Ada 5 Tips Liburan ke Korea Selatan Buat Kamu!

Annyeong! Sebelum berangkat, yuk simak 5 tips liburan ke Korea Selatan untuk jalan-jalan yang lebih seru dan aman!

Tips Liburan ke Korea Selatan (Photo by Johen Redman on Unsplash)

Teman BuLiBi ada yang sudah pernah ke Korea? Atau sudah pernah dan kamu mau liburan ke sana lagi? Beragam tempat wisata, ide kuliner, dan pengalaman liburan memang bikin kita pengen ke sana terus. Nggak heran kalau ada di antara kamu yang sudah beberapa kali ke Korea Selatan. Buat kamu yang berencana ke Korea Selatan, baik itu kunjungan pertama maupun kunjungan ke sekian kali, Tim BuLiBi punya beberapa tips buat kamu. Sejak berangkat sampai kembali lagi ke Tanah Air, kamu pasti mengharapkan liburan yang aman dan nyaman. Apa aja sih tipsnya? Simak artikel ini ya!


1. Buat itinerary terlebih dahulu

Liburan dadakan bisa bikin kamu cukup ketar-ketir karena ada perasaan khawatir yang somewhat mengikuti. Sedangkan liburan terencana, bagi sebagian orang bisa bikin mereka merasa in control dan tenang. Liburan impromptu atau liburan dadakan memang nggak kalah menyenangkan kok dengan liburan yang terencana. Masing-masing punya plus minusnya sendiri. Namun, alangkah baiknya kamu menyempatkan membuat itinerary liburan yang sesuai dengan keinginanmu sendiri. Tips liburan ke Korea yang pertama adalah dengan membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan dan tempat-tempat yang akan kamu kunjungi di Korea.


Keinginan liburan pasti didorong oleh banyak hal. Mengunjungi negeri asal idol atau aktor dan artis favorit, merasakan sensasi makanan khas Korea di negaranya langsung, atau pengen merasakan dinginnya salju. Apapun alasan Teman BuLiBi ke Korea, membuat list tempat-tempat yang akan dikunjungi bisa membuat liburanmu lebih teratur. Itinerary ini nggak berfungsi sebagai agenda wajib ya, you can always have a little tweak here and there on your plan.

2. Jangan bikin aggaran yang pas-pasan

Selain menyusun itinerary, anggaran liburan kamu juga perlu ditakar. Jangan sampai kamu menyiapkan anggaran pas-pasan saat liburan. Selain agar liburanmu nyaman secara finansial, kamu jadi nggak perlu khawatir akan kekurangan dana karena sudah dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Disamping itu, namanya liburan, pasti akan selalu ada kemungkinan kamu butuh dana darurat. Hal ini dipersiapkan untuk mengantisipasi keadaan-keadaan yang mungkin terjadi di luar rencana dan kendali kita.


Not trying to manifest bad thoughts to the universe, tapi untuk benar-benar mempertimbangkan alokasi dana selama liburan itu juga penting. Lebih baik mencegah daripada mengobati!


3. Sesuaikan mood liburanmu dengan musim

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia yang mengalami 4 musim yaitu musim salju, musim panas, musim gugur, dan musim semi. Di setiap musim yang berbeda, kamu akan merasakan pengalaman dan kesan yang berbeda pula. Contohnya, saat liburan di musim panas, kamu bisa mix & match pakaian yang cocok dikenakan saat musim panas. Time to sport that celana gemes you’ve been trying to put on!


Nah, buat Teman BuLiBi yang ingin merasakan cuaca dingin yang pas (alias nggak terlalu dingin tapi juga nggak gerah-gerah banget) kamu bisa menyesuaikan waktu liburan saat musim semi. Musim semi di Korea berlangsung antara bulan Maret hingga awal Mei. Setiap musim juga menawarkan pemandangan alam yang berbeda. Keempatnya sama-sama indah, tapi kalau kamu mau merasakan sensasi cuaca yang benar-benar berbeda dengan cuaca Indonesia, kunjungi Korea saat musim gugur (bulan September hingga November). Kamu juga bisa berkunjung pada saat musim dingin yang jatuh pada bulan Desember hingga akhir Februari.


4. Gunakan smartphone-mu untuk proteksi diri!

Baru-baru ini di Korea Selatan mencuat isu penggunaan kamera yang disembunyikan di kamar hotel, toilet umum, dan beberapa ruang pribadi khusus perempuan. Hal ini merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual yang sayangnya sangat umum terjadi di Korea Selatan. Korban tidak sadar bahwa aktivitas pribadinya sengaja direkam oleh para penjahat kemudian disebarluaskan secara online ke situs-situs tertentu di internet. Pada tahun 2018, puluhan ribu perempuan turun ke jalan dan menuntut penelusuran lebih lanjut tentang tindak kriminal ini.


Teman BuLiBi yang mau ke Korea nggak perlu khawatir. Kamu selalu punya acara untuk memproteksi diri sendiri. Kamu bisa menggunakan smartphone yang kamu punya untuk menemukan hidden camera ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menyalakan flash/lampu senter dari smartphone kamu dan mengecek pantulan cahaya dari lensa kamera. Sekecil apapun kameranya, pasti memakai lensa dan pantulannya bisa membantu kita mendeteksi keberadaan hidden camera tersebut.


Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan download aplikasi yang bisa mendeteksi sinyal dari sebuah perangkat. Kamu bisa download aplikasi ini lewat iPhone atau Androidmu. We really hate to say this but… the world isn't really a safe space for women. Jadi, selalu berhati-hati ya!


5. Pelajari 3 Magic Words dalam Bahasa Korea

Beberapa dari kamu yang sudah merencanakan kunjungan ke Korea mungkin ada yang sudah tahu beberapa kalimat sederhana dalam Bahasa Korea. Tips liburan ke Korea yang terakhir dari Tim BuLiBi adalah untuk mempelajari beberapa kata sederhana yang pasti akan berguna selama kamu liburan di Korea. Pernah dengar tentang three magic words? Nah, tiga kata ajaib ini bisa selalu kamu gunakan, terutama saat berada di tempat-tempat umum. Three magic words dalam Bahasa Korea adalah:

  • “Permisi” dalam bahasa Korea formal adalah 실례합니다 yang dibaca sil-ye-ham-ni-da. Saat kamu berada di restoran, kamu bisa menggunakan 여기요/저기요 yang dibaca yeo-gi-yo / jeo-gi yo untuk memanggil pramusaji.

  • “Terima kasih” dalam bahasa Korea formal adalah 감사합니다 yang dibaca kam-sa-ham-ni-da. Variasi lain untuk “terima kasih” adalah 고맙습니다 yang dibaca go-map-seum-ni-da.

  • Terakhir, untuk kata “maaf” dalam bahasa Korea formal adalah 죄송합니다 yang dibaca joe-sung-ham-ni-da.

Liburan ke Negeri Ginseng ini mungkin sudah menjadi salah satu wishlist dari banyak Teman BuLiBi. Buat kamu yang liburan ke Koreanya harus tertunda karena Pandemi COVID-19, kami harap kamu bisa bersabar ya! Tenang aja, Koreanya nggak akan pindah ke mana-mana kok!


Mulai dari menyusun itinerary dan menyiapkan budget yang cukup, belajar Bahasa Korea sederhana, menyesuaikan mood dengan musim liburan hingga mengetahui cara proteksi diri dari bahaya, semuanya penting untuk kamu perhatikan saat mau menghabiskan waktu liburan di Korea Selatan. Sekarang sudah baca 5 tips liburan ke Korea dari Tim BuLiBi kan? You’re ready to go!


(c) BuLiBi


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca juga artikel lainnya:

11 Fakta Unik Korea Selatan yang Harus Traveler Tahu

Belum Liburan ke Korea Selatan Tanpa Foto di 5 Tempat Ini!

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburankekorea #tipsliburan #korea #koreaselatan

Cari tiket murah ke Korea Selatan:


  • Facebook

©2019 by Bulibi