Terbaik 13 Hotel di Semarang Kota

Diperbarui: Okt 16

Banyak wisatawan baik dari dalam dan luar negeri mendatangi Semarang untuk liburan. Selain karena memiliki ikon wisata seperti Lawang Sewu dan Kota Lama, Semarang memang mempunyai daya tarik tersendiri. Semarang merupakan kota yang tak hanya memiliki beragam wisata, namun juga memiliki suasana yang hangat. Bahkan, hotel di Semarang Kota pun sekarang sangat variatif dan nyaman untuk beristirahat sejenak. Baik itu istirahat dari kegiatan liburan, pekerjaan, ataupun aktivitas lainnya.


Kawasan di Semarang Kota yang Terbaik Untuk Traveler

Apabila bertanya seputar kawasan strategis di Semarang pada penduduk sekitar, kebanyakan akan menjawab Simpang Lima. Sesuai dengan namanya, wilayah ini menghubungkan lima jalan besar di Kota Semarang. Kelima jalan tersebut adalah Jalan Pandanaran, Pahlawan, Gajah Mada, Ahmad Dahlan, dan Ahmad Yani. Lewat kelima jalan ini, pengunjung juga akan menemukan variasi hotel di Semarang dekat Simpang Lima. Simpang Lima biasanya ramai dikunjungi di malam hari. Banyak sepeda, mobil, dan becak hias yang akan menghiasi pusat kota Semarang tersebut. Banyak juga penduduk sekitar yang sekadar singgah dan duduk di Lapangan Simpang Lima. Lapangan yang berada di tengah-tengah wilayah strategis tersebut juga biasa disebut sebagai Lapangan Pancasila. Hal ini membuat banyaknya hotel di Simpang Lima Semarang banyak ditemukan di sekitar Lapangan Pancasila.


Selain Simpang Lima, kawasan terbaik di Semarang juga biasanya ditemukan di Jalan Pemuda. Selain ramai akan wisata dan bisnis, Jalan Pemuda juga termasuk ke dalam kawasan pemerintahan. Mulai dari Balai Kota sampai bank baik pemerintah maupun swasta, banyak ditemukan di Jalan Pemuda. Selain di sebagian wilayah tersebut, sebenarnya masih ada beberapa rekomendasi hotel lain yang juga nyaman. Mulai dari budget hotel sampai hotel bintang 5, pilihan hotel di kota ini sangat variatif. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak 13 rekomendasi hotel di Semarang Kota dari BuLiBi berikut ini!

13. Hotel Grandhika Pemuda

Hotel Grandhika adalah salah satu rekomendasi hotel di Semarang Kota yang berada di Jalan Pemuda. Hotel Grandhika sendiri sudah memiliki dua cabang terdahulu sebelum di Semarang. Keduanya berada di Jakarta dan Medan. Hotel Grandhika cabang Semarang sendiri sudah dibuka sejak 2016. Ketika masuk ke Hotel Grandhika, pengunjung akan langsung disambut dengan hangat oleh para staff. Salah satu hal yang menarik seputar Hotel Grandhika adalah dekorasi kamarnya. Kamar hotel dilapisi oleh karpet berwarna keunguan yang membuat kamar terlihat berkelas. Suasana kamar di Hotel Grandhika pun sangat nyaman. Hotel Grandhika memiliki satu menu makanan andalan, ia adalah mie tarik. Mie ini sendiri dapat pengunjung temukan sewaktu breakfast. Biasanya, pengunjung juga dapat menyaksikan langsung atraksi memasak mie ini.


Yang menarik dari hotel di Semarang Kota ini:

  • Dekat dari Stasiun Semarang Poncol dan Semarang Tawang. Jarak hotel dengan kedua stasiun hanya kurang dari 2 kilometer apabila menggunakan mobil.

  • Cukup banyak variasi ATM bank yang dapat ditemukan di sekitar hotel.

  • Berjarak kurang dari 2 kilometer ke Pasar Semawis, salah satu pasar kuliner terkenal di Semarang.

  • Skor: 8,4 dari 902 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

12. Citrip Hotel Simpang Lima (FKA CityOne)

Teman BuLiBi mencari hotel di Simpang Lima Semarang dengan harga yang affordable? Citrip Hotel kemudian menjadi rekomendasi pilihan BuLiBi. Bersamaan dengan fasilitas, lokasi, dan pelayanan, harga yang diberikan hotel ini sangat sesuai. Proses untuk check in dan check out juga mudah, dibantu dengan para staf yang ramah. Kamar hotel dan kamar mandi yang disediakan Citrip Hotel memang tidak terlalu luas. Namun, kebersihan keduanya masih sangat terjaga dan kamar hotel juga sangat nyaman. Citrip Hotel Simpang Lima biasanya didatangi oleh para solo traveler atau grup dalam jumlah kecil. Meskipun begitu, hotel di Simpang Lima Semarang ini juga cocok bagi yang sedang perjalanan bisnis. Jarak hotel sendiri hanya 500 meter dari Lapangan Simpang Lima.


Yang menarik dari hotel di Simpang Lima Semarang ini:

  • Hotel dekat dengan Simpang Lima Plaza. Pengunjung dapat berjalan kaki menuju mall tersebut karena jaraknya hanya sekitar 300 meter.

  • Meskipun berada di wilayah Simpang Lima yang ramai, lokasi sekitar hotel tidak terlalu berisik.

  • Interior hotel dengan konsep industrial vibes yang sangat nyaman.

  • Skor 8,3 dari 233 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

11. POP! Hotel Pemuda Semarang

Salah satu hotel di Semarang Kota yang menjadi rekomendasi BuLiBi berikutnya adalah Pop! Hotel Pemuda. Banyak dari teman BuLiBi yang mungkin sudah mengetahui brand hotel satu ini. Hotel yang identik dengan warna hijau tersebut sudah dapat ditemukan di banyak kota di Indonesia. Hotel ini dapat menjadi pilihan traveler apabila mencari hotel affordable dan berada di wilayah strategis. Pop! Hotel Pemuda sendiri berlokasi di antara Lawang Sewu dan DP Mall. Jadi, teman BuLiBi hanya perlu berjalan kaki untuk mencapai keduanya. Pop! Hotel Pemuda sendiri dapat dikategorikan sebagai hotel di Semarang dekat Simpang Lima. Hal ini dikarenakan jarak antara hotel dengan Lapangan Simpang Lima tidak mencapai 1 kilometer.


Yang menarik dari hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini:

  • Terdapat fasilitas internet corner di lobby hotel. Fasilitas ini mirip seperti warung internet (warnet).

  • Pop! Hotel Pemuda menyediakan kedai kopi yang buka 24 jam bernama Pitstop Coffee.

  • Hotel ini menyediakan meeting room dalam kapasitas kecil dengan teknologi terkini.

  • Skor 8,2 dari 549 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

10. Louis Kienne Pandanaran

Louis Kienne Pandanaran dapat menjadi pilihan hotel di Semarang dekat Simpang Lima. Louis Kienne sendiri memiliki beberapa cabang hotel di Semarang, diantaranya Simpang Lima, Pandanaran, dan Pemuda. Berada di lokasi yang strategis membuat Louis Kienne Pandanaran kian menjadi favorit BuLiBi. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tak hanya dekat Lapangan Simpang Lima namun juga Lawang Sewu. Pengunjung dapat mencapai Lawang Sewu dari hotel hanya dengan berjalan kaki. Hotel ini juga dikeliling berbagai ATM bank di sekitarnya. Louis Kienne Pandanaran menyediakan kamar hotel yang luas dan bersih. Hotel di Semarang Kota ini memiliki rooftop swimming pool dengan view Kota Semarang yang cantik. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, Louis Kienne Pandanaran juga menyediakan lapangan parkir yang luas.


Yang menarik dari hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini:

  • Memiliki fasilitas kolam air hangat untuk berendam, berada di sebelah kolam renang.

  • Berada di seberang cabang pertama dan tertua salah satu oleh-oleh khas Semarang, yaitu Bandeng Presto.

  • Hotel ini menyediakan fasilitas rooftop BBQ dengan reservasi terlebih dahulu.

  • Skor 8,6 dari 1763 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

9. Hotel Ciputra Semarang

Rekomendasi hotel di Simpang Lima Semarang dari BuLiBi berikutnya adalah Hotel Ciputra. Lokasi hotel ini bahkan berada persis di seberang Lapangan Simpang Lima. Hotel Ciputra Semarang sendiri sudah cukup lama berdiri, yaitu sejak 1995. Namun, hotel di Semarang dekat Simpang Lima tersebut hingga saat ini masih memberikan pelayanan terbaiknya. Hotel Ciputra sendiri sekarang berada di bawah manajemen Swiss-Belhotel. Hal menarik dari Ciputra Hotel adalah sebuah “gudang” anggur merah. Hotel Ciputra menamakan toko ini Burgundy Wine Cellar. Toko tersebut menyediakan lebih dari 250 jenis anggur berkualitas yang tersebar di seluruh dunia. Burgundy Wine Cellar dapat ditemukan di ground floor pada lobby hotel.


Yang menarik dari hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini:

  • Hotel Ciputra Semarang memiliki fasilitas fitness yang tergolong lengkap.

  • Hotel ini memiliki fasilitas spa dengan kualitas yang sangat baik.

  • Berada di satu lahan dengan Semarang Ciputra Mall.

  • Skor 8,1 dari 2056 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

8. Holiday Inn Express Semarang

Hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini cocok bagi traveler yang menyukai hotel minimalis. Interior kamar ruangan cukup simple namun tetap nyaman dan bersih. Holiday Inn Express adalah salah satu hotel di Simpang Lima Semarang yang memiliki konsep self-service. Hal ini berlaku salah satunya pada fasilitas on site guest self-laundry. Hal plus mengenai Holiday Inn Express Semarang adalah keramahan para staf. Pelayanan yang diberikan para staf sangat cepat dan mereka juga ramah. Holiday Inn Express menyediakan lahan parkir yang luas dan pastinya tanpa biaya. Fasilitas yang diberikan hotel ini sepadan dengan harga yang ditawarkan. Terlebih, hotel di Semarang Kota ini hanya berjarak 250 meter dari Lapangan Simpang Lima.


Yang menarik dari hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini:

  • Holiday Inn Express Semarang memiliki fasilitas fitness yang cukup lengkap.

  • Berlokasi di dekat Taman Simpang Lima, terdapat beberapa pusat perbelanjaan di dekat hotel ini. Terdapat dua mall di sekitar hotel yaitu Simpang Lima Plaza dan Ciputra Mall.

  • Hotel ini menyediakan ruang meeting berkapasitas 20 orang dengan teknologi terkini.

  • Skor: 8,1 dari 921 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

7. Metro Hotel

Berbicara soal hotel di Semarang yang klasik, Metro Hotel adalah jawabannya. Metro Hotel masih berdiri dengan tegak sejak 1977 hingga hari ini. Meskipun sudah berdiri lama, hotel ini sendiri baru saja selesai direnovasi pada 2019. Metro Hotel merupakan hotel bintang 3 dengan harga yang relatif terjangkau untuk posisi yang strategis. Ketika masuk ke hotel ini, suasana tempo dulu akan sangat terasa sekali. Bahkan, di setiap ruangan, sampai ruangan fitness pun, masih terasa suasana klasiknya. Namun, jauh dari kesan kuno, hotel di Semarang Kota ini memiliki kesan yang artistik. Salah satu hal yang menjadi favorit BuLiBi soal Metro Hotel adalah pada pilihan menu breakfast. Hotel di Semarang ini memiliki cukup banyak varian breakfast dengan rasa yang cocok di lidah.


Yang menarik dari hotel di Semarang Kota ini:

  • Lokasi yang dekat dengan banyak tempat wisata. Beberapa tempat tersebut adalah Pasar Johar, Kota Lama, dan juga restoran legendaris seperti Toko Oen.

  • Metro Hotel menyediakan shuttle ke Bandara Ahmad Yani.

  • Terdapat barber shop di dalam hotel.

  • Skor 8,0 dari 1132 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

6. Gumaya Tower Hotel

Salah satu hotel di Semarang Kota yang elegan dan berkelas. Ketika memasuki hotel, BuLiBi dapat langsung merasakan suasana hotel yang mewah. Tak jarang, hotel ini digunakan untuk resepsi pernikahan, acara ulang tahun, gathering, ataupun meeting. Berbicara soal fasilitas, pelayanan yang diberikan Gumaya Tower Hotel rasanya tak perlu diragukan lagi. Staf Gumaya Tower Hotel sangat cepat dan helpful. Lokasi Gumaya Tower Hotel berada di tengah-tengah tempat wisata, seperti Kota Lama dan Lawang Sewu. Salah satu hal yang menarik perhatian BuLiBi pada Gumaya Tower Hotel adalah pada restorannya. Hotel ini memiliki empat jenis restoran dengan berbagai macam tema. Terdapat all day dining restaurant, bar and lounge, Chinese restaurant, dan restoran di rooftop hotel.


Yang menarik dari hotel di Semarang Kota ini:

  • Memiliki shuttle bus gratis ke Bandara Ahmad Yani, Stasiun Semarang Poncol, dan Stasiun Semarang Tawang. Shuttle berjalan setiap 2 jam sekali, mulai pukul 5 pagi.

  • Terdapat ruang khusus anak yang cukup luas. Biasanya digunakan untuk anak berusia kurang dari 10 tahun.

  • Gumaya Tower Hotel memiliki lapangan golf mini di sebelah kolam renang.

  • Skor: 8,6 dari 377 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

5. Artotel Gajahmada Semarang

Artotel merupakan brand hotel yang sudah cukup terkenal. Hal ini karena Artotel sudah memiliki beberapa cabang terdahulu yaitu di Jakarta, Bali, dan Jogja. Cabang di Semarang sendiri baru dibuka pada 2019. Sesuai dengan namanya, Artotel merupakan penginapan yang memberikan konsep artsy. Berbagai mural dapat ditemukan di sekeliling hotel. Hotel di Semarang Kota ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai tempat yang Instagram worthy. Artotel Gajahmada juga merupakan salah satu hotel di Semarang dekat Simpang Lima. Hal ini karena Artotel Gajahmada sendiri hanya berjarak 1 kilometer dari Lapangan Simpang Lima. Fasilitas yang diberikan Artotel sangat memadai. Mulai dari amenities lengkap hingga kamar yang luas. Lokasi hotel juga cukup strategis dan dikelilingi oleh berbagai jenis restoran dan kedai kopi.


Yang menarik dari hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini:

  • Restoran yang berada di rooftop hotel yang cocok untuk dinner.

  • Terdapat sebuah taman di rooftop hotel untuk pengunjung dapat singgah sejenak.

  • Biasanya, Artotel suka mengadakan pameran seni dalam jangka waktu tertentu. Apabila beruntung, pengunjung dapat melihat langsung pameran tersebut.

  • Skor: 8,7 dari 141 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

4. Hotel Chanti Managed by Tentrem Hotel Management Indonesia

Hotel Chanti merupakan salah satu hotel di Semarang Kota yang dikelola oleh manajemen Hotel Tentrem. Hotel Tentrem sudah dikenal sebagai hotel bintang 5 dengan berbagai fasilitas yang juga memadai. Hotel Tentrem sendiri sebenarnya memiliki cabang di Semarang yang baru selesai direnovasi pada pertengahan 2020. Selain di Semarang, Hotel Tentrem memiliki cabang pertama di Jogja yang juga populer. Hotel Chanti adalah penginapan bintang 4. Namun, interior hotel yang simple namun tetap elegan dan membuatnya terlihat seperti hotel bintang 5. Setiap Jumat, Hotel Chanti memiliki program all you can eat bernama Asian Street Food Festival. Program ini menyediakan lebih dari 50 menu street food di berbagai negara di Asia.


Yang menarik dari hotel di Semarang Kota ini:

  • Hotel Chanti memiliki 18 ruangan karaoke yang dapat menjadi sarana hiburan para pengunjung.

  • Salah satu kedai kopi populer di Semarang, Peacock Coffee, berada di sebelah Hotel Chanti.

  • Memiliki tiga jenis meeting room dengan berbagai ukuran dan fasilitas.

  • Skor: 8,3 dari 423 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

3. Rooms Inc Hotel Pemuda

Hotel di Semarang Kota kali ini cukup populer di kalangan anak muda. Rooms Inc Hotel Pemuda merupakan salah satu hotel dengan konsep artsy dan Instagram worthy. Interior bertema industrial dengan dominan warna hitam dan kuning sangat memanjakan mata. Kamar yang disediakan pun sangat nyaman dan juga bersih. Rooms Inc Hotel juga berlokasi di sebelah ikon Kota Semarang, yaitu Lawang Sewu. Bahkan di rooftop hotel, pengunjung dapat melihat Lawang Sewu dari atas. Hotel di Semarang ini menyediakan fasilitas bar untuk pengunjung dapat singgah sejenak dengan orang terdekat. Rooms Inc Hotel juga merupakan salah satu hotel di Semarang dekat Simpang Lima. Hotel ini berada di ujung Jalan Pemuda yang berjarak hanya 1 kilometer dari Simpang Lima.


Yang menarik dari hotel di Semarang dekat Simpang Lima ini:

  • Terhubung langsung dengan DP Mall Semarang.

  • Hotel yang menerapkan no plastic use, salah satunya di dalam kamar.

  • Memiliki ruang fitness yang cukup lengkap.

  • Skor: 8,7 dari 570 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

2. Harris Hotel Sentraland

Harris Hotel Sentraland merupakan salah satu hotel di Simpang Lima Semarang rekomendasi BuLiBi. Lokasi hotel sangat strategis, hanya berjarak kurang dari 1 kilometer ke Lapangan Simpang Lima. Harris Hotel sendiri merupakan brand hotel yang cukup terkenal. Hal ini karena cabang Harris Hotel dapat ditemukan di banyak kota di Indonesia. Fasilitas yang diberikan Harris Hotel sendiri cukup lengkap dan sepadan dengan harga yang ditawarkan. Kamar tidur hotel yang diberikan sangat luas dan lega. Harris Hotel juga dapat dikatakan sebagai hotel di Semarang Kota yang kids friendly. Pasalnya, hotel ini memiliki ruangan khusus untuk anak-anak bermain. Tak hanya itu, hotel di Semarang ini juga menyediakan kolam renang khusus anak.


Yang menarik dari hotel di Simpang Lima Semarang ini:

  • Memiliki lapangan golf mini di bagian atas, bersebelahan dengan kolam renang.

  • Biasanya, di akhir pekan, terdapat pasar pagi yang menyajikan beragam jenis kuliner. Kuliner yang diberikan cukup beragam, mulai dari kuliner khas Semarang hingga kuliner kekinian.

  • Berada di satu tempat dengan Sentraland Mall.

  • Skor: 8,4 dari 426 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

1. PO Hotel Semarang

PO Hotel merupakan hotel bintang 5 rekomendasi BuLiBi bagi teman BuLiBi yang mencari luxurious hotel. Ketika memasuki hotel, pengunjung akan dimanjakan dengan interior lobby hotel yang sangat berkelas. Fasilitas yang dimiliki PO Hotel sangat lengkap, dari kolam renang, tempat spa, sampai ruang fitness. Hotel di Semarang Kota ini juga menyediakan fasilitas lahan parkir yang luas dan juga gratis. Lokasi hotel juga sangat strategis, berada di kawasan bisnis dan dekat dengan berbagai tempat wisata. Variasi breakfast yang disediakan juga beragam. Pengunjung dapat merasakan berbagai hidangan mulai dari Indonesian, Chinese, Japanese, sampai western food saat breakfast. Hotel ini juga menyediakan layanan shuttle ke bandara. Sayangnya, shuttle bandara PO Hotel bukan merupakan complimentary service alias terdapat biaya untuk fasilitas ini.


Yang menarik dari hotel di Semarang Kota ini:

  • Memiliki grand ballroom dengan kapasitas MICE.

  • PO Hotel berada di gedung yang sama dengan Paragon Mall Semarang.

  • Hotel ini memiliki kolam renang terpisah untuk anak.

  • Skor: 8,5 dari 519 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

Kegiatan Liburan Wajib di Semarang

Semarang merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan. Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di kota lumpia ini. Semarang sendiri memiliki beberapa fakta unik yang membuat kota ini semakin penasaran untuk dijelajah. Baik itu seputar julukan lain Semarang, kuliner, sampai cerita di balik sebuah tempat wisata. Berkunjung ke Semarang rasanya tidak lengkap apabila tidak berkunjung ke Lawang Sewu. Bangunan yang berarti seribu pintu ini merupakan ikon Kota Semarang.


Setelah Lawang Sewu, destinasi wisata favorit wisatawan adalah Kota Lama. Apabila Jakarta punya Kota Tua, maka Semarang punya Kota Lama. Membayangkan Kota Lama, berarti membayangkan suasana klasik dan vintage. Teman BuLiBi dapat menemukan beberapa tempat historis seperti misalnya Gereja Blenduk. Tempat wisata historis lainnya yang dapat dikunjungi di Semarang adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng yang didominasi warna merah tersebut tak hanya legendaris, namun juga megah dan indah.


Selain berkunjung ke banyak tempat wisata, teman BuLiBi pastinya juga tidak ingin melewatkan kuliner Semarang. Semarang identik dengan lumpia, bandeng, dan wajik. Biasanya, bandeng dan wajik dijadikan sebagai buah tangan. Selain itu, biasanya setiap Jumat sampai Minggu malam, terdapat sebuah kuliner malam di daerah Pecinan. Pasar malam tersebut bernama Pasar Semawis. Sepanjang gang, teman BuLiBi dapat menemukan beragam kuliner dari dalam sampai luar negeri. Selain itu, pengunjung yang baru pertama kali ke Semarang biasanya berkunjung ke Lekker Paimo. Kedai ini sendiri adalah salah satu kuliner legendaris di Kota ATLAS tersebut.

(c) BuLiBi [Kontributor: Amanda Trinita]


Cari hotel di Semarang Kota lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi