Baca Tips Liburan ke Dieng Dulu

Liburan ke tempat alami memang menjadi destinasi menarik bagi sebagian besar orang, khususnya warga perkotaan. Buat kamu yang bosan dengan tempat wisata perkotaan, kamu harus mencoba wisata alam untuk me-refresh lagi pikiran dan energi kamu. Lalu, mengapa harus Dieng? Tulisan ini akan memberi kamu alasan serta tips liburan ke Dieng.

Tips Liburan ke Dieng (Photo: Pixabay - Author: masfajar)

Dieng, dataran dengan ketinggian ±2000 mdpl ini terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alami dan pegunungan yang mempesona. Karena Dieng itu dataran tinggi, kamu akan mendapat pengalaman berlibur di pegunungan dengan akses yang terbilang mudah. Orang perkotaan cenderung ingin menikmati suasana alami namun tetap diikuti oleh kemudahan akses. Kemudahan transportasi, penginapan dan kuliner merupakan solusi untuk liburan yang tidak terlalu menguras energi. Berikut alasan serta tips liburan ke Dieng.


Akses Transportasi di Dieng, bagaimana?

Tips liburan ke Dieng yang pertama adalah tentang transportasi. Jika kamu ingin mengandalkan transportasi umum, pergi ke Dieng dapat dilakukan dengan berbagai cara:

Dari Jakarta, opsi terbaik perjalanan darat dengan naik kereta api menuju stasiun Purwokerto, kemudian dilanjut naik bus ke Terminal Mendolo Wonosobo. Dari Wonosobo, kamu perlu naik microbus sekali lagi menuju terminal Dieng.

Dari Yogyakarta, kamu bisa naik bus tujuan Magelang. Bus ke Magelang dapat kamu temui di terminal Jombor, kemudian naik menuju terminal Magelang. Di terminal Magelang kamu bisa naik bus menuju terminal Wonosobo, kemudian berlanjut menggunakan microbus menuju terminal Dieng.

Terlepas dari transportasi umum, membawa kendaraan pribadi memang paling fleksibel. Pastikan pengemudi sudah terbiasa dengan medan yang cukup berat. Tanjakan dan jalanan di tepi ketinggian jelas menjadi pemandangan di beberapa perjalanan. Jika kamu berani dan telah terbiasa, membawa keluarga ataupun teman sepanjang perjalanan pastinya menjadi pengalaman yang seru!

Agar tetap fleksibel, kamu yang menggunakan transportasi umum dapat menyewa kendaraan pribadi di sekitar Jalan Dieng. Aksesnya terbilang sangat mudah. Sesampainya di terminal Dieng, kamu bisa jalan kaki beberapa menit saja menuju tempat persewaan kendaraan terdekat.

Penginapan di Dieng

Kamu akan mudah menemukan hotel dan homestay terdekat di sekitar Jalan Dieng. Teman BuLiBi akan dimanjakan dengan kedekatan akses penginapan, rental kendaraan, terminal, dan Dieng tourist information. Beberapa homestay telah menggunakan layanan online sehingga memudahkan kamu memilih tarif dan fasilitas penginapan. Harga penginapan di Dieng bervariasi mulai dari dibawah Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Jangan lupa sesuaikan dengan budget awal kamu ya!


Sesuaikan tempat wisata dengan kondisi fisik dan tujuan kamu

Destinasi wisata merupakan tips liburan ke Dieng selanjutnya. Dieng memang terkenal dengan beragam tempat wisata alam yang ditawarkan. Kamu bisa menemukan tempat wisata yang mudah diakses dengan kendaraan maupun dengan tambahan perjalanan kaki. Beberapa tempat wisata yang terkenal di Dieng di antaranya:

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terkenal dengan pemandangan sunrise yang mempesona. Di bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan beberapa gunung besar di Jawa Tengah seperti Merbabu, Sindoro, Merapi dan sumbing.

Telaga Warna,

Di Telaga Warna, kamu akan mendapat kesempatan melihat variasi warna air seperti merah, hijau, biru, hingga kuning yang berubah karena ekosistem yang ada di telaga tersebut.

Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan kompleks candi terbesar di Dieng. Candi ini masih aktif digunakan sebagai tempat ritual agama Hindu seperti perayaan Galungan. Mengunjungi candi ini di saat yang tepat bisa menjadi daya tarik bagi kamu yang senang mendokumentasi kebudayaan.

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan spot tepat menikmati view pedesaan dan jajaran pegunungan. Karena letaknya yang relatif tinggi, gardu ini cocok untuk menikmati pemandangan sunrise.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang berada dekat dengan Candi Arjuna. Aktivitas vulkanik masih dapat terlihat jelas di kawah ini. Untuk kamu yang hendak kesini, pastikan berhati-hati saat berjalan di area sekitar kawah. Jangan lupa gunakan masker untuk menghindari aroma sulfur yang dihasilkan.

Gunung Prau

Kurang lengkap rasanya jika ke Dieng tanpa melakukan aktivitas pendakian. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini ramah bagi pendaki pemula, memiliki jangka waktu pendakian relatif singkat yakni 3-4 jam. Menikmati golden sunrise dari puncak Prau akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk pendaki pemula, silakan baca tips hiking pemula dulu ya!

Setelah melihat foto-foto beberapa tempat wisata tersebut, penting untuk mengetahui medan yang akan dilalui. Di Jalan Dieng banyak terdapat tourist information maupun penduduk lokal yang siap membantu. Kamu dapat menggali informasi tentang tujuan objek wisata berikut cara aksesnya. Ingat, tips liburan ke Dieng yang utama adalah untuk bersenang-senang. Jangan paksakan aktivitas fisik yang terlalu berat jika kamu tidak ingin menguras energi kamu.


Sesuaikan timing liburan yang pas

Jika pulau Dewata terkenal dengan keajaiban sunset-nya, Dieng terkenal dengan pemandangan sunrise terbaik di Jawa Tengah. Agar bisa menikmati sunrise, kamu dapat memperkirakan waktu berangkat dari penginapan. Sunrise terbaik biasanya terjadi hanya dapat dinikmati dalam momen yang singkat, jadi jangan sampai terlambat, ya!

Dieng merupakan lokasi wisata yang sudah terkenal. Karenanya, lonjakan wisata di waktu liburan maupun momen lain sudah pasti terjadi. Dilansir dari Unit Pelaksanaan Teknis Objek Wisata Dieng, lonjakan wisatawan paling banyak terjadi pasca lebaran. Buat kamu yang hendak menghindari keramaian, libur nasional seperti itu dapat kamu hindari. Menggunakan waktu senggang, cuti, libur sekolah dan kantor bisa menjadi waktu yang tepat.


Waspada akan hujan

Dieng cukup rawan dengan longsor yang biasanya terjadi di musim penghujan. Ketika hujan lebat terjadi, ada baiknya kamu berhenti sejenak dan menghindari daerah rawan. Uniknya, curah hujan di Dieng berbeda dengan daerah sekitarnya dan cenderung tidak menentu. Pastikan kamu selalu sedia perlengkapan hujan ketika berwisata kesini ya!


Suhu lingkungan tidak boleh dilupakan

Ini dia salah satu tips terpenting. Suhu terdingin Dieng bisa mencapai -10°C. Suhu normal waktu siang dan malam berada sekitar 10-20°C. Kira-kira apa kamu sudah dapat membayangkan perlengkapan pakaian yang cocok dibawa? Siapkan cadangan pakaian lebih dari biasanya. Bawa jaket yang tebal, sarung tangan, penutup kepala dan telinga serta perlengkapan lainnya yang bisa menjaga tubuhmu tetap hangat.

Itu dia tips dan alasan kenapa kamu harus memilih Dieng sebagai destinasi wisatamu selanjutnya. Ingat, Tips liburan ke Dieng ini hanya bertujuan memperluas gambaran kamu. Tidak menutup kemungkinan jika fakta di lapangan sekarang akan sedikit berbeda. Tetapi, liburan akan semakin asik jika di dalamnya terdapat cerita yang berbeda bukan? Selamat berlibur, semoga pengalamanmu menyenankan!

(c) BuLiBi - [Kontribusi: Ricko Kusuma]

Terima kasih sudah membaca! Suka artikel ini? Silakan share di sosial media!

Baca juga:

Daftar Penginapan Di Indonesia

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

Liburan ke Patagonia Chili Itu Wajib!

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankebali #bali #purauluwatu #pantaicanggu #ubud

Cari tiket pesawat murah:


  • Facebook

©2019 by Bulibi