11 Fakta Unik Bali yang Harus Traveler Tahu

Selain pantai dan pura, ada fakta unik Bali lainnya yang harus diketahui para traveler jika ingin berkunjung ke sana.

Fakta Unik Bali (c) Gangga Sena

Pasti tidak asing lagi kan saat mendengar kata Bali? Pulau eksotis bagi kamu yang ingin berlibur dan menikmati pemandangan alam. Apalagi dengan ditambah suasana romantis yang begitu mengundang.


Bali! Itulah nama pulau yang menjadi sasaran berkunjung para traveler dari dalam maupun luar negeri. Pulau ini juga telah menjadi ikon wisata Indonesia sejak dahulu. Jutaan wisatawan pun berkunjung ke sana tiap tahunnya untuk dapat mengagumi keindahannya secara langsung. Mudahnya akses keliling pulau dan banyaknya tempat penginapan membuat traveler tak perlu bingung saat berada di Bali. Daya tarik Pulau Bali pun sangat beragam. Mulai dari budaya, tradisi dan wisata alam.


Teman BuLiBi juga bisa melihat pura di sekitar pesisir pantai saat berkunjung ke sana. Buat kamu yang ingin menginap di tempat berpemandangan pantai, Bali juga menyediakannya. Sebelum teman BuLiBi mengunjungi pulau seribu pura ini, ada beberapa fakta unik Bali yang harus kamu ketahui.


1. Pantai-pantai yang belum terjamah

Fakta unik Bali yang pertama adalah pantai-pantai yang belum terjamah. Sepi pengunjung, bukan berarti tidak menarik. Bagi traveler yang ingin mendapat suasana berbeda dari pantai terkenal, coba deh kunjungi pantai-pantai ini! Misalnya Pantai Karma Kandara Ungasan. Pantai yang berpasir putih ini terletak di ujung selatan Bali. Selanjutnya, Pantai Gunung Payung. Dikelilingi oleh rerumputan hijau, membuatnya memiliki keunikan tersendiri. Pantai Atuh juga patut dikunjungi bagi traveler penyuka pantai yang belum terjamah. Laut tenang, jernih yang terletak di Nusa Penida. Datang saat air sedang surut adalah pilihan yang tepat. Terutama bagi yang ingin melihat keindahan tersembunyi Pantai Atuh.


2. Masih kental dengan budayanya

Bali masih menjunjung tinggi budayanya. Sejauh mata memandang, setiap sudut di Bali dapat menggambarkan betapa kental budanyanya. Tradisi-tradisi juga masih dijalankan. Segala segi kehidupan di Bali, juga masih berhubungan erat dengan budaya asli. Jika pergi ke jalanan, tak jarang dijumpai penduduk lokal yang mengenakan pakaian adat Bali. Menunjukkan betapa bangganya mereka terhadap budayanya.


3. Danau yang menakjubkan

Fakta unik Bali lainnya adalah danaunya yang menakjubkan. Misalnya Danau Yeh Malet di Karangasem. Danau yang baru dibuka pada tahun 2017 ini, memiliki pemandangan menakjubkan. Perbukitan serta bunga-bunga yang begitu indah dipandang membuat kamu serasa menyatu dengan alam. Dulunya danau ini dipenuhi eceng gondok. Namun, para warga sekarang menanaminya dengan berbagai bunga. Seperti bunga seroja dan teratai.


Selain Danau Yeh Malet, danau lainnya seperti Danau Buyan, Danau Batur, Danau Beratan dan Danau Tamblingan bisa juga didatangi. Panorama di danau-danau tersebut menunggu kamu untuk menghampirinya. Danau di Bali ini juga menyediakan berbagai alat transportasi agar kita bisa mengitarinya. Seperti rakit maupun perahu kecil. Teman BuLiBi yang ingin hunting foto juga bisa datang ke danau-danau di Bali.


4. Wisata kuliner yang patut dicoba

Jika biasanya para traveler ke Bali ingin melihat wisata alam, saatnya sekarang berburu wisata kulinernya! Makanan khas Bali sangat beragam. Seperti ayam betutu, serombotan, rujak kuah pindang, kue laklak, dan lain-lain. Dari yang manis sampai pedas semua ada. Gilimanuk, Denpasar, Klungkung, Ubud, Gianyar, serta Kuta adalah tempat yang bisa dikunjungi jika kamu termasuk salah satu para traveler yang berburu wisata kuliner Bali.


5. Megahnya Patung Garuda Wisnu Kencana

Fakta unik Bali lainnya adalah Patung GWK atau Garuda Wisnu Kencana. Puluhan tahun dibangun, akhirnya selesai juga dikerjakan pada tahun 2018 lalu. Patung GWK berketinggian 121 meter. Hal tersebut membuatnya menyandang predikat patung tertinggi di Indonesia dan nomer dua tertinggi di dunia. Patung megah yang terbuat dari tembaga ini berwujud Dewa Wisnu yang mengendarai Burung Garuda. Sedangkan makna dari patung GWK sendiri adalah kekuatan utama yang dimiliki oleh pemelihara alam semesta. Jika teman BuLiBi ke puncak bangunan di lantai ke 23, kamu dapat melihat pemandangan Pulau Bali. Mulai dari Sanur, Nusa Dua, Kuta dan juga Tanah Lot. Keren kan?


6. Pulau Penyu, pulau kecil yang berada di dekat Pantai Tanjung Benoa

Teman BuLiBi, apa sudah pernah mendengar tentang Pulau Penyu? Atau sudah pernah berkunjung ke sana? Pulau Penyu ini berada di dekat Pantai Tanjung Benoa. Para traveler yang ingin ke sana bisa menaiki perahu bermuatan sekitar 8-10 orang dari Pantai Tanjung Benoa. Saat berada di perahu, kamu juga bisa memberi makan ikan yang ada di laut. Di Pulau Penyu, traveler dapat melihat dan menyentuh secara langsung penyu-penyu. Meski bernama Pulau Penyu, bukan berarti hanya penyu yang ada di pulau ini. Kamu juga bisa melihat hewan lainnya. Seperti burung berwarna-warni, ular dan hewan unik lainnya.


7. Gunung-gunung berpanorama luar biasa

Gunung di Bali berketinggian antara 1.300 meter sampai kurang lebih 3000 meter. Meski tak terlalu tinggi dibandingkan gunung di pulau lainnya, pemandangan yang terlihat dari atas gunung dapat membuat para traveler tercengang. Misalnya saja jika kamu mendaki Gunung Agung. Jika berada di puncak saat menjelang malam, para traveler dapat melihat matahari terbenam dengan begitu indahnya. Gunung Batukaru juga menarik untuk didaki. Kawahnya yang berbentuk unik dan Pura Puncak Kedaton menjadi daya tarik tersendiri bagi gunung ini. Meski gunung di Bali termasuk menantang bagi para pendaki, saat berada di puncak, perjuangan kalian akan terbayar dengan panorama alamnya. Sebelum memutuskan untuk mendaki, baca dulu tips hiking untuk pemula dari BuLiBi ya!


8. Daerah yang memiliki Istana Kepresidenan

Selain di Jakarta, Istana Kepresidenan Indonesia juga ada di Bali. Namanya Istana Kepresidenan Tampak Siring. Istana tersebut berlokasi di Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Gaya arsitektur yang memadu-padankan gaya Bali dengan gaya modern membuatnya terlihat istimewa. Istana Kepresidenan Tampak Siring ini didirikan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Di dalamnya terdapat ruang-ruang dan wisma yang dulunya beliau tempati.


9. Hilton Bali Resort, bangunan tertinggi di Bali

Fakta unik Bali lainnya yaitu bangunan di Bali hanya boleh dibangun setinggi 15 meter, atau tidak melebihi tidak pohon kelapa. Dengan adanya peraturan tersebut, Hilton Bali Resort menjadi bangunan tertinggi di Bali. Hilton Bali Resort ini berada di Nusa Dua. Bangunan ini memiliki 14 lantai dan terletak di atas tebing setinggi 40 meter. Selain itu, karena bangunannya berhadapan dengan Samudra Hindia, menjadikannya gedung berpemandangan indah.


10. Tradisi-tradisi unik

Karena sangat dipengaruhi oleh kepercayaan serta budayanya, Bali menjadi memiliki banyak tradisi. Misalnya ogoh-ogoh, mekare-kare dan mekotek. Ogoh-ogoh adalah tradisi untuk menyambut hari raya Nyepi. Sedangkan tradisi mekare-kare dilakukan untuk menghormati Dewa Perang. Tradisi lainnya yaitu Tradisi Mekotek. Tradisi ini dilakukan sebagai perhormatan bagi leluhur yang dulunya melakukan tradisi yang sama saat memenangkan perang. Jika para traveler penasaran akan tradisi tersebut, tidak ada salahnya loh mengunjungi Bali!


11. Pulau dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia

Fakta unik Bali yang tearkhir adalah Bali termasuk pulau yang memiliki pengunjung terbanyak di Indonesia. Pengunjung dari dalam maupun luar negeri tak pernah berhenti untuk datang ke Pulau Bali. Jumlah wisatawan asingnya saja dari tahun 1969-2019 cenderung naik. Pada tahun 2019, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali mencapai 16.106.954 orang. Bertambah 3,37 persen dari tahun 2018. Belum lagi jumlah wisatawan dalam negerinya. Tak terbayang betapa banyaknya pendapatan wisata di Pulau Bali per tahunnya bukan?

Meski Bali termasuk destinasi wisata yang ramai pengunjung, teman BuLiBi masih bisa mengeksplorasi Pulau Bali dari sudut-sudut lain. 11 fakta unik Bali yang telah disebutkan juga dapat dijadikan alasan untuk mengunjungi Bali. Bagi para traveler yang sudah pernah ke Bali pun bisa coba pergi ke sana lagi untuk mencari hal-hal baru dari pulau ini.


Bukan tanpa alasan Bali menjadi destinasi wisata terfavorit bagi traveler dari berbagai penjuru dunia. Tradisi dan budayanya yang unik membuat siapapun yang belum mengetahuinya menjadi penasaran. Para traveler juga bisa berkunjung ke tempat di Bali lainnya. Siapa tahu kamu bisa menemukan surga tersembunyi lainnya di Bali. Tunggu apa lagi, yuk buktikan langsung 11 fakta unik Bali ini!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Nadhirah]


Terima kasih sudah membaca! Suka artikel ini? Silakan share di sosial media! Baca juga:

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Panduan Liburan Santai di Pantai Canggu, Bali


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #faktaunikbali #faktaunik #bali

Cari tiket pesawat murah ke Bali:


  • Facebook

©2019 by Bulibi