11 Fakta Unik Jepang yang Harus Traveler Tahu

Dari ramen sampai larangan berbonceng, ini fakta unik jepang yang harus kamu tahu sebelum liburan ke sana!

Fakta Unik Jepang (c) Odhila (IG: @odickyidol)

Seolah tidak peduli dengan image sebagai salah satu negara termahal, Jepang tetap menjadi negara favorit dan impian hampir sebagian besar traveler. Terletak di Asia Timur dengan empat musim, negeri sakura ini menggoda untuk dikunjungi sepanjang tahun. Setiap musim menawarkan kesan yang berbeda-beda sehingga tidak salah jika traveler ingin merasakan semua musim di negara ini.


Membahas tentang Jepang tentu tidak akan terlepas dari manga dan anime. Banyak orang mulai tertarik dengan Jepang berkat kedua hal ini. Teman BuliBi pasti sudah tidak asing dengan karakter Doraemon yang sangat mendunia itu kan? Saking terkenalnya, Jepang bahkan mendirikan Museum Doraemon lho! Kamu bisa berjumpa hampir semua teman-temannya Doraemon jika berkunjung ke museum ini.

Selain wisata-wisata buatan di Jepang yang seru, keindahan alam Jepang tidak perlu diragukan lagi. Duduk atau berjalan santai menikmati keindahan bunga sakura saja sudah membuatmu betah berlama-lama di Jepang. Belum lagi dinginnya salju Jepang yang akan memberikan sensasi berbeda di liburanmu. Nah, agar liburanmu semakin seru jika ke Jepang, teman BuliBi wajib tahu fakta unik Jepang berikut ini.


1. Tidak Ada Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru!

Fakta unik Jepang ini mungkin terdengar aneh bagi kamu. Pergantian tahun memang identik dengan pesta kembang api. Jika berencana menghabiskan malam tahun baru dengan pesta kembang api di Jepang, kamu perlu cari informasi dulu tempat-tempat yang memang mengadakan perayaan dengan cara ini. Pasalnya, di Jepang justru punya kebiasaan malam tahun baru untuk tinggal di rumah atau berdoa di kuil sehingga sulit ditemukan pesta kembang api di jalanan.


Meskipun tanpa hingar bingar kembang api, kamu tetap bisa merasakan keseruan malam tahun baru dengan ikut antri berdoa di kuil. Sekali-kali merasakan malam tahun baru dengan cara berbeda asyik juga ya!


2. Uang 5 Yen Keberuntunganmu!

Masih terkait dengan malam tahun baru. Selain tak ada pesta kembang api dan hanya berdiam diri di rumah atau berdoa di kuil, ada fakta unik Jepang lainnya yang perlu kamu ketahui. Saat malam pergantian tahun di kuil, umumnya orang-orang akan mengantri untuk berdoa sambil melemparkan uang 5 yen di tempat yang sudah disediakan.


Kenapa 5 yen? Dalam pelafalan Jepang, 5 yen dibaca “go-en” yang juga memiliki arti keberuntungan atau bernasib baik. Nah, saat malam pergantian tahun ini tentu kamu berharap akan memperoleh banyak keberuntungan di tahun-tahun mendatang kan?


3. Menyeruput Ramen Tanda Makanan Enak

Berbeda dengan Indonesia yang ketika makan tidak boleh berkecap atau mengeluarkan suara berisik, di Jepang justru sebaliknya. Menyeruput ramen hingga terdengar suara menghirup kuah dengan “berisik” adalah pertanda ramen tersebut enak dan kamu menghargai orang yang memasaknya.


4. Naik Eskalator Harus di Kiri

Fakta unik Jepang ini memang perlu teman BuliBi perhatikan dan diingat sebagai bekal saat nanti berkunjung ke Jepang. Jika naik eskalator, pastikan kamu berada di sisi sebelah kiri dan tidak berdiri berdampingan dengan siapa saja. Peraturan tak tertulis ini bertujuan untuk memberikan jalan bagi orang lain yang sedang buru-buru sehingga bisa memakai bagian kanan eskalator.


5. Membawa Sampah di Saku Celana!

Warga Jepang punya kesadaran yang tinggi untuk ikut menjaga lingkungannya. Jika tidak menemukan tempat sampah, mereka tidak akan segan-segan menyimpan sampahnya di dompet, saku atau tas terlebih dahulu. Kebiasaan ini memang sudah dididik sejak mereka kecil, jadi wajar jika Jepang dikenal sebagai negara yang super bersih. Wah, fakta unik Jepang ini sepertinya perlu kita contoh ya?


6. Bangunan di Jepang Anti Gempa

Jepang memang terkenal dengan intensitas gempanya yang relatif tinggi. Sebagai negara yang pernah mengalami bencana gempa terdahsyat di dunia, Jepang memiliki aturan khusus terkait konstruksi bangunannya. Bangunan Jepang didesain dengan teknik kelenturan sambungan antar bagian sehingga mampu meredam energi gempa. Jadi, tidak heran jika bangunan-bangunan di Jepang disebut anti gempa.


7. Shinkansen, Kereta dengan Kecepatan Tinggi!

Negara maju umumnya memiliki fasilitas transportasi yang baik, begitu juga dengan Jepang. Shinkansen adalah kereta api dengan kecepatan tinggi yang ada di Jepang. Kereta dengan kecepatan 603 km/jam ini beroperasi hampir ke seluruh wilayah di Jepang. Tak hanya merasakan sensasi naik kereta cepat saja, teman BuliBi bisa pula mengabadikan foto dengan moncong khas Shinkansen ini. Tapi, pastikan saat berfoto kamu tetap memperhatikan aturan yang ada. Jangan sampai kamu justru mengganggu penumpang lainnya!


8. Tidak Boleh Boncengan Saat Bersepeda

Di Jepang, khususnya kota pelajar seperti Kyoto, kamu bisa dengan mudah menemui pengendara sepeda. Fakta unik Jepang lainnya adalah dilarang boncengan saat bersepeda, kecuali sepeda yang memang dirancang khusus untuk membonceng balita. Jika ketahuan berboncengan, siap-siap saja kamu akan diberi peringatan oleh polisi atau lebih buruknya lagi kamu harus membayar denda!


9. Pasar Ikan Terbesar Ada di Jepang

Salah satu kota favorit di Jepang adalah Tokyo. Jika kamu punya kesempatan untuk mengunjungi kota ini, jangan lupa mampir ke Pasar Tsukiji yang merupakan pasar ikan terbesar di dunia. Tak hanya bisa melihat langsung bagaimana transaksi penjual ikan di pasar ini, teman BuliBi juga bisa menikmati berbagai varian sushi enak dengan harga yang murah.


10. Aneka Rupa Mesin Penjual Otomatis

Fakta unik Jepang yang bisa kamu temui saat berkunjung ke negeri sakura ini adalah terkait dengan mesin penjual otomatis atau dikenal dengan istilah vending machine. Jepang memang terkenal dengan mesin penjual otomatis terbanyak di dunia. Kamu bisa dengan mudah menemui mesin penjual otomatis di hampir setiap sudut kota-kota yang ada di Jepang. Mesin ini tak hanya menyediakan minuman pada umumnya, tetapi juga bisa berupa mainan bahkan ramen sekalipun!


11. Varian Rasa Kit Kat Terbanyak Ada di Jepang

KitKat memang tidak berasal dari Jepang, tetapi KitKat Jepang punya cerita tersendiri. Jepang disebut-sebut memiliki lebih dari 300 varian rasa KitKat. Tak heran jika rasa KitKat di Jepang unik dan tidak biasa. Teman BuliBi tidak hanya dapat mencicipi KitKat dengan rasa-rasa standar seperti coklat atau green tea, tapi kamu juga bisa mencoba KitKat dengan sensasi berbeda seperti rasa wasabi, edamame, cabe hingga sake! Berani coba?

Berbicara tentang Jepang memang tidak ada habisnya. Teman BuliBi akan selalu menemukan keunikan tersendiri dari negeri sakura ini. Menyusuri sungai-sungai kecil yang ada di tengah kota di segala musim bahkan bisa memberikan keunikan yang berbeda-beda bagi kamu. Tak heran jika ada traveler yang menyebutkan selalu ada alasan untuk kembali ke Jepang.

Fakta unik Jepang yang BuliBi rangkum ini bisa dijadikan bekal sekaligus pelajaran bagi kamu. Sebetulnya, masih banyak fakta unik Jepang lainnya yang bisa kamu temui jika berkunjung ke Jepang. Merasakan keramahan dan kedisiplinan orang-orang Jepang bisa jadi keunikan tersendiri bagi teman BuliBi. Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan diri kamu untuk merasakan keindahan dan keunikan negeri sakura ini!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Yeyen Pratika]

Baca juga:

Liburan ke Jepang? Ini 5 Destinasi Wisata Anti Mainstream di Gunung Fuji

Tejo di Medellin: Olahraga seru yang melibatkan ledakan!

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiassa #tipsliburan #faktaunikjepang #faktaunik #jepang

Cari tiket murah ke Jepang:


0 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi