan Meksiko. Kolombia merupakan satu-satunya negara di kawasan benua Amerika Selatan yang memiliki garis pantai di laut Pasifik dan laut Karibia. Kolombia berbatasan dengan Laut Karibia di sebelah utara dan barat laut; Venezuela dan Brasil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Laut Pasifik di barat


Kolombia juga memiliki ragam keindahan yang tiada duanya di dunia. Sebut saja La Candelaria yang merupakan pusat bersejarah Bogota, ibu kota Kolombia dengan landscape satu puncak gunung terkenal di Kolombia, Cerro Monserrate. Ada juga Teluk Tanganga, surga untuk pecinta scuba diving di utara Santa Maria.


Di balik keindahan alamnya yang memukau, Kolombia memiliki banyak wisata kuliner yang akan mamanjakan lidah teman BuLiBi. Ada banyak jajanan yang bisa kamu nikmati saat liburan ke negara yang dijuluki Los Cafeteros ini. Beberapa jajanan yang bisa ditemukan adalah Picada Colombiana, sejenis platter yang berisi steik, sosis hingga usus sapi. Chinchulínes, usus sapi panggang. Changua yang merupakan sup yang dibuat dengan susu, telur rebus, dan bawang hijau.


Selain kuliner yang disebutkan diatas, ada satu hidangan favorit masyarakat Kolombia. Makanan ini disajikan sepanjang hari untuk sarapan pagi dengan arepa, atau untuk makan siang dan malam sebagai lauk. Makanan ini disebut Chicharron. Bagi teman BuLiBi yang merencanakan liburan ke Kolombia wajib mencoba hidangan yang satu ini. Tapi sebelum itu mari kita kenalan lebih jauh apa itu Chicharron Kolombia.



Sejarah Chicharron Kolombia

Chicharron atau dalam bahasa Chamorro disebut Chachalon adalah Bahasa Spanyol dari kulit babi. Hidangan ini umunya terdiri dari perut atau kulit babi goreng dan dihidangkan dengan saus. Chicharron berasal dari negara bagian Andalusia Spanyol dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Makanan ini sangat populer di Andalusia, Amerika Latin, dan tempat-tempat lain yang terkena pengaruh budaya Spanyol. Chicharron juga ada versi vegetariannya yang diperkenalkan di Meksiko oleh perusahaan makanan ringan bernama Barcle tahun 1980-an.


Karena kepopulerannya, ada beberapa cara penyajian di berbagai negara. Sebut saja di Peru, Chicharron disajikan sebagai hidangan pembuka bersama dengan bawang merah dan yuca goreng. Di Filipina, disajikan dengan cuka cabai, saus hati atau acar pepaya. Atau di Bolivia, disajikan pada hari Minggu dengan tomat salsa, ilajwa dan mote.



Chicharron Kolombia terbuat dari apa?

Chicharon biasanya dibuat dari potongan daging babi, kambing, terkadang ayam dan berbagai jenis daging lainnya, ada juga yang membuatnya dari daging ikan. Di beberapa tempat, Chicharron dibuat dari iga babi dengan kulit yang menempel dan potongan daging lainnya. Namun, kulit babi yang dimaksud bukan daging babi yang dijual di supermarket, tapi daging babi segar yang baru saja di potong dari perut babi. Bahan yang digunakan tidak hanya kulit babi saja, tapi kulit dengan sedikit lapisan daging di bawahnya.



Rasa Chicharron Kolombia

Chicharron memiliki cita rasa gurih dan renyah. Untuk menciptakan cita rasa seperti itu, Chicharron dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah yang kemudian menghasilkan rasa yang akan membuat lidah kamu ingin makan lagi dan lagi.


Sebelum diproses dengan api, Chicarron dibumbui terlebih dahulu dengan merica, garam dan rempah-rempah. Bisa juga ditambahkan jus lemon, bawang putih cincang dan paprika. Campuran tabasco, tepung dan telur juga bisa digunakan untuk menutupi lapisan kulit, lalu didiamkan agar bumbu meresap, kemudian digoreng. Beberapa juga ada yang merebusnya sebelum digoreng.


Bagi kamu yang tidak mengkonsumsi babi, dapat mencoba pilihan lain seperti chicharron sapi atau kambing, tapi untuk di Kolombia kamu butuh ekstra effort karena mayoritas semua chicharron memang dibuat dari babi.



Dimana beli Chicharron Kolombia?

Melihat antusias dan banyaknya penikmat makanan ini membuat beberapa orang memilih untuk berbisnis chicharron dan mendirikan toko untuk menarik pelanggan baik dalam maupun luar negeri.


Sebut saja Chicharron City, Restoran ini menyajikan chicharron yang sangat lezat dan telah mendapat komentar positif dari beberepa website atau situs liburan. Selain Chicarron, toko ini juga menyajikan makanan ala Kolombia lain yang sayang untuk dilewatkan. Restoran ini berada di Medellin, Kolonbia. Suasananya yang asik dan harganya yang terjangkau menjadikan restoran ini satu opsi yang sayang untuk dilewatkn saat berkunjung ke Kolombia.


Di daerah Cartagena Kolombia, juga terdapat restoran yang menyajikan Chicharron, yaitu restoran Don Chicharron. Restoran ini tergolong murah untuk para traveler yang ingin menghemat uangnya saat akan berkeliling ke objek wisata di area Cartagena. Lokasinya yang strategis membuat restoran ini dapat dukunjungi sebelum melanjutkan perjalanan ke objek wisata selanjutnya.


Di Medellin, Kolombia, ada banyak tempat di mana kamu bias pesan Chicarron. Bahkan, hidangan ini hampir selalu menjadi pelengkap Menu del Dia. Baca artikel kami tentang Menu Del Dia di Medellin, Kolombia untuk informasi lebih lengkapnya!



Jenis makanan lain yang mirip Chicharon Kolombia

Di berbagai belahan dunia, ada beberapa jenis makanan yang mirip dengan Chicharon, baik itu dari bahan, cara penyajian atau bumbu yang digunakan, di antaranya:

Pork rinds

Pork rinds adalah istilah kuliner untuk kulit babi. Dibuat dengan cara digoreng atau dipanggang dengan lemak untuk menghasilkan sejenis cracklings (US) atau scratchings (UK). Pork rinds disajikan dalam potongan kecil sebagai cemilan atau lauk.

Bacon

Bacon adalah produk daging yang terbuat dari babi. Bacon dibuat dari beberapa potongan daging, biasanya bagian samping dan belakang daging babi, kecuali di Amerikabacon hampir selalu dibuat dari perut babi. Sisi yang dipotong memiliki lebih banyak daging dan sedikit lemak dari perut. Bacon dapat dimakan secara dipanggang, direbus, digoreng atau digunakan sebagai bahan sesuai selera.

Tocino

Tocino adalah nama lain dari bacon dalam bahasa Spanyol, biasanya dibuat dari perut babi dan dibentuk menjadi kubus. Di negara-negara Karibia, seperti Puerto Rico dan Kuba , tocino dibuat tanpa diasapi terlebih dahulu, tapi langsung digoreng sampai sangat renyah.



Dari informasi di atas, pasti kamu tergoda mencicipi sensasi gurih di luar dan juicy di dalam chicharron kan? Pastikan untuk tidak melewatkan makanan ini saat berkunjung ke Kolombia ya Teman BuLiBi!

(c) BuLiBi - Kontribusi: Alif Rahmadanil

Terima kasih sudah membaca! SIlakan share artikel ini di sosial media.

Baca juga:

Tejo di Medellin: Olahraga seru yang melibatkan ledakan!

Wisata Kuliner Vietnam di 5 Restoran di Da Nang Yang Terbaik

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Menu Del Dia di Medellin, Kolombia


#kulinerunik #kulinerkolombia #kolombia #amerikalatin #wisatakuliner

0 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi