top of page

11 Fakta Unik Vietnam yang Harus Traveler Tahu

Diperbarui: 9 Des 2021

Siap liburan ke negeri Paman Ho? Baca dulu 11 fakta unik Vietnam berikut ini! Mulai dari nama sampai helm!

Fakta Unik Vietnamm (c) Arakita Rimbayana BuLiBi Bukan Liburan Biasa
Fakta Unik Vietnam (c) Arakita Rimbayana

Tujuan wisata traveler Indonesia memang semakin beragam dari tahun ke tahun. Tak lagi hanya gemar berwisata ke Singapura, Malaysia, dan Thailand saja, kini banyak wisatawan Indonesia mulai menjadikan Vietnam sebagai destinasi wajib. Selain murah, merasakan destinasi dengan nuansa dan rasa yang berbeda sepertinya perlu dicoba traveler yang sedang mencari pengalaman baru.

Jika dulu mendengar negara Vietnam, teman BuliBi mungkin teringat kembali dengan pelajaran sekolah tentang Perang Vietnam yang menyisakan banyak cerita sedih dan tragis. Tetapi, menelusuri jejak-jejak peninggalan sejarah tersebut justru bisa menjadi alasan kamu mengunjungi negara ini. Tak hanya berlibur, kamu juga bisa menambah pengetahuan sejarahmu. Beberapa kegiatan yang bisa teman BuliBi lakukan seperti menelusuri Chu Chi Tunnel di Saigon atau berfoto seru dengan latar bangunan bernuansa Eropa seperti Notre-Dame Basilica di Ho Chi Minh dan St. Joseph’s Cathedral di Hanoi. Namun, sebelum berkunjung ke Vietnam, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta unik Vietnam yang bisa dijadikan bekal saat berwisata nanti.

Catatan tim BuLiBi: Kami tinggal di Vietnam selama kurang lebih 7 bulan. Da Nang menjadi kota pilihan kami. Itinerary lengkap mulai dari tempat wisata sampai biaya sewa tempat tinggal bisa kamu lihat di halaman "Ke mana?"

1. Nguyen, Nama Terbanyak di Vietnam

Teman BuliBi mungkin sudah sering mendengar tentang fakta unik Vietnam ini. Tak hanya perempuan, nama Nguyen juga banyak digunakan oleh laki-laki di Vietnam. Nama Nguyen sendiri berasal dari Dinasti Nguyen yang menguasai Vietnam sekitar tahun 1802. Konon ceritanya, jika memiliki nama ini akan terhindar dari berbagai gangguan dan kewajiban pajak sehingga banyak orang mengganti nama belakangnya menjadi Nguyen.


Sejak saat itu, nama Nguyen semakin banyak digunakan oleh masyarakat Vietnam. Data yang beredar menyebutkan ada sekitar 40% dari total penduduk Vietnam yang menggunakan nama Nguyen. Salah satu kedai kopi terkenal di Vietnam bahkan menggunakan nama ini sebagai merk dagangnya, yakni Trung Nguyen Legend Café!


2. Orang Vietnam Memiliki Nama Barat

Fakta unik Vietnam lainnya terkait nama adalah pelafalannya yang agak susah bagi orang asing, termasuk orang Indonesia. Jadi, jangan heran jika saat kamu berkenalan dengan orang asli Vietnam, mereka justru akan menyebutkan nama-nama yang terdengar sangat kebaratan seperti William atau Grace. Sadar namanya sulit diucapkan, kebanyakan orang Vietnam terutama generasi muda memang memiliki nama alias yang kebarat-baratan agar lebih mudah diingat dan dilafalkan.


3. Budaya Vietnam terpengaruh oleh Beberapa Negara

Sebagai negara bekas jajahan Tiongkok dan Perancis, budaya Vietnam memang sedikit banyak dipengaruhi oleh kedua negara ini. Jejak budaya kedua negara ini tidak hanya tergambar dari arsitektur bangunan saja, tetapi juga dalam hal kuliner dan kesenian. Opera klasik yang ada di Vietnam terinspirasi dari budaya Tionghoa, sementara pertunjukkan seni lainnya bergaya Eropa. Teman BuliBi bahkan masih bisa menyaksikan beberapa pertujukkan khas Eropa di Hanoi Opera House. Menarik ya? Kamu mungkin bisa memasukan kegiatan ini ke dalam itinerary-mu nantinya!


4. Nuansa Vietnam Selatan dan Vietnam Utara Berbeda

Teman BuliBi juga perlu tahu fakta unik Vietnam lain yang satu ini. Tidak terlepas dari sejarah negara, kamu akan merasakan suasana yang berbeda jika berkunjung ke utara dan selatan Vietnam. Meskipun tetap berada dalam satu negara bernama Vietnam, Hanoi (Vietnam Utara) dan Ho Chi Minh City (Vietnam Selatan) memiliki rasa yang berbeda. Hanoi sebagai ibu kota negara cenderung terasa lebih tradisional dibandingkan Ho Chi Minh City (HCMC) yang terasa lebih modern, padahal HCMC berada hampir seribu kilometer dari Hanoi.


