Belum Liburan ke Korea Selatan Tanpa Foto di 5 Tempat Ini!

Diperbarui: Jun 29

Annyeonghaseyo! Ada rencana liburan ke Korea Selatan? Jangan lewatkan 5 tempat wisata berikut ini!

Liburan ke Korea Selatan (c) SwakelolaSayang

Beberapa dari kamu pasti sudah cukup familiar dengan sapaan tersebut. Yeap, buat Teman BuLiBi yang suka dengerin K-Pop atau pecinta K-Drama dan K-Movie pasti nggak asing lagi dengan sapaan yang satu ini. Nah, pas banget nih buat kamu yang suka anything related to South Korea, Team BuLiBi sudah menyiapkan informasi jalan-jalan yang pas buat kamu yang berencana liburan ke Korea Selatan!


Ada nggak diantara kamu yang sudah merencanakan liburan ke Korea Selatan tahun ini tapi harus tertunda karena pandemi Covid-19? Sayang banget, sih ya, tapi nggak apa-apa dong, tertundanya liburan Teman BuLiBi kali ini untuk keselamatan teman-teman sendiri lho! Buat yang masih berencana liburan setelah pandemi ini berakhir, coba deh, 5 tempat di bawah ini sudah masuk dalam itinerary kamu, belum?


Myeongdong Nanta Theatre

Terletak di Myeongdong, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Korea Selatan, Nanta Theatre telah berdiri sejak tahun 1997 dan masih sangat populer hingga saat ini. Sebelum Teman BuLiBi lupa daratan karena sibuk belanja atau jajan streetfood, kamu bisa nonton Nanta Show terlebih dahulu untuk memulai harimu dan membangun mood bagus seharian. Nanta Show merupakan sebuah pertunjukan seni yang menggabungkan seni musik samulnuri khas Korea Selatan, tari, dan teater yang dibalut komedi dengan setting panggung sebuah dapur masak. Unik, kan?


Jangan salah, Nanta Show berbeda dengan pertunjukan lainnya karena mereka hanya menggunakan peralatan dapur untuk menghasilkan musik yang indah dan harmonis. Pertunjukan yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit ini bisa kamu tonton setiap hari di jam-jam tertentu. Untuk jam pertunjukan dan book tiket, Teman BuLiBi bisa berkunjung ke web mereka di sini. Tapi, perlu diingat ya bahwa segala bentuk perekaman selama pertunjukan berlangsung dilarang. Jadi, nikmati saja pertunjukannya dan nggak perlu bingung update story!


Istana Gyeongbokgung yang wajib dikunjungi saat liburan ke Korea Selatan

Buat Teman BuLiBi yang rajin nonton sageuk atau drama dan film Korea yang berlatar sejarah, kamu wajib berkunjung ke Istana Gyeongbokgung. Di sini, kamu bisa merasakan sendiri sensasi berada dalam istana kerajaan yang telah dibangun sejak masa pemerintahan Raja Taejong, pendiri Dinasti Joseon. Istana Gyeongbokgung berfungsi sebagai istana kerajaan hingga tahun 1592 sebelum akhirnya diinvasi dan dibakar oleh tentara Jepang.


Kondisi istana yang sekarang berdiri megah dan merupakan tempat wisata yang populer ini sebagian besar adalah hasil rekonstruksi. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa berjalan-jalan dan berfoto di sebagian besar kawasan istana. Nah, buat Teman BuLiBi yang lebih suka ikut tur, ada beberapa pilihan tur yang bisa kamu ikuti, lengkap dengan paket photoshoot menggunakan hanbok (pakaian tradisional Korea) dan mencicipi masakan yang biasanya dihidangkan untuk para keluarga kerajaan. Salah satu atraksi yang selalu menarik perhatian pengunjung adalah upacara pertukaran penjaga Gerbang Utama Gwanghwamun yang dilakukan setiap satu jam.


Namsan Tower

Salah satu gedung tertinggi di Asia ini menawarkan panorama kota yang indah dari atas Gunung Namsan, Seoul. Buat Teman BuLiBi yang ingin menikmati pemandangan kota Seoul dari salah satu titik tertingginya, kamu bisa berkunjung ke sini. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, coba datang di saat jam matahari akan terbenam. Kamu bisa melihat cantiknya langit Seoul yang berangsur berubah warna biru keunguan, oranye, hingga gelap malam tiba dan lampu-lampu gedung mulai menyelimuti kota Seoul.


Gembok cinta di Namsan Tower (c) SwakelolaSayang

Tidak hanya indah, tempat yang juga romantis ini membuat Namsan Tower menjadi salah satu tempat kencan yang cukup populer. Alasan inilah yang membuat pagar yang mengelilingi deck di lantai dasar Namsan Tower dipenuhi dengan ribuan (atau bahkan mungkin ratusan ribu) “gembok cinta”. Sudah merupakan suatu hal yang lumrah bagi para pengunjung yang datang untuk menyematkan janji cinta mereka secara simbolik dengan menuliskan nama pasangan atau nama mereka berdua di sebuah gembok yang nantinya akan dikunci ke pagar tersebut. Bukan hanya untuk pasangan lho, Tim BuLiBi juga melihat nama-nama "tunggal" yang dituliskan di pagar dengan spidol permanen, dengan begitu, coretan ini tidak akan luntur jika terkena hujan ataupun panas. Harapannya, begitu pula cinta mereka untuk yang mereka sayangi atau dambakan. Hadeh... romantis bener!





SMTown @ Coexartium

Tempat yang satu ini wajib dikunjungi Teman BuLiBi yang juga K-Poppers, khususnya para SM Stan nih! SMTown Coexartium merupakan sebuah museum dan aula pameran yang terbagi dalam 5 lantai dan saat ini berada di dalam COEX Mall, salah satu mall premier yang ada di Seoul dan juga merupakan mall bawah tanah terbesar di dunia. Museum yang terletak di lantai 3 ini memiliki koleksi album dan properti video klip semua artis SM, beberapa diantaranya adalah Girls’ Generation, Super Junior, BoA, hingga EXO. Sebagai fans pengalaman melihat properti yang benar-benar digunakan oleh artis favorite kita pasti menyenangkan sekali!


Selain museum, salah satu atraksi yang cukup memukau pengunjung adalah SM Theatre, di mana para pengunjung bisa menonton video konser artis-artis SM. Bahkan, kalau Teman BuLiBi beruntung, kamu bisa nonton konten konser yang tidak dirilis di DVD lho! Tidak hanya memukau di dalam, SMTown @ Coexartium juga sangat megah di luarnya. Dari luar bangunan ini kamu bisa melihat SMTOWN External Media yang merupakan display terbesar di Korea Selatan dengan ukuran sebesar 4 kali lapangan bola basket! Nah, buat kamu yang mau berkunjung ke SMTown @ Coexartium, kamu bisa naik subway dan turun di Samsung Station exits 5 dan 6, dengan naik subway di jalur 2.


Mampir ke Dongdaemun Design Plaza & Park

Teman BuLiBi akan dengan mudah mengenali bangunan Dongdaemun Design Plaza & Park atau DDP ini dari bentuknya yang melengkung dan tampak seperti bohlam raksasa yang pipih. DDP sendiri berfungsi sebagai venue untuk berbagai pertunjukan atau pameran yang berhubungan dengan design. Salah satu dari 5 aula utama yang menyusun DDP, The Design Lab, merupakan sebuah inkubator untuk para product desginer lokal dan internasional yang sedang mengembangkan produk mereka. Tidak hanya itu, gedung ini juga difungsikan untuk konser, fashion show, konferensi, dan acara-acara lainnya.

Bagian paling menarik menurut kami terletak di Dongdaemun History & Cultural Park. Taman ini begitu unik karena memperlihatkan fungsi area Dongdaemun pada masa Dinasti Joseon di abad ke 16 yang mana merupakan sebuah kamp pelatihan militer. Beberapa koleksi yang bisa kamu temukan di museumnya merupakan peninggalan arkeologis yang ditemukan saat penggalian situs ini. Teman BuLiBi jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan salah satu desain arsitektur gedung paling keren di dunia!


Popularitas kebudayaan Korea Selatan sudah nggak bisa kita pungkiri lagi. Ketenaran musik K-pop, K-drama, hingga santapan khas Korea Selatan sudah menjadi konsumsi sehari-hari banyak orang di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Tidak heran kalau hal ini pula yang menjadikan Korea Selatan menjadi salah satu destinasi favorit bagi para turis dari seluruh penjuru dunia. Jadi, otteyo? Sudah menambahkan daftar kunjungan kamu dengan tempat-tempat di atas untuk liburan ke Korea nanti?


Liburan ke Korea Selatan (c) SwakelolaSayang

Baca juga:

Cerita Bukan Liburan Biasa: Liburan Murah Tapi Seru di Malang

Wisata Kuliner Vietnam di 5 Restoran di Da Nang Yang Terbaik

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#korea #koreaselatan #liburankekorea #jalanjalan #Gyeongbokgung #NantaShow #NamsanTower #SMTownCoexartium #DongdaemunPlaza

  • Facebook

©2019 by Bulibi