Pertama Kali ke Semarang? Yuk Simak 5 Tempat Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Berikut Ini!

Semarang memiliki banyak sekali tempat wisata yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Teman BuLiBi baru pertama kali akan menjelajahi Semarang? Simak panduan tempat wisata di Semarang berikut ini, yuk!

Tempat Wisata di Semarang (Photo by khofifahmi annisa on Unsplash)

Tak hanya berfungsi sebagai Ibukota Jawa Tengah, Semarang juga seringkali berfungsi sebagai kota wisata. Hal ini terlihat dari bagaimana beberapa tempat wisata di Semarang benar-benar dirawat dengan baik. Bagi Teman BuLiBi yang baru pertama kali berkunjung ke Semarang, bermain di sekitar Semarang Kota adalah ide yang menarik.


Hal ini dikarenakan Semarang Kota memiliki banyak tempat wisata yang tak hanya terkenal, namun juga bersejarah dan indah. Teman BuLiBi berencana untuk traveling ke Semarang pertama kali dan bingung mau bepergian ke mana? Berikut terdapat lima tempat wisata di Semarang yang dapat dikunjungi buat kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Semarang!

Berkunjung ke Lawang Sewu: Landmark Kota Semarang yang Legendaris

Siapa yang tidak tahu Lawang Sewu? Salah satu ikon Kota Semarang ini merupakan tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi, terutama bagi Teman BuLiBi yang baru pertama kali berkunjung ke Semarang! Tampak dari jalan pun, Lawang Sewu sudah terlihat gagah dan menawan. Salah satu tempat wisata di Semarang ini memiliki banyak cerita menarik. Lawang Sewu sendiri memiliki arti seribu pintu. Namun, kenyataannya, pintu yang berada di Lawang Sewu tidak mencapai seribu. Nama sewu sendiri didapat dari kebiasaan masyarakat sekitar yang selalu menyebut kata sewu ketika melihat sesuatu dalam jumlah banyak.


Belakangan ini, Lawang Sewu sudah sering dimanfaatkan sebagai acara pernikahan. Sudah banyak pula pasangan yang mengadakan foto pre-wedding di Lawang Sewu. Lawang Sewu buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Di Lawang Sewu, Teman BuLiBi dapat menemukan banyak hal seputar industri kereta di Indonesia. Hal ini dikarenakan tempat wisata di Semarang ini dulunya merupakan kantor PT. KAI Indonesia pada masa pasca kemerdekaan. Meskipun terkenal dengan kesan angker, Lawang Sewu terlihat cantik saat sore hari. Hal ini membuat tidak sedikit pengunjung yang mendatangi tempat ini di sore hari. Landmark Kota Semarang ini sendiri berada di Jalan Pemuda, Semarang.

Menelusuri Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata di Semarang yang Juga Tempat Ibadah

Selain Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang ramai dikunjungi wisatawan! Tak hanya menyimpan sejarah menarik, tempat wisata di Semarang ini juga memiliki bangunan megah didominasi warna merah yang cerah dan Instagram worthy. Meskipun begitu, selain menjadi salah satu tempat wisata di Semarang, Klenteng Sam Poo Kong juga masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah. Klenteng Sam Poo Kong sendiri berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Semarang. Biaya masuk klenteng ini berkisar Rp35.000 per orang dan dapat dipesan secara online lewat website resmi Sam Poo Kong.


Teman BuLiBi dapat menemukan patung raksasa Laksamana Cheng Ho ketika berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini. Pasalnya, Klenteng Sam Poo Kong sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu bukti kebaikan Laksamana Cheng Ho. Hal ini bermula dari lokasi Klenteng Sam Poo Kong yang dahulu adalah tempat Laksamana Cheng Ho berlabuh. Laksamana Cheng Ho sendiri berlabuh dikarenakan salah satu juru mudi kapal, yaitu Wang Jing Hong, mengalami sakit keras. Laksamana Cheng Ho kemudian sempat mengobati juru mudi kapalnya hingga kemudian melanjutkan perjalanan. Wang Jing Hong dan awak kapal lain yang masih menetap di Semarang kemudian membuat patung raksasa untuk menghormati jasa yang telah diberikan Laksamana Cheng Ho.

Berburu Kuliner Pasar Semawis Saat Weekend!

Teman BuLiBi berencana untuk liburan ke Semarang saat weekend? Pas banget untuk datang ke Pasar Semawis! Hal ini tidak boleh dilewatkan, terutama kalau kamu adalah pecinta wisata kuliner. Pasalnya, salah satu tempat wisata di Semarang ini hanya buka saat weekend, tepatnya hari Jumat sampai Minggu. Pasar Semawis sendiri adalah sejenis pasar kuliner di Semarang di malam hari. Pasar Semawis berada di Gang Warung, di depan Gapura Kawasan Pecinan Semarang. Sepanjang gang tersebut, nantinya kamu akan menemukan banyak sekali kuliner yang bisa dicoba. Mulai dari makanan khas Semarang, lokal, Tionghoa, Thailand, hingga hidangan seperti wedang rondhe juga ada di sini.


