5 Food Festival Terbesar di Dunia

Dari Tiongkok ke Perancis, 5 Food Festival terbesar di dunia ini wajib untuk semua pecinta kuliner!

Food Festival Terbesar di Dunia (c) Arakita Rimbayana

Makanan memang selalu menggoda lidah para penikmatnya. Tak hanya dijadikan santapan, makanan juga seringkali dijadikan objek agar wisatawan berkunjung ke sebuah negara. Beberapa negara di dunia kerap mengadakan festival makanan untuk menarik wisatawan datang ke negaranya. Cara ini cukup efektif karena wisatawan tidak saja bisa mencicipi makanan yang disajikan, tetapi juga merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Food festival terbesar di dunia bahkan menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan.


Saat traveling ke luar negeri, umumnya wisatawan akan mencoba makanan khas negara tersebut. Sensasi mencicipi makanan khas di tempatnya langsung sering dicari oleh banyak traveler. Teman BuLiBi tentu pernah ingin merasakan makan pizza di negaranya langsung atau sekedar melihat bagaimana pizza dibuat di negaranya. Berbeda dengan mencicipi makanannya saja, food festival terbesar di dunia justru menawarkan keseruan yang jauh lebih berkesan.


Seperti halnya sebuah festival, festival makanan ini menarik orang untuk hadir di tempat yang sama dengan tujuan yang sama. Ada yang hanya mencoba makanan yang ditawarkan, ada pula yang hanya ingin melihat-lihat dan merasakan keseruan bersama ratusan bahkan ribuan orang di tempat yang sama. Kali ini, tim BuLiBi mengajak kamu mengenali 5 food festival terbesar di dunia yang pasti seru dan ingin didatangi.


Moon Festival, Food Festival Terbesar di Dunia Versi Tiongkok

Berpenduduk padat dan kaya akan budaya, negeri tirai bambu ini memiliki kebiasaan atau adat istiadat yang masih selalu dipegang hingga sekarang. Salah satunya adalah tidak melupakan leluhur dan memberikan seserahan pada dewa atau dewi yang dipercaya membawa berbagai keberuntungan. Nah, festival makanan yang dimiliki oleh Tiongkok juga tidak jauh-jauh dari hal ini. Food festival terbesar di dunia versi Tiongkok ini dikenal dengan Moon Festival atau juga disebut dengan Festival Musim Gugur.


Festival ini biasanya diadakan pada bulan ke-8, hari ke-15 menurut kalender Tionghoa. Teman BuLiBi pasti sudah tahu bahwa orang-orang Cina mempercayai banyak dewa ataupun dewi. Moon Festival ini adalah perayaan yang dilakukan setiap tahun sebagai rasa syukur kepada Dewi Bulan atas panen yang dihasilkan. Ciri khas dari festival ini adalah kue bulan yang terbuat dari pasta bunga teratai dengan isian berupa kuning telur. Keseruan lain dari festival ini adalah lampion yang dibawa oleh anak-anak di jalanan. Penasaran? Yuk, coba saja datang ke Tiongkok saat festival ini berlangsung!


Pahiyas Festival: Filipina Juga Masuk dalam Food Festival Terbesar di Dunia

Food festival terbesar di dunia lainnya berasal dari Filipina. Tak mau hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, Filipina juga menarik wisatawan melalui festival makanan yang dimilikinya. Festival ini berada di kota Lucban, Quezon yang berjarak kurang lebih 85km dari Manila. Festival tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 15 Mei ini dikenal dengan Festival Pahiyas. Pahiyas sendiri berasal dari kata “payas” yang berarti dekorasi atau mendekorasi.


Berkunjung ke kota ini saat festival berlangsung, maka teman BuLiBi akan disuguhi dengan pemandangan rumah-rumah warga yang tak biasa karena didekorasi dengan unik. Cerita dibalik penyelenggaraan festival ini adalah kepercayaan penduduk di kota ini terhadap Saint Isidro de Labrador yang dianggap sebagai santo pelindung para petani di sana. Sebagai ucapan terima kasih kepada santo, maka penduduk mendekorasi rumahnya dari hasil pertanian dengan berbagai warna dan rupa. Penduduk lokal kota ini percaya bahwa dengan menjaga tradisi menghiasi rumah-rumah di masa panen ini, maka mereka akan selalu diberi keberuntungan. Kamu jadi tertarik kan berkunjung ke Filipina?


Pizzafest, Italia: Food Festival Terbesar di Dunia yang Ditunggu-tunggu!

Siapa yang tak kenal pizza? Makanan yang berasal dari Italia ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Italia untuk menikmati sepotong pizza karena di kota tempat kamu tinggal pasti sudah ada berbagai jenis kedai pizza. Tapi, teman BuLiBi tentu penasaran bagaimana rasanya mencicipi pizza langsung di negaranya kan? Italia punya festival makanan yang dikenal dengan Pizzafest. Festival ini diselenggarakan pada bulan September selama lima hingga tujuh hari.


Food festival terbesar di dunia ini wajib kamu datangi apalagi jika kamu pecinta pizza. Sebetulnya, festival ini adalah ajang kompetisi pembuat pizza lokal yang ada di Italia. Tak hanya melihat keseruan koki-koki berlomba membuat pizza, kamu juga bisa mencicipi berbagai jenis pizza sepuasnya lho. Festival didesain dengan menghidangkan pizza-pizza hasil buatan koki di atas meja-meja yang telah disediakan. Namanya juga lomba, di akhir festival akan diumumkan koki dengan sajian pizza terbaik. Tak mau ketinggalan menikmati pizza sepuasnya? Coba saja atur liburanmu ke Italia saat festival ini berlangsung.


Food Festival Terbesar di Dunia ada di Singapura

Meskipun termasuk negara dengan luas wilayah yang cukup kecil, Singapura memang selalu punya acara untuk menarik perhatian wisatawan ke negaranya. Melalui festival makanan, Singapura mampu mendatangkan traveler dari berbagai negara. Untuk itu, teman BuLiBi yang ingin merasakan keseruan food festival terbesar di dunia cukup berkunjung ke Singapura saja. Festival makanan ini dikenal dengan nama Savour. Sebagai negara dengan multikultur, makanan yang ditawarkan pada festival ini tentunya juga sangat beragam. Jadi, sangat wajar jika ada lebih dari 50 hidangan disajikan dalam festival ini.


Festival makanan ini merupakan acara tahunan terbesar di Singapura. Walaupun tema yang diangkat setiap tahunnya berbeda, namun berkunjung ke festival ini tetap saja akan mengundang selera makan teman BuLiBi. Festival makanan ini biasanya diselenggarakan pada bulan Juli setiap tahunnya. Jika kamu berencana ke Singapura pada bulan Juli, BuLiBi menyarankan agar kamu memasukan festival ini ke dalam itinerary-mu. Pastikan juga kamu mengecek tanggal festival sebelum membeli tiket pesawat ya.


Menton Lemon Festival: Food Festival Terbesar di Dunia Milik Perancis

Seperti halnya negara-negara lain yang memiliki festival makanan, Perancis memiliki buah lemon sebagai festival makanan di negaranya. Food festival terbesar di dunia punya Perancis ini diadakan di kota Menton yang memang dikenal sebagai produsen utama lemon. Teman BuLiBi jangan kaget jika mendengar ada ratusan ton buah lemon dan jeruk, serta puluhan petugas yang disiapkan untuk festival ini ya. Pasalnya, festival yang diadakan setiap tahun pada bulan Februari hingga Maret ini merupakan festival yang akan memamerkan berbagai macam patung yang terbuat dari lemon dan jeruk.


Festival yang sudah diadakan sejak tahun 1929 ini menarik wisatawan berkunjung ke kota Menton karena keunikan patung-patungnya. Konsep yang berbeda setiap tahunnya tentu akan menghasilkan patung-patung yang berbeda pula, sehingga wajar jika festival ini tidak pernah sepi pengunjung dari berbagai negara. Penasaran kan bagaimana lemon dan jeruk ini bisa dijadikan patung? Coba saja teman BuLiBi kunjungi festival ini saat ke Perancis nanti ya.


Sebetulnya, ada banyak sekali festival makanan yang diselenggarakan di seluruh dunia untuk menarik wisatawan. Cara ini tidak hanya sebagai ajang promosi wisata, tetapi teman BuLiBi jadi bisa mencicipi makanan khas suatu negara dengan suasana berbeda. Nah, seperti yang BuLiBi sudah sampaikan, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Tiongkok atau bahkan Eropa untuk merasakan suasana food festival terbesar di dunia. Kamu bisa mencobanya dengan cukup mengunjungi Singapura atau Filipina.


Festival makanan yang ada di Singapura dan Filipina ini bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin merasakan suasana festival terbesar di dunia dengan budget yang terbatas. Mencicipi dan melihat langsung festival makanan di negaranya pasti menambah keseruan liburanmu. Yuk, tulis daftar festival yang ingin kamu kunjungi nantinya!

© BuLiBi – [Kontributor: Yeyen P.]


Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ingin teman-temanmu baca juga? Jangan lupa untuk share di social mediamu ya!


Baca juga:

Wisata Kuliner Vietnam di 5 Restoran di Da Nang Yang Terbaik

Apa Itu Chicharron Kolombia?

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri


#bulibi #bukanliburanbiasa #foodfestivalterbesardidunia #foodfestival

4 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi