Harga Hotel di Vietnam dan Rekomendasinya

Vietnam merupakan salah satu destinasi negara favorit untuk liburan. Selain karena dekat dan tiket perjalanan tidak terlalu mahal, harga hotel di Vietnam juga terjangkau. Terlebih, jika kita mengetahui harga pasaran hotel di kota-kota tertentu. Di Hanoi, harga penginapan berjenis dormitory bisa didapatkan di sekitar 70.000 IDR saja. Begitu juga dengan Kota Ho Chi Minh. Lain halnya di Da Nang, harga hotel tergolong dapat dikatakan lebih terjangkau. Teman BuLiBi hanya perlu merogoh kocek kurang lebih 50.000 IDR untuk penginapan jenis dormitory. Da Nang juga memiliki hotel bintang 5 yang bisa didapatkan mulai dari 750.000 IDR.


Kawasan di Vietnam yang Terbaik Untuk Traveler

Berbicara soal kota dengan harga hotel di Vietnam yang sangat terjangkau, Da Nang adalah jawabannya. Penginapan murah di Da Nang tersebar merata, misalnya sekitar Han River, pantai, bahkan bandara. Apabila Teman BuLiBi berencana menginap di Ho Chi Minh, District 1 adalah wilayah paling strategis. Di District 1, biasanya hotel backpacker banyak ditemukan di sekitar Pham Ngu Lao. Selain itu, di wilayah Ben Thanh Market juga memiliki beberapa hotel murah. Wilayah ini juga cocok untuk Teman BuLiBi yang mencari daerah sekitar yang ramai. Berencana untuk menelusuri ibukota? Hanoi memiliki beberapa kawasan yang populer di kalangan wisatawan. Untuk harga hotel di Vietnam yang murah di kawasan terbaik Hanoi biasanya ditemukan di Old Quarter. Berbagai variasi penginapan seperti guesthouse, dormitory, sampai hostel, semua tersebar di wilayah ini.


Selain kawasan untuk budget hotel, Hanoi juga memiliki kawasan terbaik untuk hotel bintang 5. West Lake merupakan salah satu kawasan di Hanoi yang memiliki banyak hotel mewah. Selain itu, lokasi hotel di dekat danau juga memberikan bonus pemandangan West Lake yang cantik. Selain West Lake, di sekitar Hoan Kiem juga banyak ditemukan hotel bintang 5. Lokasi Hoan Kiem pun tidak terlalu jauh dengan Old Quarter. Di Ho Chi Minh, hampir semua hotel bintang 5 dapat ditemukan di sekitar Nguyen Hue. Wilayah ini dapat dikatakan sebagai jantungnya District 1. Selain hotel mewah, beberapa pusat perbelanjaan juga banyak ditemukan di sini. Teman BuLiBi Mencari penginapan kelas atas di Da Nang? Biasanya, hotel bintang 5 atau resort mewah dapat ditemukan di sekitar Pantai Non Nuoc. Teman BuLiBi berencana liburan ke salah satu kota di Vietnam tersebut dan sedang mencari penginapan? Yuk, simak 13 rekomendasi beserta kisaran harga hotel di Vietnam berikut ini!


13. The Secret Garden Hostel

The Secret Garden Hostel adalah rekomendasi BuLiBi apabila kamu mencari penginapan dengan harga bersahabat di Da Nang. Selain itu, suasana hostel yang earthy membuatnya terasa semakin nyaman. Harga hotel di Vietnam ini dimulai dari 56.000 IDR untuk satu orang. Fasilitas kamar yang diberikan adalah bunk bed dan jenis kamar adalah asrama campuran.


Hostel ini juga cocok untuk Teman BuLiBi yang bepergian bersama teman-teman dalam jumlah banyak. Hal ini karena The Secret Garden Hostel juga menyediakan dormitory terpisah untuk 4 orang. Tak tanggung-tanggung, hostel ini juga menyediakan grand room untuk 6 orang. Harga hotel di Vietnam tipe ini adalah sekitar 387.000 IDR dan 504.000 IDR. Dengan harga tersebut, satu orang hanya perlu membayar sekitar 84.000 IDR hingga 97.000 IDR saja!


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Hostel ini memiliki bar di bagian rooftop dan biasanya ramai pada malam hari.

  • Lokasi hotel cukup strategis, berjarak sekitar 3 kilometer dari Bandara Da Nang.

  • Terdapat smoking room terpisah.

  • Skor: 8,6 dari 220 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

12. City Poshtel

Berencana menginap di Kota Ho Chi Minh? City Poshtel memiliki kisaran harga hotel di Vietnam yang sangat terjangkau. Lokasinya pun berada di District 1 yang cukup strategis di Kota Ho Chi Minh. Meskipun berada di dekat jalanan yang ramai, namun suasana sekitar hostel tidak berisik. Teman BuLiBi dapat menginap dengan harga mulai dari 78.000 IDR per malam. Harganya sendiri sudah termasuk breakfast, lho!


Tipe kamar di hostel ini terbagi menjadi tiga: Female Dormitory, Male Dormitory, dan Mixed Dormitory. Tipe kasur yang disediakan adalah bunk bed. Baik dormitory ataupun kamar mandi, kebersihan hostel ini sangat terjaga. City Poshtel juga menyediakan loker untuk penitipan barang.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Terdapat ruang rekreasi dan hostel ini juga menyediakan beberapa mainan untuk pengunjung dapat santai sejenak.

  • Tersedia convenience store Let’s Pick yang berada di lantai dasar hostel.

  • Hostel ini hanya berjarak 100 meter dari Bui Vien Walking Street. Jarak hotel juga hanya 600 meter dari Ben Thanh Market.

  • Skor: 8,9 dari 399 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

11. Backy Poshtel Hostel

Salah satu hostel di Vietnam ini terlihat sederhana dari luar. Gedung hostel terlihat seperti bangunan biasa pada umumnya. Ketika masuk ke dalam, baru suasana homey di hostel ini kian terasa. Backy Poshtel merupakan salah satu hostel di Wilayah Old Quarter yang mayoritas didatangi anak muda. Harga hotel di Vietnam ini sangat terjangkau terutama untuk solo traveler atau backpacker. Rate hotel satu malam untuk satu orang dikenakan mulai dari 78.000 IDR saja. Harga ini berlaku untuk pilihan Mixed Shared Rooms.


Apabila Teman BuLiBi menambah free breakfast, rate untuk kamar ini dimulai dari 108.000 IDR semalam. Selain shared bedroom, hostel ini juga menyediakan kamar pribadi namun tetap tanpa kamar mandi dalam. Rate per malamnya sendiri mulai dari 335.000 IDR dan belum termasuk breakfast.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Hostel ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Giang Coffee. Kedai kopi tersebut merupakan destinasi populer di Hanoi dikarenakan kreasi campuran kopi dan telur.

  • Terdapat ruang tengah yang luas dan nyaman. Tersedia hammock untuk pengunjung dapat santai sejenak.

  • Backy Poshtel memiliki breakfast yang variatif dan unik.

  • Skor: 9,1 dari 426 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

10. Sac Xanh Homestay Hoi An

Sac Xanh merupakan homestay sederhana di Wilayah Cam Ha, Hoi An. Harga hotel di Vietnam ini sangat terjangkau. Dimulai dari 120.000 IDR untuk dua orang dan sudah termasuk breakfast! Sac Xanh Homestay juga sangat affordable untuk Teman BuLiBi yang berkunjung dalam jumlah banyak.


Penginapan ini menyediakan Family Room berkapasitas 6 orang dengan harga mulai dari 240.000 IDR. Harga hotel juga sudah termasuk dua anak berusia di bawah 9 tahun. Jarak antara homestay dengan berbagai tempat wisata juga tidak jauh. Japanese Covered Bridge, Phuc Kien, dan Hoi An Night Market, misalnya. Semuanya hanya berjarak kurang dari 2 kilometer dari homestay.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Pengunjung mendapatkan fasilitas sepeda gratis.

  • Terdapat terminal bus yang dekat dengan homestay. Jaraknya hanya sekitar 300 meter.

  • Homestay ini memperbolehkan pengunjung merokok di area tertentu.

  • Skor: 8,6 dari 151 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

9. Hoi An Rose Garden

Hoi An Rose Garden merupakan salah satu hotel di Wilayah Cham Pho dengan fasilitas lengkap. Jarak hotel bintang tiga ini juga tidak jauh dari berbagai tempat wisata di Hoi An. Seperti Old Town dan Phuc Kien, jaraknya dari hotel tidak sampai 2 kilometer. Mulai dari 192.000 IDR untuk dua orang, harga hotel di Vietnam ini sudah termasuk breakfast. Tak hanya itu, semua harga kamar sudah termasuk welcome drink dan biaya parkir.


Harga juga termasuk dua anak berusia di bawah enam tahun. Hoi An Rose Garden juga menyediakan pilihan kamar untuk tiga dan empat orang. Biaya kamar untuk tiga orang dikenakan harga mulai dari 340.000 IDR. Sedangkan, untuk empat orang dikenakan harga mulai dari 397.000 IDR semalam.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Memiliki fasilitas spa yang tidak kalah dengan hotel bintang 5.

  • Tersedia fasilitas kolam renang di hotel ini.

  • Hotel ini menyediakan paket liburan di sekitar Hoi An dan Da Nang.

  • Skor: 8,8 dari 494 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

8. Anchie Homestay Hanoi

Hotel yang satu ini cocok untuk Teman BuLiBi yang mengutamakan style hotel. Dekorasi kamar sangat stylish, dengan berbagai lukisan dan hiasan lain. Harga hotel di Vietnam ini dimulai dari 238.000 IDR untuk dua orang. Harga ini berlaku untuk kamar tidur tanpa kamar mandi dalam alias shared bathroom. Hotel ini menyediakan kamar untuk keluarga. Harganya sekitar 503.000 IDR semalam dan terdiri dari satu king bed dan satu queen bed. Kamar jenis ini juga memiliki kamar mandi dalam. Selain jenis kasur, perbedaan harga juga terletak pada luas kamar.


Anchie Homestay juga menyediakan beberapa kamar dengan fasilitas balkon. Sayangnya, semua harga kamar belum termasuk breakfast. Lokasi homestay sangat strategis di Old Quarter. Pemilik hotel juga sangat ramah. Meskipun tidak selalu on site, owner sangat mudah dihubungi.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Lokasinya sangat dekat dengan Train Street Hanoi. Wilayah ini sangat populer di kalangan wisatawan karena menjadi tempat nongkrong di sekitar rel kereta.

  • Memiliki rooftop bar dengan nuansa bohemian yang nyaman.

  • Jarak yang dekat dengan berbagai tempat wisata di Hanoi. Vietnam Fine Arts Museum dan Hoa Lo Prison misalnya, hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

  • Skor: 9,4 dari 117 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

7. Queen's Finger Hotel

Hotel bintang 3 di Da Nang ini bisa menjadi pilihan penginapan Teman BuLiBi. Suasana hotel yang nyaman membuat Queen’s Finger Hotel menjadi salah satu rekomendasi BuLiBi. Harga hotel di Vietnam ini memiliki rate mulai dari 270.000 IDR untuk dua orang. Hotel ini juga menyediakan Family Room dengan harga mulai dari 450.000 IDR untuk tiga orang. Harga kamar juga termasuk dua anak dengan umur di bawah 6 tahun.


Apabila Teman BuLiBi menginginkan kamar yang lebih luas, tersedia pilihan Suite Room. Harganya sendiri dimulai dari 450.000 IDR dilengkapi dengan fasilitas bathtub dan pemandangan kota dari kamar. Queen’s Finger Hotel juga menyediakan kamar untuk kapasitas 3 orang. Harganya mulai dari 575.000 IDR dan sudah termasuk balkon dengan city view. Semua kamar hotel sudah termasuk breakfast.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Memiliki rooftop pool. Kolam renang ini sendiri mengelilingi bar dan tempat berjemur di bagian tengah.

  • Hanya berjarak sekitar 700 meter dari My Khe Beach.

  • Queen’s Finger Hotel memiliki variasi breakfast yang beragam.

  • Skor: 8,6 dari 2050 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

6. Holiday Emerald Hotel

Bangunan salah satu hotel di ibukota ini terlihat lebih tinggi daripada bangunan di sekitarnya. Hal ini karena hotel yang sudah berdiri sejak 2012 tersebut terdiri dari tujuh lantai. Harga hotel di Vietnam ini cukup affordable untuk hotel yang berlokasi di tengah kota. Holiday Emerald Hotel menawarkan harga mulai dari 270.000 IDR. Kamar jenis ini adalah Superior Double dengan kamar mandi dalam. Harga tersebut sudah termasuk breakfast untuk dua orang. Selain itu, hotel ini juga menyediakan Family Room untuk tiga orang. Harganya sendiri mulai dari 450.000 IDR per malam. Harga semua kamar sudah termasuk dua anak berusia di bawah 6 tahun.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Interior ala klasik dengan dominan warna biru membuat hotel ini terlihat stylish.

  • Lokasi hotel berada di tengah-tengah banyak tempat wisata. Sebut saja Train Station Hanoi, Hoan Kiem Lake, dan St Joseph’s Cathedral.

  • Variasi breakfast cukup banyak dan rasanya sangat enak.

  • Skor: 9,3 dari 564 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

5. Akoya Saigon Central Hotel

Dari luar, hotel kecil ini terlihat chic dengan gaya yang modern. Dibalut dengan warna putih, lobby Akoya Saigon Central Hotel terlihat classy dan nyaman. Meskipun berada di pusat kota, suasana sekitar hotel tetap nyaman. Selain luas, perbedaan kamar terletak pada ada atau tidaknya jendela. Harga hotel di Vietnam ini dimulai dari 295.000 IDR untuk kamar tanpa jendela. Tipe kamar dengan harga tersebut adalah Budget Double Room.


Untuk kamar yang lebih luas, pengunjung dapat memilih Superior King Room. Harganya sendiri dimulai dari 360.000 IDR. Harga tipe kamar ini sudah termasuk tambahan dua anak dengan umur di bawah 7 tahun. Kamar tipe ini cocok untuk Teman BuLiBi apabila datang bersama anak.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Hotel ini memiliki kursi pijat yang dapat digunakan gratis selama 30 menit.

  • Hanya berjarak 200 meter dari Ben Thanh Market.

  • Tersedia complimentary mini bar di setiap kamar.

  • Skor: 8,9 dari 202 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

4. Danang Golden Bay Hotel

Salah satu hotel bintang 5 di Da Nang yang menjadi rekomendasi BuLiBi! Variasi harga yang ditawarkan Danang Golden Bay Hotel sangat sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Sesuai namanya, hotel ini memiliki kekuatan pada view Thuan Phuoc Bridge dan Da Nang Bay. Pengunjung dapat memilih kamar dengan atau tanpa balkon, dan pastinya dapat dilengkapi dengan bay view.


Harga hotel di Vietnam ini sendiri bervariasi mulai dari 750.000 IDR untuk dua orang. Kamar tipe ini biasanya hanya dilengkapi dengan balkon. Sedangkan, kamar hotel dengan balkon dan bay view dimulai dari 830.000 IDR untuk dua orang. Selain bay view yang mempesona, hotel ini juga menyediakan fasilitas free city tour bus. Bus ini nantinya akan mengelilingi beberapa tempat di Da Nang, seperti pantai dan pusat kota.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Kolam renang dengan view Da Nang Golden Bay yang sangat cantik dari rooftop. Fasilitas ini dapat digunakan untuk setiap pengunjung.

  • Tersedia ruangan untuk bermain billiard.

  • Selain city tour bus, hotel ini juga memiliki fasilitas bus gratis untuk ke bandara.

  • Skor: 8,7 dari 2386 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

3. Le Pavillion Hoi An Luxury Resort and Spa

Hotel mewah ini dapat menjadi pilihan tepat apabila teman BuLiBi mencari penginapan di Hoi An.Selain lokasinya yang dekat dengan Old Town, hotel ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Biaya kamar sendiri sudah termasuk beberapa fasilitas seperti welcome drink, spadiscount, dan rental sepeda. Le Pavillon Hotel memiliki berbagai jenis kamar dengan harga yang juga variatif.


Selain jenis dan luas kamar, variasi harga juga terdapat pada fasilitas balkon dan view kamar. Pengunjung dapat memilih kamar dengan atau tanpa balkon. Selain itu, pengunjung juga dapat memilih antara view taman atau view sungai. Harga hotel di Vietnam ini sendiri dimulai dari 1.360.000 IDR untuk dua orang. Hotel ini juga menyediakan Family Room dengan harga mulai dari 3.200.000 IDR untuk empat orang.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Memiliki pantai pribadi khusus pengunjung Le Pavillon Hoi An.

  • Le Pavillon Hoi An menyediakan shuttle gratis dengan rute Old Town dan pantai.

  • Hotel ini memiliki fasilitas bar by the pool untuk pengunjung.

  • Skor: 8,7 dari 864 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

Baca ulasan lengkap BuLiBi di sini:

Cari Hotel di Hoi An? Pilih Le Pavilion Hoi An Luxury Resort and Spa.

2. Hotel Nikko Saigon

Hotel Nikko Saigon merupakan hotel bintang 5 di Ho Chi Minh pilihan Tim BuLiBi. Hotel ini sendiri berada di bawah manajemen Nikko Hotels International. Manajemen asal Jepang tersebut sudah memiliki banyak cabang hotel di berbagai negara di dunia. Harga hotel di Vietnam ini dimulai dari 1.540.000 IDR untuk tipe kamar Deluxe Twin. Perbedaan harga kamar dan fasilitas lain pada Nikko Saigon sebenarnya terletak pada Nikko Club Lounge. Program tersebut memberikan berbagai benefit tambahan untuk tamu hotel. Sarapan di La Brasserie Restaurant, misalnya. Benefit lainnya terdiri dari potongan harga 20 persen untuk spa dan 10 persen untuk FnB.


Kamar dengan Nikko Club Lounge sendiri dimulai dari 2.050.000 IDR untuk tipe Deluxe Twin. Teman BuLiBi ingin memesan kamar di luar Nikko Club Lounge dan ingin mendapatkan breakfast? Pastikan untuk recheck pilihan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tidak semua kamar mendapatkan fasilitas free breakfast.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Hotel ini memiliki taman yang luas. Taman ini sering digunakan untuk acara pernikahan karena dapat mengakomodasi sekitar 600 orang.

  • Harga kamar semuanya sudah termasuk akses gratis ke sauna.

  • Memiliki kolam renang terpisah untuk anak.

  • Skor: 8,9 dari 6621 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

1. InterContinental Hanoi West Lake

Pemandangan sangat indah akan didapatkan apabila menginap di InterContinental Hanoi West Lake. Pasalnya, hotel ini berlokasi pas di tepi danau. Pilihan kamar hotel juga tergantung dari pilihan balkon dan view. Teman BuLiBi dapat memilih kamar dengan atau tanpa balkon. Selain itu, terdapat juga pilihan view kota atau danau. Tipe kamar dengan view danau kemudian dibagi menjadi dua: Overwater Pavilion dan Panoramic View. Overwater Pavilion hanya memperlihatkan danau sebagian, sedangkan Panoramic View benar-benar menghadap danau.


Harga hotel di Vietnam ini dimulai dari 1.800.000 IDR dengan balkon dan view kota. Untuk kamar Overwater Pavilion sendiri bisa didapatkan dari 2.000.000 IDR semalam. Sedangkan, harga hotel di Vietnam ini untuk kamar Panoramic View dimulai dari 2.250.000 IDR semalam.


Yang menarik dari hotel di Vietnam ini:

  • Hotel ini memiliki restoran bernama Sunset Bar at InterContinental Hotel yang berada di tengah-tengah West Lake.

  • InterContinental Hanoi West Lake memiliki fasilitas memancing untuk pengunjung.

  • Tersedia fasilitas sewa WiFi portable untuk mengunjung yang memiliki mobilitas tinggi.

  • Skor: 8,4 dari 1486 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

Kegiatan Liburan Wajib di VIetnam

Vietnam memiliki banyak sekali tempat wisata asyik yang dapat dikunjungi. Setiap kota pun memiliki berbagai tempat wisata dengan keunikannya masing-masing. Misalnya pada ibukota negara yaitu Hanoi. Di sini, banyak peninggalan sejarah yang dapat dikunjungi. Sebut saja Vietnam Fine Arts Museum, Vietnamese Women’s Museum, dan St. Joseph's Cathedral. Tak kalah populer dari Hanoi, Kota Ho Chi Minh juga diminati banyak traveler. Beberapa destinasi populer di kota ini adalah Saigon Notre Dame Cathedral dan Independence Palace. Ho Chi Minh juga terkenal dengan kegiatan mengelilingi kota lewat sungai dengan boat tour. Selain Hanoi dan Ho Chi Minh, terdapat beberapa kota lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Vietnam. Biasanya, kota-kota ini terdapat di Vietnam Tengah.


Salah satu kota di Vietnam Tengah yang wajib dikunjungi adalah Da Nang. Kota ini memiliki beberapa pantai yang sangat indah, misalnya Pantai My Khe dan Non Nuoc. Salah satu tempat wisata terkenal di Da Nang adalah Ba Na Hills. Tempat ini terdiri dari banyak spot, seperti misalnya French Village, Golden Bridge, dan Fantasy Park. Biasanya traveler menghabiskan waktu satu hari untuk menjelajah Ba Na Hills. Tak hanya tempat wisata, sempatkan juga untuk wisata kuliner sewaktu liburan di Da Nang. Traveler yang berkunjung ke Da Nang seringkali juga menyempatkan diri untuk singgah di Hoi An. Tak kalah dari Da Nang, Hoi An juga memiliki pantai eksotis yaitu Pantai An Bang. Hoi An juga terkenal menyajikan banyak kuliner khas Vietnam yang sangat lezat. Berikut adalah beberapa kegiatan liburan yang bisa dilakukan di Vietnam. Sebelum liburan ke Vietnam, pastikan untuk cek juga beberapa fakta unik terkait negara tersebut, ya!

(c) BuLiBi [Kontributor: Amanda Trinita | Editor: Karina Ovelia]


Baca cerita BuLiBi soal:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Itinerary Lengkap Liburan ke Myanmar


Cari hotel di lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi