Rekomendasi 13 Hotel di Danau Toba

Pernah menjadi salah satu keajaiban dunia, Danau Toba masih merupakan salah satu destinasi wisata favorit tanah air. Danau yang terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu tersebut memiliki daya tariknya tersendiri. Kecantikan dan kemegahan Danau Toba merupakan hal yang menjadi incaran traveler, baik lokal maupun mancanegara. Untuk membuat liburan menjadi lebih mengesankan, tak heran banyak pengunjung mencari hotel di Danau Toba dengan view danau yang indah.


Kawasan di Danau Toba yang Terbaik Untuk Traveler

Wilayah strategis di Danau Toba sebenarnya terbagi menjadi dua: Pulau Samosir dan luar Pulau Samosir. Untuk menentukan hotel di Danau Toba yang pas untuk kamu, hal ini tergantung dari mayoritas destinasi wisata Teman BuLiBi. Kalau kamu berencana untuk menginap di Pulau Samosir, wilayah paling strategis adalah sekitar Pelabuhan Tomok. Terutama kalau kamu memang tidak ingin menyebrang menggunakan boat. Atau membawa kendaraan sendiri untuk menyebrang ke Pulau Samosir. Hotel di Danau Toba sekitar Pulau Samosir banyak ditemukan di sekitar Pelabuhan Tomok. Tak jarang pula tempat wisata di Pulau Samosir ada di sekitar wilayah ini. Sebut saja Semenanjung Tuktuk, Museum Batak, dan Pertunjukan Tari Sigale-Gale.


Apabila Teman BuLiBi tidak berencana menginap di Pulau Samosir, Parapat adalah salah satu wilayah terbaik. Selain karena banyak akses kapal menuju Pulau Samosir, Parapat sendiri dekat dengan Jalan Lintas Sumatera. Lokasinya yang strategis akan memudahkan mobilitas Teman BuLiBi. Jalan Lintas Sumatera juga merupakan jalan besar yang nantinya akan terhubung ke Kota Medan. Selain itu, hotel di Parapat Danau Toba cukup banyak dengan berbagai variasi fasilitas. Selain kedua wilayah tersebut, masih banyak rekomendasi hotel di wilayah sekitar Danau Toba lainnya. Beberapa penginapan tersebut juga tidak kalah menarik. Berencana liburan ke Danau Toba dan sedang mencari penginapan? Yuk, simak 13 rekomendasi hotel di Danau Toba oleh Tim BuLiBi berikut ini!

13. Tuk Tuk Timbul Bungalows

Tuk Tuk Timbul Bungalows adalah hotel di Danau Toba yang berlokasi di Pulau Samosir. Lokasi hotel yang berada di tepi danau membuatnya cukup jauh dari pusat Pulau Samosir. Meskipun begitu, Tuk Tuk Timbul Bungalows cocok bagi Teman BuLiBi yang menyukai suasana hotel yang tenang. Staf Tuk Tuk Timbul Bungalows juga sangat ramah dan helpful.


Hotel ini menyediakan kamar yang bisa menampung mulai dari dua sampai lima orang. Sangat cocok untuk kamu yang berkunjung dengan keluarga maupun kerabat dengan jumlah banyak. Sayangnya, di beberapa kamar, fasilitas seperti TV tidak tersedia. Pengunjung biasanya dapat melakukan aktivitas hiburan seperti memancing di danau.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Lokasi hotel dekat dengan salah satu wisata peninggalan sejarah yaitu Batu Kursi Raja Siallagan.

  • Hotel di Danau Toba ini menyediakan sewa motor.

  • Tuk Tuk Timbul Bungalows juga menyediakan jasa laundry dengan harga terjangkau.

  • Skor: 8,4 dari 205 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

12. Mas Cottages

Apabila Teman BuLiBi mencari penginapan berupa cottage di Pulau Samosir, Mas Cottages adalah salah satu rekomendasi BuLiBi. Harga yang ditawarkan untuk sebuah cottage sangat sebanding dengan fasilitas yang ada. Staf hotel juga sangat ramah dan cepat tanggap apabila dimintai bantuan. Hotel di Danau Toba ini juga berlokasi di pinggir danau. Beberapa ferry boat pun dapat langsung menurunkan pengunjung tepat di depan cottage.


Kamu menginginkan kamar dengan view langsung ke Danau Toba? Cottage ini juga menyediakan pilihan kamar tersebut. Kamar hotel di Danau Toba ini sendiri cukup luas. Kamar mandi juga dilengkapi dengan fasilitas air panas. Cottage ini tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan. Tapi, tak perlu khawatir! Cuaca sekitar danau di malam hari sudah membuat suasana menjadi sejuk!


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Mas Cottages menyediakan fasilitas pemanggang gratis. Tamu hanya tinggal membawa makanan yang akan dipanggang.

  • Hotel di Danau Toba ini menyediakan fasilitas taman.

  • Fasilitas yang terdapat pada dapur cukup lengkap.

  • Skor: 7,6 dari 626 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

11. Parapat View Hotel

Salah satu hotel di Danau Toba Wilayah Parapat yang dapat menjadi pilihan Teman BuLiBi. Letak Parapat View Hotel memang tidak berada persis di pinggir danau seperti penginapan lainnya. Namun, hotel di Parapat Danau Toba ini tetap memberikan view yang juga tidak kalah indah. Jalanan menuju hotel cukup sempit, Jika mengalami kendala dalam perjalanan, sebaiknya kamu segera menghubungi resepsionis hotel.


Suasana hotel sendiri cukup nyaman dan tidak bising. Ketika masuk ke hotel, Teman BuLiBi akan menemukan beberapa foto dan hiasan khas Batak Toba. Hotel ini menawarkan dua tipe view dari kamar: view taman dan view danau. Kamar yang tersedia di Parapat View Hotel juga cukup luas dan bersih.

Yang menarik dari hotel di Parapat Danau Toba ini:

  • Hotel ini biasanya mengadakan live music sebagai hiburan.

  • Parapat View Hotel menyediakan jasa laundry untuk tamu.

  • Hotel di Parapat Danau Toba ini memiliki fasilitas kolam renang.

  • Skor: 6,4 dari 143 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

10. Toba Village Inn

Toba Village Inn merupakan penginapan dengan lokasi strategis di Wilayah Tuktuk. Hotel di Danau Toba ini berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Toba Village Inn adalah hotel di Pulau Samosir dengan dekorasi hotel yang sangat cantik. Bagian taman sekitar hotel dipenuhi dengan banyak bunga. View danau yang berhadapan langsung dengan hotel membuat suasana sekitar semakin menyenangkan.


Interior kamar yang didominasi putih dengan beberapa ornamen kayu membuatnya semakin nyaman. Tak hanya suasana, fasilitas salah satu hotel di Danau Toba ini juga sangat memadai. Beragam fasilitas tersedia, mulai dari café, laundry, hingga tempat penyewaan perahu kano. Dibalik fasilitas dan suasana yang nyaman, staf Toba Village Inn juga terlihat ramah.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Terdapat fasilitas kolam renang yang cukup luas di Toba Village Inn.

  • Toba Village Inn memiliki beberapa wahana bermain untuk anak-anak.

  • Hotel di Danau Toba ini memiliki fasilitas massage.

  • Skor: 8,0 dari 976 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

9. Zoe's Paradise Waterfront Hotel

Rekomendasi hotel di Danau Toba oleh BuLiBi berikutnya adalah Zoe’s Paradise Waterfront Hotel. Hotel ini dapat menjadi pilihan Teman BuLiBi yang berencana menginap di Pulau Samosir. Hotel Zoe’s Paradise berlokasi di sekitar Wilayah Tuktuk. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Tomok. Kamu yang menginap di sini akan mendapatkan view Danau Toba yang fantastis dari hotel ini.


Suasana hotel empat lantai ini sangat homey. Hal ini dikarenakan Zoe’s Paradise mengambil konsep rumah untuk penginapannya. Hotel di Danau Toba ini sangat nyaman meskipun tidak terlalu besar. Kamar hotel yang disediakan juga sangat bersih dan terawat. Pihak hotel juga menyediakan sarapan dan fasilitas yang disediakan hotel juga cukup beragam.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Terdapat fasilitas penitipan anak yaitu Kids Care Service.

  • Hotel di Danau Toba ini memiliki fasilitas kolam renang.

  • Zoe’s Paradise menyediakan jasa rental motor untuk tamu.

  • Skor: 8,9 dari 536 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

8. Patra Comfort Parapat

Sesuai namanya, hotel di Parapat Danau Toba ini berada di bawah naungan Patra Jasa. Hotel ini cukup luas dan tak jarang dijadikan sebagai tempat gathering kantor oleh para tamunya. Hal ini juga dikarenakan fasilitas hiburan di Patra Comfort Parapat cukup lengkap. Mulai dari lapangan futsal, lapangan voli, hingga lapangan tenis, semuanya tersedia. Disamping itu, hotel di Danau Toba ini juga menyediakan lahan untuk camping.


Patra Comfort Parapat memiliki tiga jenis kamar: Standard, Superior, dan Suite. Pilihan kamar dibagi menjadi view danau ataupun view taman. Kamar hotel sendiri cukup luas dan bersih. Fasilitas transportasi menuju pusat Kota Parapat ataupun menuju pelabuhan pun tersedia di hotel ini.


Yang menarik dari hotel di Parapat Danau Toba ini:

  • Hotel ini memiliki fasilitas karaoke dengan layar yang cukup besar.

  • Patra Comfort Parapat memiliki taman yang cukup luas untuk tamu dapat bersantai dan menikmati udara segar.

  • Hotel di Parapat Danau Toba ini memiliki fasilitas mini waterboom untuk anak-anak.

  • Skor: 6,5 dari 168 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

7. Horas Family Home

Salah satu hotel di Danau Toba yang menjadi rekomendasi BuLiBi! Horas Family Home berlokasi di sekitar Tuktuk dan terletak tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Lokasi hotel juga masih berada di tepi danau, sehingga view Danau Toba sangat memanjakan mata. Dengan konsep rumahan yang mampu menampung lima sampai tujuh orang, hotel ini cocok untuk tamu yang datang secara berkelompok. Horas Family House juga dilengkapi dapur kecil dengan perlengkapan dapur yang cukup lengkap.


Fasilitas lain yang disediakan Horas Family Home tergolong lengkap. Beberapa fasilitas merupakan sarana hiburan dan bervariasi untuk dewasa sampai anak-anak. Fasilitas hiburan diantaranya seperti memancing dan memberi makan kelinci. Beberapa fasilitas yang tersedia di hotel di Danau Toba ini dapat digunakan tamu secara gratis.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Horas Family House menyediakan fasilitas perahu kano untuk tamu.

  • Hotel di Danau Toba ini memiliki fasilitas kolam renang.

  • Terdapat fasilitas seperti pemanggang barbeque untuk tamu.

  • Skor: 9,4 dari 110 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

6. Lekjon Cottage

Hotel di Danau Toba ini merupakan salah satu penginapan sederhana namun nyaman di Pulau Samosir. Lekjon Cottage masih berada di Wilayah Tuktuk dan dapat menjadi pilihan Teman BuLiBi apabila mencari penginapan affordable. Beberapa pilihan rumah makan juga cukup banyak tersedia di sekitar hotel.


Pilihan kamar di hotel ini bervariasi. Mulai dari 200.000 IDR saja, kamu sudah dapat menginap dan merasakan indahnya Danau Toba. Oh ya, perlu diketahui bahwa hanya beberapa tipe kamar saja yang menyediakan pemandangan Danau Toba. Sayangnya, hotel di Danau Toba ini tidak menyediakan fasilitas TV di kamar. Namun, kamu tak perlu khawatir, Lekjon Cottage memiliki cukup banyak fasilitas hiburan lainnya.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Hotel ini memiliki taman yang cukup luas. Suasana taman sendiri mempercantik view danau yang ada di sebelahnya.

  • Teman BuLiBi suka bermain banana boat? Lekjon Cottage menawarkan fasilitas ini, loh!

  • Hotel di Danau Toba ini juga memiliki set alat tenis meja.

  • Skor: 7,1 dari 521 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

5. Pandu Lakeside Parapat

Teman BuLiBi mencari hotel di Parapat Danau Toba dengan harga yang ramah di kantong? Pandu Lakeside Parapat adalah jawabannya! Hotel ini berlokasi di tepi danau dan masih menempati posisi strategis di Wilayah Parapat. Kamu masih dapat menikmati suasana Danau Toba yang indah dengan harga terjangkau. Pandu Lakeside Parapat juga dikelilingi oleh banyak pilihan rumah makan di sekitarnya.


Variasi tipe kamar di hotel ini cukup banyak. Tarif kamar hotel mulai dari 320.000 IDR per malam untuk dua orang dan sudah termasuk sarapan, lho! Hotel di Danau Toba ini juga menyediakan kamar dengan kapasitas hingga empat orang. Cocok dikunjungi dengan kerabat atau keluarga dalam jumlah yang lebih banyak.


Yang menarik dari hotel di Parapat Danau Toba ini:

  • Hotel ini menyediakan fasilitas water sport seperti water bike dan jetski.

  • Hotel di Parapat Danau Toba memiliki alat pemanggang makanan untuk tamu.

  • Tersedia fasilitas private ferry untuk tamu dapat menyebrang menuju Pulau Samosir.

  • Skor: 6,5 dari 258 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

4. Taman Simalem Resort

Salah satu hotel di Danau Toba yang tergolong mewah. Di Taman Simalem Resort, Teman BuLiBi dapat melihat Danau Toba dari jarak yang cukup tinggi. Hal ini membuat lake view yang ditawarkan oleh Taman Simalem Resort menjadi berbeda dari hotel di Danau Toba lainnya. Hotel ini sendiri berada di Wilayah Karo, sebelah utara Danau Toba.


Taman Simalem Resort menawarkan dua tipe penginapan: hotel dan villa. Hotel di Danau Toba ini memiliki cukup banyak fasilitas menarik, khususnya fasilitas untuk hiburan. Hotel ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat. Taman Simalem Resort memiliki fasilitas outbound baik untuk orang dewasa maupun khusus untuk anak-anak. Beberapa wahana bermain pun dapat dinikmati oleh non tamu hotel.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Taman Simalem Resort memiliki fasilitas spa.

  • Hotel di Danau Toba ini menyediakan fasilitas labirin untuk bermain. Fasilitas ini dapat dinikmati juga oleh non tamu hotel.

  • Hotel ini juga menyediakan kelas yoga secara gratis! Kelas yoga ini sendiri diadakan dua kali sehari.

  • Skor: 8,1 dari 434 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

3. Romlan Samosir

Salah satu rekomendasi hotel di Danau Toba apabila Teman BuLiBi mencari hotel murah di Samosir! Romlan Samosir merupakan hotel dengan harga terjangkau dan pelayanan terbaik. Mulai dari 140.000 IDR untuk dua orang, kamu sudah dapat menginap di hotel ini. Tersedia beberapa jenis kamar, baik dengan beragam view dan pilihan kamar mandi dalam maupun luar. Tersedia juga kamar dengan bungalow di lantai atas.


Romlan Samosir memang merupakan penginapan sederhana, namun kualitas dan kebersihannya sangat terjaga. Hotel juga berada di lokasi strategis di sekitar Tuktuk. Beberapa rumah makan dapat dengan mudahnya ditemukan di sekitar hotel. Sayangnya, hotel di Danau Toba ini tidak menyediakan lahan parkir yang cukup luas.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Romlan Samosir memiliki restoran dengan varian hidangan menarik. Beberapa varian roti juga dibuat secara handmade.

  • Hotel ini memiliki fasilitas kayaking dan tamu dapat menggunakannya secara gratis.

  • Hotel di Danau Toba ini memiliki fasilitas ferry. Hotel pun akan mengantar ke Parapat ataupun dari Parapat ke depan hotel.

  • Skor: 9,0 dari 505 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

2. Inna Parapat

Inna Parapat adalah hotel rekomendasi BuLiBi apabila Teman BuLiBi berencana menginap di Wilayah Parapat. Inna Parapat sendiri merupakan hotel yang beroperasi di bawah naungan BUMN. Cabang hotel ini sudah cukup banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Suasana hotel di Danau Toba ini sangat nyaman dan dilengkapi dengan taman yang cukup luas. Beberapa dekorasi khas Belanda seperti kincir angin juga kerap menghiasi hotel ini.


Inna Parapat memiliki variasi kamar yang cukup beragam. Hotel di Parapat Danau Toba ini menyediakan kapasitas kamar hingga empat orang. Kamar hotel yang disediakan sendiri tergolong luas. Selain kamar hotel, Inna Parapat juga terkenal akan hidangannya. Tak hanya hidangan lokal, hotel juga menyediakan beberapa hidangan khas luar negeri yang sama menariknya.


Yang menarik dari hotel di Parapat Danau Toba ini:

  • Hotel ini memiliki private beach, loh! Hanya tamu yang diperbolehkan masuk dan keamanannya juga dijaga dengan baik.

  • Tempat wisata di Parapat, yaitu Rumah Pengasingan Soekarno, hanya berjarak sekitar 500 meter dari hotel.

  • Hotel di Parapat Danau Toba ini juga menyediakan fasilitas kolam renang.

  • Skor: 7,5 dari 474 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

1. Bagus Bay Guest House

Teman BuLiBi berencana untuk backpacker ke Pulau Samosir? Hotel di Danau Toba yang akan dibahas kali ini dapat menjadi pilihan penginapan untukmu. Bagus Bay Guest House merupakan salah satu penginapan yang berada di Wilayah Tuktuk. Lokasi penginapan ini juga tidak jauh dari Pelabuhan Tomok.


Bagus Bay Guest House merupakan penginapan kelas budget namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Harganya dimulai dari 60.000 IDR hingga 80.000 IDR semalam untuk dua orang dengan shared bathroom. Kamar hotel cukup sederhana namun tetap bersih dan terawat. Hotel di Danau Toba ini juga dilengkapi dengan bar dan taman di pinggir danau. Hal ini menambah kenyamanan para tamu yang hendak singgah sejenak di Bagus Bay Guest House.


Yang menarik dari hotel di Danau Toba ini:

  • Bagus Bay Guest House memiliki fasilitas billiard.

  • Hotel ini memiliki cukup banyak fasilitas olahraga seperti voli, basket, dan badminton.

  • Hotel di Danau Toba ini menawarkan fasilitas gratis untuk naik kano, loh!

  • Skor: 8,2 dari 324 ulasan.

Cek tarif dan booking sekarang

Kegiatan Liburan Wajib di Danau Toba

Berbicara soal liburan di Danau Toba, pastinya tak lepas dari Pulau Samosir. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pulau ini. Salah satu destinasi favorit di Pulau Samosir adalah Museum Batak. Sesuai namanya, museum ini menceritakan tentang sejarah dan asal muasal dari suku Batak. Selain menjadi lokasi pelabuhan, Tomok juga merupakan wilayah dengan banyak destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata terkenal di Tomok adalah Museum Huta Bolon Simanindo. Museum ini tak hanya menceritakan seputar budaya Batak namun juga Raja Batak. Di museum ini juga terdapat rumah khas Batak pada jaman dahulu. Selain itu, beberapa tarian dalam budaya Batak juga sering ditampilkan di sini.


Berbicara soal wisata lain di luar Pulau Samosir, terdapat beberapa tempat yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Menara Pandang Tele yang berada di Turpuk Limbong, sebelah barat Danau Toba. Lewat menara ini, Teman BuLiBi dapat melihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya dari atas. Wilayah sekitar Danau Toba juga memiliki banyak wisata alam yang indah. Seperti misalnya Air Terjun Situmurun yang berada di sebelah tenggara Danau Toba. Apabila kamu lebih tertarik dengan tempat wisata yang tidak ekstrim, Taman Bunga Sapo Juma jawabannya. Taman bunga ini sendiri berada di Wilayah Tongging, sebelah utara Danau Toba. Berikut adalah kegiatan liburan yang dapat dilakukan di sekitar Danau Toba. Tempat wisata di sekitar Danau Toba cukup banyak dan terpencar di beberapa daerah. Pastikan Teman BuLiBi untuk selalu membuat itinerary terlebih dahulu, ya!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Amanda Trinita]


Baca cerita BuLiBi soal :

6 Negara Asia Yang Aman Untuk Solo Traveling Setelah Pandemi

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

Wine Tasting Di Chile? Ini Panduan Lengkapnya


Cari hotel di Danau Toba lainnya:



  • Facebook

©2019 by Bulibi