Indahnya 3 Warna di Danau Linow Tomohon

Apa uniknya Danau Linow Tomohon? Simak ceritanya di artikel berikut!

Danau Linow Tomohon (Photo: Wikipedia - Author: Deazaskia Prihutami)

Jika berbicara tentang Sulawesi Utara, apa sih tempat wisata yang ingin kamu kunjungi? Mungkin Teman BuLiBi banyak yang berpikir untuk pergi ke Bunaken. Bunaken memang sangat indah tapi sebenarnya masih banyak keindahan alam lainnya yang dapat memikat kamu jika berkunjung ke Sulawesi Utara, salah satunya adalah Danau Linow Tomohon. Keindahan Danau Linow Tomohon yang sewaktu-waktu bisa berubah warnanya ini dapat memukau siapapun yang mengunjunginya.


Danau Linow terletak di Lahendong, Kabupaten Tomohon Selatan. Jarak antara Kota Tomohon dengan Danau Linow adalah 7,8 km. Bagi Teman BuLiBi yang mau berkunjung ke Danau Linow,, ada yang perlu diketahui nih. Perjalanan dari Kota Manado ke danau ini memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam, tergantung pada rute yang dilalui. Letaknya yang dekat dengan daerah pegunungan membuat suasananya terasa sangat sejuk. Pohon-pohon hijau dan gunung-gunung yang mengelilinginya membuat Danau Linow Tomohon menjadi tampak segar.


Untuk Teman BuLiBi yang ingin tahu lebih dalam tentang Danau Linow, simak informasi berikut ini ya!


Akses ke Danau Linow Tomohon

Untuk Teman BuLiBi yang mau ke Danau Linow Tomohon, akses untuk menuju ke sana terbilang cukup mudah karena bisa menggunakan mobil atau bisa juga dengan naik angkutan umum. Bagi yang menggunakan mobil ada 2 rute yang dapat dilalui yaitu lewat Jalan Cornelis Palit atau melalui Jalan Kawangkoan. Kalau lalu lintas sedang normal, waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan naik mobil sekitar 17 - 19 menit.


Jika ingin naik angkutan umum, Teman BuLiBi bisa langsung ke Terminal Beriman di Tomohon. Bagi kamu yang belum tahu naik angkutan yang mana, kamu cukup bertanya ke supir angkutan, pasti nanti akan langsung diberitahu. Setelah naik angkutan umum, kamu bisa turun pertigaan Danau Linow. Dari sini, kamu tinggal jalan kaki sekitar 700 meter untuk sampai ke Danau Linow.


Warna Danau Linow Tomohon yang memikat semua orang

Jika biasanya danau berwarna hijau saja, lain halnya dengan Danau Linow Tomohon. Meski bukan memiliki 3 warna di saat yang sama, danau ini mampu merubah warnanya menjadi berwarna-warni. Seperti warna kuning kecoklatan, hijau tua, dan juga biru gelap. Konon, warna Danau Linow Tomohon ini berubah sesuai dengan keadaan cuaca maupun pantulan dari sinar matahari.


Selain kedua alasan tersebut, ada juga yang mengatakan kalau perubahan warna pada danau tersebut tergantung oleh zat sulfur atau belerang dan magnesium sulfat yang mengendap di dasar danau. Teman BuLiBi yang ingin melihat dengan jelas indahnya 3 warna Danau Linow Tomohon bisa mengunjungi di saat matahari sedang naik karena pada saat itulah danau bisa memancarkan berbagai keindahan warna yang ia punya.


Kandungan Sulfur yang Tinggi

Danau Linow Tomohon ini memiliki kandungan sulfur atau zat belerang yang tinggi. Jika Teman BuLiBi mendekat ke danau, bau belerang tersebut akan semakin tercium. Kandungan sulfur sebenarnya bagus untuk kulit tapi, sayangnya di danau ini kamu tidak bisa berenang. Alasannya karena sulfur yang terdapat di sini tidak aman untuk kulit dan justru bisa membuat tubuh menjadi terluka.


Menikmati camilan sambil melihat keindahan Danau Linow Tomohon

Sebenarnya banyak pilihan restoran, cafe maupun warung yang ada di dekat Danau Linow mulai dari jarak 0,3 kilometer sampai sekitar 6 kilometer yang bisa kamu kunjungi untuk makan dan melihat dengan jelas pemandangan Danau Linow. Jika kamu ingin melihat danau dengan jelas, ada 2 restoran yang bisa Teman BuLiBi kunjungi yaitu D-Linow Restaurant dan Rumah Makan Danau Linow. Kedua restoran tersebut sama-sama menyediakan menu aneka olahan pisang.


Menu yang populer di D-Linow Restaurant adalah kopi susu dan Pisang Goreng Goroho. Restoran ini terbilang cukup ramai jadi sebelum berkunjung lebih baik melakukan reservasi terlebih dahulu karena jika langsung datang tanpa reservasi Teman BuLiBi harus menunggu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk dapat tempat duduk. Selain itu, yang perlu kamu ketahui biasanya pengunjung menghabiskan waktu untuk makan di restoran ini sekitar 1-2 jam.


Sedangkan di Rumah Makan Danau Linow menu yang populer adalah Pisang Goreng Coklat Keju, Sambal Roa, kopi susu dan lake. Biasanya sekitar jam 3 sore restoran ini agak ramai, jadi bagi Teman BuLiBi yang ingin ke sini harus sabar ya! Baik Rumah Makan Danau Linow dan D-Linow Restaurant, keduanya sama-sama bisa makan di luar ruangan yang berada tepat di pinggir danau.


Menginap di resort dekat Danau Linow Tomohon

Ingin menginap di resort dekat Danau Linow Tomohon? Kamu punya beragam pilihan. Beberapa hotel di sekitar Danau Linow adalah Danau Linow Resort, Onong’s Palace Resort serta Highland Resort & Spa. Dari ketiga hotel tersebut, yang berada paling dekat dengan danau adalah Danau Linow Resort.


Danau Linow Resort atau yang lebih dikenal sebagai D’Linow ini hanya berjarak 350 meter dari danau. Selain kafe dan restoran, fasilitas yang disediakan oleh penginapan ini bermacam-macam seperti tempat meeting, function hall, dan lain-lain. Fasilitas ini disebut dengan MICE. Singkatan dari Meeting, Incentive, Conference and Exhibition. Sedangkan Onong’s Palace Resort atau Highland Resort & Spa ini berjarak 14 kilometer dari Danau Linow. Kalau kamu mau menginap di tempat bernuansa alam, kedua tempat ini cocok untuk kamu.

Ketiga tempat penginapan tersebut memiliki keunikan sendiri-sendiri. Fasilitasnya juga beragam. Tinggal pilih saja mana yang ingin Teman BuLiBi singgahi.


Harga tiket masuk Danau Linow Tomohon masih tergolong murah, jadi kamu tidak perlu khawatir soal budget. Selain itu, meskipun kadar belerang Danau Linow terbilang tinggi, Teman BuLiBi yang ingin melihat danau dari jarak dekat tetap bisa dengan turun ke dekat danau karena di pinggir danau tersebut ada trotoar yang bisa kamu lewati. Tak jarang juga danau ini dijadikan tempat foto pre-wedding. Jadi, bagi kamu yang ingin mencari spot foto di Tomohon, pastikan kunjungi danau ini ya!


Selain Danau Linow, Sulawesi Utara masih memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Contohnya Danau Tondano, Watu Pinabetengan, Woloan, dan lain-lain. Jadi, kapan kamu berkunjung ke sana?

(c) BuLiBi - [Kontributor: Nadhirah]


Suka dengan artikel ini? Silahkan share ke media sosialmu!

Baca juga:

Lihat Pinguin Patagonia di Puñihuil, Chile

7 Keajaiban Dunia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #danaulinowtomohon #danaulinow #manado

Cari tiket murah ke Manado:



  • Facebook

©2019 by Bulibi