13 Rekomendasi Hotel di Yogyakarta

Diperbarui: Okt 16

Ingin berlibur ke tempat yang selalu dirindukan? Yogyakarta mungkin jawaban bagi hampir semua traveler. Keramahan kota Yogyakarta seolah menjadi magnet yang membuat banyak orang tidak bosan untuk berkunjung ke kota yang satu ini. Terkenal dengan gudegnya, Yogyakarta memang punya segudang alasan untuk didatangi bahkan seharian menikmati hotel di Yogyakarta bisa cukup melepas kerinduan traveler dengan kota ini.


Kawasan di yang Terbaik Untuk Traveler

Banyak yang sudah tahu bahwa Malioboro adalah lokasi favorit para traveler. Menyusuri jalan Malioboro saja sudah membuat mereka ketagihan. Sehingga, tak lengkap rasanya ke Yogya tanpa menikmati suasana Malioboro yang khas ini. Di tengah nilai-nilai budaya yang tetap dipegang teguh, Yogyakarta juga terus mengembangkan potensi pariwisatanya, jadi pilihan hotel di Yogyakarta pun semakin variatif. Rekomendasi hotel di Jogja dekat Malioboro pun semakin banyak bertebaran. Saat ini, kawasan Malioboro sudah didesain lebih ramah untuk pejalan kaki dengan jalur pedestriannya. Tak hanya Malioboro, Yogyakarta juga punya Prawirotaman yang kini menjadi kawasan idola bagi traveler domestik maupun internasional. Hotel di Yogyakarta, khususnya daerah ini juga ada banyak dari yang low, middle hingga high quality. Saking favoritnya, banyak juga traveler memilih menginap di sekitar sini saat berkunjung ke Yogyakarta apalagi restoran di kawasan ini menyediakan kuliner-kuliner yang nikmat.


Berbicara tentang hotel di Yogyakarta, banyak juga rekomendasi hotel di Yogya yang sebetulnya tidak berlokasi di kedua kawasan favorit ini. Beberapa hotel di Yogyakarta yang berbintang 5 bahkan berlokasi cukup jauh dari pusat kota. Tetapi, ini justru menjadi magnet lainnya bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan saat berlibur ke Yogyakarta. Sebagai kota yang menyimpan kekayaan budaya dan sejarah, Yogyakarta juga identik dengan suasana nyaman layaknya seperti rumah sendiri. Tak heran jika kota ini seringkali disebut sebagai rumah bagi banyak orang, baik yang berkunjung untuk liburan ataupun urusan pekerjaan. Kamu yang ke Yogyakarya untuk berlibur, urusan bisnis ataupun sekadar mengenang Yogyakarta punya banyak pilihan akomodasi di tempat-tempat yang mungkin selama ini tidak terpikirkan. Untuk itu, tim BuLiBi memberi rekomendasi hotel di Yogya yang bisa kamu tempati saat nanti ke kota ini. Yuk, simak pengalaman menginap BuLiBi berikut ini!

13. Jambuluwuk Malioboro

Rekomendasi hotel di Yogya pilihan BuLiBi jatuh di hotel berbintang 5 yang satu ini. Tak hanya cocok untuk mereka yang berlibur dengan keluarga, hotel yang satu ini sangat cocok untuk urusan business trip. Jambuluwuk Malioboro menawarkan 11 ruang meeting dan VIP meeting room lainnya untuk perusahaan yang berencana mengadakan rapat. Masuk dalam daftar hotel berbintang 5 di Indonesia, Jambuluwuk Malioboro memiliki kekhasan tersendiri, khususnya saat alunan gamelan yang dimainkan hampir setiap saat di lobby hotel ini. Meskipun namanya identik dengan Malioboro dan disebut sebagai hotel di Jogja dekat Malioboro, kenyataannya hotel ini cukup jauh dari hiruk pikuk Malioboro. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena menuju ke Maliboro pun masih bisa ditempuh dengan jalan kaki dari hotel di Yogyakarta yang satu ini. Staf hotel juga sangat ramah dan tidak pelit saat memberikan informasi seputar lokasi wisata di Yogyakarta.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Hotel di Yogyakarta ini menyediakan fasilitas karaoke untuk pengunjung yang ingin relax

  • Terdapat mini playground untuk anak-anak

  • Skor 8,0 dari 3.042 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

12. Grand Inna Malioboro

Rekomendasi hotel di Yogya versi BuLiBi selanjutnya adalah hotel di Jogja dekat Malioboro yang satu ini. Hotel ini memang sudah sangat lama berdiri, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Di lihat dari luar gedung, hotel Grand Inna Malioboro ini memang memberi kesan klasik karena dibangun sekitar tahun 1900an. Awalnya, hotel ini dikhususkan untuk orang Belanda yang saat itu menduduki Yogyakarta. Namun, hotel yang berada di kawasan Malioboro ini direnovasi dengan memberikan banyak unsur Indonesia, khususnya tradisional Jawa. Untuk hotel berkelas bintang 4, Grand Inna menawarkan harga yang reasonable apalagi berlokasi di tempat favorit wisatawan. Meskipun cukup kedap suara, tetapi jangan heran jika kamu mendengar suara kereta yang sedang berjalan di atas rel ketika berada di hotel ini karena lokasinya juga sangat dekat dengan stasiun kereta utama di Yogyakarta, yakni Stasiun Tugu.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Satu lokasi dengan dua money changer yang terkenal punya rate bagus di Yogyakarta

  • Lokasi hotel ini persis berada di kawasan Malioboro, jadi begitu keluar pengunjung langsung bisa merasakan suasana khas Malioboro

  • Skor 8,1 dari 1.847 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

11. The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center

Berbeda dengan dua hotel sebelumnya yang merupakan hotel di Jogja dekat Malioboro, The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center ini cukup jauh dari kawasan tersebut. Terletak sekitar 8km dari pusat kota, hotel ini justru memberikan suasana tenang karena berada di kawasan perumahan penduduk. The Alana memang dibangun dengan konsep sekaligus menyediakan convention center. Tak heran jika hotel ini memiliki 10 ruang meeting dan ballroom yang mampu menampung 3.000 orang. Meskipun terkesan sebagai hotel bisnis, rekomendasi hotel di Yogya ini tetap cocok disinggahi bersama keluarga. Sayangnya, tidak ada fasilitas khusus untuk anak-anak di hotel ini. Tetapi, ruang kamar yang cukup besar bisa menambah kenyamanan saat tinggal di hotel yang satu ini.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Musola hotel berkonsep open space sangat menarik dan menenangkan, apalagi khas dengan ornamen-ornamen Jawa

  • Lokasi hotel terletak di dekat banyak kafe dan restoran yang iconic di Yogyakarta

  • Skor 8,4 dari 870 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

10. Harper Mangkubumi Yogyakarta

Berada di bawah manajemen ASTON, Harper Mangkubumi Yogyakarta tentu tidak perlu diragukan lagi kualitas dan pelayanannya. Menariknya, hotel di Jogja dekat Malioboro ini cukup terkenal karena kafe yang berada di lokasi yang sama, yakni Roaster and Bear Café. Kami juga sangat senang berjalan santai di kawasan Mangkubumi Yogyakarta ini. Ke luar hotel pada malam hari, suasana Yogyakarta langsung lebih terasa. Persis sekitar 100m dari hotel, kami menemukan angkringan terkenal yang berada tepat di pelataran kantor Harian Kedaulatan Rakyat. Hal yang menarik lainnya adalah saat sekelompok seniman jalanan, lengkap dengan peralatan musik khas Yogyakarta, mulai beraksi dengan lagu-lagunya. Suasana ini wajib kamu rasakan saat menginap di hotel sesuai dengan rekomendasi hotel di Yogya dari BuLiBi ini!


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Fasilitas spa milik Harper Hotel yang berbintang 4 ini tidak kalah dengan hotel-hotel berbintang 5 lainnya

  • Kamu bisa berjalan kaki ke outlet tas rajut Dowa yang sangat terkenal dari Yogyakarta ini

  • Skor 8,5 dari 1.149 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

9. Melia Purosani Hotel

Hotel di Jogja dekat Malioboro yang satu ini sangat berbeda dengan hotel-hotel lain di kawasan yang sama. Kami tak bisa langsung menikmati kawasan Malioboro begitu saja karena hotel ini menawarkan atmosfir yang tidak bisa disia-siakan. Dilihat dari bangunannya, Melia Purosani Hotel memang sudah berdiri cukup lama yakni dari tahun 1995. Konsep hotel yang memberi ciri khas Jawa Yogyakarta ini membuat kami betah tinggal seharian di dalam hotel, apalagi fasilitas yang ditawarkan juga sangat menarik. Bosan di kamar, kami menikmati kolam renang hotel yang didesain dengan gaya tropis lengkap dengan pohon-pohon palem yang menambah suasana seolah sedang di pantai tropis. Kamu juga bisa menikmati meja billiard yang tersedia di dalam bar hotel ini.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Lokasi hotel ini sangat dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta

  • Yhi Wellness spa yang ada di Melia Purosani Hotel ini menyediakan treatment Java herbal dengan terapis yang berkualitas

  • Skor 8,7 dari 1.474 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

8. The Phoenix Hotel

Meskipun sudah sangat lama berdiri, The Phoenix Hotel tetap menjadi idola para traveler dari berbagai kota dan negara. Bangunan hotel di Yogyakarta ini sendiri merupakan sebuah bangunan kolonial yang dibangun pada awal tahun 1900an yang kemudian direnovasi menjadi hotel dengan konsep yang sama. Atmosfir hotel ini memberi kesan seolah kita dibawa ke masa lalu, namun tetap dengan suasana yang hangat. Staf hotel pun sangat ramah dan helpful sehingga membuat pengunjung lebih betah lagi. Setelah menikmati menu breakfast dengan berbagai pilihan menu, kami juga menikmati pagi santai dengan berjalan kaki di sekitar hotel yang memang terletak di kawasan toko-toko kecil sepanjang jalan Mangkubumi, salah satu lokasi favorit di Yogyakarta.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Hotel ini terletak sangat dekat dengan landmark kota, yaitu Tugu Yogyakarta. Pengunjung tinggal berjalan kaki sekitar 2 – 3 menit untuk menuju tempat ini.

  • Jika kamu ingat episode di Netflix tentang lupis dan cenil legendaris Mbah Satinem, hotel ini juga hanya terletak 500 meter dari street food khas Yogyakarta ini.

  • Skor 8,7 dari 2.674 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

7. Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman

Konsep hotel boutique yang satu ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Memasuki Greenhost Boutique Hotel, kami langsung dapat melihat kolam renang dengan ciri khas tanaman merambat di atasnya. Kamar-kamar hotel di Yogyakarta ini pun didesain tematik dan banyak mengadopsi kayu-kayu sebagai ornamen pelengkap. Berlokasi di kawasan terkenal Prawirotaman, kamu akan merasakan atmosfir yang berbeda dengan kawasan Malioboro. Jangan heran jika bertemu banyak traveler asing saat menikmati jalanan di sekitar hotel. Di lantai paling atas, pengunjung juga dapat melihat kesegaran kebun hidroponik yang ditata sangat rapi dan menarik saat menuju lounge yang ada di hotel ini. Saat berkunjung ke hotel ini, kami cukup beruntung dapat menikmati mini pameran hasil karya seniman-seniman Yogyakarta yang sengaja ditaruh di sudut hotel ini.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Gelato paling terkenal di Yogyakarta, yakni Tempo Gelato terletak hanya 450m dari hotel ini

  • Jika beruntung, mini pameran seni bisa kamu temukan di hotel ini saat menginap

  • Terdapat toko yang menyediakan hasil karya artisan-artisan Yogyakarta di Greenhost Boutique ini, mulai dari kartu pos, perhiasan, tas hingga ornamen-ornamen kayu.

  • Skor 8,7 dari 3.340 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

6. Eastparc Hotel

Menginap di Eastparc Hotel, kami langsung disambut dengan suasana mewah namun terkesan simpel. Aura segar dengan dedaunan hijau pun langsung dirasakan saat memasuki area pintu utama hotel ini. Hotel berbintang 5 dengan ciri khasnya garden-themed ini memberikan suasana yang lebih spesifik dibandingkan hotel-hotel lainnya. Berbagai aktivitas outdoor dan indoor untuk anak-anak pun siap kamu nikmati jika berlibur dengan keluarga. Sayangnya, hotel di Yogyakarta ini tidak menyediakan fasilitas antar-jemput bandara sehingga kamu perlu mengatur sendiri urusan yang satu ini. Apalagi saat ini bandara terdekat Eastparc yakni penerbangan dari Bandara Adisutijpto sudah dialihkan ke Yogyakarta International Airport (YIA) yang berjarak sekitar 50km dari sini.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Hotel ini punya kebun hidroponik di mana kamu bisa meliat staf-nya memanen hasil berkebun

