7 Tempat Wisata di Kyoto Jepang yang Wajib Dikunjungi!

Diperbarui: Agt 10

Kyoto merupakan kota yang menyimpan nilai sejarah penting bagi negara Jepang. Jangan lupa mampir ke tempat wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi berikut ini!

Tempat Wisata di Kyoto Jepang (Photo by Su San Lee on Unsplash)

Kyoto terkenal sebagai kota budaya dan sejarah dengan kuil-kuilnya yang terkenal. Tak heran jika mengunjungi kuil-kuilnya yang indah adalah destinasi yang tak boleh terlewatkan oleh siapa saja yang berkunjung ke kota ini. Tak hanya kuil, jejak sejarah kekaisaran Jepang juga bisa tergambar dengan menelusuri beberapa istana yang masih terawat dengan baik di Kyoto.

Penikmat sejarah Jepang pasti paham betul mengapa Kyoto menjadi kota yang banyak meninggalkan jejak-jejak warisan sejarah, budaya dan agama. Terletak di Pulau Honshu, Kyoto pernah menjadi ibu kota negara di jaman kekaisaran Jepang selama lebih dari seribu tahun. Pada awal zaman Sengoku, sebagian besar wilayah Kyoto memang sempat habis terbakar karena banyak peperangan yang terjadi di sini. Namun, di bawah kepemimpinan Toyotomi Hideyoshi, Kyoto justru bangkit kembali dengan meninggalkan banyak bersejarah yang kini dijadikan tempat wisata di Kyoto yang menarik.

Selain kecantikan alamnya yang indah dengan aliran Sungai Kamogawa yang terkenal, Kyoto sering dijuluki sebagai kota seribu kuil saking banyaknya kuil-kuil di kota ini. Saat ini, tercatat ada sekitar 1.600 kuil Buddha dan 400 kuil Shinto yang tersebar di hampir setiap sudut kota Kyoto. Jika teman BuliBi berlibur ke sini, maka jangan heran sebagian besar tempat wisata di Kyoto didominasi dengan kuil-kuilnya yang indah. Yuk, simak tempat wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi versi BuliBi!

Kiyomizudera: Tempat Wisata di Kyoto yang Tak Boleh Dilewati

Kiyomizudera ini merupakan kuil yang terletak tak jauh dari pusat kota Kyoto. Kiyomizudera sendiri disebut sebagai kuil air suci karena ditemukan di dekat sumber mata air Otawa pada tahun 780. Sebagai salah satu warisan budaya dunia UNESCO, kuil ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Tak heran jika kuil ini selalu masuk daftar tempat wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi. Karena berada di atas gunung yang dikelilingi pohon-pohon, kuil ini sebetulnya cocok dikunjungi setiap musim, Namun, keindahan Kiyomizudera akan lebih terasa jika teman BuliBi kunjungi saat musim semi dan musim gugur.

Kuil Yasaka: Menelusuri Tempat Wisata di Kyoto dengan Kimono

Berada di dekat distrik Gion yang terkenal, kuil Yasaka juga termasuk tempat wisata di Kyoto yang tidak boleh dilewatkan. Kuil ini dikenal sebagai kuil percintaan terbesar di Kyoto. Konon ada sepasang suami istri dewa yang memiliki kekuatan cinta yang sangat besar tinggal di kuil ini. Jangan kaget jika saat ke Yasaka, teman BuliBi akan menemukan banyak ornamen berlambang hati di sekitar kuil ini. Kuil Yasaka selalu banjir dikunjungi wisatawan karena banyaknya festival yang diadakan setiap bulannya. Banyak wisatawan menggunakan Kimono saat mengunjungi kuil ini agar suasana Jepangnya lebih terasa. Kamu mungkin tertarik mencoba?

Fushimi Inari: Tempat Wisata di Kyoto yang Terkenal dengan Ribuan Gerbang Torii

Berbeda dengan dua kuil sebelumnya, kuil Fushimi Inari terkenal dengan ribuan gerbang torii yang dipasang sepanjang jalan menuju kaki Gunung Inari. Lokasi ini memang menjadi tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi oleh penikmat fotografi karena warna gerbang torii yang mencolok menjadi kekhasannya tersendiri.


Tak hanya gerbang torii yang menarik, kamu juga akan menemukan banyak patung rubah di kuil ini karena dewa di kuil ini disimbolkan dengan inari yang berarti dewa rubah. Kuil utama di Fushimi Inari disebut dengan Hendon. Saat masuk ke kuil ini, gerbang Romon yang didonasikan oleh Toyomi Hideyoshi akan menyapa teman BuliBi. Lagi-lagi, jejak sejarah bisa kamu temukan selama berwisata ke Kyoto!

