• Teman BuLiBi

Baca Dulu Tips Liburan ke Labuan Bajo Ini Sebelum Beli Tiket!

Diperbarui: Jun 22

Mulai dari makan, penginapan, sampai itinerary, baca tips liburan ke Labuan Bajo di sini!

Labuan Bajo! Siapa sih yang tidak ingin menghabiskan masa liburan ke laut dan pantai dengan pemandangan yang super indah dan suasana super menenangkan. Sensasi panorama bawah laut yang terawat dan karagaman hayati di dalamnya, sususan bukit-bukit dengan langit biru di atasnya, dijamin ketika kamu berada di sini, segala kepenatan akibat rutinitas dan pekerjaan akan lenyap seketika.


Tips liburan ke Labuan Bajo

Teman BuLiBi tentu tahu kalau Labuan Bajo yang berada di Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo ini beberapa waktu yang lalu sempat diumumkan sebagai destinasi wisata super premium oleh Presiden Joko Widodo. Namun apakah berarti menghabiskan waktu di sana akan membutuhkan uang yang banyak? Oh, belum tentu! Kami punya tips yang bisa Teman BuLiBi pertimbangkan sebelum kamu beli tiket menuju ke Labuan Bajo. Yuk kita simak tips liburan ke Labuan Bajo sebelum kamu beli tiket ke sana.


Pilih tanggal Low Season

Waktu untuk berkunjung menjadi poin utama yang harus diperhatikan. Pastikan kamu mengunjungi Labuan Bajo pada saat low season, saat tidak banyak orang yang mengunjunginya. Karena harga tiket penginapan dan segala macamnya akan terpengaruh oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung. Kami sarankan kamu untuk datang di pertengahan Januari, dimana libur natal dan tahun baru sudah selesai, anak-anak dan mahasiswa sudah kembali bersekolah dan berkuliah, yang bekerja pun sudah mulai masuk kantor.


Jika tidak bisa di Januari pun, kamu bsa menyesuaikan jadwal di pertengahan bulan - bulan yang “pelit’’ dengan tanggal merah. Bagi kamu yang harus cuti, memang harus sedikit berkorban untuk menggunakan jatah cuti cukup banyak. Tapi percayalah pengorbanan itu akan terbayarkan dengan ketenangan dan pesona kedamaian yang akan kamu dapatkan saat berada di Labuan Bajo.


Jangan datang sendiri. Ajak 2 temanmu untuk pengalaman lebih hemat dan asyik!

Jalan-jalan bersama dengan total 3 orang adalah cara terbaik untuk menikmati keindahan Labuan Bajo, apalagi kalau ditemani oleh sahabat atau orang terkasih. Tidak terlalu ramai, namun tetap bisa saling berbagi untuk budget perjalanan, sewa kendaraan, biaya makan dan sewa penginapan. Ditambah lagi banyak penginapan yang masih membebaskan pengunjung untuk mengambil 1 kamar untuk 3 orang. Kamu harus jeli riset ya.


Jalan-jalan dengan tim yang kecil akan memilimalisasi banyaknya permasalahan yang akan muncul saat di lokasi. Banyak kepala berarti akan banyak pikiran dan ide yang tiba-tiba muncul saat di sana, dan fleksibilitas itinerary akan lebih mudah untuk diatur saat kamu bersama tim kecil saja.


Jalur transportasi dengan budget terjangkau menuju Labuan Bajo.

Ada beberapa akses untuk sampai ke Labuan Bajo, Kali ini kami akan beri gambaran untuk transportasi terjangkau untuk Teman BuLiBi.


Cara tersimple untuk sampai di Labuan Bajo bisa dengan naik bus dari Jakarta ke Bima, dengan budget sekitar Rp 750.000. Sesampainya di Terminal Bima, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Sape dengan harga Rp 30.000 dan akhirnya menyeberang menggukan kapal Fery selama 3 jam menuju Labuan Bajo (harga tiket Fery Rp60.000/orang). Perjalanan ini setidaknya akan ditempuh dalam 2 hari perjalanan dari Jakarta.


Jika kamu memiliki budget transportasi yang cukup dan tidak ingin lama dalam perjalanan, memang menggunakan pesawat adalah pilihan terbaik. Untuk pesawat langsung dari Jakarta menuju Labuan Bajo (tanpa transit) di hari normal harga tiket bisa berkisar di Rp 1.5 – 2 juta untuk sekali perjalanan, harga sewaktu-waktu bisa berubah melihat situasi dan kondisi ya. Untuk perjalanannya pun cukup singkat yakni hanya 2,5 jam dari Jakarta.


Cari dan bandingkan harga tiket pesawat di sini:


Sewa motor adalah pilihan terbaik.

Tidak banyak angkutan umum yang tersedia di pulau ini, hanya ada bemo dan ojek motor yang rata-rata beroperasi hingga jam 21.00. Jadi pastikan kamu menyewa sepeda motor di sini agar tidak terkendala oleh akses transportasi. Biaya penyewaan motor di sini cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 75.000 per hari.


Sewa kapal langsung ke pemilik.

Keuntungan pergi bersama tim kecil adalah juga dapat menekan biaya penyewaan kapal. Kamu bisa langsung mendatangi pemilik kapal untuk minta sewaan. Menyewa kapal langsung ke pemilik akan lebih murah dibanding melalui agen wisata. Tapi tetap junjung nilai kesopanan dan keramahtamahan dengan warga sekitar agar mereka juga percaya untuk menyewakan jasa dan kapalnya kepada kita.


Pilah pilih Hostel sebelum check in

Carilah penginapan yang memberi rasa nyaman dan dan dekat dengan objek wisata. Beberapa hostel atau penginapan di Labuan Bajo menawarkan view yang sangat indah namun tetap dengan harga yang terjangkau.


Beberapa penginapan yang bisa jadi pilihan antara lain: Ciao Hostel, De Chocolate Hostel, Sunset Hill Hotel, La Boheme Bajo,Bajo Nature Backpacker, Siola Hostel yang dapat ditinggali dengan harga yang terjangkau. Lihat daftar rekomendasi hotel di Labuan Bajo di bagian bawah artikel ini!



Itinerary wajib dipersiapkan

Untuk menikmati segala keindahan yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya, minimal kamu mempersiapkan 3 hari 2 malam di sini. Kami punya contoh itinerary yang bisa Teman BuLiBi jadikan acuan untuk berliburan di Labuan Bajo dan kawasan sekitarnya:


Hari 1

Hari pertama kedatangan usahakanlah untuk sampai di Labuan Bajo pada pagi hari sehingga kamu masih punya cukup waktu mengunjungi Bukit Cinta dan Goa Batu Cermin. Di puncak Bukit Cinta. Kamu dapat menikmati gugusan pulau serta keindahan panorama Labuan Bajo yang instagramable. Sedangkan di Goa Batu Cermin, kamu dapat menikmati berbagai macam fosil laut yang menempel pada dinding goa sepanjang 200 meter. Ketika hujan turun, dan air menggenangi dasar goa, dan ditambah ada cahaya matahari yang mengenai genangan ar tersebut, maka kamu akan bisa bercermin dengan jelas di sana.


Hari 2

Hari Kedua mengunjungi Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Kanawa. Sebenarnya perjalanan lintas pulau (Island Hopping) ini sangat bergantung pada kondisi cuaca dan kesiapan nelayan dan kapal yang akan membawamu berkeliling.


Di Pulau Padar, kamu akan menemukan landskap perbukitan kecoklatan yang kontras dengan warna lautnya, ini adalah spot foto yang keren, namun pastikan kondisimu fit dan prima saat akan berkeliling ya, karena akan ada perbukitan yang harus ditempuh dengan cara trekking.


Selanjutnya di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, kamu akan menemukan si Makhluk Prasejarah endemik Indonesia, Komodo. Dengan tiket mask sebesar Rp70.000, kamu bisa berfoto dan melihat secara langsung komodo, tapi tetap harus waspada ya, dan jangan membuat gerakan yang tiba-tiba. Untuk para ladies yang sedang datang bulan, lapork pada petugas mengenai hal ini, karena komodo sangat peka dengan bau darah.


Terakhir adalah pulau Kanawa. Nah, di Pulau Kanawa inilah kamu dapat menikmati pesona alam bawah laut yang spektakuler dan pantainya yang indah. Diving dan snorkeling adalah hal wajib yang harus kamu coba saat sudah sampai di sini.


Hari 3

Nah di hari terakhir, kamu bisa mengunjungi pantai Pink atau pantai Merah (Namo). Bersantai di pinggir pantai ini membuat kamu ingin lebih berlama-lama di sini. Jika waktu yang singkat untuk persiapan pulang menjadi halangan, di hari ketiga ini kamu cukup datang ke pantai Pink, karena jika ingin menuju pantai Merah (namo), kamu harus ditemani guide agar tidak salah arah.

Ketika semua sudah dipersiapkan, mulai dari fisik, mental, itinerary, jadwal kegiatan, penginapan, dan tiket yang tersedia, barulah Teman BuLiBi bisa beli tiket untuk langsung menuju Labuan Bajo dengan hati senang dan pikiran tenang. Nikmatilah makanan yang tersedia di sana, dengan keramahan warganya dan ketenangan alamnya. Dan ada satu lagi yang perlu diingat: karena akses komunikasi/sinyal masih lemah di beberapa daerah, ada baiknya kamu mencari tahu dulu provider apa yang bagus untuk kamu gunakan saat berada di Labuan Bajo. Semoga tips liburan ke Labuan Bajo ini membantu! Selamat Liburan Teman BuliBi. Enjoy your day in Labuan Bajo!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Alif Rahmadanil]

Baca juga:

Tips Liburan ke Bangka Belitung untuk Petualang Sejati

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipsliburankelabuanbajo #labuanbajo #pantaipink #pulaukomodo


Rekomendasi hotel murah di Labuan Bajo:


  • Facebook

©2019 by Bulibi