  • Terdapat mini theater yang berfungsi sebagai bioskop kecil untuk anak-anak

  • Skor 9,0 dari 2,944 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

5. Hotel Tentrem

Sesuai dengan namanya yang berarti damai dalam bahasa Jawa, hotel Tentrem siap memberikan kedamaian bagi pengunjungnya. Meskipun namanya sangat tradisional, tetapi Hotel Tentrem justru memberikan kesan mahal dan mewah sejak awal melihat bangunan hotel ini dari luar. Terletak dekat dengan beberapa sekolah, bangunan hotel Tentrem memang cukup stunning apalagi terdiri dari 8 lantai. Berlibur dengan anak-anak sangat bisa mempertimbangkan hotel di Yogyakarta ini karena fasilitas untuk aktivitas anak-anak cukup akomodatif. Hotel yang didominasi warna gold dan coklat ini memiliki 3 jelas bar/lounge yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah poolside bar. Bar yang ini sangat cocok dikunjungi pagi atau sore hari sambil menikmati secangkir teh hangat di tepian kolam renang.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Selain menyediakan tempat fitness, hotel Tentrem menyediakan fasilitas olahraga berupa lapangan tenis

  • Hotel ini menawarkan fasilitas ruang yoga untuk pengunjung yang ingin menenangkan pikiran melalui yoga

  • Skor 9,0 dari 2.446 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

4. Swiss-Belboutique Yogyakarta

Layaknya hotel berbintang 5, Swiss-Belboutique hotel menyediakan berbagai fasilitas untuk memuaskan pengunjungnya. Gaya klasik kolonial yang mewah dan elegan dapat langsung dirasakan begitu kami memasuki hotel di Yogyakarta ini. Bosan dengan suasana kamar, kamu dapat menikmati kolam renang yang terdapat di rooftop hotel sambil menikmati langit Yogyakarta yang cerah. Untuk urusan makanan, kualitas makanan di hotel ini tidak perlu diragukan lagi. Kami sempat menikmati alunan instrumental piano yang ada di Gendhis Bar hotel ini. Suasana tenang dan nyaman yang susah sekali dilupakan saat menginap di hotel ini. Saking nyamannya, menghabiskan waktu seharian di hotel ini tidak akan terasa seolah-olah kamu memang sedang staycation di hotel.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Hotel ini terletak di kawasan kantor yang ada di Jalan Sudirman, sehingga cocok untuk tujuan business trip

  • Terdapat air terjun buatan yang menyegarkan mata dan telinga di Swiss-Belboutique ini

  • Lokasinya sangat dekat dengan toko buku ternama di Indonesia, pengunjung tinggal menyeberang jalan langsung disambut banyak buku-buku menarik

  • Skor 9,0 dari 1.509 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

3. Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Hotel mewah yang terletak di dekat pusat kota Yogyakarta ini sempat cukup lama vakum, namun setelah direnovasi tahun 2011, Royal Ambarrukmo dihidupkan kembali dengan desain mewah dan elegan, namun tetap menggambarkan ciri khas kota Yogyakarta di setiap sudutnya. Alunan gamelan pun siap menyambut pengunjungnya begitu memasuki area lobby hotel di Yogyakarta ini. Kesan bahwa kamu sedang di Yogyakarta langsung terasa hangat dan nyaman. Di pagi hari, kami mencoba menikmati kesegaran kota Yogyakarta dengan berjalan santai di kebun hotel ini yang terletak persis di belakang kolam renangnya. Kebun ini sekaligus didesain dengan jogging track dan mini kids’ corner yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya, baik dewasa maupun anak-anak.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Hotel ini terletak di lokasi yang sama dengan Plaza Ambarukko, salah satu mal terbesar di Yogyakarta

  • Royal Ambarrukmo hotel ini menyediakan fasilitas transportasi dari dan ke bandara tentunya dengan harga yang reasonable

  • Skor 8,8 dari 2.826 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

2. Hyatt Regency Yogyakarta

Hyatt Regency Yogyakarta sudah dibuka untuk pengunjung sejak tahun 1997 di tanah seluas 22 hektar. Saking luasnya, kami sangat menikmati seharian berkeliling di hotel ini hingga seringkali tak merasa perlu ke luar hotel lagi. Lobby hotel pun cukup jauh dari pintu utama karena parkiran hotel sendiri sangat luas. Memasuki hotel, kami disambut dengan staf yang siap melayani dengan ramah. Salah satu sudut lobby hotel pun didesain dengan suara gemericik air kolam yang dilengkapi dengan mini candi. Hotel ini terdiri dari 2 restoran, tetapi kami lebih senang menikmati sarapan pagi dan malam di dekat kolam renang dengan suasana terbuka. Menikmati makanan sambil duduk di sini saja, kami merasa sangat betah!


