2D1N Liburan ke Kyoto

Berbicara tentang Jepang tentu tidak lepas dari salah satu kota populernya, Kyoto. Berbeda dengan Tokyo dan Osaka yang memiliki kesan sebagai wisata modern, Kyoto justru menawarkan wisata budaya yang tidak akan terlupakan. Liburan ke Kyoto, kamu akan disuguhkan dengan pengalaman Jepang masa lampau yang tak kalah mengagumkan. Menyusuri kuil-kuil bersejarah hingga menikmati jalanan di area Gion akan memberikan kesan tersendiri bagaimana Jepang tempo dulu.

Liburan ke Kyoto (Photo by Sorasak on Unsplash)

Jepang memang dikenal sebagai negara maju dan modern. Tetapi, teman BuliBi jangan heran jika Kyoto justru memberikan kesan tradisional. Ini karena budaya Jepang memang cukup terjaga di Kyoto dibandingkan kota-kota lainnya. Saat berkunjung ke kota ini, peninggalan kebudayaan Jepang sangat mudah ditemui sehingga wajar jika kesan tradisional sangat terasa kental di Kyoto.

Kota-kota favorit seperti Tokyo, Osaka dan Kyoto memang menjadi pilihan utama bagi traveler yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang. Ketiga kota ini terkenal dengan sebutan three golden cities saking seringnya dikunjungi. Jadi, tak lengkap rasanya jika liburan ke Jepang tapi melewatkan satu dari tiga kota ini. Kali ini kamu akan diajak menelusuri itinerary liburan ke Kyoto ala tim BuliBi. Berkunjung ke Kyoto memang tidak cukup satu hari, teman BuliBi perlu meluangkan waktu paling tidak 2 hari untuk menikmati keindahan kota ini.

Memulai Liburan ke Kyoto

Terletak di Pulau Honshu, Kyoto memang berlokasi cukup dekat dengan Osaka. Dengan menggunakan kereta lokal, Kyoto dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Osaka. Sedangkan dari Tokyo, teman BuliBi dapat menggunakan bus dengan lama perjalanan sekitar 8 jam. Tetapi, jika menggunakan shinkansen, kamu dapat mengunjungi Kyoto dari Tokyo hanya dalam waktu 2 jam saja.

Baik dari Osaka maupun Tokyo, umumnya traveler memulai petualangannya di Kyoto melalui Stasiun Kyoto. Dari stasiun ini, kamu bisa memilih berbagai alternatif transportasi untuk berwisata di Kyoto. Saran BuliBi pastikan kamu sampai di Kyoto pada pagi hari sehingga kamu punya cukup waktu mengunjungi tempat-tempat yang ikonik di kota ini. Yuk, simak destinasi mana saja yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Kyoto selama 2 hari.

Day 1 Liburan ke Kyoto: Eksplor Sisi Timur Kyoto!

Hari pertama liburan ke Kyoto, teman BuliBi dapat menghabiskan waktu di sisi Timur Kyoto. Ada banyak sekali tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Meskipun sebagian besar dari tempat-tempat ini adalah kuil, kamu tak perlu ragu. Setiap kuil memiliki keunikan tersendiri sehingga akan memberikan kesan yang berbeda-beda bagi teman BuliBi.

Fushimi Inari

Siapa yang tak mengenal Fushimi Inari? Kuil ini memiliki ciri khas dengan ribuan gerbang torii merah yang menjadi keunikannya. Dari Stasiun Kyoto, kamu dapat menggunakan kereta dengan 2 kali pemberhentian saja. Jika teman BuliBi suka fotografi, disarankan mengunjungi tempat ini pagi-pagi sekali sebelum ramai pengunjung sehingga kamu lebih leluasa mengambil gambar. Liburan ke Kyoto tanpa mengunjungi kuil ini rasanya jadi belum lengkap.

Kiyomizudera & Yasaka

Setelah menikmati ribuan gerbang torii merah, siang harinya teman BuliBi dapat melanjutkan perjalanan ke kuil menarik lainnya, yaitu Kiyomizudera dan Yasaka. Jarak kedua kuil ini sekitar 2km. Tapi, BuliBi sarankan kamu bisa berjalan kaki saja sambil menikmati spot-spot menarik di antara kedua kuil ini. Liburan ke Kyoto kamu pasti lebih berkesan setalah mengunjungi dua kuil ini.

Gion

Tak jauh dari kuil Yasaka, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah distrik Gion. Jika beruntung, teman BuliBi dapat bertemu Maiko atau Geiko di jalanan sekitar distrik ini. Selain terkenal dengan rumah-rumah teh tempat Maiko/Geiko melakukan pertunjukan, distrik ini juga memberikan kesan sangat tradisional. Saat liburan ke Kyoto, kamu bisa menemukan bangunan-bangunan tradisional Jepang di distrik ini.

Ginkakuji

Menjelang sore hari, teman BuliBi dapat pula mengunjungi kuil Ginkakuji. Kuil ini dikenal dengan paviliunnya yang berwarna perak (silver pavilion). Setelah merasakan atmosfir Zen di kuil ini, liburan ke Kyoto akan sedikit berbeda dengan berjalan santai melewati tetsugaku no michi atau yang dikenal dengan Philosopher’s Path.

Makan Malam di Potoncho

Setelah seharian mengunjungi berbagai tempat di Kyoto, teman BuliBi juga perlu merasakan keseruan makan malam di Pontocho sebagai penutup hari pertama liburan ke Kyoto. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Pusat Belanja Shinkyogoku yang ada di Kyoto. Berbagai macam menu masakan bisa kamu temukan di sini, mulai dari omurice Jepang yang terkenal hingga sushi halal juga bisa kamu temui.

Day 2 Liburan ke Kyoto: Eksplor Sisi Barat Kyoto!

Hari pertama teman BuliBi puas dengan mengunjungi sisi Timur Kyoto. Pada hari kedua liburan ke Kyoto, kamu bisa mengeksplor tempat-tempat wisata terkenal di sisi Barat Kyoto. Selain kuil-kuil yang juga menarik, kamu juga diajak mengunjungi wisata hutan bambu yang terkenal di Jepang.

Kinkakuji

Jika di hari pertama itinerary liburan ke Kyoto teman BuliBi mengunjungi kuil Ginkakuji, maka kuil Kinkakuji juga wajib kamu datangi. Kuil ini memiliki jumlah pengunjung yang jauh lebih banyak dibandingkan Kinkakuji. Terkenal dengan sebutan Golden Pavilion, kuil ini memang sangat menarik dengan corak warna keemasan yang menjadi ciri khasnya.

Ryoanji

Tak jauh dari kuil Kinkakuji, liburan ke Kyoto ala BuliBi dapat dilengkapi dengan berkunjung ke kuil Ryoanji. Kuil ini terkenal dengan tamannya yang berisi batu mistis. Taman berpasir putih tersebut memiliki 15 batu dengan ukuran yang berbeda-beda. Meskipun tidak diketahui secara pasti makna batu-batu tersebut, tetapi ada yang menyebutkan bahwa batu-batu ini menggambarkan keterbatasan perspektif manusia.

Distrik Arashiyama

Selain distrik Gion, Arashiyama juga menjadi salah satu distrik yang wajib dikunjungi selama liburan ke Kyoto. Terdapat banyak tempat-tempat menarik yang mungkin sudah sering kamu dengar, seperti hutan bambu Arashiyama. Selain menikmati keindahan hutan bambu, teman BuliBi juga akan disuguhi jembatan terkenal bernama Togetsukyo. Jembatan ini sering dijadikan spot foto menarik bersama dengan keindahan sungai Oigawa. Jangan lupa juga mengunjungi Taman Tenryuji. Saking indahnya, taman ini masuk sebagai salah satu warisan dunia UNESCO lho.

Selain tempat yang disebutkan di dalam itinerary ini, memang masih banyak spot-spot indah dan cantik yang bisa teman BuliBi kunjungi saat liburan ke Kyoto nantinya. Meskipun liburan 2 hari di Kyoto tidak akan pernah cukup, teman BuliBi dapat jadikan ini sebagai panduan agar kamu tak ketinggalan menggunjungi tempat-tempat wajib selama di Kyoto.

Tertarik liburan ke Kyoto? Rencanakan liburanmu segera dengan mengambil rute penerbangan yang bisa kamu sesuaikan dengan rencana liburanmu ke Jepang. Kamu bisa memesan tiket pesawat menuju Bandara Kansai yang ada di Osaka. Jika ingin memulai perjalanan liburanmu di Tokyo, kamu juga bisa mencari penerbangan ke Bandara Haneda atau Narita. Tunggu apa lagi!

© BuLiBi – [Kontributor: Yeyen P.]

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ingin teman-temanmu baca juga? Jangan lupa untuk share di social mediamu ya!

Baca juga:

7 Tempat Wisata di Kyoto yang Harus Dikunjungi

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankekyoto #kyotojepang

Cari tiket murah ke Jepang:


  • Facebook

©2019 by Bulibi