Liburan ke Jogja Wajib ke 5 Tempat Ini!

Mau liburan ke Jogja? Yuk siapin rencana liburan jauh-jauh hari. Jangan lupa kunjungi 5 tempat ini ya!

Liburan ke Jogja (c) Arakita Rimbayana

Banyak nama untuk menyebut kota yang dikenal dengan kota pelajar ini: Yogyakarta, Yogya, Jogjakarta, Jogja, ataupun Ngayogyakarta. Selain nama, banyak pula tempat wisata dan aktivitas yang bisa dilakukan di kota tempat di mana Benteng Vredeburg ini berada. Rasanya, hal-hal yang bisa dilakukan dan tempat yang bisa dikunjungi saat liburan ke Jogja ini tidak akan ada habisnya. Baik itu tempat bersejarah atau tempat baru, selalu ada sesuatu yang ditawarkan kota ini.

Liburan ke Jogja memang tidak cukup hanya dilakukan sekali. Pasalnya, satu-satunya provinsi yang masih menerapkan sistem kerajaan ini memiliki banyak tempat wisata dan selalu ada inovasi sehingga tidak membuat para pengunjung bosan untuk kembali ke Jogja. Saking banyaknya tempat yang dapat dikunjungi di Jogja, rasanya perlu membuat list tersendiri tempat wisata apa dan aktivitas apa yang dapat dilakukan bersama orang-orang terdekat ketika liburan ke Jogja. Yuk, simak berbagai aktivitas dan tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi saat liburan ke Jogja, baik itu bersama keluarga, teman, pacar, atau ketika liburan sendiri. Bahkan Teman BuLiBi juga bisa menemukan tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk foto-foto!

Liburan ke Jogja sendiri? Me time dengan membatik di Batik Kelik!

Berniat untuk solo traveling? Worry not karena Jogja memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi sendiri. Berkeliling pusat kota dapat menjadi pilihan apabila kamu liburan ke Jogja sendirian. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk me time di pusat kota adalah belajar, termasuk belajar membatik! Selain mendapat pengetahuan seputar membuat batik, membatik juga dapat melepas stress karena membutuhkan konsentrasi sehingga ideal untuk me time. Salah satu tempat untuk belajar membatik di Jogja dapat ditemukan pada Batik Kelik.


Berlokasi di Jalan Menukan, tidak jauh dari salah satu jalan terkenal di Jogja yaitu Jalan Prawirotaman, Batik Kelik sendiri dikelola oleh sepasang suami istri seniman yaitu Almarhum Bapak Kelik dan istrinya Ibu Susi sejak 1984. Hingga saat ini, Ibu Susi masih mengelola kelas membatik dibantu anaknya yaitu Mas Heri. Batik Kelik dapat menjadi tempat efektif untuk belajar membatik khususnya untuk pemula dikarenakan waktu yang disediakan adalah one day class dari jam 9 pagi hingga 3 sore dan pengunjung akan diajari secara pelan-pelan dalam membatik.

Liburan ke Jogja bersama teman-teman? Wajib camping ke Pantai Wohkudu!

Sudah planning liburan ke Jogja bersama teman-teman namun belum buat itinerary? Melakukan aktivitas outdoor yang adventurous dapat menjadi kegiatan asyik yang dapat dilakukan ketika liburan ke Jogja, camping di pantai salah satunya. Bergeser sedikit ke Selatan Yogyakarta, kurang lebih satu setengah sampai dua jam perjalanan menggunakan mobil, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, Teman BuLiBi dapat menemukan satu pantai indah yang diapit oleh dua tebing, yaitu Pantai Wohkudu. Pantai ini memang belum terkenal seperti Pantai Indrayanti atau Pantai Wediombo, tapi justru pantai ini merupakan pilihan terbaik apabila kamu lebih suka pantai yang cenderung sepi.


Di Pantai Wohkudu, Teman BuLiBi masih akan menemukan rerumputan hijau di sekitar pantai, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk camping atau untuk memancing. Biaya parkir untuk masuk ke pantai ini terbilang cukup murah, yaitu Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Akses untuk masuk ke Pantai Wohkudu dapat dikatakan lumayan sulit karena harus berjalan kaki untuk masuk ke pantai, namun akan terbayar dengan suasana pantai yang indah sehingga liburan ke Jogja bersama teman-teman menjadi lebih berkesan.

Liburan ke Jogja sama keluarga? Bagusnya ke Museum Ullen Sentalu!

