Hunting Sakura di Jepang? Ini Tempat Populer di Tokyo Untuk Menikmatinya

Diperbarui: 26 Des 2020

Punya wish list melihat langsung sakura di Jepang? Traveling ke Tokyo bisa jadi pilihan nih traveler!


Jepang sudah lama menjadi tujuan wisata utama para wisatawan untuk melihat langsung sakura atau cherry blossom. Waktu sakura bermekaran di Jepang sangat bervariasi. Di Jepang bagian utara seperti Okinawa, sakura mulai mekar di bulan Januari.


Sementara di Hokkaido (bagian selata Jepang), sakura bisa saja baru mulai bermekaran di bulan Mei. Untuk beberapa kota lain seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka umumnya sakura mekar di awal bulan April.


Jadi, jika kamu berencana untuk melihat langsung sakura dan hanya punya waktu terbatas, Tokyo bisa jadi pilihan kamu. Di ibukota negara matahari terbit ini, kamu bisa melihat sakura di beberapa tempat.


Biasanya, sakura di Tokyo mulai mekar dari akhir Maret hingga awal April. Beberapa tahun terakhir, sakura mulai mekar sekitar tanggal 20 Maret hingga 28 Maret. Sedangkan untuk puncak mekarnya sakura antara tanggal 27 Maret hingga 6 April.


Kamu akan disuguhi pemandangan cantik bunga-bunga sakura berbagai warna dari putih, pink, dan merah yang bermekaran. Saat inilah, banyak masyarakat Jepang menikmati mekarnya sakura dengan piknik atau berkumpul dengan keluarga, teman, dan rekan kerja di tempat terbuka, yang biasa dikenal dengan hanami.

Traveler juga bisa lho mencoba hanami di taman yang terdapat di berbagai penjuru Tokyo. Nah, waktu yang terbaik untuk berkunjung ke Tokyo untuk hunting sakura di akhir Maret dan awal bulan April.


Tentu saja, jangan lupa untuk selalu cek forecast mekarnya sakura, yah! Teman BuLibi bisa cek perkiraan waktu mekar sakura di Sakura Weather Map atau di Japan National Tourism Organization.


Oh iya, musim semi ini merupakan peak season juga nih, teman BuLiBi! Tokyo akan sangat ramai dengan turis yang berkunjung. Jadi, sebaiknya pesan tiket dan hotel jauh-jauh hari yah!


Jadi, bisa hunting sakura di mana sajakah di Tokyo? Berikut rekomendasi beberapa tempatnya:


Ueno Park

(c) Desi Tri

Salah satu spot paling favorit di Tokyo untuk menikmati sakura dan hanami adalah Ueno Park. Di taman umum yang luas ini, kamu bisa melihat lebih dari 1.000 pohon sakura. Teman BuLiBi bisa ikutan hanami seperti masyarakat Jepang.


Biasanya, sakura di Ueno Park mekar satu hingga tiga hari lebih awal dibandingkan taman-taman lain di Tokyo. Di dua minggu pertama, Ueno Park akan dihiasi lampu-lampu mulai pukul 17.30 – 20.00. Pastinya, jadi pengalaman unik menikmati sakura di malam hari yah!


Sore hari Ueno Park sangat ramai. Kalau bisa, datanglah lebih pagi agar bisa puas berkeliling dan tentunya, foto-foto. Selain itu, di Ueno Park juga terdapat museum dan kebun binatang. Kamu bisa melihat hewan liar di Ueno Park Zoo, cocok untuk yang traveling dengan keluarga.


Akses ke Ueno Park:

  • Japan Rail (JR) Yamanote Line, turun di JR Ueno Station, kemudian keluar di Exit Park, 5 menit jalan kaki

  • JR Yamanote Line, turun di Uguisudani Station (belakang Tokyo National Museum), 1 menit jalan kaki

  • Subway Ginza line, turun di Ueno Station, 1 menit jalan kaki

  • Keisei Honsen line, turun di Keisei Ueno, 1 menit jalan kaki

Operasional : 05.00 – 23.00

Tiket masuk : gratis (untuk museum dan zoo tiket berbayar)


Shinjuku Gyoen National Park

(c) Desi Tri

Taman ini merupakan salah satu taman terbesar dan populer untuk menikmati sakura di Tokyo. Di Shinjuku Gyoen, terdapat berbagai macam jenis pohon sakura. Ada lebih dari 1.000 pohon di taman seluas 58.3 ha dengan lapangan luas yang bisa dijadikan tempat untuk hanami ini.


Shinjuku Gyoen juga merupakan salah satu taman traditional Jepang. Di sini kamu bisa menemukan sebuah kolam besar dengan beberapa pulau dan juga jembatan-jembatan. Tempatnya sangat tenang dan memberikan rasa damai.


Setelah menikmati hanami bersama teman atau keluarga, jangan lupa untuk eksplor Shinjuku. Merupakan salah satu distrik yang ramai di Tokyo, Shinjuku merupakan tempat favorit untuk shopping. Mampir juga yah, ke Metropolitan Government Office! Di sini, traveler bisa melihat kota Tokyo dari ketinggian di dek observasi, gratis!


Akses ke Shinjuku Gyoen :

  • JR Yamanote Line, turun di Shinjuku Station dan keluar di New South Exit, 10 menit jalan kaki

  • Marunouchi Subway Line, turun di Shinjukugyoenmae Station, 5 menit jalan kaki

  • Chuo/Sobu Line, turun di JR Sendagaya Station, 5 menit jalan kaki

Operasional : 09.00 -16.30

Tiket masuk : 200 yen


Yoyogi Park

(c) Desi Tri

Salah satu taman kota terluas di Tokyo, Yoyogi Park memiliki pohon sakura lebih sedikit dibandingkan taman-taman kota lainnya. Namun, taman ini tetap merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati hanami.


Yoyogi Park dikenal dengan hutan pohon ginko. Pohon ini terlihat sangat indah saat daun-daunnya berubah warna keemasan di musim gugur. Dulunya, taman ini merupakan Olympic Village untuk Olimpiade Tokyo tahun 1964 lampau.


Taman ini berada di distrik Shibuya, yang terkenal dengan Shibuya Crossing dan Patung Hachiko yang legendaris. Buat pecinta belanja, di sinilah pusat fashion kota Tokyo. Kamu bisa menemukan hampir apa saja, mulai dari barang bermerk dunia hingga lokal. Tepat di sebelah Yoyogi Park terdapat Meiji Shrine, salah satu temple yang wajib didatangi di Tokyo juga, nih!


Akses ke Yoyogi Park:

  • JR Yamanote Line, turun di Harajuku Station, 5 menit jalan kaki

  • Chiyoda line to Yoyogi-koen Station exit 4, 3 menit jalan kaki

Operasional: 24 jam

Tiket masuk: gratis


East Garden Imperial Palace Tokyo

(c) Desi Tri

Merupakan kompleks tempat tinggal keluarga kerajaan Jepang, Imperial Palace dikelilingi taman yang sangat luas, parit, dan juga tembok-tembok batu. Untuk menikmati sakura di Jepang, East Garden Imperial Palace Tokyo tidak boleh dilewatkan.


East Garden awalnya merupakan istana kerajaan pada masa Edo. Sayangnya, bangunan utama istana sudah tidak ada. Tapi, tembok, gerbang masuk, dan beberapa pos penjaga masih ada sampai saat ini.


Kamu bisa berkeliling menikmati halaman dengan rumput luas yang dipenuhi dengan pohon sakura. Traveler juga bisa eksplor taman bergaya Jepang yang ada di bawah bukit. Jika kamu memasukkan Imperial Palace, jangan lupa cek jadwal dulu yah, taman ini buka atau tidak.


Akses ke East Garden Imperial Palace

Semua line, turun di Tokyo Station, 10 menit jalan kaki


Operasional :

9:00 to 17:00 (1 Maret s/d 14 April, dan di bulan September) 9:00 to 18:00 (15 April 15 hingga Agustus) 9:00 to 16:30 (sepanjang bulan Oktober) 9:00 to 16:00 (mulai November hingga February) (tidak menerima pengunjung 30 menit sebelum operasional berakhir)


Tutup:

  • Senin, Jumat, Tahun Baru (28 Desember – 3 Januari)

  • Jika ada acara khusus

  • Jika Senin atau Jumat merupakan hari libur nasional, hari berikutnya juga tutup

Tiket masuk : gratis


Chidorigafuchi


(c) Desi Tri

Masih berada di sekitar Imperial Palace, Chidorigafuchi merupakan jalan di sepanjang sisi sebelah barat Imperial Palace. Jika ingin menikmati sakura di Tokyo dengan sedikit berbeda, wajib datang ke Chidorigafuchi nih!


Di sini, kamu bisa menikmati sakura dengan naik perahu kecil sambil menyusuri parit/sungai. Di sisi kiri dan kanan parit ditanami sekitar 260 pohon sakura dengan berbagai jenis. Saat musim semi dan sakura bermekaran, area ini akan terlihat seperti terowongan bunga sakura.


Kamu juga bisa menikmati cantiknya pemandangan pohon sakura yang berhias lampu-lampu di malam hari lho! Pasti seru dan asyik yah! Pohon sakura berhias lampu bisa dinikmati hingga jam 10.00 malam.


Akses ke Chidorigafuchi

  • Semua line, turun di Tokyo Station, 10-15 menit jalan kaki

  • Chiyoda, Tozai, Marunouchi, Hanzomon, dan Mita Subway Lines, turun di Otemachi Station, 5 menit jalan kaki

  • Hanzomon Subway Line, turun di Hanzomon Station Exit 3a / Exit 4, 3 menit jalan kaki

  • Yurakucho Subway Line, turun di Kojimachi Station Exit 1 / Exit 3, 10 menit jalan kaki

Operasional: 24 jam

Tiket: gratis

Tokyo merupakan tempat wisata terkenal di Jepang dengan begitu banyak taman kota, kuil dan temple, serta pusat perbelanjaan. Merupakan ibukota dan pusat bisnis, Tokyo bisa didatangi kapan saja sepanjang tahun.


Tentu, musim semi merupakan salah satu waktu terbaik untuk berkunjung. Wisatawan dari berbagai penjuru negara khusus memilih musim ini untuk menikmati sakura. Walaupun tidak lama, keindahan sakura yang bermekaran menjadi daya tarik yang tidak pernah ada habisnya.


Dengan begitu banyak taman kota yang ada di Tokyo, ada banyak tempat untuk mencoba hanami bersama teman dan keluarga. Selain rekomendasi di atas, masih ada rekomendasi tempat di Tokyo untuk menikmati sakura. Diantaranya Sumida Park, Koishikawa Botanical Garden, Asukayama Park, dan lainnya. Didukung dengan akses transportasi umum yang beragam, taman-taman di Tokyo sangat mudah dijangkau. Jadi, sudah siap untuk hunting sakura di musim semi mendatang?


(c) BuLiBi


Baca juga:

Kantongin Tips Hiking Untuk Pemula Berikut, Yuk!

Liburan ke Patagonia Chili Itu Wajib!

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies



#bulibi #bukanliburanbiasa #traveling #jepang #tokyo #sakura #cherryblossom

9 tampilan0 komentar
  • Facebook

©2019 by Bulibi