Barang Bawaan Wajib Ketika Liburan New Normal

Mau liburan ketika new normal? Bisa kok! Asal jangan lupa sedia barang-barang berikut ini ya!

Liburan New Normal (c) Arakita Rimbayana

Tahun 2020 ini merupakan tahun yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tentunya Teman BuLiBi juga sudah tau, berbedanya tahun ini disebabkan karena adanya Pandemi Covid-19. Beberapa bulan yang lalu, di Indonesia pergi liburan di dalam maupun luar kota dibatasi oleh kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang kita kenal dengan PSBB.


Namun, kebijakan tersebut sudah bergulir menjadi kebijakan New Normal. Liburan new normal masih mungkin untuk dilakukan, asal kamu tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang sekitarmu. Agar liburan new normal Teman BuLiBi tetap aman dan lancar, ada beberapa barang wajib yang harus selalu kamu bawa. Yuk, cari tahu apa saja barang bawaan yang wajib dibawa ketika liburan new normal!

Liburan new normal? Jangan lupa bawa masker tambahan!

Kalau membahas liburan saat new normal, barang bawaan yang paling penting adalah masker tambahan. Kenapa sih harus bawa masker tambahan? Bagi Teman BuLiBi yang belum tahu, sebenarnya masker itu punya batas waktu pemakaian. Apalagi kalau bahan masker yang dipakai dari kain. Masker yang berbahan kain itu sebaiknya tidak digunakan lebih dari 4 jam.


Teman BuLiBi masih bingung mana masker yang seharusnya digunakan? Jenis masker sebenarnya ada bermacam-macam. Jika menuruti urutan masker yang paling bagus tingkat proteksinya, maka urutannya adalah masker N95, masker bedah, dan masker kain. Masker N95 adalah masker yang sering digunakan oleh para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Tipe masker ini adalah yang paling baik digunakan. Terlebih saat kamu harus pergi ke tempat yang cukup ramai. Kamu juga bisa menggunakan masker bedah (yang berwarna hijau atau biru itu, lho!) untuk memproteksi diri. Terakhir, masker kain juga cukup baik untuk menghindari penularan dan menularkan virus ke orang lain. Tinggal pilih sesuai kebutuhan maupun keinginanmu.


Barang bawaan wajib saat new normal: hand sanitizer, sabun antiseptic, dan disinfektan

Barang bawaan yang tak kalah penting dari masker tambahan adalah hand sanitizer, sabun antiseptic dan disinfektan. Alasan apa sih yang membuat barang-barang ini penting dibawa saat liburan new normal? Hand sanitizer, sabun antiseptic dan disinfektan ini mampu mengurangi kemungkinan virus bersarang di tangan atau badan kita. Sebaiknya, gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apapun. Jadi, pastikan kamu tidak lupa membawanya saat liburan new normal ya!


Hand sanitizer juga berguna membersihkan tangan jika Teman BuLiBi tidak menemukan tempat untuk cuci tangan di sekitarmu. Selain itu, ukurannya kecil sehingga mudah dibawa dalam tas. Nah, lain halnya kalau ada tempat cuci tangan. Kalau ada, kamu bisa menggunakan sabun antiseptic yang kamu bawa sendiri. Mencuci tangan akan lebih higenis serta menghindari persebaran virus/bakteri dari tuas pompa yang digunakan untuk mengambil sabun cari.


Selain kedua barang tersebut, barang bawaan yang berfungsi mengurangi persebaran virus atau kuman adalah disinfektan. Disinfektan yang praktis dan mudah dibawa adalah disinfektan semprot. Kalau mau liburan new normal, jangan lupa membawa barang-barang ini ya!


Saat liburan ke luar kota, hasil rapid test termasuk barang bawaan yang paling penting

Saat new normal, pergi keluar kota bukan merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun, Teman BuLiBi harus ingat untuk membawa hasil rapid test. Saat ini, transportasi darat dan udara seperti kereta api dan pesawat mewajibkan calon penumpang yang akan ke luar kota untuk menunjukan hasil rapid test.


Selain kamu juga bisa mengetahui bahwa tubuhmu terbebas dari Covid-19, kamu yang sudah tes juga bisa lebih mudah untuk pergi berlibur ke luar kota. Selain mudah, kamu juga tak perlu mengantri dan menunggu hasil tes di stasiun atau bandara. Keuntungan lainnya bagi yang sudah punya hasil rapid test adalah dapat mempersingkat waktu pengecekan keberangkatanmu ke kota tujuan liburan kalian.


Kami menyarankan Teman BuLiBi untuk setidaknya melakukan rapid test dua kali sebelum berangkat liburan. Akan lebih baik jika kamu melakukan PCR Test (swab test), karena hasilnya jauh lebih akurat.


Liburan new normal? Membawa tisu di dalam tas adalah hal yang wajib

Selain barang bawaan tadi, tisu juga termasuk barang bawaan wajib untuk kamu yang sedang liburan new normal. Tisu yang dibawa bisa 2 jenis yaitu tisu basah maupun tisu kering.


Untuk kegunaan dari tisu basah, bisa dibilang mirip dengan disinfektan semprot. Jika kamu tidak membawa disinfektan semprot, bisa juga menggunakan tisu basah untuk mengelap permukaan barang-barang yang biasanya digunakan secara umum seperti meja saat kamu mau makan di restoran. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tisu bawah tidak memiliki manfaat yang sama seperti disinfektan semprot. Kamu bisa menggunakan tisu kering untuk langsung mengeringkan tangan setelah mencuci tangan.



Barang bawaan wajib saat new normal: Vitamin

Kalau Teman BuLiBi sedang liburan ke tempat yang jauh seperti ke luar kota, jangan lupa untuk selalu membawa vitamin ya! Vitamin ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah diserang oleh berbagai virus atau penyakit. Vitamin yang bisa kamu bawa bisa dalam bentuk pil, vitamin yang dihisap atau yang dilarutkan dalam air. Ketiganya bisa dengan mudah kamu bawa di dalam tas. Jadi, saat di perjalanan kamu bisa meminum atau memakan vitamin yang sudah kamu bawa.


Mau liburan saat new normal? Tak ada salahnya membawa alat-alat pribadi

Keadaan pandemi sudah sepatutnya membuat kita waspada. Kewaspadaan berbeda dengan rasa takut karena dengan bersikap waspada, kita jadi mengetahui apa-apa saja yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Saat pandemi, beberapa orang yang mau makan, minum atau melakukan aktivitas lainnnya saat liburan, pastinya akan sedikit waspada. Apalagi jika harus menggunakan barang yang sebelumnya dipakai oleh banyak orang seperti alat makan dan sebagainya. Tidak ada salahnya membawa peralatan pribadi sendiri saat bepergian.


Kamu yang sedang liburan, bisa membawa peralatan makan dan minum pribadi seperti sendok, garpu atau botol minum. Selain alat makan dan minum, kamu juga bisa membawa peralatan ibadah sendiri. Sejak pandemi merebak, tempat-tempat ibadah tidak lagi menyediakan peralatan ibadah.


Nah, itu dia barang bawaan yang wajib kamu bawa saat liburan new normal. Selain membawa barang bawaan tersebut, ada juga hal-hal lainnya yang harus kamu perhatikan. Kamu juga masih harus memperhatikan jarak dengan orang lain terutama saat antri ataupun berkunjung ke tempat yang agak ramai. Sebisa mungkin harus tetap menjaga jarak ya! Setidaknya kamu harus berjarak 1 sampai 1,5 meter dengan orang lain. Saat ini, tindakan mencegah akan sangat lebih baik daripada mengobati.


Selain menjaga jarak dengan orang lain, Teman BuLiBi yang sedang liburan new normal harus tetap menggunakan masker ya! Ini yang paling wajib!

© BuLiBi – [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca juga:

6 Negara Asia Yang Aman Untuk Solo Traveling Setelah Pandemi

Suasana Karantina Virus Corona Di Santiago, Chile

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburannewnormal #newnormal

  • Facebook

©2019 by Bulibi