Liburan ke Palembang, Tempat Wisata Unik dan Bersejarah Menantimu!

Kota Palembang, ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan merupakan kota tertua di Indonesia yang sudah ada sejak abad ketujuh. Palembang setiap tahunnya semakin berkembang, contohnya adalah dengan dibangunnya rumah sakit bertaraf internasional, adanya LRT, serta tambahan kapasitas bandara. Tak heran jika banyak event yang diadakan di kota terbesar kedua di Sumatra tersebut. Liburan ke Palembang juga bisa menjadi alternatif buat Teman BuLiBi yang bosan dengan kesibukan di kota sendiri.

Liburan ke Palembang (Photo: Pixabay)

Kota Palembang terbilang damai dan jarang mengalami konflik. Hal ini membuatnya terpilih menjadi salah satu Tuan Rumah Asian Games 2018 bersama dengan Kota Jakarta. Banyak event berskala nasional maupun internasional yang sudah diadakan di Palembang. Selain Asian Games 2018, Palembang pernah menjadi tempat diadakannya event penting seperti Sea Games, PON dan event-event bergengsi lainnya. Jika Teman BuLiBi juga bertanya-tanya, apa saja sih tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Palembang, mari kita cari tahu bersama!


Jalan-jalan sambil menikmati pemandangan di sekitar Jembatan Ampera

Belum lengkap rasanya kalau liburan ke Palembang tanpa melihat atau melewati jembatan yang satu ini. Jembatan yang pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini bernama Jembatan Ampera. Jembatan Ampera telah berdiri sejak tahun 1965. Warna dan namanya pun sudah pernah diganti beberapa kali dari warna abu-abu, kuning dan kemudian menjadi warna merah seperti yang kita lihat sekarang. Pada awalnya jembatan ini bernama Jembatan Bung Karno lalu berganti menjadi Jembatan Musi dan akhirnya, jembatan yang berketinggian sekitar 63 meter tersebut diganti lagi menjadi Jembatan Ampera yang kita kenal sekarang.


Di bawah jembatan ini mengalir Sungai Musi yang membentang luas. Sedangkan di sekitar jembatan ada berbagai objek wisata terkenal di Palembang, cafe ataupun pasar yang menyediakan berbagai makanan khas Palembang. Bagi kamu yang ingin melihat Jembatan Ampera, kamu bisa naik LRT karena jembatan ini juga termasuk ke dalam salah satu rute LRT. Jalur LRT yang berada di samping jembatan ini membuat kamu yang naik kereta bisa melihat dengan jelas keindahan Jembatan Ampera.


Ingin tahu sejarah Kerajaan Sriwijaya? Ini tempat yang pas untuk dikunjungi!

Orang Indonesia pasti tidak merasa asing lagi saat mendengar nama Kerajaan Sriwijaya. Buat kamu yang belum tau, Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang mempunyai pengaruh besar terhadap Nusantara dan dulu, Palembang merupakan ibu kota dari Kerajaan Sriwijaya. Meski telah mendengar namanya, apa Teman BuLiBi sudah pernah mengunjungi tempat peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya? Jika belum, Museum Negeri Balaputera Dewa dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya adalah tempat yang wajib kamu kunjungi saat ke Palembang.


Museum Negeri Balaputera Dewa mengambil nama dari Raja Sriwijaya yang kesembilan. Museum ini termasuk salah satu tempat yang menyimpan artefak Kerajaan Sriwijaya seperti prasasti, arca dan patung. Tak hanya itu, kerajinan tradisional dari zaman prasejarah pun ada disini. Jika di Museum Negeri Balaputera Dewa Teman BuLiBi bisa melihat berbagai macam artefak, di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ini kamu bisa merasakan suasana pemukiman pada zaman tersebut. Selain itu, di taman ini dapat ditemukan barang peninggalan yang membuktikan adanya aktivitas manusia pada zaman Kerajaan Sriwijaya.


Khusus buat kamu yang tertarik soal sejarah, bisa baca juga artikel BuLiBi soal peninggalan Kerajaan Majapahit.


Menyusuri jalan di Kota Palembang di Sekanak Sidewalk

Teman BuLiBi mau mengintip suasana Kota Palembang? Sekanak Sidewalk adalah tujuan yang tepat! Karena termasuk di daerah kota, bagi kalian yang ingin melihat aktivitas keseharian masyarakat Palembang bisa langsung ke Sekanak Sidewalk. Di jalan ini setiap, titik bisa digunakan untuk berfoto. Tidak hanya perahu, trotoar, dan rumah yang berwarna-warni, bangunan yang dicat dengan mural pun ada di sini.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan pulau kecil di tengah sungai terpanjang di Pulau Sumatra. Wisatawan dari berbagai daerah sering berkunjung ke sini saat liburan ke Palembang. Setelah melewati sungai dengan perahu kecil yang cukup untuk 6 - 8 orang, kamu akan sampai di pulau ini. Sambil naik perahu, kamu bisa melihat kapal besar yang biasanya mengangkut kekayaan alam seperti batu bara, dan lain-lain.


Nama pulau kecil ini diambil dari bahasa Palembang yang berarti kemarau. Kenapa sih dinamakan Pulau Kemaro? Sejak dahulu pulau ini tidak pernah tergenang air walaupun air pasang sedang naik-naiknya, alasan itulah yang menjadikan masyarakat setempat menamainya dengan Pulau Kemaro.

Di Pulau Kemaro, Teman BuLiBi bisa berkunjung ke pagoda dan kelenteng yang dapat mengingatkan kita dengan negeri Tiongkok. Di sana, terdapat pula batu yang berisi tulisan tentang kisah Putri Kerajaan Palembang dengan Pangeran Negeri Tiongkok dari beratus-ratus tahun yang lalu.


Liburan ke Palembang? Intip benteng kuno berusia ratusan tahun

Meski bukan termasuk benteng tertua di Indonesia, Benteng Kuto Besak telah menjadi saksi sejarah panjang Kota Palembang. Benteng Kuto Besak dibangun selama 17 tahun dan ditempati secara resmi pada tahun 1797. Bangunan keraton yang berjajar panjang menghadap ke Sungai Musi dengan indahnya. Warnanya putih bersih terlihat sangat menyatu dengan awan di siang hari. Begitu malam hari datang, lampu-lampu tamannya dinyalakan dan membuat suasana malam menjadi berkesan dalam. Sayangnya benteng ini hanya dapat dilihat dari luar saja, alasannya karena sekarang benteng ini telah menjadi markas militer sehingga sudah tidak dibuka untuk umum lagi.


Bukit Siguntang, tempat wisata rindang nan sunyi di Kota Palembang

Masih di sekitar Sungai Musi, terdapat bukit kecil yang dulu digunakan untuk bertapa pada masa Kerajaan Sriwijaya. Tempatnya yang rindang nan sunyi dapat menenangkan hati, pas untuk kalian yang sedang suntuk dengan kesibukan sehari-hari di kota asal. Di sini terdapat Menara Pandang yang terletak tepat di tengah Bukit Siguntang.


Dari atas menara tersebut, Teman BuLiBi dapat melihat pemandangan dari bukit. Selain menara, di sana ada banyak makam keturunan Kerajaan Sriwijaya. Untuk menghargai para keturunan kerajaan yang bersemayam di sana, lebih baik untuk tidak membuat kegaduhan saat berkunjung ke tempat yang satu ini.

Selain tempat bersejarah, ini destinasi menarik milik Kota Palembang

Tak hanya tempat bersejarah, Palembang juga merupakan kota yang pas bagi yang kamu yang sedang berburu kuliner. Hal ini terbukti dengan kepopuleran makanan tradisional Palembang yaitu pempek. Meskipun makanan ini sudah sering di jumpai di berbagai wilayah Indonesia, belum sah rasanya jika belum mencoba makanan dan minuman tradisional Palembang langsung dari tempatnya. Restoran yang dapat dikunjungi bagi kalian yang ingin mencicipi makanan khas Palembang adalah Pempek Pak Raden, Martabak HAR, Rumah Makan Pindang Meranjat, Tempoyak Musi Rawa, Es Kacang Merah Mamat, Pondok Kelapa, Gulo Puan Mang Robin, dan lain-lain. Di sana ada berbagai macam menu makanan dan minuman tradisional Palembang yang pastinya sangat menggiurkan.


Saat liburan ke Palembang, Taman Wisata Punti Kayu, Tugu Ikan Belido, Danau Tanah Mas, Arung Jeram Sungai Manna, Danau Buatan Air Batu, Goedang Boentjit juga sangat menarik untuk dikunjungi nih, Teman BuLiBi.


Setiap titik di Kota Palembang seperti memiliki ceritanya masing-masing. Jadi, kamu yang ingin liburan ke Palembang dapat memilih dari yang sudah Tim BuLiBi tulis di atas!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Nadhirah]

Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca juga:

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #liburankepalembang #palembang

Cari tiket murah ke Palembang:


  • Facebook

©2019 by Bulibi