Beberapa kedai memang sudah bisa melakukan pembayaran menggunakan online wallet. Namun, pastikan untuk tetap membawa uang cash ya! Hal ini dikarenakan beberapa kedai tidak bisa melakukan pembayaran lain selain pembayaran tunai. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini adalah makanan yang halal. Beberapa kedai menyediakan makanan yang tidak halal. Alangkah baiknya, Teman BuLiBi bertanya lebih dahulu kepada penjual dan memilah-milah kedai mana yang menjual hidangan halal. Pasar Semawis mulai buka sekitar pukul 18.00 hingga 23.00 WIB.

Manjakan Mata di Semarang Contemporary Art Gallery, Galeri Seni Kontemporer di Kota Lama

Berbicara seputar tempat wisata di Semarang, Kota Lama merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Baik itu bagi siapapun yang baru pertama berkunjung ke Semarang, maupun sudah berkali-kali. Pasalnya, kecantikan Kota Lama Semarang memang terlalu sulit untuk dilewatkan. Kota Lama Semarang sendiri memiliki beberapa destinasi wisata, seperti Gereja Blenduk ataupun Taman Srigunting. Tak hanya itu, Teman BuLiBi dapat berkunjung ke Semarang Contemporary Art Gallery apabila berkunjung ke Kota Lama. Sesuai namanya, salah satu tempat wisata di Semarang ini merupakan galeri seni kontemporer. Galeri ini sendiri sudah berdiri sejak 2008. Bangunan galeri ini pernah diruntuhkan pada jaman kolonial Belanda dan dibangun kembali pada 1918. Bangunan ini dahulu merupakan kantor asuransi bernama De Indische Llyod.


Biaya masuk galeri seni ini adalah Rp10.000. Hanya dengan Rp10.000, Teman BuLiBi akan dimanjakan dengan hasil karya seni yang indah. Tak hanya berbagai karya seni, interior bangunan yang minimalis juga membuat Semarang Contemporary Art Gallery kian cantik dan membuat pengunjung betah. Tempat wisata di Semarang ini buka setiap Selasa sampai Minggu, pukul 10.00 hingga 16.30 WIB. Sama seperti galeri seni pada umumnya, Semarang Contemporary Art Gallery juga tutup pada hari Senin. Galeri seni ini berlokasi di Jalan Taman Srigunting No. 5-6, Kota Lama Semarang.

Sehabis Menjelajah Tempat Wisata di Semarang, Santai Sejenak di Salah Satu Cafe di Kota Lama

Pada suatu perjalanan, ada kalanya kita meluangkan waktu singkat untuk jalan-jalan santai. Salah satunya adalah dengan bersantai di kedai kopi. Sebagai salah satu kota metropolitan, Semarang pastinya tak luput dari kedai kopi yang menjamur, terlebih belakangan ini. Salah satu daerah yang ramai dengan kedai kopi adalah Kota Lama. Tak hanya menyuguhkan tempat wisata di Semarang yang klasik dan vintage, Kota Lama Semarang juga memiliki banyak kedai kopi unik yang dapat dikunjungi. Beberapa kedai kopi ini pastinya tak luput dari suasana klasik yang kental, sehingga cocok untuk disinggahi sejenak sebelum kembali explore kota lumpia tersebut.


Beberapa kedai kopi di Kota Lama Semarang yang dapat Teman BuLiBi kunjungi diantaranya Spiegel Bar & Bistro dan Tekodeko Koffiehuis. Pasalnya, kedua cafe ini memiliki kesan klasik dan vintage yang membuat suasana Kota Lama Semarang semakin hidup. Spiegel Bar & Bistro berlokasi di sebelah Gereja Blenduk. Bangunan kedai kopi ini kerap menjadi spot foto favorit saat berkunjung ke Kota Lama. Suasana klasik membuat pengunjung betah berlama-lama di cafe yang bangunannya sudah berdiri sejak 1895 ini. Tekodeko Koffiehuis juga memiliki ambiance yang tidak kalah menarik. Tak hanya ambiance yang homey, pengunjung juga akan disuguhkan berbagai varian kopi seperti salah satunya varian Kopi Akulturasi Semarang yang terkenal dan refreshing.

Nah, itu tadi adalah lima tempat wisata di Semarang yang Teman BuLiBi kunjungi, khususnya buat yang baru pertama kali liburan ke Semarang! Berkunjung ke Semarang untuk pertama kali, biasanya wisatawan akan mendatangi tempat wisata yang terkenal lebih dahulu. Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, dan Kota Lama Semarang merupakan tiga tempat yang terkenal di Semarang. Ketiga tempat ini juga memiliki akses yang mudah dikunjungi dikarenakan masih berada di wilayah Semarang Kota. Selain itu, Pasar Semawis juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk berburu kuliner Semarang dikarenakan hidangan yang ada di pasar tersebut tergolong lengkap.


Jadi, Teman BuLiBi sudah siap untuk menjelajah tempat wisata di Semarang? Semoga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, ya! Supaya liburanmu lebih nyaman, pilih salah satu dari Rekomendasi 13 Hotel Di Yogyakarta kami!

© BuLiBi – [Kontributor: Amanda Trinita | Editor: Karina Ovelia]


Terima kasih telah mampir dan membaca! Jangan lupa untuk share di media sosialmu, ya!


Baca juga:

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tempatwisatadisemarang #semarang

  • Facebook

©2019 by Bulibi