5 Tips Liburan ke Solo yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum booking tiket dan kamar hotel, baca dulu tips liburan ke solo berikut agar liburanmu lebih berarti!

Tips Liburan ke Solo (Photo by Fauzan on Unsplash)

Sudah beberapa kali ke Jogja, namun penasaran untuk mengunjungi kota-kota di sekelilingnya, salah satunya Solo? Kota yang disebut sebagai saudara dari Jogja ini juga memiliki banyak destinasi untuk berlibur yang tidak kalah menarik untuk dicoba, loh. Wisata alam, wisata kuliner, sampai museum, Solo juga merupakan tempat yang tidak kalah asyik untuk dijelajahi.


Berbicara seputar tempat wisata, Solo memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri sebagai salah satu pilihan untuk berlibur. Bahkan, untuk Teman BuLiBi yang berencana liburan on budget, Solo juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang budget friendly. Sudah terbayang serunya menjelajahi kota, menikmati kuliner khas yang menggiurkan, atau wisata alam yang breathtaking di Solo? Nah, tentunya kamu membutuhkan beberapa persiapan dan tips liburan ke Solo supaya liburan kali ini menjadi lebih berkesan. Sebelum menjelajah kota yang memiliki dua keraton ini, baik itu pertama kali maupun kunjungan ke sekian kali, yuk simak beberapa tips liburan ke Solo supaya liburanmu menjadi lebih menyenangkan dan pastinya memorable.


1. Selalu tentukan budget, apalagi budget maksimal.

Tips liburan ke Solo yang pertama ini mungkin terdengar simple tapi penting yaitu jangan lupa untuk pasang budget liburan! Berencana liburan on budget? Solo memang kota yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Meskipun Solo terkenal sebagai destinasi wisata yang ramah di kantong, tidak jarang hal ini justru membuat para wisatawan kalap dan tanpa sadar banyak merogoh kocek. Makanan, tempat wisata, sampai belanja sebenarnya bisa didapatkan dengan harga yang murah, loh.


Beberapa tips liburan ke Solo seputar budget adalah jangan lupa untuk mencatat pengeluaran harian. Seputar on budget things di Solo, misalnya untuk makanan, mungkin Teman BuLiBi tidak terlalu into kuliner, biasanya Solo memiliki banyak tempat yang menyediakan tempat makan yang harga satu porsinya kurang dari Rp10.000. Mungkin, apabila terpaksa harus grocery shopping karena ada beberapa kebutuhan yang habis dan harus beli, kamu bisa berkunjung ke swalayan seperti Luwes. Luwes di Solo memiliki banyak cabang (Sami Luwes, Luwes Loji Wetan, Luwes Kestalan, dan lain-lain), biasanya di sana menawarkan harga yang lebih murah.

2. Ke Solo untuk wisata kuliner? Pastikan waktu operasionalnya, ya!

Berencana liburan ke Solo untuk wisata kuliner? Kali ini, tips liburan ke Solo seputar kuliner adalah jangan lupa untuk selalu cek jam buka tempat wisata kuliner yang akan dikunjungi. Biasanya, tempat wisata kuliner di Solo, buka antara pagi atau malam. Ada yang sebelum jam 12:00 siang bahkan jam 10:00 sudah ludes atau tutup, ada pula yang baru buka sekitar jam 19:00 - 20:00. Apalagi jika berkunjung ke tempat kuliner yang terkenal, bersiaplah untuk antre atau datang lebih awal.


Salah satu tempat kuliner yang populer adalah Tengkleng Klewer Bu Edi. Tengkleng yang legendaris ini buka pukul 12 siang dan selalu ramai antrian. Tempatnya yang kecil kurang memadai dengan banyak pengunjung baik yang makan ataupun menunggu antrian dan di siang bolong kadang melelahkan. Kan, tidak ingin sudah jauh-jauh ke Solo dan kepingin merasakan tengkleng ini, namun tidak jadi karena gak tahan nunggu ataupun kehabisan? Teman BuLiBi dapat cek lewat search engine atau Instagram seputar Kota Solo terkait tempat kuliner yang hendak dikunjungi. Biasanya, informasi online paling helpful didapat dari review wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat tersebut.

3. Jalan-jalan naik kereta unik sambil berwisata di Solo!

Salah satu keunikan Kota Solo adalah masih adanya rel kereta aktif di jalan raya, terlebih salah satu jalan yang dilintasi rel ini adalah jalan protokol di Kota Solo, yaitu Jalan Slamet Riyadi. Biasanya, ketika berbicara seputar rel di jalan ini, banyak orang langsung merujuk pada kereta Jaladara, yang merupakan sebuah kereta uap kuno. Namun, kereta Jaladara ini tidak dibuka untuk umum, melainkan hanya dapat disewa seharga 4 juta Rupiah untuk 70 penumpang dikarenakan harga bahan bakarnya yang tidak murah. Namun, jangan khawatir! Hal ini menjadi salah satu tips liburan di Solo yang tidak kalah menyenangkan yaitu dengan naik kereta Batara Kresna, apalagi Teman BuLiBi yang ingin mengeksplor Kabupaten Wonogiri yang tidak jauh dari Kota Solo. Cukup merogoh kocek seharga Rp4.000 dengan rute Purwosari, Solo Kota, Sukoharjo, Pasar Nguter, dan berakhir di Wonogiri, pengunjung dapat menikmati sensasi menaiki kereta di jalan raya ini.


Kereta Batara Kresna sendiri memiliki jadwal yang cukup terbatas, hanya dua kali perjalanan dari Solo dan Wonogiri dengan jarak waktu yang hampir sama. Jadi, apabila tidak ada niatan untuk menginap di Wonogiri, salah satu alternatif kembali ke Kota Solo adalah dengan menggunakan bus, atau apabila tujuannya hanya sekadar melewati Jalan Slamet Riyadi saja, pengunjung dapat menaiki kereta hanya sampai Stasiun Solo Kota. Menaiki kereta Batara Kresna ini dapat menjadi tips liburan di Solo yang pas apabila ingin mencoba menelusuri rel di Jalan Slamet Riyadi karena kereta Jaladara sendiri hanya beroperasi dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Solo Kota.

4. Berniat menjelajah wisata alam di sekitar wilayah Solo Raya? Sangat disarankan untuk sewa mobil!

Banyak yang merekomendasikan tempat-tempat wisata di Tawangmangu apabila berbicara seputar wisata alam atau tempat wisata yang challenging di Solo. Namun, Teman BuLiBi tahu nggak kalau mayoritas wisata alam di Tawangmangu tersebut sebenarnya lumayan jauh dari pusat Kota Solo sendiri? Tawangmangu sendiri sudah masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Jarak dari Kota Solo ke Tawangmangu bisa memakan waktu satu sampai dua jam tergantung traffic dan kondisi lainnya.


Ini bisa menjadi tips liburan ke Solo, apabila kamu berniat untuk menjelajahi wisata alam di daerah Tawangmangu, lebih baik menyewa mobil baik itu menggunakan supir atau menyetir sendiri. Tips liburan ke Solo ini akan lebih efisien apabila Teman BuLiBi bepergian bersama teman-teman. Hal ini dikarenakan menggunakan transportasi online kurang efisien, terutama saat rute balik dari Tawangmangu ke Kota Solo masih jarang adanya transportasi online. Selain itu, meskipun sudah ada beberapa transportasi umum ke dan dari Tawangmangu, jumlah dan waktunya masih terbatas sehingga nantinya akan diburu-buru waktu.

5. Jangan lupa untuk senyum dan sapa pada penduduk sekitar!

Kali ini, yang akan dibahas merupakan tips liburan ke Solo yang sederhana, namun akan membuat perjalanan di Solo menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk berikan senyum atau sekadar menyapa warga sekitar. Ya, penduduk sekitar sangat senang apabila diberikan senyum dan disapa meskipun dari orang yang tidak dikenal, baik itu sekadar salam, anggukan kepala, atau sebatas senyum. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan dan sifat orang Jawa yang bikin terpesona. Tips liburan ke Solo kali ini memang terdengar simple, namun penduduk lokal akan lebih merasa dihargai dan kita pun sebagai turis akan senang juga.


Nah, berikut adalah beberapa tips liburan di Solo yang akan membuat liburanmu menjadi lebih menyenangkan! Sewaktu membuat itinerary where to go dan where to eat di Solo, jangan lupa untuk selalu cek waktu operasional khususnya wisata kuliner dan kelola budget! Selain itu, apabila Teman BuLiBi memiliki waktu luang, sempatkan untuk mencoba menaiki kereta Batara Kresna untuk merasakan sensasi berkeliling jalan protokol Slamet Riyadi menggunakan kereta.


Berniat untuk wisata alam bersama teman-teman di wilayah Solo Raya? Lebih baik sewa mobil supaya lebih efisien. Terakhir, pastikan untuk selalu senyum dan ramah terhadap penduduk sekitar ya, karena small things can change someone’s day. Setelah membaca tips liburan di Solo ini, segera susun itinerary sehingga liburan kamu di Solo menjadi lebih menyenangkan!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Amanda | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca juga artikel lainnya:

5 Cara Menjelajahi Tempat Wisata di Solo untuk Liburan yang Lebih Menyenangkan

Liburan ke Jogja Wajib ke 5 Tempat Ini!

Tips Liburan#3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipsliburankesolo #liburankesolo #solo

Rekomendasi penginapan di Solo:



  • Facebook

©2019 by Bulibi