Mau liburan ke Malang? Ini Tipsnya!

Ada rencana liburan? Tapi belum tahu mau kemana? Liburan ke Malang kuy!

Liburan ke Malang (c) Arakita Rimbayana

Kota Malang yang terkenal dengan bahasa walikan atau bahasa yang kosakatanya dibalik ini, cocok nih untuk jadi destinasi wisata kamu. Kota yang berhawa dingin dan terletak di daerah dataran tinggi ini, punya banyak destinasi wisata dan kuliner yang sayang banget untuk dilewatkan loh.


Bagi yang belum familiar dengan kota Malang, mungkin akan bertanya-tanya sebenarnya kota ini terletak dimana sih? Kota yang sebesar 145,3 km2 ini, terletak di provinsi Jawa Timur. Sebenarnya kota Malang ini terbilang cukup luas dan besar loh di provisinya. Tak hanya itu, ada banyak panorama yang bisa memanjakan mata maupun tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan kota lain. Kota Malang ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.


Nah, untuk kamu yang berminat berkunjung ke kota Malang, wajib banget untuk tahu tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelumnya. Kali ini Tim BuLiBi akan berbagi tips liburan ke Malang. Yuk simak tips liburan ke Malang ala Tim BuLiBi.



Tips Liburan ke Malang: Cari tahu dulu tempat yang ingin kamu tuju

Tips yang pertama yaitu tentukan tempat wisata yang ingin didatangi dulu ya! Biar kamu dapat langsung mendatangi tempat yang diinginkan. Karena di Malang, tujuan wisatanya sangat beragam. Apalagi kalau hanya satu hari berada di Malang. Kalau kamu sudah cari tahu tempat wisata yang ingin dituju sebelumnya, liburan dalam waktu singkat pun dapat berkesan bukan?


Jika pergi ke Malang, coba deh datang ke beberapa destinasi wisata seperti Pantai Tiga Warna di daerah Malang Selatan, Taman Kelinci di Bumiaji, Sumber Sirah di kecamatan Gondanglegi dan jika ingin berwisata yang dekat dengan pusat kota Malang bisa juga mengunjungi Kampung Warna-Warni.


Sedangkan kalau ingin ke tempat wisata yang populer baru-baru ini, kamu bisa pergi ke florawisata San Terra de Lafonte. Di florawisata tersebut, teman BuLiBi dapat mempelajari beragam flora sekaligus selfie dengan latar bangunan-bangunan khas Eropa dan Korea. Bagaimana? Menarik kan?



Tips Liburan ke Malang: Ingat hal ini saat memilih lokasi

Tips yang kedua yaitu tips untuk mencari lokasi penginapan. Jika berwisata hanya dalam waktu yang singkat, kamu bisa cari homestay atau hostel yang paling dekat dengan tempat-tempat wisata yang akan dituju. Alasannya adalah agar lebih hemat ongkos perjalanan dan hemat waktu juga.


Misalnya kalau mau ke tempat wisata yang ada di Malang Selatan atau di daerah pegunungan, lebih baik menginap di sekitar tempat itu saja. Kenapa begitu? Biar kamu bisa lama berada di tempat wisatanya. Sayang kan kalau udah beli tiket dan datang jauh-jauh ke Malang tapi nggak puas mengeksplorasi tempat wisatanya.



Bingung mau naik apa ke tempat wisata? Ini alternatifnya

Tips liburan ke Malang yang selanjutnya adalah carilah tempat persewaan motor atau mobil terlebih dahulu. Jadi, meski menginap di daerah yang jauh dari tempat wisata, kamu nggak perlu khawatir.


Harga sewa motor di Malang, mulai dari 39 ribu sampai 120 ribu rupiah. Harga tersebut tergantung pada tipe motor yang akan kamu sewa. Sedangkan untuk sewa mobil harganya juga bervariasi. Tergantung pada tipe mobil dan jam penggunaan. Sewa mobil sedan di Malang beserta sopir berkisar antara 300 ribu hingga 900 ribu rupiah. Sedangkan yang sudah beserta sopir dan bensin berkisar dari 475 ribu sampai 1 juta 50 ribu rupiah. Untuk jam penggunaannya ada yang 12 jam, 16 jam maupun 1 hari.


Tetapi, jika ingin berlibur berkelompok dan membutuhkan kendaraan yang besar, kamu bisa menyewa elf ataupun bus. Kedua kendaraan tersebut dapat disewa berdasarkan jam penggunaan dan juga jenis elf ataupun busnya. Kisaran harga untuk sewa per 12 jam dan 16 jamnya mulai dari 700 ribu sampai 3 juta rupiah. Banyak pilihannya kan?


Oh iya, ada satu hal lagi yang perlu teman BuLiBi ingat nih! Harga-harga yang telah disebutkan di atas, bisa juga berubah saat weekend, holiday maupun saat tahun baru ya.



Takut kedinginan? Kenakan pakaian yang agak tebal

Tips liburan ke Malang yang berikutnya yaitu gunakan pakaian yang agak tebal. Terutama jika ingin ke daerah pegunungan. Karena suhu di daerah tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan di pusat kota Malang.


Apalagi kalau punya alergi dingin. Jangan sampai lupa pakai jaket atau baju yang tebal teman BuLiBi. Biar bisa berwisata dengan nyaman dan tidak jatuh sakit sebelum sampai di tempat tujuan. Kalau kamu sakit jadi tidak bisa menikmati waktu liburannya kan?



Tips Liburan ke Malang: Barang yang wajib dibawa

Akhir-akhir ini cuaca sering tak menentu. Walau sedang musim kemarau tak menutup kemungkinan hampir setiap hari juga turun hujan. Di Malang, pada akhir bulan April, biasanya sudah memasuki musim kemarau. Tetapi tahun ini, sampai bulan Mei pun masih sering turun hujan. Baik deras maupun tidak.


Jadi, jika pergi ke Malang saat musim hujan maupun musim kemarau pastikan selalu membawa payung dan jas hujan di dalam tas kamu ya!



Tips liburan ke Malang: Pelajarilah bahasa Jawa meski hanya sedikit

Tips yang terakhir ini bisa dibilang tips yang paling penting, teman BuLiBi. Kamu akan sangat terbantu bila bisa bahasa Jawa meski hanya beberapa kosakata saja. Misalnya saat ke daerah yang dekat dengan pemukiman warga. Kamu dapat mengakrabkan diri dengan mudah. Selain itu, jika ingin beli oleh-oleh atau barang di pasar konvensial, boleh juga dipraktekkan untuk tawar-menawar. Siapa tahu bisa beli barang dengan harga yang lebih murah, lumayan kan?


Bahasa Jawa ini juga dibutuhkan loh saat mau naik becak di sekeliling alun-alun kota Malang. Apalagi kalau bisa dengan krama alus atau bahasa yang paling sopan dalam bahasa Jawa. Tidak perlu bisa semua. Hafalkan saja angka satu sampai dengan angka sepuluh dan juga kata “pinten pak?” yang berarti “berapa pak?”, dijamin tarif naik becaknya bisa lebih murah dibandingkan jika kamu menggunakan bahasa Indonesia loh!

Nah, itu dia beberapa tips liburan ke Malang yang bisa Tim BuLiBi berikan ke kamu. Keenam tips liburan ke Malang yang telah disebutkan tadi bisa banget dicoba jika ingin berlibur ke kota Malang ya, teman BuLiBi.


Bagi kamu yang ingin ke tempat-tempat destinasi wisata lain, bisa juga loh. Karena di Malang masih banyak destinasi wisata lainnya yang menarik juga. Yang perlu di ingat kebanyakan pantai yang ada di Malang ada di bagian Selatan, sedangkan gunung maupun air terjun kebanyakan di sebelah utara kota Malang. Kalau mau berkunjung tempat-tempat wisata lainnya bisa dikunjungi di di seluruh Malang. Baik di wilayah kota maupun di kabupaten. Terima kasih sudah membaca!


(c) BuLiBi - [Kontribusi: Nadhirah]

Baca juga:

Cerita Bukan Liburan Biasa: Liburan Murah Tapi Seru di Malang

Daftar Penginapan Di Indonesia

Keindahan Taman Sari Keraton, Wisata Air Bersejarah di Yogyakarta

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankemalang #malang

Rekomendasi penginapan di Malang:


  • Facebook

©2019 by Bulibi