Liburan Seru, Wajib Kunjungi Tempat Wisata di Batu!

Teman BuLiBi ingin pergi ke Kota Wisata Batu? Atau masih sedang mencari tempat di wilayah Jawa Timur yang tepat untuk dikunjungi bersama teman, keluarga, atau bahkan pacar? Tempat wisata di Batu seperti museum, taman hiburan, dan juga wisata alam berikut ini wajib masuk ke list liburan kamu!

Tempat Wisata di Batu (Photo: Wikipedia - Author: Alvaro Filbert Liko)

Kota wisata yang satu ini cukup terkenal di Provinsi Jawa Timur. Penghasilan daerahnya pun semakin meningkat karena banyaknya wisatawan yang singgah di Batu. Para investor pun tak ragu untuk berinventasi dan turut andil untuk membuat lebih banyak lagi tempat wisata di Batu. Tanahnya yang masih luas juga memungkinkan akan dibangun tempat wisata lainnya di masa yang akan datang.


Bangsa Belanda pun sampai dibuat takjub oleh keindahan alamnya. Karena itu, Kota Wisata Batu ini mendapat julukan dari mereka yaituDe Kleine Zwitserland” atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Swiss kecil di Pulau Jawa”. Jika Teman BuLiBi penasaran tempat wisata apa saja sih yang menarik untuk dikunjungi di Batu? Mari kita kupas satu per satu!

Tempat Wisata di Batu yang Menambah Pengetahuan

Kalau bicara tentang pengetahuan, beberapa museum di Batu ini bisa jadi tujuan utama kamu. Mulai dari kendaraan dari penjuru dunia sampai sejarah musik ada di Kota Batu. Berikut museum yang bisa kamu datangi saat mampir ke Kota Batu.

Museum Musik Dunia Jatim Park 3

Bagi kamu pecinta musik atau sekedar ingin tahu seputar musik, Museum Musik Dunia bisa masuk ke list kamu. Meski termasuk wahana di Jatim Park 3, kamu yang hanya ingin pergi ke museum ini bisa beli tiketnya secara terpisah. Di Museum Musik Dunia ini, Teman BuLiBi bisa mendapat pengetahuan tentang sejarah dan juga alat musik berbagai genre di seluruh dunia. Bagi yang ingin melihat patung lilin musisi dari berbagai genre juga bisa datang ke sini.

Museum Angkut

Museum yang satu ini adalah salah satu destinasi wisata yang paling dicari terutama bagi Teman BuLiBi yang ingin melihat alat transportasi yang digunakan di berbagai belahan dunia. Museum ini termasuk museum alat transportasi terbesar di Asia. Mulai dari berbagai jenis mobil, motor, sepeda, sampai alat transportasi tradisional juga ada di sini. Menariknya lagi, Museum Angkut juga memiliki koleksi mobil dari Presiden Soekarno dan helikopter milik negara Indonesia. Ada pula berbagai area yang berisi koleksi alat transportasi dari daerah atau negara tertentu seperti Sunda Kelapa, maupun area alat transportasi Eropa. Tiap-tiap area yang ada di Museum Angkut ini juga dibuat sedemikian rupa sehingga suasana dan dekorasinya berubah-ubah mengikuti daerah koleksi yang ada. Museum angkut juga memiliki berbagai atraksi menarik di jam-jam tertentu setiap harinya.

Tempat Wisata di Batu untuk Pecinta Alam

Bagi yang ingin mendaki di Kota Batu, kamu bisa pergi ke Gunung Panderman. Jika cuaca sedang cerah dari puncak gunung yang biasa disebut Puncak Basundara ini, kamu bisa melihat pemandangan awan yang menakjubkan.


Teman BuLiBi suka dengan air terjun? Dua tempat wisata alam ini cocok untuk kamu. Jika kamu ingin melihat keindahan air terjun di tengah hutan, cobalah ke Coban Talun. Atau kalau mau ke air terjun dengan pemandangan yang indah, kamu bisa pergi ke Coban Putri yang berlokasi di Tlekung, Kecamatan Junrejo. Di Coban Putri, kamu bisa memandang bukit dan juga lembah-lembah yang ada oleh Kota Batu.

Tempat Wisata di Batu bagi yang ingin bersantai

Terbilang cukup baru, The Onsen Resort Batu memiliki suasana berbau Jepang mulai dari tempat makan, spot foto hingga bentuk penginapannya. Kata onsen sendiri diambil dari bahasa Jepang yang berarti sumber air panas. Untuk yang ingin menginap bersama keluarga tempat ini bisa masuk ke list kamu. Lihat info lengkap seputar penginapan di Batu di bagian akhir artikel ini!


Ingin melihat suasana di tengah Kota Batu saat sore atau malam hari bersama pacar? Alun-alun Kota Batu ini bisa Teman BuLiBi kunjungi. Di sana kamu bisa naik bianglala sambil melihat pemandangan atau bisa mencoba wisata kulinernya karena di sekeliling alun-alun Kota Batu ini ada pasar dan juga tempat-tempat makan yang beragam.


Penginapan nyaman untuk bersantai

Tempat untuk bersantai lainnya di Kota Batu adalah Singhasari Resort yang lokasinya berdekatan dengan Jatim Park 3.. Fasilitas yang disediakan oleh resort tersebut juga sangat lengkap, mulai dari spa, gym, kolam renang, outbond, kids club, game center, movie theater, dan lain-lain. Dijamin kamu tidak akan bosan meski seharian berada di penginapan yang satu ini.


Kalau teman BuLiBi ingin bersantai sekaligus menginap di tempat yang memiliki pemandangan indah dengan harga yang relatif murah, Omah Kayu bisa jadi tujuan kamu. Omah Kayu dalam bahasa Indonesia berarti rumah kayu. Seperti namanya, di sini semua bangunannya terbuat dari kayu. Omah Kayu juga menyediakan tempat pemandian air panas bagi kamu yang ingin mencobanya.

Tempat Wisata di Batu yang Memacu Adrenalin

Bosan dengan tempat wisata yang biasa-biasa saja? Atau ingin ke tempat wisata yang dapat memacu adrenalin kamu? Teman BuLiBi bisa coba pergi ke tempat wisata Batu berikut ini.


Wisata Paralayang

Bagi yang belum tahu, paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas dari bukit. Nah, untuk Teman BuLiBi yang baru pertama kali bermain paralayang, tidak perlu khawatir saat akan mencobanya di Wisata Paralayang Batu. Di sini ada instruktur yang akan membantu kamu sampai mendarat dengan lancar.

Jatim Park 1

Kalau kamu mencari tempat wisata theme park yang memiliki berbagai wahana, maka Jatim Park 1 tempatnya. Bagi yang ingin memacu adrenalin, kamu bisa coba wahana-wahana seperti Pendulum 360°, Volcano Coaster, Superman Coaster, Aerotest, dan lain-lain. Bagi yang pergi bersama keluarga atau dengan teman, tempat wisata ini cocok loh untuk kamu datangi.

Batu Night Spectacular

Meski hampir sama dengan Jatim Park 1, Batu Night Spectacular atau yang biasa disingkat menjadi BNS ini memiliki jam buka yang berbeda dengan Jatim Park 1. Jika Jatim Park 1 buka pada pagi sampai sore hari, BNS buka khusus pada malam hari. Wahana yang dapat memacu adrenalin kamu di BNS yaitu rodeo, sepeda udara, flying swinger, gravitron, drop n’ twist dan yang paling banyak diminati mega mix.

Hampir semua tempat wisata Batu di atas Instagramable. Jadi jangan khawatir tidak bisa mendapat spot foto yang bagus untuk diupload di social media kamu. Sebenarnya selain yang sudah disebutkan, masih banyak tempat wisata Batu lainnya seperti Batu Secret Zoo, Goa Pinus, Taman Langit, Batu Flower Garden, dan sebagainya. Bagi yang mau memetik buah di Kota Batu, kamu juga bisa mengunjungi Kusuma Agrowisata. Di sana kamu akan diajak oleh pemandu untuk berkeliling di kebun yang luas sekaligus mempelajari seluk beluk tentang buah khas Batu yaitu apel maupun buah-buah lain seperti stroberi, jambu, jeruk, dan lain-lain.


Itu dia berbagai tempat-tempat wisata yang ada di Batu. Jika Teman BuLiBi penasaran, yuk berkunjung ke Kota Wisata Batu!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Nadhirah]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca juga:

Cerita Bukan Liburan Biasa: Liburan Murah Tapi Seru di Malang

Ada Apa sih di Kebun Apel Malang?

Mau liburan ke Malang? Ini Tipsnya!

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankebatu #tempatwisatabatu #batumalang #batu


  • Facebook

©2019 by Bulibi