5 Candi Terindah di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah!

Tak hanya sebagai situs peninggalan sejarah atau tempat keagamaan, candi juga berfungsi sebagai destinasi wisata. Hal ini membuat banyak Candi terindah di Indonesia dapat ditemukan. Beberapa candi pun memiliki alam sekitar yang membuat wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung.

Candi Terindah di Indonesia (Photo by moto moto sc on Unsplash)

Pernah menjadi rumah bagi berbagai kerajaan Hindu dan Buddha membuat Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah berupa candi. Hal ini karena candi identik dengan kegiatan keagamaan Hindu dan Buddha. Candi sendiri memiliki berbagai jenis dan fungsi. Candi dapat digunakan sebagai tempat beribadah, penyimpanan abu jenazah, atau tempat penyebaran agama. Di Indonesia, candi lebih banyak ditemukan di Pulau Jawa. Meskipun begitu, beberapa candi juga bisa ditemukan di Pulau Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Berkunjung ke candi juga dapat menjadi cara belajar sejarah sambil liburan yang menyenangkan, loh! Dari sekian banyak candi, apa saja ya, candi terindah di Indonesia yang menyimpan banyak sejarah? Berikut lima candi terindah di Indonesia yang perlu Teman BuLiBi tahu!

Berkunjung ke Salah Satu Candi di Sumatera, yaitu Candi Muara Takus di Riau!

Candi terindah di Indonesia pertama berada di Pulau Sumatera nih, Teman BuLiBi! Meskipun tidak memiliki candi sebanyak di Pulau Jawa, candi di Pulau Sumatera tidak kalah cantik. Salah satunya pada candi yang berlokasi di Riau, yang bernama Candi Muara Takus. Candi ini berlokasi di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Salah satu candi yang wajib dikunjungi apabila Teman BuLiBi berkunjung ke Riau!


Nama Muara Takus memiliki berbagai sumber. Ada yang mengatakan nama Muara Takus didapat dari sebuah anak sungai bernama Takus. Sungai ini bermuara ke Sungai Kampar Kanan. Ada pula yang mengatakan Takus berasal dari bahasa Mandarin. Ta berarti besar dan ku berarti tua, dan se berarti candi atau kuil. Secara singkat, ini berarti bahwa Muara Takus adalah candi tua besar yang bermuara di sungai. Candi Muara Takus sendiri merupakan candi agama Buddha, terlihat dari adanya stupa lambang Siddhartha Gautama. Biaya untuk berkunjung ke Candi Muara Takus sangat terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp15.000. Candi ini sendiri buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Menelusuri Candi Terindah di Indonesia yang Berada di Blitar, Candi Penataran!

Candi Penataran terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Lokasi ini berada kurang lebih 12 kilometer dari pusat Kota Blitar, Jawa Timur. Candi Penataran ternyata juga merupakan salah satu candi selain Borobudur yang ditemukan kembali saat Indonesia dikuasai Inggris. Candi ini ditemukan tepatnya pada kepemimpinan Thomas Stamford Raffles sekitar 1815. Candi terindah di Indonesia ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-12 masehi. Candi Penataran merupakan candi agama Hindu.


Candi Penataran disebut sebagai Candi Palah dalam Kitab Negarakertagama. Candi ini sendiri dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan digunakan sampai Kerajaan Majapahit. Raja Hayam Wuruk dari Majapahit dikabarkan sering berkunjung ke Palah untuk memuja Hyang Acalapati. Hyang Acalapati juga dikenal dengan nama Girindra atau raja gunung. Hal ini yang membuat posisi Candi Penataran berada di daerah Gunung Kelud. Apabila Teman BuLiBi tertarik untuk berkunjung ke sini, biaya masuknya sangat terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp3.000 saja. Candi Penataran buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Mengenal Lebih Jauh Candi Ijo, Candi yang Berada di Atas Kota Jogja!

Teman BuLiBi pernah mendengar tentang Candi Ijo di Jogja? Salah satu candi terindah di Indonesia ini berada di ketinggian lebih dari 400 mdpl, lho! Hal ini membuat posisi candi berada di dataran tertinggi di Kota Jogja. Dari ketinggiannya, pengunjung dapat menikmati panorama Kota Jogja yang indah. Tak jarang, beberapa pesawat yang hendak landing di Bandara Adisutjipto dapat dilihat dari lokasi Candi Ijo. Salah satu candi terindah di Indonesia ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.


Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-10 sampai ke-11. Candi ini berlatar belakang agama Hindu. Masih banyak misteri seputar Candi Ijo yang belum dapat ditemukan. Namun, dalam sebuah batu, terdapat tulisan mantra yang diduga merupakan sebuah mantra kutukan. Mantra ini tertulis berulang-ulang hingga 16 kali. Di balik indahnya pemandangan di Candi Ijo, pengunjung memang perlu melewati akses yang lumayan menguras tenaga. Hal ini karena posisi candi yang berada di atas bukit. Namun, jangan khawatir karena sesampainya di Candi Ijo, pemandangan yang diberikan sangatlah juara! Biaya masuk candi sendiri sangat terjangkau. Wisatawan lokal hanya dikenakan biaya Rp5.000 dan wisatawan asing dikenakan biaya Rp10.000. Pengunjung juga hanya perlu membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Berkunjung ke Candi Prambanan, Candi yang Populer di Kalangan Wisatawan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Terdapat sebuah legenda dibalik berdirinya Candi Prambanan. Legenda bermula saat Bandung Bondowoso melamar Roro Jonggrang. Tak sampai hati untuk menolak, Roro Jonggrang memerintah Bandung Bondowoso untuk membuat 1000 candi dalam waktu semalam. Roro Jonggrang kemudian berbuat curang sehingga hanya terdapat 999 candi ketika matahari terbit. Mengetahui kecurangan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi. Hal ini dikatakan untuk menggenapi 999 candi yang telah dibangun menjadi 1000 candi.


Berbicara seputar sejarah sesungguhnya yang ditemukan dalam Prasasti Siwagrha, Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 masehi. Candi ini dibangun pada masa Dinasti Sanjaya, tepatnya oleh Rakai Pikatan. Tujuan dibangunnya candi sendiri untuk menghormati tiga dewa dalam agama hindu: Brahmana, Siwa, dan Wisnu. Salah satu candi terindah di Indonesia ini dibuka dari pukul 06.00 hingga 17.00 setiap harinya. Tiket masuk Candi Prambanan terbaru adalah Rp40.000 untuk wisatawan lokal dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Pada malam hari, Teman BuLiBi dapat mengunjungi Sendratari Ramayana Ballet di belakang Candi Prambanan. Terdapat panggung terbuka bernama Trimurti dimana pentas biasa diadakan. Biaya untuk menonton pentas dibanderol Rp125.000 hingga Rp400.000, tergantung lokasi tempat duduk yang dipilih.

Salah Satu Candi Terindah di Indonesia yang Juga Besar, Candi Borobudur

Siapa yang tidak tahu Candi Borobudur? Berbicara candi terindah di Indonesia rasanya kurang apabila tidak memasuki Candi Borobudur ke dalam list. Pasalnya, candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia. Saat ini, Candi Borobudur masuk dalam daftar warisan budaya dunia milik UNESCO. Candi Borobudur juga merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Kita pun tak jarang menemukan materi sejarah Candi Borobudur ketika masih duduk di bangku sekolah.


Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra pada abad ke-8 dan dipimpin oleh Raja Samaratungga. Butuh waktu sekitar 75 sampai 100 tahun untuk membangun candi yang agung ini. Konon, Raja Samaratungga menunjuk arsitek bernama Gunadarma untuk membangun Candi Borobudur. Borobudur sendiri memiliki arti “vihara buddha uhr” yang berarti 'candi buddha yang berada di bukit' dalam Bahasa Sansekerta. Candi Borobudur sempat terbengkalai sangat lama. Candi ini sendiri baru ditemukan pada masa kepemimpinan Thomas Stamford Raffles, ketika Indonesia dikuasai Inggris pada tahun 1814. Hingga saat ini, Candi Borobudur masih aktif digunakan untuk berbagai acara keagamaan Buddha. Biaya masuk Candi Borobudur dikenakan tarif Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak usia 3-10 tahun. Tiket tersebut berlaku untuk wisatawan lokal. Sedangkan, untuk tiket wisatawan mancanegara dikenakan tarif berbeda. Dikenakan tarif US$ 25 untuk wisatawan dewasa dan US$ 15 untuk wisatawan anak usia 3-10 tahun. Jam operasional Candi Borobudur sendiri mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Menurut Teman BuLiBi, Manakah Candi Terindah di Indonesia?

Ulasan di atas adalah lima candi terindah di Indonesia yang dapat Teman BuLiBi kunjungi! Tak hanya indah dalam segi arsitektur, ternyata berbagai candi punya fungsi dan kegunaannya masing-masing. Setiap candi pun memiliki sejarah yang panjang dari awal dibangun sampai kemudian ditemukan kembali. Saat hendak berkunjung ke salah satu candi, pastikan untuk selalu bersikap baik, ya. Hal ini dikarenakan beberapa candi masih bersifat sakral dan digunakan sebagai tempat beribadah. Dari lima candi terindah di Indonesia yang telah disebutkan, adakah yang pernah Teman BuLiBi kunjungi? Atau apakah Teman BuLiBi berniat untuk mendatangi salah satu candi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya? Apapun itu, pastikan untuk menjaga kelestarian candi, ya!


(c) BuLiBi - [Kontributor: Amanda Trinita | Editor: Karina Ovelia]


Terima kasih telah mampir dan membaca! Jangan lupa untuk share di media sosialmu, ya!


Baca juga:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

7 Keajaiban Dunia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kenali Keramahan Negara Thailand di Sawasdee Resort Sukhothai


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #canditerindahdiindonesia #candiindonesia

Cari tiket liburan murah:


  • Facebook

©2019 by Bulibi