Itinerary Kota Tua Semarang

Tahukah kamu ada banyak kota tua di Indonesia? Salah satunya adalah Kota Tua Semarang. Simak itinerary lengkapnya berikut ini!

Kota Tua Semarang (Photo by Oktavisual Project on Unsplash)

Apa yang ada di benak kamu ketika berbicara tentang kota tua di Indonesia? Apakah itu kompleks bangunan tua peninggalan masa kolonial yang kaya nilai historis? Atau spot kece untuk berfoto ria? Khususnya di Pulau Jawa, kota-kota strategis pada jaman kolonial seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta memiliki hubungan erat pemerintahan kolonial. Berbicara keberadaan letak kota tua, mungkin kota ini jarang diketahui mengenai keberadaan letak kota tuanya, Kota Semarang.

Kota Tua Semarang berada di Kecamatan Semarang Utara, tepatnya dekat dengan pesisir laut dan tepi Sungai Mberok. Kota Tua ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kurang lebih 50 bangunan kuno dengan arsitektur khas Eropa. Walaupun telah berumur di atas satu abad, kompleks ini tetap dijaga ciri khas arsitekturnya yang mencerminkan bangunan Eropa Kuno. Ada beberapa bangunan besar di kompleks Kota Tua Semarang ini, mulai dari bank, cafe/restoran, gereja, bahkan kantor pos. Kamu bisa merasakan suasana Eropa Kuno di kompleks ini, terlebih karena beberapa bangunan besar masih digunakan sebagai bangunan komersil.

Teman BuLiBi penasaran dan ingin berkunjung ke Kota Tua Semarang? Tenang saja, berikut ini merupakan tips dan daftar tempat yang telah kami persiapkan untuk kamu saat pergi dan berada di Kota Tua Semarang.

Akses menuju Kota Lama Semarang

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Tak heran, akses menuju kota ini sangatlah mudah. Teman BuLiBi bisa pergi ke Kota Semarang dengan kereta api, bus, maupun pesawat.


Semarang memiliki beberapa stasiun kereta api, dua yang terbesar adalah Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Agar lebih dekat dengan Kota Tua, kamu bisa berhenti di Stasiun Semarang Tawang karena jarak dari stasiun tersebut ke kompleks Kota Tua hanya 1 km. Jarak yang bahkan cukup ditempuh dengan jalan kaki. Untuk Teman BuLiBi yang naik bus, kamu bisa turun di Terminal Bus Terboyo dan melanjutkan perjalanan ke Kota Tua sejauh 4,6km naik bus kota ataupun transportasi online.


Penginapan di sekitar Kota Tua terbilang cukup banyak. Teman BuLiBi cukup berjalan kaki dari penginapan ke kompleks Kota Tua Semarang. Ada banyak variasi penginapan, bahkan ada juga hotel kapsul dengan biaya terjangkau bila kamu ingin berhemat. Semua penginapan terdekat dapat dengan mudah kamu cek dan bandingkan secara online.

Apa saja sih bangunan menarik dan aktivitas yang bisa dilakukan?

Yap, sudah disebutkan sebelumnya jika ada beberapa bangunan besar dan kawasan menarik di Kota Tua Semarang. Apa saja itu?

Spiegel Bar & Bistro

Seperti namanya, Spiegel adalah cafe yang menempati salah satu bangunan tua di kompleks Kota Tua Semarang ini. Bangunan dan bar ini lumayan mencolok karena lokasinya yang terletak di pinggir jalan besar serta nuansa bar yang cukup mewah jika dilihat dari luar. Tempat ini sering digunakan sebagai spot foto, khususnya di interior bangunan karena arsitektur bar yang sangat kental dengan ciri khas bangunan Eropa. Di lantai puncak bar ini terdapat rooftop yang menyajikan pemandangan Kota Tua. Bar ini tentu sangat cocok kamu kunjungi, terutama jika budget kamu lumayan besar karena sebagian besar menu dipatok dengan harga cafe kelas atas.

Gereja Blenduk

Berada tidak jauh dari Spiegel Bar, bangunan gereja ini juga tak kalah menarik. Gereja Blenduk atau GPIB Immanuel ini sampai sekarang masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan. Mungkin Gereja Blenduk ini adalah salah satu bangunan di Kota Lama yang dari pembuatan awal bangunannya di tahun 1753 hingga sekarang masih berfungsi sebagai gereja.

Taman Srigunting

Taman ini merupakan salah satu ruang terbuka yang menarik dan populer dikunjungi di Kota Tua Semarang. Tidak hanya populer bagi wisatawan luar, warga Semarang juga sering memanfaatkan lapangan ini sebagai tempat berkumpul komunitas lokal. Disamping itu, Taman Sriguntung juga menyediakan beberapa spot untuk berfoto. Teman BuLiBi bisa menemui sepeda maupun becak yang sengaja dipajang. Berfoto lucu bersama teman ataupun pasangan merupakan aktivitas yang cukup menarik untuk dilakukan di sini.


Letaknya yang berdekatan dengan Gereja Blenduk juga memungkinkan Taman Srigunting menjadi spot foto dengan latar kemegahan gereja. Spot ini berupa jembatan mini berwarna hitam yang membatasi wilayah taman dengan gereja.

Pasar Klitikan

Nah ini yang spesial juga di Kota Tua Semarang! Belum lengkap rasanya kalau kamu mengunjungi Kota Tua yang notabenenya berisi bangunan tua, tapi belum melihat ataupun membeli barang antik di sini.


Beberapa tahun lalu, banyak pedagang yang memang berjualan di sekitar Jalan Srigunting. Namun, saat ini pasar telah berpindah gedung Galeri Industri Kreatif PPI. Hal ini tentunya susunan pasar lebih rapi. Di sini kamu bisa melihat berbagai barang antik yang diperjualbelikan, seperti sepeda ontel lawas, becak, peralatan elektronik seperti kamera, handycam, jam dan masih banyak lagi.

Tips hunting foto di Kota Tua Semarang

Berikut ini merupakan tips yang bisa membantu Teman BuLiBi untuk mengambil gambar sepanjang hari di Kota Tua Semarang.

Siapkan kamera, baik digital maupun smartphone kamu dalam kondisi baterai penuh. Spot gedung-gedung tua sangat keren difoto di pagi menjelang siang hari ketika matahari tidak terlalu tinggi. Ketika kamu mengambil gambar di siang yang terik, gambar yang didapat akan menjadi sedikit kusam karena matahari tepat berada di atas gedung, ditambah suasana yang panas terik. Kondisi cahaya di pagi hari bisa dibilang pas, karena selain dapat menyinari sudut bangunan yang sempit, pencahayaan tidak terlalu terik, yang sama halnya di kondisi sore hari.


Manfaatkan waktu siang atau malam hari untuk mengambil gambar dalam ruangan. Teman BuLiBi bisa mengunjungi museum, pasar antik dan cafe. Beberapa tempat di Kota Tua juga tetap memiliki pencahayaan yang cukup terang di malam hari. Kamu tetap bisa mengambil foto outdoor dengan mempertimbangkan cahaya dan kemampuan kamera yang kamu miliki agar hasilnya tetap ciamik.


Sebenarnya, bangunan lama yang terkenal di Semarang tidak hanya dapat kamu jumpai di kompleks Kota Tua. Contoh bangunan tua lainnya yang juga tidak kalah terkenal adalah Lawang Sewu. Cukup dekat lokasinya dengan Kota Tua, sekitar 3 km. Meskipun berbeda lokasi, keindahan arsitektur bangunan yang telah ada sejak masa kolonial tetap dapat kamu nikmati. Apalagi bangunan-bangunan ini masih dirawat hingga sekarang.

Nah, itu dia beberapa tips menarik yang akan membantu Teman BuLiBi melakukan liburan seru ke Kota Tua Semarang. Merasakan kompleks bangunan Eropa ternyata cukup bisa kamu lakukan di Indonesia. Semoga perjalanan dan cerita kamu menyenangkan!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Ricko Kusuma | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca juga artikel lainnya:

Tips Liburan#1: Ke Negara Bebas Visa

Baca DuluTips LiburankeLabuanBajo Ini Sebelum Beli Tiket!

Comuna 13 Medellin: Tur Grafiti dengan Sejarah Kriminal dan Narkoba


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #kotatuasemarang #kotatua #semarang #spiegelbar

Cari tiket murah:


  • Facebook

©2019 by Bulibi