Rekomendasi 13 Hotel di Solo

Solo merupakan kota yang kental dengan budaya. Hal ini membuat Solo memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Berbagai tempat untuk berlibur juga banyak tersedia di kota ini. Tak hanya tempat wisata, Kota Solo sendiri memiliki suasana yang sangat nyaman. Berbagai variasi hotel di Solo pun kian beragam. Dari budget hotel sampai hotel bintang 5, semua ada sesuai kebutuhan. Selain menyiapkan itinerary liburan, pastikan juga untuk memilih hotel di Solo terbaik untuk melengkapi liburanmu!


Kawasan di Solo yang Terbaik Untuk Traveler

Solo memiliki beberapa kawasan terbaik traveler. Salah satunya adalah jalan utama di Kota Solo, yaitu Jalan Slamet Riyadi. Jalan Slamet Riyadi terhitung cukup panjang, membentang dari Pasar Kliwon hingga Kartasura. Berbagai pilihan hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo pun juga dapat ditemukan dengan mudah. Teman BuLiBi tinggal pilih! Atau, kamu cari hotel di Solo murah dan bagus? Tidak perlu khawatir, hotel budget tersebar di berbagai lokasi di Solo. Kamu juga dapat menemukan banyak hotel budget di dekat Jalan Slamet Riyadi. Meskipun tidak berada persis di jalan tersebut, jarak antar keduanya biasanya tidak terlalu jauh.


Kawasan lainnya adalah Solo Baru. Wilayah Solo Baru sebenarnya sudah masuk daerah Solo Raya. Hal ini dikarenakan, Solo Baru sudah berada di Kabupaten Sukoharjo dan bukan lagi Kota Surakarta. Solo Baru cocok untuk Teman BuLiBi yang juga ingin menelusuri wilayah Solo Raya lainnya. Misalnya Wonogiri, di mana traveler pasti harus melewati Solo Baru untuk bisa sampai ke sana. Selain itu, di Solo Baru sendiri sudah mulai bermunculan berbagai tempat wisata baru. Salah satunya adalah Pandawa Water Park. Hal ini pun mendorong banyaknya hotel di Solo Baru didirikan dengan beragam fasilitas dan harga juga tersedia. Sebenarnya, masih terdapat beberapa rekomendasi hotel di Solo lain yang menarik untuk dibahas. Simak 13 rekomendasi hotel di Solo dari BuLiBi berikut ini, yuk!


13. Rumah Batu Villa & Spa

Salah satu hotel di Solo Baru ini cocok untuk staycation ataupun ketika Teman BuLiBi berlibur bersama keluarga. Sesuai namanya, konsep dari penginapan ini adalah villa. Rumah Batu Villa & Spa berlokasi di Wilayah Baki, Solo Baru. Lokasinya memang tidak berada di wilayah strategis. Namun, hal ini justru cocok bagi Teman BuLiBi yang ingin menjauh dari sibuknya kota.


Suasana villa sangat earthy, dengan berbagai pohon dan dekorasi kayu di sekitarnya. Belum lagi, villa ini juga dilengkapi taman yang cukup luas. Taman ini dapat menjadi tempat untuk singgah sejenak dengan suasana yang sejuk. Variasi kamar di Rumah Batu Villa & Spa cukup beragam. Kamar hotel sendiri juga spacious dan bersih.


Yang menarik dari hotel di Solo Baru ini:

  • Lokasi hotel ini tidak terlalu jauh dari Pandawa Water World. Kurang lebih sekitar 2.5 kilometer.

  • Sesuai namanya, Rumah Batu Villa & Spa memiliki fasilitas spa. Kualitas spa villa ini juga memadai, dilengkapi dengan suasana sekitar yang nyaman.

  • Rumah Batu Villa & Spa juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang.

  • Skor: 8,0 dari 279 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

12. Amarelo Hotel Solo

Kamu sedang mencari hotel di Solo murah dan bagus? Amarelo Hotel Solo dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Pelayanan yang diberikan Amarelo Hotel Solo juga cukup memuaskan. Meskipun tidak terlalu luas, kamar hotel yang tersedia juga bersih dan nyaman. Amarelo Hotel Solo berlokasi tidak jauh dari Jalan Slamet Riyadi, hanya sekitar 350 meter saja.


Lokasi hotel berada di wilayah Singosaren, yang masih berada di sekitar pusat kota. Selain itu, wilayah ini juga tidak jauh apabila Teman BuLiBi berencana melipir ke Solo Baru. Berencana mengunjungi tempat wisata di Solo? Lokasi hotel dari beberapa tempat wisata pun masih terjangkau. Beberapa tempat wisata dapat dijangkau kurang dari 1 kilometer saja.


Yang menarik dari hotel di Solo yang murah dan bagus ini:

  • Memiliki fasilitas bermain seperti billiard, kartu uno, dan catur di lobby hotel.

  • Hotel di Solo ini memiliki fasilitas spa yang tidak kalah menarik dibanding spa hotel lain.

  • Hotel ini menyediakan jasa shuttle ke Bandara Adi Soemarmo.

  • Skor: 8,0 dari 1810 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

11. Swiss Belinn Saipetojo Solo

Swis Belinn Saripetojo sangan kami rekomendasikan untuk kamu yang mencari Hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo. Swis Belinn sendiri merupakan salah satu hotel chain yang sudah terkenal kualitasnya. Cabang hotel ini juga sudah tersebar di banyak kota di tanah air. Lokasi hotel juga sangat strategis dan memudahkan untuk pergi ke banyak tempat.


Apabila Teman BuLiBi sedang mencari hidangan tertentu, banyak variasi restoran dan kedai di sekitar hotel. Berbagai fasilitas memadai seperti kolam renang dan fitness center juga tersedia di hotel ini. Kolam renang khusus anak-anak pun juga tersedia. Kamar hotel yang tersedia di Swis Belinn Saripetojo Solo pun beragam. Dekorasi kamar memiliki suasana minimalis dan kekinian, sehingga membuatnya terlihat nyaman.


Yang menarik dari hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo ini:

  • Berada di seberang Stasiun Purwosari.

  • Jarak hotel hanya sekitar 800 meter dari Mall Solo Square. Pengunjung dapat berjalan kaki untuk mencapai mall tersebut.

  • Swis Belinn Saripetojo solo memiliki 8 jenis ruang meeting yang dapat digunakan.

  • Skor: 8,3 dari 436 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

10. Pop Hotel Solo

Pop! Hotel adalah salah satu hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo rekomendasi BuLiBi. Berlokasi di jalan protokol, menginap di hotel ini akan memudahkan kamu untuk bepergian ke banyak tempat di Kota Solo. Di sekitaran hotel juga banyak ditemukan tempat makan dan kedai kopi. Lokasi Pop! Hotel Solo sendiri berada di satu wilayah yang sama dengan Harris Hotel Solo. Hal ini dikarenakan keduanya berada di bawah manajemen hotel yang sama, yaitu Tauzia Hotels.


Pop! Hotel Solo adalah pilihan hotel di Solo murah dan bagus. Selain karena lokasi strategis, fasilitas yang diberikan pun sepadan dengan harganya. Kamar hotel yang disediakan memang tidak terlalu luas. Namun, suasana kamar dengan nuansa minimalis membuatnya nyaman untuk ditempati dan cocok untuk berbagai kalangan.


Yang menarik dari hotel di Jalan Slamet RIyadi Solo ini:

  • Hanya berjarak 300 meter dari Stasiun Purwosari.

  • Pop! Hotel Solo juga memiliki fasilitas meeting room yang variatif.

  • Salah satu fasilitas yang selalu diberikan di setiap cabang Pop! Hotel ini adalah Pitstop Café. Kedai kopi mungil tersebut beroperasi selama 24 jam.

  • Skor: 8,5 dari 387 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

9. Hotel Griya Surya Solo

Hotel Griya Surya Solo adalah salah satu pilihan hotel di Solo Baru dengan tarif yang bersahabat. Berdasarkan harga dan fasilitas, hotel ini adalah salah satu hotel di Solo murah dan bagus. Lokasi hotel juga cukup strategis apabila Teman BuLiBi ingin menelusuri Kota Solo. Hal ini dikarenakan lokasi hotel berada di ujung Solo Baru. Meskipun begitu, lokasinya pun tidak jauh dari jalan utama di Solo Baru.


Jarak hotel dengan berbagai mall di Solo Baru seperti The Park, tidak mencapai 1 kilometer. Beberapa kamar hotel memiliki kamar mandi pribadi, namun sebagian kamar juga menggunakan shared bathroom. Hotel di Solo Baru ini cocok untuk dikunjungi bersama teman atau ketika Teman BuLiBi sedang backpacker-an.


Yang menarik dari hotel di Solo ini:

  • Hotel Griya Surya merupakan salah satu dari sedikit hotel yang memperbolehkan membawa hewan peliharaan.

  • Hotel di Solo Baru ini menyediakan fasilitas sewa motor.

  • Tersedia jasa laundry di hotel ini.

  • Skor: 7,4 dari 154 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

8. Favehotel Solo Baru

Hotel di Solo Baru ini dapat menjadi pilihan penginapan Teman BuLiBi selanjutnya. Favehotel Solo Baru sudah cukup lama berdiri di Solo Baru, yaitu sejak 2012. Favehotel lebih umum di kalangan pengunjung yang sedang dalam perjalanan bisnis. Meskipun begitu, hotel ini tetap cocok untuk disinggahi bersama keluarga.


Favehotel Solo Baru dapat dikatakan sebagai salah satu hotel di Solo murah dan bagus. Hal ini karena lokasi hotel berada di tempat strategis. Selain itu, kondisi baik kamar hotel maupun kamar mandi juga bersih dan nyaman.


Yang menarik dari hotel di Solo Baru ini:

  • Hotel ini memiliki fasilitas spa.

  • Hotel dikelilingi beberapa pusat perbelanjaan seperti Hartono Mall dan The Park Mall.

  • Memiliki restoran bernama Double Decker Casual Dining yang berada di lobby hotel.

  • Skor: 7,6 dari 1417

Cek tarif dan booking sekarang

7. Loji Hotel

Loji Hotel merupakan hotel di Solo murah dan bagus yang berada di Wilayah Banjarsari. Wilayah ini masih berada di tengah kota dan dikelilingi banyak sarana transportasi. Selain sarana transportasi, hotel di Solo ini juga dikelilingi banyak tempat wisata kuliner populer di Solo. Beberapa diantaranya adalah Selat Vien’s, Sate Buntel Pak Kasdi, dan Bandeng Mbak Mar.


Lokasi hotel juga tidak jauh dari jalan utama yaitu Jalan Slamet Riyadi. Jarak antar keduanya hanya berjarak sekitar 1 kilometer. Loji Hotel adalah hotel mungil dengan suasana yang nyaman. Harga yang diberikan hotel ini sangat sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Kamar yang disediakan pun cukup bersih dan terjaga.


Yang menarik dari hotel di Solo ini:

  • Lokasi hotel yang sangat dekat dengan Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi.

  • Hotel di Solo murah dan bagus ini dekat dengan pusat oleh-oleh Solo, yaitu Gajah Mada.

  • Loji Hotel memiliki beberapa variasi pada fasilitas ruang meeting.

  • Skor: 7,6 dari 532 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

6. Brothers Inn Solo

Hotel di Solo murah dan bagus berikutnya adalah Brothers Inn Solo Baru. Hotel budget ini berlokasi di Jalan Raya Djilopo, berlokasi di sebelah RS Oen Solo Baru. Meskipun tak berada di wilayah ramai, jarak antara hotel ke berbagai tempat wisata tidak jauh. Brothers Inn Solo Baru biasanya didatangi oleh pengunjung yang pergi ke Solo untuk perjalanan bisnis.


Tarif menginap di Brothers Inn Solo Baru dapat dikatakan terjangkau. Tarif per malamnya pun sudah termasuk dengan fasilitas breakfast untuk dua orang. Meskipun termasuk hotel budget, kualitas hotel di Solo Baru ini tetap terjaga dengan baik. Kamar hotel yang tersedia juga sangat dijaga kebersihan dan kenyamanannya.


Yang menarik dari hotel di Solo Baru ini:

  • Hotel ini memiliki fasilitas ruang pertemuan.

  • Lokasi hotel tidak terlalu jauh dari beberapa pusat perbelanjaan di Solo Baru. Sebut saja The Park dan Hartono Mall, jaraknya kira-kira hanya sekitar 3 kilometer.

  • Hotel menyediakan fasilitas teras di lantai dua, untuk pengunjung dapat singgah sejenak.

  • Skor: 7,7 dari 260 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

5. Megaland Hotel Solo

Megaland Hotel adalah salah satu hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo yang memiliki tarif terjangkau. Selain berlokasi strategis di Jalan Slamet Riyadi, hotel ini juga dikelilingi banyak kuliner setempat. Salah satu kuliner terkenal dekat hotel adalah Nasi Liwet Bu Parmi, yang bisa mulai kamu santap sejak pagi hari. Berbagai tempat hiburan, salah satunya Grand Mall Solo, juga tidak jauh dari lokasi hotel.


Ketika masuk ke Megaland Hotel Solo, lobby hotel yang luas memiliki suasana nyaman. Pengunjung pun langsung disambut dengan ramah oleh para staff. Tidak hanya lobby-nya, kamar tidur yang tersedia di sini juga cukup luas. Selain itu, hotel di Solo ini juga menyediakan fasilitas untuk ruang pertemuan yang bisa difungsikan untuk berbagai acara.


Yang menarik dari hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo ini:

  • Megaland Hotel Solo memiliki fasilitas kolam renang.

  • Hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo ini memiliki fasilitas spa.

  • Lokasi Megaland Hotel dekat dengan Stasiun Purwosari. Jarak keduanya tidak sampai 2 kilometer.

  • Skor: 8,1 dari 329 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

4. Rumah Turi Green Boutique Hotel

Kamu mencari hotel di tengah kota Solo dengan suasana earthy? Teman BuLiBi dapat menginap di Rumah Turi Green Boutique Hotel! Hotel ini juga merupakan salah satu hotel di Solo murah dan bagus. Rumah Turi cocok untuk kamu yang ingin staycation namun masih berada di tengah kota. Suasana hotel sangat tentram dan nyaman. Bangunan hotel dikelilingi dengan berbagai jenis tanaman. Hal ini membuat Rumah Turi Green Boutique Hotel begitu asri, sesuai namanya.


Disamping itu, interior dengan nuansa kayu cukup mendominasi bangunan. Rumah Turi juga menyediakan taman yang cukup luas untuk pengunjung dapat bersantai sejenak. Beberapa kamar hotel juga memiliki jendela kaca yang memperlihatkan sisi luar hotel dengan berbagai tanaman. Lokasinya sendiri strategis, tidak mencapai 1 kilometer sampai ke Jalan Slamet Riyadi.


Yang menarik dari hotel di Solo ini:

  • Rumah Turi Hotel memiliki satu set gamelan di lantai dua, loh!

  • Lokasi hotel sangat dekat dengan Solo Paragon Mall. Teman BuLiBi hanya perlu berjalan kaki untuk mencapai mall tersebut.

  • Hotel ini memiliki ruang khusus yang dapat digunakan untuk yoga, meditasi, belajar, dan diskusi.

  • Skor: 7,7 dari 134 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

3. Best Western Premier Solo Baru

Salah satu hotel di Solo Baru yang sudah terjamin kualitasnya! Best Western Premier Solo Baru adalah hotel bintang 4 dengan kualitas layaknya hotel bintang 5. Berbagai fasilitas seperti spa, fitness room, ruang meeting, sampai ballroom, semua tersedia di hotel ini. Letaknya yang berada di Jalan Ir. Soekarno membuat Teman BuLiBi bisa dengan mudah menjelajahi Solo Kota. Bangunan hotel juga terletak di sebelah The Park Mall, mall yang cukup lengkap di Solo.


Salah satu hal unik seputar Best Western Premier Solo Baru adalah fasilitas virtual tour. Fasilitas di laman resmi hotel tersebut membuat pengunjung seakan-akan berada langsung di kamar hotel. Teman BuLiBi dapat mencoba fasilitas tersebut apabila sedang mempertimbangkan untuk memilih kamar di hotel ini.


Yang menarik dari hotel di Solo Baru ini:

  • Best Western Premier Solo Baru memiliki sebuah kolam renang terpisah khusus anak. Kolam renangnya sendiri juga cukup luas.

  • Tersedia fasilitas billiard bagi pengunjung yang ingin hiburan sejenak.

  • Hotel di Solo Baru ini memiliki toko wine bernama Chrysocolla Wine Shop. Variasi wine yang diberikan pun beragam.

  • Skor: 8,5 dari 1503 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

2. Ibis Style Solo

Ibis Styles Solo dapat dikatakan sebagai salah satu hotel di Solo murah dan bagus. Hal ini dikarenakan hotel ini hampir memiliki paket komplit untuk pengunjung. Lokasi strategis, kamar yang nyaman, dan juga fasilitas memadai, semuanya bisa kamu dapatkan di sini. Fasilitas yang tersedia di Ibis Styles Solo tidak kalah lengkap dengan fasilitas hotel bintang 5. Apabila Teman BuLiBi mencari hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo, hotel ini dapat menjadi pilihan.


Meskipun tidak berlokasi tepat di Jalan Slamet Riyadi, hotel hanya berjarak 200 meter dari jalan tersebut. Ibis Styles Solo juga dekat ke berbagai tempat wisata di Solo. Mulai dari Museum Monumen Pers Nasional, Tumurun Private Museum, hingga Museum Batik Danar Hadi.


Yang menarik dari hotel di Solo ini:

  • Jarak hotel hanya sekitar 1.3 kilometer dari Stasiun Solo Balapan.

  • Hotel di Solo ini memiliki fasilitas ruang bermain untuk anak.

  • Terdapat fasilitas kolam air panas di hotel ini.

  • Skor: 8,1 dari 1732 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

1. The Royal Surakarta Heritage Solo

Teman BuLiBi mencari hotel dengan nuansa Jawa yang kental? Hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo ini adalah rekomendasi terbaik dari Tim BuLiBi! Sesuai namanya, The Royal Surakarta Heritage memberikan kesan mewah dipadu dengan gaya tradisional Jawa. Ketika memasuki hotel pun, suasana klasik nan elegan sudah terasa. Lokasi hotel berada di ujung Jalan Slamet Riyadi dan berada dekat Monumen Patung Slamet Riyadi.


Berbicara soal fasilitas, The Royal Surakarta Heritage tidak perlu diragukan lagi. Semuanya lengkap, mulai dari kolam renang, gym, bar, hingga massage. Sebagai salah satu hotel bintang 5 di Solo, pelayanan yang diberikan hotel ini sangat mumpuni. The Royal Surakarta Heritage juga memiliki fasilitas paid rental bike dan airport shuttle.


Yang menarik dari hotel di Jalan Slamet Riyadi Solo ini:

  • Lokasi hotel ini dekat dengan Pasar Gede. Jaraknya hanya sekitar 600 meter.

  • Tahu Benteng Vastenburg? Salah satu tempat terkenal di Solo ini berada di seberang jalan hotel, loh! Tepatnya hanya berjarak 300 meter dari hotel.

  • Terdapat sebuah restoran bernama Srikandi. Suasana yang diberikan hotel ini juga mewah dan tradisional. Restoran ini juga bisa direservasi bagi pengunjung yang tidak menginap di hotel.

  • Skor: 8,3 dari 742 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

Kegiatan Liburan Wajib di Solo

Tak kalah dengan Jogja, Solo punya banyak destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Salah satu kegiatan wajib ketika liburan ke Solo adalah museum hopping! Kamu bisa menikmati museum sejarah dan juga museum modern saat berkunjung ke Solo. Beberapa diantaranya adalah Tumurun Private Museum, Museum Lokananta, dan Museum Batik Danar Hadi. Selain museum, beberapa tempat wisata di Solo adalah hasil revitalisasi. Sebut saja De Tjolomadoe, The Heritage Palace, dan Rumah Atsiri di Tawangmangu.


Banyak juga wisatawan yang datang ke Solo karena kulinernya! Beberapa makanan khas Solo yang tidak boleh dilewatkan diantaranya timlo, selat solo, dan tengkleng kambing. Solo juga memiliki beberapa jajanan pasar yang juga tak kalah lezat. Kamu bisa menemukan beragam jajanan pasar di Pasar Gede. Selain itu, kamu juga bisa singgah sebentar ke berbagai jenis kedai kopi yang ada di Solo.


Melipir sedikit ke Solo Baru, terdapat wahana bermain yang populer untuk anak. Wahana ini bernama Pandawa Water World. Kalau kamu mencari wisata alam, kamu bisa melipir sedikit ke Kabupaten Karanganyar. Wilayah di sebelah timur Kota Solo ini lebih sering disebut sebagai Tawangmangu. Lokasi yang berada di bawah kaki Gunung Lawu membuat suasana di sekitar daerah ini sangat sejuk. Selain itu, berbagai wisata seperti curug juga dapat ditemukan di wilayah ini. Teman BuLiBi berencana untuk liburan ke Solo? Jangan lupa untuk simak tips liburan ke Solo juga, ya!

(c) BuLiBi (Kontributor : Amanda Trinita | Editor: Karina Ovelia)


Baca cerita BuLiBi soal:

6 Negara Asia Yang Aman Untuk Solo Traveling Setelah Pandemi

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Terbaik 13 Hotel di Semarang Kota


Cari hotel di lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi