Terbaik 13 Hotel di Jakarta Pusat

Jalanan yang macet memang bagian yang tak terpisahkan dari Jakarta. Masalah yang sering dirasakan oleh penduduk Jakarta tentu membuat banyak orang berfikir kota ini bukan pilihan destinasi yang tepat. Eits, jangan salah! Selain merupakan kota pusat pemerintahan Indonesia, Jakarta juga menyimpan banyak tempat wisata yang perlu dikunjungi lho. Banyak hotel di Jakarta Pusat yang bisa dijadikan pilihan akomodasi saat kamu berkunjung ke sini.


Kawasan di Jakarta Pusat yang Terbaik Untuk Traveler

Jakarta tanpa Monumen Nasional (Monas) memang akan kehilangan magnetnya. Ikon ibu kota negara Indonesia ini selalu menjadi pusat perhatian, terutama bagi mereka yang baru pertama kali ke Jakarta. Berlokasi tepat di Jakarta Pusat, Monas menjulang tinggi hingga bisa dilihat dari banyak gedung-gedung bertingkat di sekitarnya. Menikmati jalan kaki atau duduk-duduk santai di kawasan Monas bisa menjadi pilihan liburan yang cukup menyenangkan. Tak jauh dari Monas, Teman BuLiBi juga bisa menikmati kemegahan dua tempat ibadah terkenal di kawasan Jakarta Pusat, yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Cathedral Jakarta. Menariknya, kedua tempat ibadah ini berlokasi sangat dekat dan saling berhadapan lho.


Kawasan lain di Jakarta Pusat yang selalu ramai dikunjungi adalah Thamrin. Kawasan ini seolah menjadi pusat kegiatan warga Jakarta, mulai dari perkantoran, mal hingga hotel siap menjadi hal paling jamak yang bisa dilihat oleh pengunjung. Saat berkunjung ke sebuah kota, tentunya kita juga perlu menyiapkan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan. Hotel di kawasan ini punya banyak sekali pilihan. Selain hotel di Jakarta Pusat bintang 3, hotel berbintang 4 dan 5 pun tak kalah banyak di sini. Banyak hotel di Jakarta Pusat berada di kawasan Thamrin ataupun Sudirman. Yuk, cek hotel di Jkt Pusat mana saja yang bisa menjadi pilihanmu!

13. Liberty Hotel

Rekomendasi hotel di Jakarta Pusat bintang 3 pilihan pertama BuLiBi jatuh pada Liberty Hotel. Hotel ini terletak di kawasan Thamrin. Lokasinya yang dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan dan perkantoran, hotel di Jakarta Pusat bintang 3 ini sangat cocok untuk mereka yang berkunjung ke Jakarta baik untuk liburan maupun urusan bisnis.


Lokasi hotel ini dekat dengan beberapa kantor kedutaan negara lain yang ada di Indonesia. Kalau kamu berkunjung ke Jakarta untuk mengurus visa, hotel ini masuk sebagai rekomendasi yang tepat untuk Teman BuLiBi. Selain tarif kamar yang reasonable, lokasinya pun sangat strategis untuk keperluan yang satu ini.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat bintang 3 ini:

  • Berada dekat dengan Grand Indonesia Mall

  • Stasiun Gambir hanya < 3 km dari hotel ini

  • Skor 8,6 dari 1.148 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

12. Artotel Thamrin

Hotel di Jakarta Pusat bintang 3 ini juga beroperasi di beberapa kota lain di Indonesia. Sesuai dengan nama hotelnya yang mengusung konsep seni, desain bangunan hotel di Jakarta Pusat bintang 3 ini menonjolkan nilai seni yang menarik pada bagian luar maupun dalam bangunannya. Sayangnya, Artotel Thamrin tidak menyediakan fasilitas yang berkaitan dengan olahraga sama sekali, baik swimming pool maupun fitness center. Namun, pengunjung tetap dapat menikmati fasilitas lainnya berupa massage dan spa. Meskipun begitu, hotel di Jakarta Pusat bintang 3 yang terletak di kawasan Thamrin ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat, khususnya bagi pengunjung dengan budget normal. Tetapi tetap mendapatkan layanan yang menyenangkan dan mewah.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat bintang 3 ini:

  • Hotel sangat dekat dengan beberapa kantor kedutaan negara asing

  • Terletak < 2km dari Stasiun Gambir

  • Plaza Sarinah Thamrin yang terkenal dapat ditempuh dengan jalan kaki

  • Skor 8,4 dari 4.590 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

11. Aryaduta Menteng

Berbeda dari dua hotel sebelumnya yang merupakan hotel di Jakarta Pusat bintang 3, kali ini rekomendasi hotel di Jakarta Pusat pilihan BuLiBi merupakan hotel berbintang 4 yang berlokasi di kawasan Menteng. Menteng dikenal sebagai kawasan permukiman mewah di Jakarta. Hal ini juga tidak terlepas dari sejarah kawasan Menteng yang jaman dahulu memang menjadi tempat permukiman para pejuang, keluarga pahlawan, pejabat tinggi pemerintahan hingga pengusaha.


Hotel Aryaduta sendiri memiliki banyak cabang di beberapa kota besar di Indonesia, sehingga kualitas pelayanan standar hotel berbintang 5 sudah pasti bisa dinikmati. Memasuki hotel ini, tamu akan disambut dengan staf yang ramah disertai dengan ornamen-ornamen lobby hotel yang mewah. Namun, Teman BuLiBi perlu ingat harga hotel ini tentu cenderung lebih mahal dibandingkan hotel di Jakarta Pusat bintang 3.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat bintang 3 ini:

  • Memiliki layanan spa yang sangat recommended

  • Hotel menyediakan kolam renang outdoor dilengkapi dengan poolside bar

  • Pilihan kamar yang banyak mulai dari standard room hingga business suite

  • Skor 9,2 dari 1.603 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

10. All Seasons Jakarta Thamrin

Masih di kawasan Thamrin, hotel di Jkt Pusat ini masuk dalam barisan hotel berbintang 4. Nama All Seasons Hotel sudah cukup terkenal sehingga fasilitas dan layanan yang disediakan tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Meskipun sama dengan hotel di Jakarta Pusat bintang 3 yang menyediakan staf yang ramah dan siap melayani dengan performa terbaik, kualitas hotel ini tentunya jauh lebih baik lagi. Jika memilih kamar lantai atas, kamu bisa menikmati pemandangan Jakarta yang berbeda. Di malam hari, kerlap-kerlip lampu yang mewarnai Jakarta tentu saja menjadikan kota ini tampak lebih romantis. Sorotan lampu-lampu mobil yang terjebak kemacetan justru menciptakan pemandangan malam yang berbeda di Jakarta.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Sangat dekat dengan beberapa restoran terkenal di Jakarta

  • Stasiun MRT Sudirman terletak < 200 meter saja

  • Menyediakan fasilitas persewaan sepeda

  • Skor 7,9 dari 1.839 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

9. Pullman Hotel Thamrin

Hotel Pullman memiliki beberapa cabang di Jakarta, salah satunya hotel di Jkt Pusat. Hotel yang satu ini memang berada di sebuah bangunan lama yang berdiri sejak 1972. Namun, berada di bangunan lama bukan berarti konsep yang dibangun oleh Pullman Hotel jadi terkesan kuno. Tampak luar Pullman Hotel di Jakarta Pusat ini justru memberikan nuansa mewah dan elegan sehingga urusan dalam gedung sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas interiornya.


Terdiri dari 15 lantai, hotel ini memiliki beragam fasilitas untuk tamu yang menginap mulai dari swimming pool khusus anak-anak hingga golf course. Kalau sudah bosan seharian di hotel, pengunjung bisa berjalan kaki hanya dalam hitungan menit saja untuk menuju ke Plaza Indonesia.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Sangat dekat dengan Bundaran Hotel Indonesia

  • Hotel menyediakan ruangan khusus yoga

  • Menyediakan vegetarian food bagi pengunjungnya

  • Skor 8,4 dari 5.408 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

8. Grand Sahid Jaya

Seperti rekomendasi hotel di Jkt Pusat sebelumnya, hotel Grand Sahid Jaya terletak di kawasan perkantoran Sudirman sehingga sangat cocok untuk kebutuhan bisnis. Meskipun begitu, hotel ini juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menyegarkan pikiranmu setelah seharian bekerja. Fasilitas berupa spa, massage, sauna, fitness center dan lain sebagainya siap dinikmati. Tak hanya itu saja, hotel Sahid juga dilengkapi fasilitas Wi-Fi di semua kamar, termasuk pada area-area umum sehingga kamu bisa sambil bekerja di mana saja.


Hotel Sahid sendiri juga beroperasi di banyak kota-kota besar Indonesia sehingga kualitas yang ditawarkan tentu sudah pasti terjamin. Staf yang ramah dan helpful tersedia bagi pengunjungnya dengan servis yang luar biasa.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Terdapat fasilitas karaoke bagi pengunjungnya

  • Poolside bar cocok dijadikan tempat meeting sederhana dengan rekan kerja

  • Hotel menyediakan layanan penukaran mata uang asing

  • Skor 8,4 dari 2.539 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

7. Le Meridien Jakarta

Hotel Le Meridien yang berada di bawah manajemen Marriot ini juga bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Standar fasilitas, keamanan dan layanan yang diberikan oleh hotel sudah pasti berkelas internasional. Tidak heran jika saat memasuki hotel pun pengunjung langsung dapat merasakan kualitas yang sangat memuaskan.


Berada di pusat keramaian Jakarta, yakni kawasan Sudirman, hotel ini memang lebih cocok bagi mereka yang pergi untuk urusan bisnis atau hanya sekedar staycation di tengah penatnya hiruk pikuk Jakarta. Hotel di Jkt Pusat memang banyak sekali, tetapi Le Meridien tentu harus masuk dalam top list untuk dikunjungi. Teman BuLiBi setidaknya harus mencoba merasakan semalam menginap di hotel ini. Dijamin, pasti ketagihan!


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Berada persis di pusat perkantoran Sudirman

  • Terdapat nightclub di dalam hotel

  • Hotel difasilitasi spa, sauna dan hot tub

  • Skor 8,3 dari 816 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

6. Hotel Borobudur Jakarta

Hotel di Jakarta Pusat ini berada di tanah seluas 23 hektar ini dikelilingi dengan taman hijau yang menyejukan mata. Di tengah kepadatan Jakarta, menikmati suasana hotel berbintang 5 di kawasan Monas ini tentu akan menjadi pilihan yang tepat, baik untuk berlibur maupun urusan bisnis. Meskipun merupakan bangunan lama yang telah berdiri sejak 1974, Hotel Borobudur tetap menyimpan magnet tersendiri dengan kemewahan di dalamnya. Kamar hotel didesain dengan elegan sehingga membuat betah pengunjungnya.


Tarif hotel yang cukup fantastis tentu saja sesuai dengan layanan yang diberikan oleh hotel ini. Berkeliling menikmati taman hotel pun bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin staycation di hotel ini.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Hotel berlokasi di pusat perbelanjaan dan perkantoran

  • Menu makanan mulai dari Asia hingga Amerika siap dihidangkan hotel ini

  • Terdapat fasilitas berupa playground untuk anak-anak

  • Skor 8,3 dari 4.199 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

5. Grand Hyatt Jakarta

Tak hanya terkenal sebagai hotel di Jakarta Pusat saja, Grand Hyatt juga beroperasi di kota-kota besar di Indonesia. Grand Hyatt Hotel di Jkt Pusat ini berlokasi di tempat yang sangat strategis di kawasan Thamrin. Untuk menuju beberapa mal terbesar dan terkenal di Jakarta seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia, kamu cukup berjalan kaki saja karena letaknya yang sangat dekat ke mal-mal ini. Mal Pacific Place juga bisa kamu kunjungi dengan naik Transjakarta atau MRT.


Selain itu, hotel yang berada persis di dekat Bundaran Hotel Indonesia tentu menjadikan view Bundaran HI sebagai salah satu keunggulannya. Saat malam tahun baru, hotel ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Teman BuLiBi yang menginginkan suasana malam tahun baru tanpa perlu repot-repot menghadapi kemacetan.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Terletak sangat dekat dengan Bundaran Hotel Indonesia

  • Berlokasi di tempat yang sama dengan Plaza Indonesia

  • Fasilitas hotel untuk kebutuhan refreshment sangat lengkap

  • Skor 8,5 dari 2.827 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

4. Mandarin Oriental Jakarta

Lagi-lagi rekomendasi hotel di Jakarta Pusat pilihan BuLiBi terdapat di Thamrin. Kali ini, hotel di Jkt Pusat ini berlokasi persis di dekat Bundaran Hotel Indonesia yang sangat terkenal dengan air mancur dan Patung Selamat Datang-nya. Bundaran HI juga merupakan ikon kota Jakarta secara keseluruhan, sehingga menginap di Mandarin Oriental tentu akan menjadi pilihan yang tepat baik untuk urusan bisnis maupun wisata.


Jika bertepatan menginap pada hari Minggu, maka Teman BuLiBi dapat menikmati kawasan Bundaran HI yang bebas macet karena pemerintah Kota Jakarta menerapkan car free day di kawasan ini. Kamu bisa menikmati Jakarta dengan berjalan kaki santai tanpa perlu khawatir akan kemacetan dan polusi. Bangunan hotel ini sendiri sudah ada sejak tahun 1978, tetapi kamu tak perlu khawatir karena hotel telah direnovasi sesuai dengan kebutuhan pengunjungnya.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Berada tepat di dekat Bundaran Hotel Indonesia

  • Hanya < 500m dari Grand Indonesia Mall

  • Selain masakan Asia, Continental dan Amerika, hotel juga menyediakan vegetarian food

  • Skor 9,2 dari 452 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

3. DoubleTree by Hilton Hotel

Seperti yang sudah BuLiBi sampaikan, Menteng terkenal sebagai kawasan elit sejak dulu. Kehadiran DoubleeTree by Hilton menambah kesan mewah kawasan ini. Nuansa tropis dilengkapi dengan kemewahan interior dapat dirasakan oleh siapa saja yang berkunjung ke hotel ini baik untuk menginap ataupun sekedar lunch meeting.


Sama halnya dengan hotel Hilton yang ada di seluruh dunia, hotel di Jakarta Pusat yang satu ini juga menawarkan fasilitas dan layanan tingkat dunia dengan tetap mengedepankan unsur-unsur lokal di dalamnya. Makanan Asia, terutama Indonesia tetap masuk dalam pilihan menu breakfast hotel ini. DoubleTree Hotel juga memiliki pilihan kamar yang beragam dengan harga yang reasonable untuk ukuran hotel berbintang 5.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Memiliki taman dengan konsep tropis yang khas

  • Hotel dilengkapi dengan fasilitas playground untuk anak-anak

  • DoubleTree memiliki coffee shop, restaurant, poolside bar dan restaurant dengan berbagai pilihan menu dan konsep

  • Skor 8,6 dari 2.159 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

2. Shangri-la Hotel Jakarta

Lokasi hotel di Jakarta Pusat ini berada di kawasan distrik perkantoran yang terkenal dengan kemacetannya. Shangri-la Hotel persis berada di Jalan Sudirman sehingga Teman BuLiBi perlu menghindari melewati kawasan ini saat jam masuk dan pulang kantor untuk menghindari kemacetan.


Hotel ini tentu saja menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung yang memiliki urusan bisnis di Jakarta. Menariknya, Shangri-la Hotel di Jakarta Pusat ini menyediakan 4 restoran dengan konsep dan menu yang berbeda-beda, yakni Jia resto dengan masakan Tionghoa, Satoo dengan menu masakan Tionghoa dan India, Nishimura dengan masakan Jepang, Rosso untuk ala Italian food dan B.A.T.S resto yang berkonsep American food.


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Hotel menyediakan swimming pool untuk anak-anak hingga tennis court

  • Shangri-la hotel juga menawarkan water park untuk pengunjungnya

  • Menyediakan 4 restoran dengan konsep dan menu yang berbeda

  • Skor 8,8 dari 1.778 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

1. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Sesuai dengan namanya, hotel di Jakarta Pusat ini terletak di dekat Bundaran Hotel Indonesia. Hotel ini pun seolah menjadi bagian dari ikon Kota Jakarta di kawasan bundaran HI. Terdiri dari 15 lantai, sebagian kamar hotel Indonesia Kempinski menawarkan pemandangan langsung ke arah bundaran HI. Dari kamar-kamar hotel ini, kemacetan yang sering terjadi di sekitar bundaran HI pada malam hari justru akan memberikan pesona Jakarta yang sangat berbeda.


Bangunan hotel di Jkt Pusat ini bahkan masuk dalam sejarah kota Jakarta karena sudah ada sejak tahun 1960an. Meskipun sudah beberapa kali direnovasi, hotel berbintang 5 ini masih mempertahankan aspek oldish-nya dengan tetap memberikan kesan mewah dan elegan pada interior di dalamnya. Menginap di Hotel Indonesia ini tentu harus masuk dalam list siapa saja!


Yang menarik dari hotel di Jakarta Pusat ini:

  • Hotel terdiri dari 4 bar dan 3 restoran dengan konsep yang berbeda

  • Hotel menyediakan family room, kids club dan playground

  • HI Kempinski juga menawarkan golf course on site bagi pengunjungnya

  • Skor 9,0 dari 2.703 ulasan

Cek tarif dan booking sekarang

Catatan: Di masa pandemi saat ini, Tim BuLiBi perlu sampaikan bahwa hotel-hotel tersebut di atas tetap beroperasi dengan mengikuti protokol Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Sebelum booking hotel, ada baiknya kamu cek langsung ke hotel yang bersangkutan terkait fasilitas-fasilitas yang memang terbuka untuk pengunjung ya!


Kegiatan Liburan Wajib di Jakarta Pusat

Seperti yang BuLiBi sampaikan di awal, berkunjung ke Jakarta tak lengkap jika melewatkan Monas. Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengujungi ikon ibukota negara ini. Jika penasaran, kamu juga bisa naik lift yang ada di Monas dan bersiap melihat sibuknya Jakarta dari atas Monas. Selain itu, Teman BuLiBi yang menyukai sejarah, budaya dan seni juga dapat mengunjungi Galeri Nasional Indonesia dan Museum Sejarah Nasional. Kedua tempat ini berada di daerah Gambir. Saat ke Galeri Nasional, kamu tentunya akan disuguhi dengan lukisan-lukisan yang menawan dan penuh makna. Hmm, penasaran? Pastikan untuk mengunjungi situs resminya untuk tahu agenda apa yang sedang diselenggarakan di sana.


Sebagai jantung ekonomi, tak lengkap rasanya jika tidak membahas lokasi-lokasi perbelanjaan yang seringkali jadi tujuan wisatawan. Jakarta Pusat memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan mulai dari yang murah hingga yang premium. Kebanyakan pertokoan premium berada di mal-mal terbesar di Jakarta Pusat seperti Grand Indonesia Mall, Plaza Indonesia, Senayan City dan Pacific Place. Keempat mal ini juga wajib dikunjungi saat Teman BuLiBi mampir ke Jakarta baik untuk liburan atau urusan pekerjaan. Jangan lupa juga untuk mampir ke Kota Tua atau kunjungi tempat wisata di Jakarta yang menarik lainnya!

(c) BuLiBi [Kontributor: Yeyen P | Editor: Karina Ovelia]


Baca cerita BuLiBi soal :

Daftar Penginapan Di Indonesia

Cari Hotel Di Hoi An? Pilih Le Pavillon Hoi An Luxury Resort & Spa

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies


Cari hotel di Jakarta Pusat lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi