Cari Tahu Cara Naik MRT Singapore

Negeri dengan ciri khas patung kepala singa ini memang selalu menarik untuk dibahas. Luas wilayah Singapura memang kalah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Tapi, tidak ada yang ragu bahwa transportasi di Singapura justru yang paling unggul di kawasan Asia Tenggara. Sebagai alat transportasi utama, MRT Singapore dikenal dengan kebersihan dan ketepatan waktunya. Tak salah jika transportasi ini menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan, apalagi cara naik MRT Singapore juga cukup mudah.

Cara Naik MRT Singapore (Photo: quinntheislander on Pixabay)

Singapura memang sering menjadi destinasi liburan luar negeri pertama. Selain lokasi yang tidak begitu jauh dari Indonesia dan alternatif penerbangan ke Singapura yang banyak, negara ini memang cocok dikunjungi kapan saja. Teman BuliBi dapat mengelilingi Singapura seharian dengan menggunakan Mass Rapid Train atau biasa juga disingkat dengan MRT. Dengan cara naik MRT Singapore ini kamu bisa menuju destinasi wisata dengan lebih mudah.


Sebelum Jakarta punya MRT, sebagian besar orang Indonesia mungkin pertama kali mencoba MRT justru di Singapura. Cara naik MRT Singapore juga cukup mudah sekali apalagi jika kamu sudah punya pengalaman sebelumnya. Tapi, bagi teman BuliBi yang baru pertama kali mencoba bisa jadi sedikit membingungkan. Jangan khawatir, tim BuliBi sudah menyiapkan beberapa informasi penting seputar MRT Singapore untuk kamu.


Penting Memahami Peraturan Cara Naik MRT Singapore

Teman BuliBi pasti sudah tahu jika Singapura dikenal sebagai negara yang disiplin dan bersih. Agar semakin disiplin, peraturan biasanya diikuti dengan hukuman apabila dilanggar. Jadi, jangan rusak liburanmu gara-gara kamu abai dengan peraturan yang ada di Singapura, terutama saat teman BuliBi menggunakan transportasi berupa MRT. Sebelum kamu mencari informasi cara naik MRT Singapore, ada baiknya kamu juga baca-baca peraturan yang ada. Memahami peraturan di negara yang kamu tuju tidak ada ruginya, ini justru akan membuat liburanmu lebih lancar. Teman BuliBi tentunya tidak mau kan liburannya jadi berantakan gara-gara kamu melanggar aturan yang ada apalagi sampai harus berurusan dengan polisi di luar negeri.


Nah, salah satu peraturan ketat yang wajib kamu ketahui adalah larangan makan dan minum selama di dalam MRT. Minuman yang dilarang tidak hanya minuman berasa saja, bahkan ini juga berlaku untuk minuman berupa air putih. Informasi tentang peraturan ini terpampang jelas baik di stasiun maupun di dalam MRT. Jadi, tidak ada alasan kamu tidak tahu tentang hal ini ya. Selain itu, teman BuliBi juga dilarang merokok dan meludah selama di dalam MRT. Jika teman BuliBi masih nekat, siap-siap saja denda jutaan bahkan puluhan juta rupiah harus kamu bayar!


Cara Naik MRT Singapore: Pahami Peta MRT!

Kesasar memang sering menjadi cerita lucu dan seru saat traveling. Bahkan ada anekdot yang menyebutkan belum traveling jika belum kesasar. Tapi, teman BuliBi tidak mau kan liburannya jadi kacau karena kamu terus-terusan kesasar saat mengambil jalur MRT. Untuk itu, sebelum bersiap ke Singapura, tim BuliBi menyarankan agar kamu perlu juga memahami peta MRT. Saat belajar membaca peta MRT, ada baiknya kamu sesuaikan juga dengan itinerary yang sudah kamu buat. Cara naik MRT Singapore tentu akan lebih mudah jika kamu memahami petanya terlebih dahulu. Jangan lupa juga menyimpan petanya di smartphone agar kamu lebih mudah mengaksesnya di mana dan kapan saja.

Memahami peta MRT Singapore sebetulnya tidak sulit kok. Teman BuliBi cukup memerhatikan jalur warna warni yang ada di peta. Jalur-jalur ini menghubungkan hampir setiap tempat-tempat utama di Singapura. Kamu bahkan bisa mengunjungi Singapura dari ujung ke ujung hanya dengan menggunakan moda transportasi ini. Setiap warna menandakan tujuan berdasarkan arah mata angin, tetapi ada juga yang disebut dengan circle line yang digambarkan dengan warna kuning. Tak hanya jalur kereta saja, teman BuliBI juga perlu mengingat stasiun tempat kamu akan berhenti di mana. Selain itu, teman BuliBi juga perlu cermati stasiun interchange. Di stasiun ini kamu bisa pindah kereta di jalur lain tanpa harus membeli tiket lagi. Artinya, kamu juga harus berganti kereta untuk sampai ke destinasi yang dituju.


Cara Naik MRT Singapore dengan Tiket Sekali Pakai

Cara naik MRT Singapore yang paling gampang tentu dengan membeli tiket sekali pakai atau single card. Tiket ini adalah tiket standar yang bisa teman BuliBI dapatkan melalui mesin GMT (General Ticket Machine) yang tersedia di stasiun MRT. Saat ingin menggunakan tiket ini, kamu cukup memilih “standard ticket” pada layar sentuh yang tersedia, lalu pilih jalur peta MRT sesuai dengan tujuanmu. Setelah itu, teman BuliBi bisa memilih jumlah tiket yang diinginkan dan memasukan uang yang dibutuhkan. Pastikan juga teman BuliBi tidak salah memilih jalur karena setelah pembayaran, maka tiket tidak dapat ditukar lagi dengan jalur yang berbeda.


Tips dari tim BuliBi, sebaiknya kamu menyiapkan uang pecahan kecil saat ingin membeli tiket ini. Beberapa mesin GMT hanya menerima maksimal pecahan SGD 10 atau SGD 5. Tapi, jika kamu tidak memiliki pecahan kecil, teman BuliBi tidak perlu khawatir. Di dalam stasiun terdapat loket tempat penukaran uang pecahan sehingga kamu tidak perlu repot. Pastikan kamu sudah memiliki pecahan yang dibutuhkan sebelum ke mesin GMT agar tidak menganggu antrian ya. Meskipun mudah, sayangnya tiket ini agak kurang efektif jika mobilitasmu menggunakan MRT cukup tinggi karena kamu harus bolak-balik mendatangi mesin GMT. Cara naik MRT Singapore berikutnya mungkin bisa menjadi jawaban kamu untuk mengatasi hal ini.


Miliki Kartu EZ-Link, Cara Naik MRT Singapore Lebih Gampang

Jika tadi single card kurang efektif, teman BuliBi dapat memanfaatkan kartu EZ-Link agar cara naik MRT Singapore jauh lebih gampang. Kartu ini adalah tiket yang bisa diisi ulang dengan deposit minimal SGD 5. Jadi, jika kamu membeli dengan harga SGD 12, maka SGD 5 berlaku sebagai deposit dan sisa SGD 7 bisa dipakai untuk menggunakan MRT. Dengan menggunakan kartu jenis ini kamu juga tidak perlu lagi repot-repot menghampiri mesin GMT. Menariknya, tiket ini juga bisa digunakan untuk transportasi lain seperti LRT dan bus, bahkan beberapa outlet makanan juga menerima pembayaran dengan kartu EZ-Link!


Kartu ini bisa teman BuliBi beli di Ticket Office yang ada di sekitar stasiun MRT atau bus. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya di minimarket seperti 7-eleven. Cara menggunakan EZ-Link juga gampang sekali. Teman BuliBi cukup menempelkan kartu pada mesin saat masuk dan keluar stasiun. Mesin akan secara otomatis mengurangi nominal uang yang tersimpan di kartu EZ-Link kamu. Sisa saldo yang ada di kartu juga bisa kamu minta kembali/refund atau bisa kamu gunakan saat mengunjungi Singapura berikutnya karena kartu ini berlaku selama 5 tahun lho.

Setelah membaca informasi mengenai cara naik MRT Singapore dari tim BuliBi di atas, kamu tentu jadi punya gambaran mengenai MRT di Singapura. Agar tidak melulu menggunakan MRT, kamu juga perlu sekali-kali mencoba menggunakan bus saat berlibur ke Singapura. Pengalaman menggunakan berbagai transportasi di Singapura tentu akan menambah keseruan liburanmu.

Tak perlu menunggu lama, segera unduh dan simpan peta MRT di smartphone kamu. Jangan lupa juga baca dan pelajari baik-baik peta dan peraturan yang ada selama menggunakan moda transportasi ini. Liburanmu pasti jadi lebih mudah dan seru dengan memanfaatkan kereta ini. Jadi, apa teman BuliBi siap bertualang di Singapura dengan MRT?


© BuLiBi – [Kontirbutor: Yeyen P]


Terima kasih sudah membaca! Silakan share di media sosial kamu.

Baca juga:

Tips Liburan ke Singapura untuk Pemula

11 Fakta Unik Singapura yang Harus Traveler Tahu

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #caranaikmrtsingapore #mrtsingapore

Cari tiket murah ke Singapura:


  • Facebook

©2019 by Bulibi