Menu Del Dia di Medellin, Kolombia

"Menu del Dia" terpajang di banyak restoran di Medellin, Kolombia. Apa yang ada di dalam setiap porsinya? Baca panduan lengkapnya di sini!

Menu del Dia di Medellin. Kolombia (c) Arakita Rimbayana

Setiap daerah punya spesialisasi tersendiri dalam hal kuliner. Di Medellin, setiap restoran menyajikan spesialisasi masing-masing! Saat teman BuLiBi menjelajahi restoran lokal di kota Pablo Escobar ini, kemungkinan besar kamu akan melihat "Menu del Dia" di mana-mana. Istilah dalam Bahasa Spanyol ini artinya "Menu Hari Ini". Saking banyaknya jenis Menu del Dia, cukup bingung untuk memilih salah satu. Melalui artikel ini, tim BuLiBi menjelaskan apa isi Menu del Dia di Medellin, Kolombia dan apa yang akan kamu dapatkan dari setiap porsinya. Baca terus dan tahan rasa laparmu!


Isi Menu del Dia

Isi Menu del Dia (c) Arakita Rimbayana

Menu del Dia adalah menu terbaik yang ditawarkan hari itu, bukan hanya soal harga tetapi juga rasa masakannya. Hidangan yang disajikan biasanya merupakan hidangan yang paling laris. Saat dijual sebagai Menu del Dia, harganya lebih murah daripada biasanya. Satu set Menu del Dia dijual mulai dari 7.500 COP hingga 25.000 COP (atau sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 100.000). Sebagian restoran menjualnya dengan harga 15.000 COP (Rp. 60.000). Hidangan utama Menu del Dia macam-macam jenisnya, mulai dari kuliner khas Kolombia seperti daging cincang dan kacang merah sampai menu internasional seperti nasi goreng atau Lasagna. Tetapi, bukan cuma satu hidangan yang akan kamu dapat. Setiap pesan Menu del Dia, kamu dapat satu hidangan utama ditambah hidangan pembuka dan minuman. Beberapa restoran bahkan menyediakan makanan penutup gratis! Yuk, kita lihat satu-satu.

Hidangan Pembuka

Makanan pembuka Menu del Dia (c) Arakita Rimbayana

Menu del Dia diawali dengan semangkuk sup. Kamu bisa memilih satu dari dua sampai tiga pilihan yang ditawarkan restoran, umumnya sup sayur mayur dan sup labu. Hidangan pembuka disajikan terlebih dahulu sebelum hidangan utama datang. Jadi, nikmatilah selagi masih panas! Teman BuLiBi juga bisa memilih segelas minuman untuk dinikmati, biasanya jus buah seperti jeruk dan jambu biji. Pilihan air putih juga tersedia, tetapi air keran bisa langsung diminum di sebagian besar kota-kota besar di Kolombia. Jadi, kamu bisa minta tambahan air putih gratis.

Hidangan utama

Hidangan utama Menu del Dia (c) Arakita Rimbayana

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, kamu tidak akan pernah bosan makan Menu del Dia setiap hari, bahkan di restoran yang sama! Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hidangan utamanya begitu beragam, mulai dari hidangan khas daging cincang dan kacang merah sampai Lasagna favorit Italia. Apa pun yang kamu pilih, biasanya kamu juga akan dapat hidangan sampingan seperti salad atau sepotong besar buah alpukat segar. Selain itu, restoran di Medellin biasanya akan menawarkan pilihan protein, mulai dari daging sapi panggang, ayam, sampai chicarron atau daging babi goreng. Hidangan utama Menu del Dia umumnya terdiri dari nasi guruh, protein goreng atau panggang, dan salad. Ini saja sudah merupakan hidangan yang lengkap!

Hidangan Sampingan

Hidangan sampingan Menu del Dia (c) Arakita Rimbayana

Sementara hidangan ala Barat biasanya disajikan dengan salad atau kentang goreng, Menu del Dia punya hidangan sampingannya sendiri yang unik: pisang goreng. Di Kolombia, sajian ini disebut patacon atau patacones. Tidak seperti pisang goreng di Indonesia, patacones bertekstur lebih renyah. Jenis pisang yang tidak terlalu manis ini cocok dimakan dengan alpukat segar. Keduanya saling melengkapi dan menciptakan rasa unik yang meledak di mulut! Tips BuLiBi: Kamu juga bisa pesan patacones sebagai hidangan pembuka atau bahkan lauk di restoran lokal.


Restoran Menu del Dia di Medellin, Kolombia yang terbaik

Cable a Tierra (c) Arakita Rimbayana

Sekarang teman BuLiBi sudah tahu apa isi Menu del Dia. Saatnya cari tahu restoran mana yang dituju. Ada banyak pilihan yang tersedia kalau kamu menginap di pusat kota Medellin seperti Laureles dan Poblado. Tim BuLiBi tinggal di Medellin selama tiga bulan dan berikut ini adalah rekomendasi pribadi saya untuk Menu del Dia yang terbaik. Pertama, mari kita bahas tempat foto-foto menggiurkan di atas kami ambil. Menu del Dia dari restoran Cable a Tierra di Parque Arvi, sebuah taman nasional besar di bagian paling utara Medellin. Lokasi restoran yang unik menawarkan suasana *outdoor* yang luar biasa. Selain itu, restoran ini juga menyajikan menu pilihan vegetarian! Saat tim BuLiBi berkunjung, kami disajikan ikan goreng dengan nasi kelapa, alpukat, patacones berbentuk mangkuk, juga salad dengan sup labu sebagai hidangan pembuka dan jus markisa. Seluruh set Menu del Dia dijual dengan harga 23.000 COP (sekitar 90.000 IDR).

Cable a Tierra
Alamat: Parque Arvi, Antioquia, Kolombia
Harga: 23.000 COP(sekitar 90.000 IDR)
Sorotan: Bahan-bahan organik dan pilihan vegetarian

Menu del Dia dengan salad bar di Poblado, Medellin

La Casa de Beto (c) Arakita Rimbayana

Sementara kebanyakan Menu del Dia hanya menawarkan salad dan irisan tomat sebagai hidangan sampingannya,, yang satu ini menawarkan salad bar di mana kamu bisa membuat salad sendiri! Dan pilihannya cukup mengesankan: mulai dari acar bit sampai kulit kentang renyah. Restoran ini bernama La Casa de Beto dan terletak di Poblado, kawasan turis di Medellin, Kolombia. Kunjungi restoran ini saat "Mondongo" disajikan. Ini adalah sup tradisional Kolombia dengan potongan daging (biasanya daging sapi) dan berbagai macam sayuran. Sangat mengenyangkan dan enak!

La Casa de Beto
Alamat: Cra. 42 ## 9-33, Medellín, Antioquia, Kolombia
Harga: 14.000 COP (55.000 IDR)
Sorotan: Makanan murah dan enak di lokasi yang strategis

Sentuhan Barat di Menu del Dia di Uno Mas Uno

Uno Mas Uno (c) Arakita Rimbayana

Sementara sebagian besar restoran menyajikan comida tipica atau makanan lokal dalam sajian Menu del Dia-nya, restoran ini menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda. Menu di sini sangat cocok untuk kamu yang suka masakan ala Barat tetapi dengan harga yang terjangkau. Uno Mas Uno menawarkan pilihan protein dengan nasi dan salad yang dilengkapi dengan sup sebagai hidangan pembuka dan minuman jus. Tim BuLiBi memilih Salmon dan rasanya tidak mengecewakan! Meskipun menyajikan makanan untuk makan siang, Uno Mas Uno menawarkan suasana seperti kafe. Orang-orang datang ke sini untuk minum teh atau kopi di sore hari sambil main board game santai dengan teman-teman.

Uno Mas Uno
Alamat: Cq. 4 # 71-3, Medellín, Antioquia, Kolombia
Harga: 20.000 COP (78.000 IDR)
Sorotan: Perpaduan cita rasa lokal dan hidangan gaya Barat

Tiga restoran ini hanyalah beberapa di antara banyak restoran besar lainnya yang menyajikan Menu del Dia di Medellin, Kolombia. Jadi, kamu tidak akan kehabisan pilihan saat memutuskan untuk makan apa selama liburan di sini. Perlu diingat bahwa Menu del Dia biasanya disajikan saat makan siang saja, yaitu sekitar pukul 13:00 hingga 14:00 waktu setempat. Kalau kamu makan di luar jam-jam tersebut. coba spesialisasi Medellin lainnya: Bandeja Paisa. Hidangan yang satu ini pasti akan memuaskan selera dan rasa lapar kamu. Di satu piring besar, kamu akan mendapatkan campuran tiga protein (biasanya sosis babi lokal atau chorizo ​, perut babi goreng atau chicharron, dan daging cincang), telur mata sapi di atas nasi kelapa, salad, alpukat, dan tentu saja, patacones. Ini lebih dari sekadar makan!

(c) BuLiBi


Terima kasih sudah membaca! Suka artikel ini? Silakan share di sosial media.

Baca juga:

Comuna 13 Medellin: Tur Grafiti dengan Sejarah Kriminal dan Narkoba

Tejo di Medellin: Olahraga seru yang melibatkan ledakan!

Apply Visa Colombia: Bukan Liburan Biasa Ke Negara Bebas Visa

Cara Nonton Bola di Medellin, Kolombia

Baru mendarat langsung dites Bahasa Spanyol!


This article has been published in English on Trip101.

  • Facebook

©2019 by Bulibi