Kuliner Korea Selatan yang Wajib Dicoba!

Sejalan dengan budaya Kpop yang semakin mendunia, kuliner Korea Selatan pun semakin banyak diminati. Deretan nama-nama masakan Korea pun semakin sering didengar dan mudah ditemukan di sekitar kita, mulai dari makanan pelengkap seperti kimchi hingga makanan utama seperti bibimbap. Tak lengkap rasanya jika membahas tentang Korea tanpa berbicara tentang kulinernya.

Kuliner Korea Selatan (Photo by Portuguese Gravity on Unsplash)

Seperti umumnya negara-negara di Asia yang kaya dengan kulinernya, Korea Selatan juga tak ketinggalan untuk urusan yang satu ini. Jika dulu kuliner Korea Selatan sulit ditemui di luar negaranya, sejak beberapa tahun terakhir kuliner khas negeri ginseng ini sangat mudah dinikmati di negara mana saja. Outlet masakan Korea mulai dari yang kecil hingga premium bahkan bisa ditemui dengan mudah di Indonesia saat ini.


Sebelum Teman BuLiBi mencicipi kuliner Korea Selatan langsung dari negaranya, ada baiknya kamu mengenal dulu beberapa kuliner Korea yang wajib kamu coba nantinya. Berikut beberapa masakan Korea Selatan yang bisa BuLiBi rekomendasikan buat kamu pemburu kuliner Korea.


Kimchi, Side Dish Wajib Kuliner Korea Selatan

Teman BuLiBi mungkin sudah sering mendengar masakan khas Korea yang satu ini, yakni kimchi. Kimchi sendiri merupakan makanan pendamping berupa asinan sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Konon kimchi sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu saat orang-orang Korea jaman dulu ingin mengawetkan sayur agar bisa bertahan lama selama musim dingin. Teman BuLiBi juga mungkin sudah tahu bahwa sayuran yang biasa dijadikan kimchi adalah sawi putih. Tapi, sebetulnya varian sayuran yang bisa dijadikan kimchi ada banyak lho, seperti lobak, sawi hijau dan timun Jepang.


Cara paling umum menikmati kimchi adalah dihidangkan dengan ramyeon atau mie sebagai sayuran pendamping. Jika ingin sedikit berbeda, Teman BuLiBi juga dapat menyajikannya sebagai pelengkap masakan utama lainnya. Nah, buat kamu yang baru pertama kali mencoba kimchi mungkin merasa aneh dengan rasanya yang pedas dan sedikit asam. Tapi, jangan ragu untuk mencicipi kuliner Korea Selatan ini ya. Beberapa artikel menyebutkan bahwa kimchi mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh lho!


Tteokbokki, Kue Beras Kuliner Korea Selatan yang Menggoda Selera

Jika Teman BuLiBi pecinta drama Korea, kamu pasti sering melihat adegan di mana tokoh utamanya makan makanan yang satu ini. Tteokbokki atau kue beras khas Korea ini masuk dalam kategori street food karena memang banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Sama seperti kimchi yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tteokbokki juga sudah ada sejak Dinasti Joseon. Konon tteobokki berawal dari ketidaksengajaan seorang perempuan di masa pasca perang Korea yang menjatuhkan kue beras ke dalam mie saus kedelai. Perempuan ini lalu memodifikasi kue beras tersebut dengan dibumbui gochujang (pasta cabai) yang kemudian dikenal dengan tteokbokki yang ada saat ini.


Menikmati tteokbokki memang tak perlu jauh-jauh lagi, kamu bisa pesan tteokbokki instan di aplikasi e-commerce yang kamu miliki saat ini. Tapi, kuliner Korea Selatan ini wajib kamu coba saat pelesir ke Korea nantinya. Sensasinya sangat berbeda! Menikmati makanan pedas ini yang dihidangkan saat masih panas dan ditambah suasana musim dingin, Tim BuLiBi jamin kamu akan merasakan sensasi kuliner yang lebih nikmat!

Kimbap, Nasi Gulung Khas Korea Selatan

Melihat bentuk kimbap atau gimbap, Teman BuLiBi mungkin jadi teringat dengan sushi yang merupakan kuliner khas Jepang. Kuliner Korea Selatan satu ini sepintas memang hampir mirip dengan sushi karena berupa nasi putih yang digulung dengan sayuran atau daging lalu dibalut dengan nori (rumput laut). Namun, tiap negara punya kekhasan sendiri-sendiri, begitu juga dengan kimbap yang satu ini. Sama seperti tteokbokki yang banyak ditemui di dalam adegan drama Korea, Teman BuLiBi pasti juga sering melihat kimbap dalam scene k-drama. Kimbap umumnya dijadikan camilan atau bekal praktis bagi orang Korea saat piknik atau hiking karena mudah dibuat dan dibawa kemana-mana.


Kimbap juga disebut-sebut sudah ada sejak jaman Dinasti Joseon yang saat itu dikenal dengan nama bokssam yang berarti bungkusan keberuntungan. Bokssam yang merupakan asal muasal kimbap hanya terbuat dari nasi gulung yang dibungkus rumput laut kering tanpa variasi apapun. Tapi, saat ini kamu bisa menikmati kimbap dengan berbagai variasi lho, mulai dari bulgogi kimbap yang dicampur dengan daging hingga yachae kimbap yang hanya berisi sayuran saja. Jadi penasaran ya mencicipi kimbap? Coba saja Teman BuLiBi kreasi sendiri di rumah, pasti lebih nikmat!


Bibimbap, Kuliner Korea Selatan yang Bikin Perut Kenyang

Menu kuliner Korea Selatan yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan makan siang atau malam saat berkunjung ke Korea. Hidangan ini adalah salah satu comfort food karena rasa dan penyajiannya yang sangat sederhana (tapi bikin kenyang!) yakni nasi putih hangat yang dihidangkan dengan sayuran, daging sapi dan telur. Melihat tampilannya, kamu mungkin teringat dengan nasi campurnya orang Indonesia. Bedanya, bumbu pelengkap bibimbap berupa saus cabai gochujang dan minyak wijen menjadi ciri khas kuliner Korea ini.


Seperti halnya masakan Korea lainnya yang memiliki nilai sejarah, bibimbap mulai dikenalkan oleh petani sekitar ratusan tahun lalu ketika para petani tersebut terlalu bekerja keras dan sibuk hingga tak punya waktu untuk makan siang dan malam. Lalu, mereka mencampur semua bekal makanan yang ada ke dalam mangkuk dan dimakan bersama-sama. Tapi, kuliner Korea Selatan yang berawal dari para petani ini bisa kamu nikmati saat ini dengan varian dolsotnya, yakni disajikan dengan hot bowl atau mangkuk tahan panas. Wah, sepertinya semakin lezat ya?


Bulgogi, Menu Daging ala Kuliner Korea Selatan

Berbicara tentang kuliner Korea Selatan, tak lengkap jika melewatkan menu masakan dagingnya. Bulgogi adalah kuliner olahan daging yang sudah ada sejak Dinasti Goguryeo. Namun, pada awalnya bulgogi hanya berupa sate yang terbuat dari daging babi lalu berevolusi menjadi seperti sekarang. Namun, daging bulgogi yang biasa digunakan saat ini adalah daging sapi. Jika tak semua orang suka dengan kimchi karena rasanya yang terlalu kuat, Tim BuLiBi yakin kamu pasti suka dengan menu yang satu ini karena rasa bulgogi seperti olahan barbeque yang sudah sangat umum dicicipi.


Bukan masakan Korea jika tidak ada ciri khas. Saat menikmati bulgogi, beberapa orang lebih suka memakannya dengan cara dibungkus di dalam daun selada segar bersama kimchi atau side dish lainnya. Cara ini juga pasti sering Teman BuLiBi lihat di drama-drama Korea, kan? Saking nikmatnya masakan Korea ini, menu bulgogi pun terus dimodifikasi sesuai dengan cara modern. Sekarang Teman BuLiBi bahkan bisa menikmati burger rasa bulgogi. Semakin kreatif saja ya menu masakan Korea!

Selain rasanya yang sudah pasti nikmat, ternyata kuliner Korea Selatan yang sekarang kita kenal ini punya cerita sejarah ya. Teman BuLiBi jadi tahu bahwa kuliner Korea yang ada saat ini hasil dari evolusi ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Perkembangan kuliner Korea dari jaman sejarah hingga sekarang pasti bikin kamu penasaran mencicipi masakan Korea ini.


Belum ada rencana ke Korea dalam waktu dekat? Tidak apa-apa. Teman BuLiBi bisa mengenal Korea dari kulinernya terlebih dahulu sebelum berkunjung ke negaranya langsung. Kamu bisa mencicipinya di restauran terdekat atau jika ingin berkreasi, kamu bisa mencoba membuat menu-menu tersebut sendiri. Jadi, menu mana yang mau kamu coba pertama kali?

© BuLiBi – [Kontributor: Yeyen P. | Editor: Karina Ovelia]


Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ingin teman-temanmu baca juga? Yuk, share di social mediamu!


Baca juga:

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Wine Tasting Di Chile? Ini Panduan Lengkapnya

Berapa sih Biaya ke Himalaya?

  • Facebook

©2019 by Bulibi