Berbicara seputar liburan ke Jogja bersama keluarga, akan menyenangkan apabila mengunjungi tempat yang cocok untuk segala usia. Jadi, dari lansia sampai anak-anak bisa menikmati liburannya. Museum dapat menjadi salah satu alternatif tempat wisata bagi segala usia. Salah satu museum unik yang dapat dikunjungi apabila liburan ke Jogja adalah Museum Ullen Sentalu. Museum yang berlokasi di daerah Pakem, Kaliurang ini menceritakan tentang Kerajaan Mataram yang memecah empat kerajaan di Solo dan Yogyakarta.


Selain karena kaya akan warisan sejarah, museum ini juga wajib dikunjungi karena arsitektur bangunan perpaduan Jawa dan Eropa kuno yang gothic, dipadu dengan suasana tropis dengan banyaknya tanaman di sekitar lokasi membuat suasana museum menjadi lebih menyenangkan. Untuk berkunjung ke Museum Ullen Sentalu sendiri, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp40.000 untuk dewasa (di atas 12 tahun) dan Rp20.000 untuk anak-anak usia 5-12 tahun. Museum ini sendiri buka setiap hari kecuali hari Senin dan jam operasional dimulai pukul 08.30 – 16.00 pada weekdays dan pukul 08.30 – 17.00 pada weekend.

Liburan ke Jogja sama pacar? Wah, mampir ke Bukit Mojo Gumelem, yuk!

Liburan ke Jogja sama pacar akan seru apabila berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menyediakan pemandangan indah yang dapat dinikmati lumayan lama. Bukit Mojo Gumelem dapat menjadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi apabila kamu liburan ke Jogja bersama yang terkasih. Bukit Mojo Gumelem sebenarnya diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin berfoto-foto, namun tempat wisata yang dibuka pada 2016 ini, sebenarnya juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati senja di Jogja.


Bukit Mojo Gumelem yang berlokasi di Mangunan, Kabupaten Bantul ini memberikan view alam dari atas Jogja yang cantik, sehingga dapat menjadi tempat yang romantis apabila dikunjungi bersama pacar ketika liburan ke Jogja. Selain menikmati view, traveler juga dapat mengabadikan momen bersama pacar dengan berfoto di beberapa spot foto yang tersedia. Berkunjung ke Bukit Mojo Gumelem sendiri hanya dikenakan biaya parkir, yaitu sebesar Rp5.000 untuk mobil, Rp2.000 untuk kendaraan roda dua. Beberapa tempat foto di lokasi ini dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk satu tempat foto.

Liburan ke Jogja belum lengkap kalau belum foto di Studio Alam Gamplong!

Jogja memiliki banyak tempat wisata yang Instagramable, beberapa yang terkenal seperti KM 0 Malioboro, tulisan Jalan Malioboro, Taman Sari, ataupun Situs Warungboto mungkin sudah terbesit di pikiran apabila liburan ke Jogja. Namun, di mana lagi, sih, tempat wisata yang menyediakan banyak spot foto yang bagus dan harus didatangi ketika liburan ke Jogja? Teman BuLiBi dapat berkunjung ke Studio Alam Gamplong!


Tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Sleman ini juga beberapa kali digunakan untuk shooting film-film Indonesia, loh. Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta yang diperankan oleh Ario Bayu dan Adinia Wirasti serta Film Bumi Manusia yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan merupakan beberapa film yang melakukan shooting di tempat ini. Berkunjung ke Studio Alam Gamplong tidak dikenakan tarif khusus, pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya. Namun, untuk masuk ke salah satu museum yang berada di wilayah Studio Alam Gamplong, yaitu Museum Bumi Manusia, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Museum Bumi Manusia sendiri dibangun untuk mengenang salah satu sastrawan Indonesia Pramoedya Ananta Toer.

Nah itu tadi lima aktivitas dan tempat wisata apa saja yang dapat dikunjungi ketika sedang liburan ke Jogja! Selain wisata kuliner atau berbelanja di Malioboro, Jogja ternyata memiliki banyak aktivitas yang menarik. Baik itu untuk me time dengan belajar membatik, berkumpul bersama sanak saudara dan museum hopping, berkemah di pantai bersama teman-teman, menghabiskan waktu bersama pacar dengan pemandangan dari atas Jogja yang indah, ataupun untuk mengabadikan momen liburan sebanyak mungkin, semua dapat dilakukan di Jogja. Jadi, bersama siapakah Teman BuLiBi akan liburan ke Jogja setelah ini? Bersama siapapun itu, pastikan untuk memanfaatkan waktu liburan di Jogja sebaik mungkin dengan orang-orang yang tersayang, ya!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Amanda Trinita]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca Juga:

Keindahan Taman Sari Keraton, Wisata Air Bersejarah di Yogyakarta

Trava House, Penginapan Murah di Jogja yang Instagramable

7 Keajaiban Dunia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankejogja #jogja #yogyakarta

Rekomendasi penginapan murah di Jogja:


  • Facebook

©2019 by Bulibi