Tips Liburan ke Singapura untuk Pemula

Pertama kali menjelajah negara Singa? Kantongi dulu tips liburan ke Singapura berikut ini!

Tips Liburan ke Singapura (c) Arakita Rimbayana

Dibandingkan dengan Jakarta, luas wilayah Singapura memang jauh lebih kecil. Tetapi, apa yang ditawarkan Singapura bagi pengunjungnya bisa saja menjadi pengalaman yang luar biasa luas bagi banyak orang. Tak peduli tua, muda, remaja, dewasa, bahkan kakek dan nenek sekalipun, Singapura cocok dikunjungi oleh siapa saja yang haus akan pengalaman.

Selain Malaysia, Singapura seringkali dijadikan alasan untuk merasakan liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya. Letaknya yang tidak jauh dari Indonesia memang menjadikan Singapura alternatif terbaik untuk pemula. Beruntungnya, saat ini beberapa kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar sudah menyediakan penerbangan langsung ke Singapura.

Meskipun menarik, tak jarang ada banyak keraguan bagi pemula untuk mengunjungi negeri yang dikenal dengan patung kepala singa ini. Alasannya, Singapura termasuk negara dengan biaya hidup termahal di dunia sehingga ke Singapura akan membutuhkan biaya yang besar. Eits, jangan salah! Kamu tetap bisa menghemat biaya perjalanan dengan menyimak tips liburan ke Singapura ala BuliBi ini.

Mengatasi Biaya Transportasi yang Mahal

Biaya transportasi memang menjadi salah satu biaya utama dalam mengatur anggaran liburan. Beberapa informasi bahkan menyebutkan porsi tiket pesawat ini bisa mencapai 25-30% dari total anggaran yang dibuat. Tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan cara memesan tiket jauh-jauh hari. Cara ini bisa membantu kamu melakukan riset kecil-kecilan terkait kapan harga terendah tiket pesawat yang bisa kamu dapatkan, sehingga waktu keberangkatan bisa disesuaikan.

Kamu bisa cek tiket pesawat murah di sini:

Selain itu, jangan lupa juga aktif berlangganan newsletter dari agen perjalanan online atau maskapai yang menawarkan penerbangan ke Singapura. Ini berguna untuk memantau tiket promosi atau diskon yang sedang berlangsung. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang sangat murah bahkan bisa memangkas biaya transportasi 10-15%!


Tak lupa pula, pastikan kamu memesan tiket pulang-pergi sekaligus. Hal ini tidak hanya agar anggaran tetap terestimasi, tetapi juga menghindari permasalahan di imigrasi Singapura. Tidak mau kan liburanmu berantakan gara-gara tidak punya tiket pulang?

Singapura kan Mahal, Biaya Akomodasi Juga Pasti Membengkak

Selain biaya pesawat, urusan menginap ini juga dianggap paling banyak menguras dana liburan. Tak heran jika pemula sering was-was menyiapkan anggaran untuk akomodasi. Tetapi, kamu jangan khawatir! Tips liburan ke Singapura ala Bulibi ini bisa dijadikan alternatif untuk kamu mengatasi hal ini.


Jika kamu termasuk generasi milenial yang berencana liburan sendirian atau bersama teman-teman, alternatif tempat murah di Singapura adalah dengan menginap di hostel atau dormitory. Selain murah, tempat menginap model ini biasanya terletak di lokasi-lokasi yang strategis. Maksudnya, lokasinya terletak di dekat MRT atau pusat-pusat wisata. Bagaimana jika pergi dengan orang tua atau anak-anak? Tak perlu khawatir, hostel-hostel ini juga biasanya menyediakan private room atau family room yang bisa kamu pesan untuk liburan bersama orang tua atau anak-anak dengan fasilitas yang nyaman dan harga yang juga sangat kompetitif.


Teman Bulibi mungkin sering mendengar tips liburan ke Singapura atau negara lainnya terkait cara menghemat biaya akomodasi adalah dengan menyewa Airbnb. Meskipun sangat direkomendasikan, sebagai pemula sebaiknya menghindari hal ini jika ke Singapura ya. Pemerintah Singapura mengeluarkan aturan tegas terkait persyaratan sewa-menyewa apartemen di negaranya. Jangan sampai liburanmu terganggu karena hal ini. Kami rekomendasikan beberapa penginapan murah terbaik di Singapura di bagian akhir artikel ini.


Makan di Singapura Mahal Juga Nggak ya?

Biaya hidup di Singapura memang cenderung mahal dibandingkan di kota besar Indonesia seperti Jakarta. Tapi, ini tidak berarti kamu harus menahan lapar saat berlibur. Pastikan, kamu memasukan biaya makan dalam anggaranmu agar kamu bisa menikmati liburan dengan perut kenyang, tapi dompet juga tetap aman. Tips liburan ke Singapura ala BuliBi untuk urusan perut ini perlu kamu coba saat ke Singapura.


Sebetulnya, Singapura memiliki banyak tempat foodcourt dengan harga yang relatif murah. Nama Lucky Plaza mungkin sudah pernah kamu dengar selama ini. Berlokasi di tengah mal-mal mewah di Orchard Road, tempat ini memang menjadi alternatif yang tepat untuk kamu menikmati makan siang setelah asyik berfoto atau sekedar merasakan suasana Orchard. Jika kamu muslim, tak perlu khawatir. Cari makanan halal di luar negeri cukup mudah kok. Di foodcourt Lucky Plaza juga terdapat beberapa tenant yang menyediakan masakan halal dengan harga yang murah.


Berkunjung ke Singapura tidak lengkap jika tidak mampir ke Merlion Park. Jika sudah puas berfoto dengan patung kepala singa, kamu bisa mampir ke food court yang ada di Lau Pa Sat. Lokasinya sekitar 1 kilometer dari Merlion Park. Meskipun dekat dengan pusat wisata, harga yang ditawarkan juga relatif murah, yaitu sekitar 4-5 SGD atau 40.000 – 50.000 IDR untuk sekali makan.


Selain itu, tips liburan ke Singapura untuk persoalan perut lainnya adalah dengan membawa botol minum sendiri. Saat liburan, tidak jarang pengeluaran kamu justru habis untuk hal-hal yang sederhana seperti air minum. Informasi buat teman Bulibi, harga satu botol air mineral ukuran 600ml bisa mencapai SGD2 atau sekitar Rp. 20.000! Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa isi air minum gratis dari hotel/hostel tempat kamu menginap. Beberapa spot di Singapura juga menyediakan keran air minum atau dikenal dengan istilah tap water untuk kamu isi ulang kapan saja. Jangan khawatir, air dari tap water ini aman kok!


Cari Spot Wisata Gratis, tapi Berkesan!

Universal Studio Singapore (USS) memang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Singapura. Harga tiket masuk wahana bermain ini bisa dibilang sangat mahal yaitu sekitar 80 SGD atau 800.000 IDR untuk sekali masuk. Meskipun harga tiket ini mahal, tetapi USS tetap diminati pengunjung. Jika kamu masih berniat ke wahana ini, coba rajin-rajin perhatikan penawaran agen perjalanan online atau aplikasi pemesanan aktivitas liburan seperti Klook untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, jika tidak tertarik dengan USS, beberapa tips liburan ke Singapura dari BuliBi ini bisa kamu ikuti saat berlibur ke sana.


Singapura menyediakan banyak tempat wisata gratis yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Saat mendarat di Singapura, jangan lupa mampir ke Jewel Changi yang berada di salah satu mall terbesar di Singapura yang letaknya masih satu lokasi dengan Bandara Changi. Tempat yang baru dibuka April 2019 ini disebut-sebut sebagai air terjun indoor tertinggi di dunia. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun, taman dan suasana hutan sekaligus di tempat ini.


Sesampainya di pusat perkotaan Singapura, kamu juga bisa rehat sejenak di hotel/hostel tempat menginap, lalu menyusuri Orchard Road. Jalanan yang dipenuhi dengan pusat perbelanjaan high-end ini memang memberi kesan mewah dan mahal. Jika tidak berniat berbelanja, kamu cukup menikmati jalanan Orchard dan duduk-duduk santai. Jangan lupa abadikan fotomu di dekat tulisan Orchard Road yang ada di beberapa tempat!


Jika kamu pemburu spot foto yang instagramable, pastikan juga mengunjungi Haji Lane. Tempat ini dikelilingi banyak butik, bar, kafe dan mural-mural dengan gambar dan warna yang menarik. Kamu bisa menelusuri Bali Lane, Arab Street dan Beach Road sekaligus agar liburan di tempat ini lebih berkesan. Tentunya, kamu akan punya banyak stock foto sepulangnya ke Indonesia!

Tips liburan ke Singapura ala BuliBi ini bisa kamu kantongi jika berencana mengunjungi Singapura. Kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya dan kebutuhanmu, misalnya saja, kamu lebih nyaman menginap di private room daripada harus di dormitory dengan banyak orang yang tidak kamu kenal atau kamu lebih memilih mengunjungi banyak tempat gratis dari pada ke Universal Studio Singapore (USS). Selain tips dalam artikel ini, sebaiknya kamu tahu juga soal peraturan umum yang berlaku di Singapura. Jangan salah, turis pun bisa kena denda! Beberapa di antaranya, kamu dilarang makan di transportasi umum, bahkan sekedar menyunyah permen karet. Buang sampah sembarangan jelas dilarang, begitu juga dengan meludah di tempat umum. Dendanya bisa jutaan rupiah, lho!


Sekarang kamu jadi tahu kan bahwa liburan ke Singapura dengan budget terbatas sangat mungkin dilakukan. Liburan tidak harus mewah, yang terpenting adalah pengalaman yang berkesan selama liburan. Jadi, tunggu apa lagi? Buat rencana perjalanan dan anggaranmu segera untuk pengalaman pertama liburan ke Singapura!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Yeyen Pratika]


Baca juga:

Daftar Penginapan Di Indonesia

Keindahan Taman Sari Keraton, Wisata Air Bersejarah di Yogyakarta

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipsliburankesingapura #singapura #liburankesingapura

Penginapan murah di Singapura:



  • Facebook

©2019 by Bulibi