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Hyatt Regency Yogyakarta menyediakan fasilitas berupa golf course (on-site) dan mini golf course dengan view yang sangat menarik

  • Jika beruntung dan cuaca cerah, gunung Merapi bisa dilihat dari hotel ini

  • Skor 8,7 dari 2.542 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

1. Yogyakarta Marriott Hotel

Terletak sekitar 30 menit dari kawasan terkenal Malioboro, hotel ini justru berlokasi tak jauh dari beberapa universitas ternama di Yogyakarta. Meski tergolong hotel baru karena mulai beroperasi pada tahun 2017, Hotel Marriott di Yogyakarta ini cocok untuk ditempati pengunjung dengan alasan business trip atau liburan keluarga sekalipun. Memasuki hotel ini, kami langsung disuguhi desain interior yang mewah khas hotel kelas dunia. Selayaknya hotel berbintang 5, hotel ini memberikan fasilitas dan service yang luar biasa sehingga wajar jika kami menemui semua staf hotel sangat ramah dan helpful. Saat booking kamar di hotel ini, kamu juga bisa memilih view sesuai kebutuhanmu, misalnya pemandangan kolam renang hotel atau justru kota Yogyakarta sendiri.


Yang menarik dari hotel di Yogya ini:

  • Yogyakarta Marriott Hotel ini terletak di lokasi yang sama dengan Hartono Mall, jadi kamu cukup jalan kaki jika ingin ke mal ini

  • Sadar bahwa pengunjungnya tidak hanya orang dewasa, hotel ini menyediakan kolam renang khusus anak-anak

  • Fasilitas fitness dan golf course (on site) disediakan untuk pengunjung yang ingin berolahraga

  • Skor 9,1 dari 1.202 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

Kegiatan Liburan Wajib di Yogyakarta

Yogyakarta memang tak hanya memiliki Malioboro dan Prawirotaman saja, BuLiBi sangat menganjurkan kamu menikmati kawasan utara Yogyakarta, yakni Kaliurang. Lokasi yang sempat heboh karena letusan Gunung Merapi sekian tahun lalu justru menjadi tujuan wisata menarik saat ini, yakni “Lava Tour” Merapi. Untuk menikmati wisata ini, kamu harus menyewa jeep dengan variasi harga sekitar Rp. 350.000 hingga Rp. 450.000 tergantung rute yang diambil, yakni short, medium dan long. Di lain hari atau setelah puas seharian menikmati lava tour, teman BuLiBi juga bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Museum ini menawarkan kesan Yogyakarta yang sangat khas. Saat melewati lorong-lorong museum sambil mendengar penjelasan tour guide-nya, kamu juga bisa merasakan kesan magis yang dibangun oleh museum ini.


Masih berlokasi yang sama dengan museum Ullen Sentalu, kamu bisa merasakan kemewahan menu internasional di Beukenhof Restaurant. Restoran ini menyediakan menu masakan Eropa dengan rasa-rasa yang menggugah selera kamu. Sayangnya, jika ingin makan masakan khas Jogja kamu tidak bisa mencicipinya di sini. Kuliner Jawa di kawasan utara Yogyakarta yang bisa kami rekomendasikan adalah Kopi Klotok. Tempat makan ini sangat terkenal, meskipun hanya menyediakan menu yang terbatas. Tetapi suasana pedesaan yang dikelilingi hamparan sawah justru menjadi kemewahan bagi traveler yang datang ke kota ini. Nah, untuk alternatif wisata selengkapnya, kamu bisa cek postingan di BuLiBi tentang liburan di Yogyakarta. Untuk tips liburannya, bisa baca di sini.

Catatan: Di masa pandemi saat ini, tim BuLiBi perlu sampaikan bahwa hotel-hotel tersebut di atas tetap beroperasi dengan mengikuti protokol Covid 19 sesuai anjuran pemerintah. Sebelum booking hotel, ada baiknya kamu cek langsung ke hotel yang bersangkutan terkait fasilitas-fasilitas yang memang terbuka untuk pengunjung ya!


(c) BuLiBi - [Kontributor: Yeyen P.]


Cari hotel di Yogyakarta lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi