Tips Liburan ke Bangka Belitung untuk Petualang Sejati

Sejak film Laskar Pelangi meramaikan bioskop tanah air, kawasan yang satu ini makin jadi favorit. Yuk, siap-siap liburan ke Bangka Belitung!

Teman BuLiBi tau film laskar pelangi? Yap! Film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata dengan judul yang sama ini mengambil latar syuting di Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Karena keindahan pulaunya, setelah film ini tayang, Bangka Belitung langsung viral dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun internasional untuk menikmati keindahan alam dan pulaunya. Sebelum ikutan, alangkah baiknya baca dulu tips liburan ke Bangka Belitung dari kita!


Provinsi Bangka Belitung awalnya merupakan bagian dari provinsi Sumatera Selatan, kemudian ditetapkan menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 dengan ibukota Pangkal Pinang. Wilayahnya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil lainnya. Di Pulau Bangka kamu bisa mengunjungi destinasi pantai yang sangat spektakuler. Batu granit yang besar menjadi ciri khas pantai di pulau ini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Danau Kaolin yang merupakan bekas galian tambang timah, ditambah danau ini memiliki warna biru yang indah.



Tips sebelum berpetualang ke Bangka Belitung

Sebagai petualang sejati, belum lengkap rasanya kalau kamu belum menginjakkan kaki di pulau yang sangat damai dan indah ini. Kali ini BuLiBi punya beberapa tips bagi Teman BuLiBi yang ingin berpetualang di Bangka Belitung :



Cari waktu terbaik

Waktu terbaik untuk berlibur ke Bangka Belitung adalah saat musim kemarau, saat matahari sedang terik-teriknya. Pilihan berjemur adalah pilihan paling oke saat berkunjung ke sini, yaitu pada bulan April-Oktober. Ditambah dengan fakta sebagian besar destinasi wisata di Bangka Belitung adalah pantai, tentu cuaca cerah adalah apa yang kamu cari.


Hindari berlibur pada saat musim hujan. Selain terhalang dengan turunnya hujan, hal lain yang menghambat liburan kamu adalah ombak yang cukup tinggi. Sehingga menghambat aktivitas seperti snorkeling.


Teman BuLiBi juga bisa melihat kalender untuk melihat apakah waktu yang kamu pilih untuk berlibur bersamaan dengan libur nasional atau libur sekolah. Hindari berlibur di saat masa liburan, karena pada saat itu pasti akan sangat ramai wisatawan lokal yang berlibur, dan tentu saja harga tiket dan akomodasi penginapan juga berpengaruh.


Pesan tiket jauh-jauh hari

Bangka Belitung menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Ada baiknya kamu reservasi tiket pesawat jauh jauh hari. Lebih baik lagi jika kamu liburan tidak pada peak season, karena dipastikan tiket pesawat dan hotel akan cepat terjual. Bandingkan harga tiket dan cari yang termurah di sini:

Beberapa maskapai menawarkan penerbangan ke Pangkal Pinang (Bandara Depati Amir) dan Tanjung Pandan (Bandara Internasional H.AS. Hanandjoeddin) dengan kisaran harga tiket Rp 426.000. Dari Jakarta dengan menggunakan pesawat akan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Bagi kamu yang suka perjalanan dengan mengamati keindahan alam kamu bisa memilih berangkat ke Bangka Belitung menggunakan kapal. Berangkat menggunakan kapal feri, akan menghabiskan waktu sekitar 27 jam. Walaupun memakan waktu lebih lama dibanding dengan naik pesawat, tapi kamu bisa menikmati keindahan laut selama perjalanan.



Cari info tempat wisata

Bangka Belitung memiliki segudang destinasi wisata yang eksotis. Kamu harus menentukan kemana tujuan wisatamu sebelum berangkat. Misalkan di hari pertama kamu ingin mengelilingi Pulau Bangka, carilah informasi apa saja objek wisata atau tempat menarik yang bisa dikunjungi di Pulau Bangka, seperti Bukit dan Gurun Pelawan di Desa Namang.


Bagi Teman BuLiBi yang suka Kuliner, bisa mengunjungi Mi Atep dan Warung Kopi Ake di Pulau Belitung. Disana juga bisa melihat Museum Andrea Hirata yang mana kamu akan diajak untuk napak tilas perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari cuplikan per halaman hingga diangkat menjadi film yang sangat laris di Indonesia pada masanya.


Selain museum di Pulau Belitung kamu juga bisa mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi. Berjarakan sekitar 31 km dari Kota Tanjung Pandan, pantai ini memiliki batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut depan pantai.


Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang sangat istimewa. Selain memiliki batu granit yang beraneka ragam bentuk dan ukurannya. Pada saat matahari tenggelam, pantai ini akan memancarkan kecantikannya yang luar biasa. Tidak salah jika pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar pelangi sehingga banyak wisatawan menyebut Pantai Tanjung Tinggi ini dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi.


Jika kamu ingin liburan yang terstruktur, kamu bisa membuat itinerary agar liburanmu terjadwal dengan baik. Sesuaikan dengan lamanya perjalanan yang akan kamu rencanakan dan buat skala prioritas agar kamu tidak melewatkan hal penting yang akan kamu dapatkan selama di Bangka Belitung.



Cari penginapan murah

Harga penginapan di Bangka Belitung masih tergolong murah jika dibandingkan dengan harga penginapan di Bali atau Lombok. Di pusat kota yang sangat strategis seperti Tanjung Pinang atau Pangkal Pinang kamu masih bisa menemukan penginapan murah dengan kisaran harga Rp. 150.000 per malam. Kamu juga bisa memesan hotel melalui marketplace penjualan tiket dan hotel. Bila beruntung kamu bisa mendapatkan promo. Pilihlah hotel yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misal jika kamu ingin berpetualang seharian, pilihlah hotel budget yang tidak terlalu mewah cukup untuk beristirahat menunggu hari esok.

Kalau kamu seorang petualang sejati kamu bisa menjalin hubungan baik dengan warga sekitar yang memungkinkan mu bisa menginap di rumah warga. Kamu bisa menambah pengalaman baru tanpa harus menghabiskan banyak biaya. Eits, sebelum menginap jangan lupa minta izin yang punya rumah dulu ya.



Sewa kendaraan

Perlu teman BuLiBi ketahui, baik di Pulau Bangka maupun Pulau Belitung, transportasi umum belum sepenuhnya memadai. Lalu, bagaimana transportasi selama liburan di Bangka Belitung? Tenang. Di sana sudah banyak agen-agen yang menyewakan kendaraan bagi para wisatawan yang datang berlibur. Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan, misalnya, mobil dan motor dengan berbagai jenis. Kamu juga bisa memilih menyewa mobil sekaligus dengan sopir atau tidak.


Kamu bisa menyewa kendaraan langsung dari agen atau jika tidak ingin repot, kamu bisa meminta pihak hotel untuk mencarikan kendaraan yang kamu butuhkan selama kamu berpetualang di Bangka Belitung.


Jika kamu liburan berkelompok, kamu bisa menyewa mobil dengan kisaran harga Rp. 400.000 untuk jenis mobil minibus dan Rp. 1.800.000 untuk medium bus dengan durasi sewa selama 12 jam. Harga tersebut sudah termasuk dengan sopir. Namun, jika kamu liburan berdua, kamu bisa menyewa motor dengan kisaran harga Rp 60.000- Rp. 100.000 per harinya. Ada juga beberapa agen yang menawarkan layanan antar dengan dikenakan biaya tambahan.

Pastikan sebelum pergi liburan, cek kesehatan tubuhmu agar tidak mengganggu perjalanan. Usahakan kamu menyisihkan budget tersendiri untuk liburanmu. Sesuaikan rencana perjalanan liburan dengan budget yang kamu miliki. Dengan berbagai keindahan alamnya, Teman BuLiBi bisa liburan bersama sahabat atau keluarga. Bagi yang ingin berbulan madu, Bangka Belitung bisa menjadi pilihan terbaik


Nah, gimana teman BuLiBi. Apa kamu sudah tidak sabar untuk segera pergi berpetualang menikmati indah dan eksotisnya Pulau Bangka dan Pulau Belitung? Sehabis liburan, jangan lupa untuk share cerita pengalaman liburanmu di Forum Teman BuLiBi ya.

(c) BuLiBi - [Kontributor: Alif Rahmadanil]


Baca juga:

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipsliburankebangkabelitung #bangkabelitung

  • Facebook

©2019 by Bulibi