5. Pho, Mie Khas Vietnam

Pho atau mie khas Vietnam ini disebut sebagai makanan terpenting kedua setelah nasi bagi masyarakat Vietnam. Jika berkunjung ke Vietnam, teman BuliBi akan dengan mudah menemukan Pho di hampir semua sudut Vietnam. Kamu bahkan bisa mencicipi Pho di kedai kecil di gang-gang sempit dengan harga yang relatif murah. Jadi, apa kamu tertarik mencoba kuliner ala Vietnam ini?

Mie ala Vietnam (c) Arakita Rimbayana
Mie ala Vietnam (c) Arakita Rimbayana

6. “Lesehan” ala Vietnam

Mencicipi kuliner lokal dengan suasana khas Vietnam sepertinya wajib dicoba jika teman BuliBi berada di Vietnam. Berbeda dengan sebagian kedai kaki lima di Indonesia yang hanya menyediakan tikar tanpa meja, kedai-kedai kaki lima di Vietnam justru menyediakan kursi dan meja mini sebagai tempat menikmati kulinernya. Namun, di beberapa kedai lainnya kamu justru bisa menemukan kursi dijadikan meja makan. Aneh ya?


7. Mau Coba Helm Rasa Topi?

Bukan rahasia lagi jika lalu lintas di Vietnam lebih semrawut dibandingkan Jakarta, apalagi motor adalah transportasi utama di negara ini. Sebagai pelengkap berkendara, helm Vietnam memiliki keunikan tersendiri. Selain bentuk helm-helmnya yang tidak lazim, Vietnam memiliki helm khusus perempuan di mana ada lubang kecil di bagian belakang seperti topi. Lubang ini berfungsi agar perempuan Vietnam mudah menata rambutnya jika diikat.


8. Masker Wajah Khusus Pengendara Motor Perempuan

Tidak berbeda dengan helm, Vietnam juga memiliki masker wajah khusus perempuan. Berbeda dengan masker umumnya yang hanya menutupi hidung dan mulut, masker khas Vietnam ini hampir menutupi seluruh wajah. Beberapa masker wajah ini bahkan dimodifikasi dengan ditambah seperti hoodie atau topi. Fungsinya tak lain untuk melindungi diri dari debu dan panas matahari.


9. Plat Motor di Satu Sisi

Fakta unik Vietnam kali ini tetap tak jauh-jauh dari motor. Selain alat pelengkap berkendara yang unik, plat motor Vietnam juga memiliki kekhasan dibandingkan negara-negara lain. Plat nomor yang biasanya berada di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor tidak berlaku di Vietnam, khususnya motor. Motor-motor di Vietnam hanya diwajibkan menaruh plat nomor kendaraan di bagian belakang saja. Unik ya?


10. Vietnam, Salah Satu Penghasil Kelapa Terbesar!

Vietnam memang dikenal dengan negara penghasil kelapa, jadi tidak salah jika kelapa sangat mudah ditemui di Vietnam. Nah, jika berkunjung ke Vietnam jangan lupa membeli oleh-oleh khas Vietnam berupa permen kelapa dengan berbagai rasa. Kamu juga bisa menemukan penjual kelapa muda segar jika sedang menikmati taman kota di Vietnam.


11. Mata Uang Vietnam Lebih Murah Daripada Rupiah

Fakta unik Vietnam yang terakhir ini pasti akan membuat teman BuliBi semangat. Nilai mata uang Vietnam yaitu dong memang lebih murah dibandingkan rupiah. Tak heran jika kamu merasa kaya saat berkunjung ke Vietnam karena semua jadi terlihat lebih murah.

Uang Vietnam (c) Graham Minser


Fakta Unik Vietnam lainnya:

Selain 11 fakta unik Vietnam di atas, tim BuLiBi baru-baru ini kembali mencari tahu apa saja yang traveler harus ketahui sebelum berkunjung ke Labuan Bajo. Yuk, simak di bawah ini!


Asal Kata Vietnam, Kombinasi Dua Kata

Vietnam sebenarnya adalah kombinasi dari dua kata, Viet dan Nam. Viet adalah istilah etnis, yang dalam bentuk Cinanya bisa berarti "di luar", yaitu, orang-orang di luar batas (orang luar). Sedangkan Nam adalah kata Cina yang berarti "selatan". Jadi dalam bahasa Cina, Vietnam berarti orang-orang di selatan.


Namun, dalam bahasa Vietnam kuno, 'Viet' digunakan untuk merujuk pada peri dan naga. Para ahli percaya ini merujuk pada bagaimana orang-orang Vietnam muncul. Menurut legenda, mereka adalah keturunan naga dan peri! Meski telah digunakan selama ribuan tahun, Vietnam baru menjadi nama resmi negara tersebut pada tahun 1804, pada masa dinasti Nguyen. Saat ini, varian dua kata Vietnam digunakan oleh warga negara Vietnam, negara tetangga, dan bahkan PBB. Namun, dalam tulisan bahasa Inggris kebanyakan menggunakan satu kata, Vietnam.


Bentuk S Yang Unik Dari Negara Vietnam

Fakta unik Vietnam lainnya adalah adalah bentuk S-nya. Kalau dipikir-pikir, bentuk negara Vietnam terbilang luar biasa untuk sebuah negara, panjang dan kurus, seperti Chili di Amerika Selatan. Bagian atas kurva S yang sempit dimulai di utara dengan ibu kota Hanoi, berbatasan dengan Cina dan Laos di barat.


Bentuk S kemudian menuruni Hoi An dan Hue (di mana terdapat makam Kaisar Tu Duc dan kaisar-kaisar Vietnam lainnya) yang berbagi perbatasan dengan Kamboja di Barat dan garis pantai yang panjang dan sempit di Timur dengan Laut Cina Selatan. Selanjutnya, bentuk S melengkung di ujung selatannya di mana kamu bisa menemukan pusat ekonomi dan transportasi Vietnam, Kota Ho Chi Minh (juga disebut sebagai “Saigon” secara lokal).



Ada Salju di Negara Tropis

Iklim di Vietnam sangat dipengaruhi oleh monsun, yang ditandai dengan banyak hari cerah, curah hujan, dan kelembaban tinggi. Suhu rata-rata berkisar antara 17-29 derajat Celcius sepanjang tahun. Namun, teman BuLiBi mungkin masih bisa merasakan salju pada waktu yang tepat di tempat yang tepat.


Sa Pa adalah kota pegunungan yang menawan di Vietnam Utara di sepanjang perbatasan dengan Cina. Antara Desember dan Februari, suhu di Sa Pa bisa turun di bawah 0 derajat. Meskipun snowboarding dan sledding tidak umum di Vietnam, kamu masih bisa bersenang-senang di Sa Pa dengan kegiatan musim dingin lainnya seperti membuat manusia salju, adu bola salju, atau sekadar menonton hujan salju. Baca soal kota Sa Pa selengkapnya di: Menjejak Sapa, Vietnam: Kota di Kaki Gunung Fansipan.



Makanan Vietnam Masuk Dalam Kamus Oxford

Masakan Vietnam dicirikan oleh variasi yang tak ada habisnya dan rasa yang luar biasa. Banh mi dan pho adalah dua kata Vietnam yang langsung masuk ke Kamus Oxford alih-alih diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Makanan yang pertama adalah sandwich khas yang semakin populer di kalangan orang-orang di seluruh dunia.


Secara umum, banh mi adalah sepotong roti dengan isi dari tiga komponen utama: daging (babi panggang, barbekyu atau babi panggang), sayuran (irisan mentimun, acar wortel, dan daun ketumbar) dan saus (cabai, tomat atau kecap) . Yang terakhir adalah pho, makanan berkuah yang disajikan dengan berbagai macam daging sapi mentah atau matang, urat daging atau bakso sapi, tauge, dan bumbu dapur. Pho bisa dimakan kapan saja sepanjang hari.

Selain fakta-fakta unik dan wisata sejarah yang menarik, Vietnam yang berada di Semenanjung Indocina di Asia Tenggara ini juga menawarkan banyak wisata alam. Dari ujung utara hingga selatan Vietnam, teman BuliBi dapat mengunjungi destinasi alam yang sangat indah. Kamu bisa menyusuri Sungai Mekong dengan perahu atau menikmati keindahan Halong Bay dengan kapal. Jika teman BuliBi lebih menyukai suasana pegunungan, kamu juga bisa mengunjungi Ba Na Hills yang terkenal dengan atmosfer romantis ala Eropa di Vietnam.

Nah, sambil menikmati pilihan destinasi yang diinginkan, teman BuliBi juga bisa melihat atau merasakan langsung fakta-fakta unik Vietnam yang sudah disebutkan di atas. Atau, apa teman Bulibi sudah siap menceritakan fakta unik Vietnam lainnya versimu?

 

(c) BuLiBi - [Kontributor: Yeyen Pratika | Update: Desi Triaryanawati]

Terima kasih sudah membaca! Silakan share artikel ini di sosial media.

Baca juga:




2.277 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page