Tips Liburan #6: Mengatur Budget Backpacker

Jika dulu liburan ke luar negeri selalu dianggap sebagai kemewahan, sekarang liburan ini milik siapa saja yang mau dan berusaha. Liburan murah dengan budget backpacker cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman baru. Mengatur budget liburan hemat ini juga tidak susah kok. Asalkan kamu tahu tipsnya, liburan ke luar negeri tak semahal yang dibayangkan.

Budget Backpacker (Photo by bady abbas on Unsplash)

Teman BuLiBi pasti pernah mengalami saat ingin liburan tapi khawatir dengan budget yang harus dikeluarkan. Mengatur biaya traveling ke luar negeri memang tidak selalu mudah, apalagi dengan dana yang terbatas. Tapi, ini bukan berarti kamu harus mengubur semua impian jalan-jalanmu. Teman BuLiBi yang masih berpikir bahwa traveling ke luar negeri mahal, wajib membaca tuntas artikel ini. Setelah membaca, Tim BuLiBi yakin kamu pasti ingin mencoba liburan murah dengan budget backpacker ini. Kali ini kamu diajak mencoba beberapa tips untuk mengatur budget backpacker ala BuLiBi. Sudah tidak sabar mengetahuinya? Yuk, cek tips berikut ini dan segera wujudkan impian jalan-jalanmu.


Budget Backpacker: Wajib Pantau Tiket Promo

Budget transportasi boleh dibilang masalah utama yang sering dihadapi oleh wisatawan, baik menggunakan transportasi darat ataupun udara. Pos budget backpacker ini memang perlu dicermati baik-baik. Jika kamu berpergian dengan menggunakan jalur darat seperti kereta dan bus, sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan saat membeli 1 bulan atau 1 minggu sebelum berangkat. Tapi, online travel agent (OTA) sering juga memberikan promo. Jadi, Teman BuLiBi perlu juga rajin-rajin cek promo diskonnya ya!


Nah, transportasi liburan dengan pesawat yang paling sering bikin wisatawan was-was. Tiket pesawat memang seringkali jauh lebih mahal daripada jalur lainnya. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Umumnya, beberapa OTA dan perusahaan maskapai mengadakan diskon besar-besaran untuk keberangkatan 6 – 12 bulan ke depan. Jadi, kamu perlu rajin-rajin pantau harga tiket promo ini dan jangan lupa aktifkan notifikasi di emailmu supaya tidak ketinggalan!

Tidur Nyaman, Budget Backpacker Juga Aman

Tak hanya transportasi saja yang menjadi masalah dalam mengatur budget jalan-jalan. Teman BuLiBi yang tertarik dengan budget backpacker perlu juga memerhatikan soal akomodasi. Tiket pesawat promo sudah di tangan, tapi kamu tidak mau kan liburan tanpa tidur nyaman? Untuk budget backpacker, menginap di hostel adalah pilihan yang tepat karena lebih ekonomis. Kamar hostel umumnya berupa dormitory, yaitu ruangan dengan sistem berbagi kamar (shared room) dengan 4 -12 orang yang kemungkinan tidak kamu kenal sebelumnya. Keuntungannya, dengan cara begini kamu justru bisa berkenalan dengan teman-teman baru lho. Tertarik bertemu dengan teman-teman baru? Coba saja cara ini!


Budget Backpacker Aman untuk Perut Kenyang

Urusan perut wajib Teman BuLiBi perhatikan saat berlibur. Perut yang kenyang tentu akan membuat liburanmu lebih nyaman. Untuk budget backpacker, tinggal di hostel bukan saja lebih ekonomis untuk urusan akomodasi tetapi juga bisa menghemat budget makanmu. Beberapa hostel menyediakan tempat untuk memasak (shared kitchen) sehingga kamu bisa lebih berhemat. Jika kamu malas memasak, Teman BuLiBi juga wajib mencoba street food di negara-negara yang ingin kamu kunjungi. Harga makanan di street food tentunya jauh lebih murah dibandingkan restoran. Kamu juga bisa memanfaatkan makanan cepat saji yang ada di convenience store untuk berhemat. Bagi kamu yang hanya makan halal food, di beberapa negara ada juga kok street food dan makanan cepat saji yang bisa kamu coba. Jadi, jangan khawatir ya!


Botol Minum Penyelamat Budget Backpacker

Membawa botol minum mungkin terdengar aneh bagi kamu yang baru pertama kali mencoba liburan murah. Tapi, tips budget backpacker ala BuLiBi ini perlu juga dicoba untuk menghemat alokasi dana traveling-mu. Beberapa negara maju menyediakan tap water yang bisa langsung diminum. Dengan membawa botol minum, tentunya kamu tidak perlu repot-repot membeli air mineral. Tidak hanya itu saja, beberapa hostel juga menyediakan air minum gratis. Kamu bisa dengan mudah mengisi ulang botolmu. So, jangan lupa bawa botol minummu ya! Selain berhemat, kamu juga sekaligus menerapkan budaya go green lho

Budget Backpacker Banyak Jalan Kaki Biar Sehat!

Percaya atau tidak ini salah satu cara paling jitu untuk budget backpacker. Dana transportasi lokal yang harus kamu keluarkan pasti akan berkurang dengan drastis. Apalagi di beberapa negara, lokasi wisata seringkali jaraknya saling berdekatan. Jika menggunakan transportasi umum cukup tanggung, alternatif jalan kaki paling sering dipilih oleh backpacker. Dengan berjalan kaki, teman BuLiBi tentu akan melihat lebih banyak pemandangan daripada dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu juga bisa lebih merasakan ambience orang-orang lokal jika berjalan kaki. Selain hemat ongkos, tentunya teman BuLiBi jadi lebih sehat!


Budget Backpacker Tetap Bisa Belanja Seru

Gaya traveling setiap orang memang beda-beda. Ada traveler yang senang berbelanja, ada juga yang tidak. Tapi, liburan dengan budget backpacker bukan berarti kamu tidak boleh berbelanja sama sekali. Dengan menyiapkan dana shopping, kamu tetap bisa berbelanja dengan tenang. Saran Tim BuLiBi, sebaiknya pos dana belanja sudah ditentukan dari awal dan wajib dibedakan dengan dana makan, transportasi lokal dan tiket masuk lokasi wisata. Ini agar kamu tetap menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Teman BuLiBi juga perlu melakukan riset kecil-kecilan tempat belanja murah di mana dan jangan ragu untuk cek ke toko sebelah sebelum membeli. Bagi beberapa traveler, membawa pulang oleh-oleh adalah kewajiban. Nah, buat kamu yang masuk kategori ini, pastikan kamu memasukan poin ini ke budget belanjamu juga ya!

Share Cost dengan Teman, Budget Backpacker Lebih Murah

Teman BuLiBi yang merasa kurang nyaman solo traveler, tentu akan memilih liburan dengan teman. Budget backpacker dengan liburan bersama teman seperti ini tentu akan menghemat biaya travelingmu. Kamu bisa share cost untuk beberapa pos kebutuhan, misalkan penginapan dan transportasi lokal. Untuk beberapa tempat yang sulit dijangkau dengan transportasi umum, kamu bisa sewa mobil dengan lebih hemat. Cara ini tentu akan sangat mengurangi biaya liburanmu. Tapi, pastikan juga teman BuLiBi memilih partner traveling yang asyik. Jangan sampai liburanmu jadi berantakan karena kurang cocok dengan teman traveling.


Budget Backpacker, Bawa Barang Seperlunya!

Meskipun backpacker tidak lagi identik dengan tas punggung, tapi barang bawaan memang perlu menjadi perhatian saat traveling. Teman BuLiBi perlu memahami bahwa maskapai low budget memiliki batasan terkait barang bawaan yang bisa masuk ke kabin, sehingga kamu perlu membeli bagasi jika membawa barang yang melebihi aturan tersebut. Sedangkan maskapai full service memberikan kelonggaran bagi penumpangnya terkait berat bagasi, tapi kamu tetap harus perhatikan barang bawaanmu. Harga bagasi tambahan cukup mahal untuk budget backpacker. Untuk itu, Tim BuLiBi menyarankan kamu untuk bawa barang seperlunya saja agar biaya travelingmu lebih hemat.

Siap Bertualang dengan Budget Backpacker ala BuLiBi?

Setelah kamu membaca saran budget backpacker ala BuLiBi ini, kamu pasti jadi semakin tertarik untuk mencoba liburan hemat dan seru kan?. Tips ini tidak hanya untuk liburan ke luar negeri saja kok, kamu juga bisa mencobanya saat liburan di dalam negeri. Teman BuLiBi juga bisa mengombinasikannya dengan liburan hemat lainnya ala kamu. Tapi yang pasti, budget backpacker ini tidak akan terealisasikan jika kamu tidak mulai menabung dari sekarang. Ini perlu kamu lakukan agar jika sewaktu-waktu ada tiket promo, kamu tidak perlu bingung uangnya dari mana. Jadi, kamu tertarik bertualang dengan cara hemat? Tunggu apalagi, siapkan dana traveling kamu sekarang juga!

© BuLiBi – [Kontributor: Yeyen P.]


Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ingin teman-temanmu baca juga? Yuk, share di social mediamu!


Baca juga:

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies

Apply Visa Colombia: Bukan Liburan Biasa Ke Negara Bebas Visa

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal

  • Facebook

©2019 by Bulibi