Kuil Kinkakuji: Kuil Beratap Emas, Tempat Wisata di Kyoto yang Terkenal!

Kuil-kuil yang ada di Kyoto memang memiliki ciri khas. Kali ini BuliBi mengajak kamu untuk menjadikan kuil Kinkakuji sebagai tempat wisata di Kyoto yang tak kalah penting. Kuil ini sebetulnya telah musnah pada saat perang Onin yang menjadi awal zaman Sengoku di Jepang. Namun, kuil ini lalu dibangun kembali dengan mengacu pada sejarahnya. Sejarah yang melekat pada Kinkakuji menjadikan kuil ini sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Kuil beratapkan emas yang dikenal dengan Golden Pavilion sangat indah dinikmati sepanjang musim. Khusus pada musim dingin, kamu bisa melihat kuil ini diselimuti salju putih sehingga menambah kesan indah.

Ryonji: Taman Batu yang Menjadi Tempat Wisata di Kyoto!

Tempat Wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi kali ini memang sedikit tidak umum. Jika biasanya sebuah taman identik dengan keindahan bunga-bunga yang bermekaran, kuil Ryonji justru terkenal dengan taman batu-batu yang mengisi satu area di kuil ini. Di taman ini, wisatawan akan menikmati taman batu ini sambil duduk santai di teras kuil. Teman BuliBi mungkin akan merasa aneh menikmati batu-batu tersebut. Namun, taman batu ini justruu dikenal sebagai mahakarya arsitektur Zen. Batu-batu yang tersebar di taman tersebut memiliki filosofi yang menarik tentang kehidupan manusia.

Nijo Castle: Rumah Tokugawa sebagai Alternatif Tempat Wisata di Kyoto

Banyak situs budaya Jepang yang masuk dalam warisan dunia UNESCO, istana ini termasuk salah satunya. Istana Nijo yang terletak di Kyoto ini memang dibangun setelah berakhirnya perang saudara di Jepang selama ratusan tahun. Istana ini memiliki tata ruang seperti villa dengan taman yang indah sehingga pada jaman tersebut dijadikan tempat tinggal bagi Shogun yang berasal dari Edo (Tokyo). Salah satu hal yang menarik dari tempat wisata di Kyoto adalah lantainya yang dirancang berbunyi seperti kicauan burung saat seseorang menginjakkannya. Menarik ya? Selain itu, teman BuliBi juga dapat menikmati taman atau kebun buah yang indah di sekitar istana ini.

Kyoto Imperial Palace: Dulu Kerajaan, Kini Tempat Wisata di Kyoto yang Syarat Sejarah!

Tempat wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi terakhir adalah Kyoto Imperial Palace. Selain istana Nijo, istana ini wajib dikunjungi bukan saja karena kelekatannya pada sejarah, tetapi juga karena taman Gyoen indah yang ada di sekitarnya. Kyoto Imperial Palace berlokasi di Kyoto-Gyoen yang berbentuk persegi dengan panjang 1.300m dan lebar 700m. Luas sekali bukan? Namun, untuk masuk ke istana kamu harus mendaftar sebagai peserta tur gratis yang disediakan oleh kantor agensi istana. Teman BuliBi dapat mendaftar secara online atau daftar langsung ke kantor tersebut. Tapi, jika kamu tidak ingin masuk ke Istana, menyusuri taman Gyoen pada musim semi dan gugur juga pilihan yang tepat!

Baik kamu yang suka dengan sejarah maupun yang tidak, Kyoto tetap menjadi kota yang wajib kamu kunjungi saat ke Jepang nantinya. Kota ini memang kaya dengan sejarah, budaya dan agama yang bisa kamu nikmati sambil merasakan keindahan dan keramahan Jepang. Jika sudah bosan dengan wisata sejarah, teman BuliBi juga dapat menemukan wisata modern seperti Kyoto Tower di kota ini. Tapi, ada satu pesan untuk teman BuliBi yang perlu diingat bahwa mengunjungi wisata sejarah juga bisa menambah wawasan kamu lho. Jadi, tak ada salahnya jika kamu berlibur sekaligus belajar tentang budaya dan sejarah Jepang. Nah, dari 7 tempat yang direkomendasikan BuliBi ini, mana tempat wisata di Kyoto yang paling menarik buat kamu kunjungi?

© BuLiBi – [Kontributor: Yeyen P.]

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ingin teman-temanmu baca juga? Jangan lupa untuk share di social mediamu ya!

Baca juga:

11 Fakta Unik Jepang yang Harus Traveler Tahu

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Liburan ke Jepang? Ini 5 Destinasi Wisata Anti Mainstream di Gunung Fuji


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tempatwisatadikyoto #kyotojepang

Cari tiket murah ke Jepang:


  • Facebook

©2019 by Bulibi