Keindahan Taman Sari Keraton, Wisata Air Bersejarah di Yogyakarta

Diperbarui: Apr 3

Taman Sari atau dikenal juga dengan sebutan Taman Sari Keraton merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta.

Photo: Taman Sari Keraton (c) Nita Hidayati


Taman Sari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.


Taman Sari berada tepat di Jalan Taman, Yogyakarta, Indonesia. Tempat wisata bersejarah ini memiliki akses yang sangat dekat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, hanya sekitar 15 menit dari alun-alun utara keraton. Dulunya lokasi ini adalah tempat rekreasi dan taman bagi keluarga kerajaan dan juga sebagai benteng pertahanan.

Photo: Taman Sari Keraton (c) Nita Hidayati

Bangunan Taman Sari awalnya memiliki luas sekitar 10 hektare yang terdiri dari 57 bangunan. Bangunan-bangunan itu berupa kompleks kolam pemandian, pulau buatan dan danau buatan. Ada juga jembatan gantung, taman, kanal air, lorong bawah tanah, dan beberapa gedung lainnya.


Tertarik berkunjung? Catat dulu jadwal dan harga tiketnya!


Taman Sari buka setiap hari dari pukul 09.00-15.00 dengan tiket masuk domestik sebesar Rp5 ribu per orang. Sementara untuk tiket internasional dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu per orang.


Siap liburan ke Yogyakarta? Cek dulu tarif hotel murah di sini:

  • Facebook

©2019 by Bulibi