Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Diperbarui: Jun 2

Sendirian, berpasangan, dengan teman-teman atau bersama satu keluarga—liburan ke Bali bisa dinikmati dengan siapa saja atau bahkan tanpa siapa-siapa. Dari selatan ke utara, banyak kegiatan dan tempat yang bisa teman BuLiBu kunjungi di Pulau Bali. Pilih alam, perkotaan, atau dua-duanya, Pulau Dewata memanggil!

Liburan ke Bali (c) Arakita Rimbayana

Bagi beberapa orang, liburan ke Bali bisa jadi klise atau bahkan membosankan. Tapi sebenarnya Pulau Dewata itu sangat luas, kamu bisa menemukan beragam jenis kegiatan serta berbagai jenis tempat wisata seperti pantai, gunung, bukit, hutan, sungai, pura, sawah, hingga kafe dan beach club.

Disebut dengan nama Pulau Dewata karena corak kental agama Hindu, hampir setiap sudut Bali penuh dengan spiritualitas yang bisa kamu rasakan dan lihat. Bangunan keagamaan seperti pura ada dimana-mana dan upacara seperti pemberian sesajen canang sari dilakukan tiap hari.

Bersamaan dengan alam dan tempat-tempat modern seperti penginapan bintang lima, Bali menjadi salah satu tempat wisata terbaik di dunia. Tidak percaya? TripAdvisor pernah memberikan penghargaan World’s Best Destination pada tahun 2017.

Jadi tunggu apa lagi? Jelajahi tempat yang belum pernah dikunjungi atau tuntaskan rindu di tempat yang pernah kamu kunjungi. Sendiri di Ubud, menikmati daerah Bukit dengan pasangan, ramai-ramai ke Canggu, atau ke Nusa Dua bersama keluarga—liburan ke Bali itu selalu menjadi ide bagus yang tidak akan pernah membosankan.

Liburan ke Bali Bersama Teman-Teman? Seru Tapi Santai di Canggu

Pantai di Kuta Utara, Bali (c) Arakita Rimbayana

Kuta jadi salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi di Bali. Tapi apakah teman BuLiBi pernah ke Kuta Utara? Wilayah ini cocok apabila kamu ingin bersenang-senang dengan teman-teman, terutama di sebuah desa bernama Canggu.

Seru tapi santai menggambarkan mood Canggu dengan sempurna. Pantai jadi destinasi utama yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Kamu bisa surfing, berenang, atau hanya sekadar bersantai di pinggir pantai berpasir hitam sambil menikmati minuman di tangan.

Para surfer biasa berselancar di tiga pantai utama; Pantai Batu Mejan atau Echo Beach, Pantai Batu Bolong, dan Pantai Old Man yang dinamai sedemikian rupa karena ombaknya bergerak lamban seperti orang tua. Selain menghabiskan waktu di pantai, kamu dan teman-teman dapat pergi ke kafe, restoran, bar, dan beach club atau kelab pantai yang tersebar dimana-mana.

Canggu dan daerah sekitar di Kuta Utara seperti Berawa dan Pererenan memiliki atmosfer menyenangkan karena budaya modern serta jiwa muda yang terasadi kawasan ini. Para surfer, skateboarder, tukang tato, penghobi motor, musisi, fotografer, videografer, desainer, dan seniman dari seluruh dunia menemukan rumahnya di sini.

Bagaimana cara menikmati Canggu bersama teman-teman saat liburan ke Bali? Salah satu contohnya adalah memulai hari dengan kopi atau sarapan, makan siang di warung makan, jalan-jalan, surfing atau bersantai di pantai, nongkrong di beach club, nikmati sunset, akhiri hari dengan minum-minum bersama teman-teman atau bahkan berpesta hingga hari berganti.

Liburan ke Bali sama Pacar? Mesra di Uluwatu

Tebing Uluwatu, Bali (c) Arakita Rimbayana

Kalau liburan ke Bali sama pasangan, Uluwatu adalah salah satu tempat paling romantis di Pulau Dewata. Terletak di Kuta Selatan, teman BuLiBi akan menemukan tebing, pantai, ombak menantang untuk surfer, resor mewah, beragam akomodasi, serta tempat hiburan seperti kelab dan restoran.

Apabila kamu mencari pantai dengan pasir putih dan laut biru saat, maka Uluwatu adalah tempatnya! Berenang di lautan jernih dan bersantai di atas pasir putih, Pantai Melasti adalah salah satu pantai terindah di Uluwatu.

Beberapa pantai di Uluwatu ada yang perlu sedikit keringat untuk dicapai seperti Nyang Nyang dan Suluban. Tapi seperti hubungan yang langgeng, kamu juga harus berusaha dan berkeringat juga kan. Kamu dan pasangan malah belajar sabar dan susah bareng sebelum menikmati pantai-pantai Uluwatu, makin mesra deh!

Akomodasi beragam, dari yang biasa saja sampai mewah dengan pemandangan indah di tebing. Teman BuLiBi juga bisa menemukan beragam restoran dan kelab yang menghadap laut. Sebut saja Single Fin yang berada di Pantai Suluban dan menghadap sunset atau kelab mewah Omnia yang berada 100 meter di atas Samudra Hindia.

Liburan ke Bali Bareng Keluarga? Nusa Dua Untuk Seluruh Keluarga

Nusa Dua, Bali (c) Arakita Rimbayana

Kalau liburan ke Bali bersama keluarga, pastikan semua anggota keluarga bisa menikmati liburan yang menyenangkan. Dari yang paling muda hingga yang paling tua, semuanya harus bisa menikmati Pulau Dewata.

Nusa Dua jadi salah satu tempat terbaik untuk keluarga karena dua alasan utama. Pertama, kamu bisa menemukan pantai-pantai indah dengan pasir putih. Kedua, kamu bisa menemukan resor-resor ramah keluarga dengan fasilitas terbaik seperti kolam renang dan akses pantai.

Kunjungi pantai-pantai yang mempesona di daerah Nusa Dua dan sekitarnya seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Mengiat, Pantai Geger, dan Pantai Samuh. Selain itu kamu bisa menemukan Water Blow, tebing yang memiliki fenomena alam berupa semburan air laut dengan keras. Nusa Dua juga dekat dengan Uluwatu apabila kamu dan keluarga ingin mampir ke daerah Bukit saat liburan ke Bali.

Liburan ke Bali sendirian? Temukan Diri Sendiri di Ubud

Keindahan kawasan utara Bali (c) Arakita Rimbayana

Sendiri saat liburan ke Bali? Kenapa tidak? Kamu mungkin bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan dibandingkan saat bersama orang lain. Kamu bisa menjadi backpacker dan hanya mengenakan ransel di punggung dan berpetualang di Bali atau mencari tempat nyaman untuk menemukan ketenangan.

Ubud di daerah Gianyar jadi salah satu tempat terbaik kalau teman BuLiBi liburan ke Bali sendiri. Alam berupa bukit dan hutan rimbun dengan sawah yang terbentang luas, Kunjungi tempat wisata Ubud yang populer seperti Museum Blanco, Monkey Forest, Bukit Campuhan, dan Pura Saraswati.

Temukan diri sendiri di Ubud dengan meditasi, yoga, atau kegiatan lainnya seperti mandi di Tirta Empul atau mengikuti program di Pyramids of Chi. Bahkan kamu bisa mengunjungi balian atau dukun yang bisa melakukan penyembuhan alternatif.

Spiritualisme memang terasa nyata di Ubud, tapi memang bukan untuk semua orang. Apabila kamu lebih ingin menjelajahi bagian selatan yang penuh pantai dan keseruan seperti pesta bersama orang-orang lain, maka menginap di hostel adalah jawabannya. Seminyak atau Canggu jadi tempat yang cocok apabila kamu ingin bertemu dengan orang baru dari berbagai negara dan nongkrong bareng saat liburan ke Bali.

Liburan ke Bali Belum Lengkap Tanpa Foto di Pura

Liburan ke Bali Belum Lengkap Tanpa Foto di Pura (c) Arakita Rimbayana

Saat liburan ke Bali, jangan lupa mengunjungi setidaknya satu pura. Saksikan keagungan Pulau Dewata dengan melihat pura-pura sakralnya yang berdampingan dengan alam indah. Pilih salah satu, setiap pura memiliki keunikannya sendiri, sebut saja Pura Lempuyang di Karangasem yang menyajikan pemandangan indah Gunung Agung. Kalau kamu foto dari tempat ini, maka hasilnya akan luar biasa!

Pura lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pura Tanah Lot yang berada di bebatuan ujung laut, Pura Uluwatu di tebing yang mementaskan tarian kecak hingga matahari terbenam, dan Pura Alas Kedaton yang dihuni oleh banyak kera bersahabat. Saat sampai salah satu pura di atas, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto ya!

Jadikan tempat-tempat ini sebagai acuan saat liburan ke Bali. Kamu juga bisa ke tempat lain atau bahkan mengkombinasikan dua tempat berbeda. Contohnya kamu bisa mencari ketenangan bersama pasangan di Ubud atau bersantai di atas tebing Uluwatu bersama teman-teman.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu sendiri dari tempat ke tempat atau bahkan mengelilingi Bali dengan motor sewaan. Dari Selatan seperti Canggu di Kuta Utara kemudian naik ke daerah Ubud dan menjelajahi Gianyar. Pilih sama siapa kamu akan liburan kemudian tentukan destinasinya, Pulau Dewata menunggu!


Terima kasih sudah membaca! Tim BuLiBi pernah tinggal di Bali selama 5 tahun. Kalau kamu ada pertanyaan soal mengunjungi pulau yang satu ini, silakan hubungi kami via email, Forum Bulibi, IG, atau form subscribe!

(c) BuLiBi [Kontribusi: Bramantyo Indirawan]


Baca juga:

Daftar Penginapan DiIndonesia

Keindahan Taman Sari Keraton, Wisata Air Bersejarah di Yogyakarta

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankebali #bali #purauluwatu #pantaicanggu #ubud


Hotel terbaik di Bali:


  • Facebook

©2019 by Bulibi