Ini Dia 9 Cafe di Korea (Seoul) yang Ngehits!

Liburan asyik sambil nongkrong di beberapa Cafe di Korea berikut! Baca panduan lengkapnya, yuk!

9 Cafe di Korea (Seoul) (c) Arakita Rimbayana

Bosan dengan traveling yang gitu-gitu aja? Team BuLiBi punya ide yang tidak biasa buat melengkapi agenda liburan kamu di Korea Selatan: cafe hopping. Tidak hanya menyediakan dosis kafein harian, beberapa cafe di Korea ini bisa jadi objek foto-foto kamu buat stok feed Instagram karena desain tempatnya yang menarik.


Menilik sejarah keberadaan cafe tidak bisa dilepaskan dari perannya sebagai tempat untuk bersosialisasi alias nongki gemes. Mulai dari obrolan soal tetangga, kisah cinta, sampai politik, semua bisa dilakukan di cafe. Kalau kamu belum tau, kebiasaan nongkrong di cafe ini udah mulai umum paska Perang Dunia pertama di Eropa, lho! Hal ini juga tentunya berkaitan dengan meningkatnya konsumsi kafein di masa tersebut. Nah, tidak jauh beda dengan kebiasaan Teman BuLiBi yang juga harus ngopi dulu sebelum beraktivitas, kan? Kalau kamu lagi di Korea, jangan lupa untuk mampir ke 9 cafe ini for your daily dose of caffeine and for the gram!

Woolf Social Club

Berencana untuk santai sore sambil makan light bites dan minum segelas milk tea? Kamu bisa mampir ke Woolf Social Club. Cafe yang berada di kawasan Itaewon ini terlihat seperti perpustakaan mini kalau kamu sekilas lewat di depannya. Mereka memiliki ribuan koleksi buku yang bisa dipilih dan dibaca oleh para pengunjung kafe. Suasana Woolf Social Club sangat mendukung untuk bersantai karena mereka akan memanjakanmu dengan lantunan musik jazz dan musik klasik terbaik. Kalau Teman BuLiBi mau ke sini saat akhir pekan, pastikan untuk datang lebih sore ya, kalau tidak kalian harus mencari tempat lain untuk nongkrong karena sudah tidak kebagian tempat duduk.


Woolf Social Club cocok untuk Teman BuLiBi baik yang datang bersama teman-teman ataupun sendiri. Sambil menikmati minuman signature mereka, Milk Tea by Woolf atau minuman favorit lainnya seperti butter cream latte, kamu pasti betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa memesan berbagai pilihan sandwich seperti ham cheese jaffle, cheese & spinach, ham & veggie quiche, dan spicy shrimp avocado dengan kisaran harga 8.000 KRW – 9.500 KRW. Untuk minuman, harganya berkisar antara 4.000 KRW – 7.000 KRW. Banyaknya pengunjung yang jatuh cinta dengan suasana di Woolf Social Club membuat mereka berharap kafe ini bisa lebih luas untuk menampung lebih banyak pengunjung. Sounds like a fair judgement!

Woolf Social Club
Address: 795-2, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul
Hours: Mon - Fri (12PM - 10PM), Sunday (12PM - 9PM). Closed on Wednesdays.
Instagram: @woolfsocialclub

Bean Brothers

Berbeda dengan kebanyakan desain interior cafe di Korea yang minimalis, Bean Brothers memiliki konsep industrial untuk interior cafe mereka. Warna cokelat kayu dan hitam yang dominan di seluruh sisi kafe menawarkan suasana berbeda yang tetap bisa membuat cafe mereka nyaman. Bean Brothers ini sangat kami rekomendasikan untuk Teman BuLiBi yang juga pecinta kopi. Mereka memang menawarkan menu kopi pada umumnya seperti Americano dan es kopi, tapi dengan rasa yang kuat dan lebih menonjol jika dibandingkan dengan cafe lain yang ada dalam artikel ini. Tidak hanya itu, mereka juga menjual biji kopi yang mereka roast sendiri dengan nama-nama unik seperti Black Suit (nutty blend), Velvet White (fruity blend), James (Ethiopia Kebado) dan J.B. (Guatemala el Socorro). Bean Brothers juga menghidangkan pastries buatan sendiri. Untuk kamu yang suka menyimpan suvenir, mereka punya berbagai macam cinderamata mulai dari gelas, cangkir, tumbler, dan juga planner. Kalau Team BuLiBi sih, lebih naksir hoodie yang dipakai para staff,. Sayang, ternyata tidak dijual.


Teman BuLiBi yang mau mampir ke sini wajib mencicipi lemon cake yang menjadi favorit para pengunjung. Nah, buat yang bukan pecinta kopi, jangan khawatir, Bean Brothers juga menyediakan minuman non-kopi seperti grapefruit squash, mango juice, grapefruit tea, dan juga real chocolate yang bisa kamu nikmati hangat ataupun dingin. Semua hidangan di sini bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek seharga 6.000 KRW.

Bean Brothers
Address: 368-3, Hapjeong-dong, Mapo-gu, Seoul
Hours: Mon - Sun (11AM - 11PM)
Instagram: @bean_brothers

Belief Coffee Roasters

Cafe lain yang bisa kamu jadikan tempat untuk mengobrol santai dengan suasana tenang dan hangat adalah Belief Coffee Roasters. Cafe ini merupakan cafe favorit Team BuLiBi karena atmosfirnya yang syahdu dengan space yang cukup besar di lantai bawah tanah. Banyak pengunjung yang mampir ke sini untuk belajar, bekerja, ataupun menikmati waktu sendiri. Selain itu, lokasinya juga mudah dijangkau karena dekat dengan halte bus Hapjeong.


Belief Coffee Roasters punya tiramisu cake yang menjadi favorit para pengunjung (bahkan salah satu yang terbaik di kelasnya!). Teman BuLiBi yang mau menyantap tiramisu cake di sini bisa ditemani dengan berbagai pilihan kopi yang mereka tawarkan, baik itu drip coffee maupun espresso dengan kisaran harga 4.500 KRW – 7.000 KRW. Buat yang tidak minum kopi, cafe ini juga menawarkan jenis minuman lain seperti jus, teh, smoothies, dan bir.

Belief Coffee Roasters
Address: 384-3, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul
Hours: Mon - Sun (9:30AM - 10:30 PM)
Instagram: @beliefcoffee_roasters

Low Coffee Hannam

Pertama kali masuk ke Low Coffee Hannam pasti bikin Teman BuLiBi tidak sabar buat foto-foto karena tempatnya yang lucu banget! You’d be instantly in love with the place. Nuansa warna lembut yang menghiasi seluruh bagian interior sampai ke desain paper cup-nya, bakal bikin kamu tidak mau ketinggalan setiap momen menghabiskan waktu di sini. Berbeda dengan cafe yang sudah disebutkan di atas, Low Coffee Hannam lebih terkenal akan milk tea-nya dibanding kopi yang mereka sajikan. Kafe ini menyajikan milk tea dengan berbagai macam rasa dan kamu wajib mencicipi Earl Grey Tea yang menjadi favorit di sini! Meskipun mungil, Low Coffee Hannam tidak hanya menjanjikan spot foto yang menggemaskan, tapi juga menyediakan minuman yang enak.

Low Coffee Hannam
Address: 683-5, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul
Hours: Mon - Sun (11AM - 10PM)
Instagram: @lowcoffeehannam


Arriate

Cuma ada satu kata yang pantas mendeskripsikan Arriate: cantik! Cafe dengan konsep taman bunga ini akan menarik perhatian siapapun yang hanya sekedar melintas atau mau menyempatkan diri untuk mampir. Banyak pengunjung yang datang memang untuk menikmati desain cafe yang enak dipandang dan untuk bersantai sore. Di sini, Teman BuLiBi bisa menikmati berbagai minuman mulai dari coffee-based, berbagai pilihan teh, mojito, jus, minuman bersoda, dan beberapa macam cake untuk menemani minumanmu. Harga makanan dan minuman di sini berkisar antara 3.800 KRW – 8.000 KRW.


Hal lain yang menjadi daya tarik Arriate adalah pilihan teh yang lebih beragam, cocok buat Teman BuLiBi yang lebih suka teh dibanding kopi. Untuk fresh herb tea mereka menawarkan 2 macam blend yaitu Refresh dan Relax. Sedangkan untuk organic dry herb tea mereka menawarkan lebih banyak pilihan seperti Peppermint, Lemongrass, Chamomile, Rosemary, dan Stevia.

Arriate Flower Cafe
Address: 668-3, Yeoksam-dong, Gangnam-gu, Seoul
Hours: Mon - Sun (9AM - 10PM)

33 Apartment

Cafe yang dari luar kelihatannya mungil ini terletak di salah satu sudut jalan kawasan Hannam. Sebagai kawasan yang cukup populer dengan kafe untuk tempat nongkrongnya, 33 Apartement atau 33 Apt ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu sambangi. Saat melangkah masuk, kesan pertama yang akan Teman BuLiBi dapatkan adalah suasana tenang dan nyaman, sebuah kontras dari jalanan Seoul yang sibuk dan ramai.


Kalau kamu berencana untuk nongkrong, kamu hanya perlu turun ke lantai basement yang merupakan space utama cafe ini. Cafe yang identik dengan nuansa warna earthy dan desain interior minimalis yang menjadi ciri khas kultur kafe di Seoul ini pasti bisa membuat kamu betah. 33Apt juga menawarkan berbagai macam biji kopi pilihan yang berhasil mengambil hati para pengunjungnya.

33 Apartment
Address: 729-68, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul 1F
Hours: Mon - Sat (9AM - 8PM), Sun (9AM - 6PM)
Instagram: @33apartment

One in A Million

Masih di kawasan Hannam, One in A Million mungkin merupakan cafe yang paling populer dalam list ini. Saat pertama kali dibuka, cafe ini ramai didatangi pengunjung karena desainnya yang unik dengan pilihan warna dominan yang tidak umum untuk coffee shop: warna soft pink! Berjalan-jalan di area Hannam, One in A Million pasti tidak akan luput dari pandanganmu karena daya tarik eksteriornya yang tidak mungkin luput dari pandangan. Di bagian dalam, furnitur cafe justru didominasi dengan warna yang lebih netral yaitu warna hitam dan putih yang menurut Team BuLiBi justru sangat cocok dan tidak terlalu kontras dengan warna soft-pink di luar.


Salah satu alasan mengapa One in A Million cukup populer adalah Rain Coffee yang sempat banjir di feed influencer Korea saat cafe ini pertama kali dibuka. Rain Coffee sebenarnya merupakan Americano panas yang disajikan dengan gulali yang memang sangat cantik tampilannya. Secara keseluruhan, One in A Million bisa jadi alternatif buat Teman BuLiBi yang mau nongki cantik sambil jepret sana-sini, apalagi saat cafenya tidak terlalu ramai, perfect!

One in A Million
Address: 684-62, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul
Hours: Mon - Sat (11AM - 11PM), Sun (11AM - 10 PM)
Instagram: @oneinamillion_cafe


Socialclub Seoul

Meskipun terlihat sederhana dari luar, Socialclub Seoul mencoba menawarkan konsep yang cukup unik dan menyegarkan dalam skena kultur kafe di Korea dengan desain elegan. Nongkrong di Socialclub Seoul terasa seperti berada dalam rumah tua yang bersih dan terawat. Lampu gantung kristal menghiasi langit-langit, dipercantik dengan dinding dan furnitur yang diselimuti kain putih. Dekorasi antik yang berada di tengah-tengah ruangan dan bisa kamu temukan hingga ke detail cangkir dan sendok kopi tidazk akan luput dari perhatianmu.


Team BuLiBi merekomendasikan kamu untuk mencicipi pilihan latte mereka buat menemani ngobrol santai. Soal harga, minuman di Socialclub Seoul berkisar antara 5.000 KRW – 7.000 KRW. Harga standar untuk cafe di Korea.

Socialclub Seoul
Address: 414-27, Mangwon-dong, Mapo-gu, Seoul 1F
Hours: Mon - Sun (10AM - 7PM)
Instagram: @social_club_seoul

Zapangi

Cafe di Korea yang berada di urutan terakhir dalam list Team BuLiBi kali ini sangat populer lantaran pintu masuknya yang didesain begitu unik dan kemungkinan besar belum pernah kamu jumpai di tempat lain. Untuk mencari cafe yang satu ini, Teman BuLiBi tidak perlu repot-repot menilik satu per satu bangunan yang ada di kawasan Mangwon, kamu cukup mencari bangunan dengan vending machine berwarna pink mencolok yang merupakan pintu masuk Zapangi! Tidak heran jika spot ini merupakan tempat paling populer untuk foto-foto, baik bagi para pengunjung cafe maupun yang hanya berlalu lalang di depan bangunannya. Konsep ini menjadi masuk akal ketika kamu mengetahui bahwa ‘zapangi’ berarti vending machine dalam bahasa Korea.


Di balik pintu masuk zapangi, sebuah cafe yang cukup luas dengan display makanan yang tidak kalah menggemaskan siap menyambut pengunjung. Slogan ‘tins and bottles’ mendeskripsikan dengan jelas hidangan yang mereka sajikan. Teman BuLiBi bisa menikmati berbagai pilihan cake yang disajikan dalam kaleng (tins). Pilihan cake yang paling populer adalah cupcake yang disajikan dalam sebuah kaleng dan terlihat seperti ekor putri duyung yang menyelami frosting. Zapangi membanderol harga makanannya di atas rata-rata cafe lainnya yang berkisar antara 7.000 KRW – 9.000 KRW dan cukup standar untuk minuman coffee based yaitu antara 5.000 KRW – 6.000 KRW. Kalau kamu mencari tempat yang fotogenik dan tidak terlalu mengutamakan rasa makanan atau minuman yang ditawarkan sebuah cafe, Zapangi adalah tempat yang cocok buatmu.


 Zapangi
 Address: 400-2, Mangwon-dong, Mapo-gu, Seoul
 Hours: Mon - Sun (11AM - 11PM)
 Instagram: @zapangi_official

Hai! Kamu sudah sampai di akhir artikel. Kami harus menyapa kembali karena kami yakin pasti Teman BuLiBi sudah penasaran dengan cafe di Korea yang kami ceritakan di atas dan langsung meluncur ke akun Instagram mereka. Gimana? Jadi nggak sabar kan mau nongkrong gemes dan foto-foto pas di cafe cafe ini, kan? Jangan lupa tag akun Instagram BuLiBi ya kalau nanti kamu ada di sana!

(c) BuLiBi


Terima kasih sudah membaca artikel ini! Kamu suka? Share artikel ini ke media sosial kamu.


Baca juga:

Belum Liburan ke Korea Selatan Tanpa Foto di 5 Tempat Ini!

Wisata Kuliner Vietnam di 5 Restoran di Da Nang Yang Terbaik

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal


#bulibi #bukanliburanbiasa #koreaselatan #cafedikorea #seoul

  • Facebook

©2019 by Bulibi